logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Obat alami untuk keracunan makanan

Keracunan makanan bisa terjadi kepada siapa saja bila kita tidak berhati-hati saat menyentap makanan atau minuman terutama jika kita sering jajan di luar atau mengkonsumsi makanan yang bukan buatan kita sendiri, oleh karena itu periksalah selalu makanan yang akan kita makan misalnya dengan memeriksa tanggal kadaluarsa, mencium bau makanan tersebut atau mungkin makanan tersebut sudah berubah warna, jika anda lebih berhati-hati maka anda akan terhindar dari keracunan makanan.

Jika kita sering mengkonsumsi makanan dari luar memang tidak menjamin makanan tersebut bersih dan sehat, bisa saja tanpa kita sadari makanan tersebut mengandung bakteri atau sudah basi bahkan berjamur dan jikalau kondisi tubuh kita sedang lemah maka kita akan mengalami keracunan makanan yang ditandai dengan kepala pusing, mual, muntah, diare, sakit perut dan lain-lain.

Oleh karena itu jika anda mengalami keracunan ringan karena mengkonsumsi makanan yang tidak higienis maka tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi beberapa obat alami seperti yang dilansir oleh Boldsky, simak ulasannya di bawah ini.

Obat alami untuk keracunan makananBeberapa obat alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi keracunan makanan:

Jeruk lemon
Sangat baik jika anda selalu menyediakan jeruk lemon di rumah dan anda bisa menyimpannya di dalam lemari es agar jeruk lemon bisa lebih tahan lama, jeruk lemon mengandung zat asam yang efektif untuk membunuh bakteri jahat di dalam perut anda caranya campurkan perasan jeruk lemon tersebut dalam minuman anda.

Jahe
Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya jahe, jenis rimpang ini sangat baik untuk mengatasi keracunan yang disebabkan oleh makanan karena jahe merupakan antibiotik alami yang sangat manjur, anda bisa mengkonsumsi minuman jahe hangat atau masukkan irisan jahe ke dalam teh anda.

Cuka apel
Untuk anda yang sering mengalami gangguan lambung seperti penyakit maag, infeksi perut atau gangguan pencernaan lainnya anda bisa mengkonsumsi cuka apel yang sangat baik untuk menyembuhkan masalah dalam lambung anda dengan menyeduh cuka apel ini dengan air hangat.

Teh hitam
Kandungan asam tannic di dalam teh hitam sangat efektif untuk mengatasi keracunan makanan, minumlah teh hitam saat perut anda merasa sakit karena akibat dari keracunan makanan.

Peppermint
Daun pepermin dengan rasa yang agak sedikit segar dan pedas bisa juga untuk mengatasi gangguan infeksi perut, anda bisa mencampurkan peppermint ini ke dalam teh atau jus.

Kemangi
Jika anda mengalami infeksi pencernaan karena keracunan makanan anda bisa mencoba kemangi ini karena sangat baik untuk membantu membunuh bakteri jahat dalam perut namun sebaiknya tidak mengkonsumsi berlebihan karena dapat menurunkan tekanan darah, anda bisa mengkonsumsi kemangi yang dicampurkan dalam menu masakan anda atau gunakan sebagai campuran lalapan.

Yoghurt
Untuk anda yang sering mengalami gangguan pencernaan sebaiknya anda lebih sering mengkonsumsi yoghurt karena yoghurt merupakan antiseptik alami yang terbaik untuk mengatasi bakteri jahat di dalam perut anda selain itu yoghurt sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda.

Lidah buaya
Anda tentunya sudah kenal dengan lidah buaya yang kaya akan vitamin E serta bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun yang disebabkan oleh karena makanan dalam tubuh anda serta mengatasi infeksi dan anda bisa mengkonsumsi lidah buaya ini dengan cara dibuat jus.

Gula palem
Gula jenis ini lebih baik dibandingkan dengan jenis gula lainnya karena gula palem sangat bermanfaat untuk mengatasi infeksi yang terjadi akibat dari keracunan makanan serta menggantikan energi yang hilang karena akibat dari keracunan.

Delima
Buah delima merupakan buah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh sejak jaman dahulu kala karena buah ini merupakan buah yang bisa digunakan sebagai pengobatan alami diantaranya untuk menyembuhkan diare yang disebabkan oleh karena keracunan makanan.

Air putih
Jika anda mengalami keracunan makanan cobalah untuk minum air putih yang banyak agar makanan yang mengandung racun tersebut dapat segera ternetralisir dan membantu dalam proses pembersihan perut karena adanya racun dalam perut anda.

Itulah beberapa obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi keracunan makanan, karena keracunan bisa saja terjadi kepada siapa saja jika kita kurang hati-hati dalam mengkonsumsi makanan., dengan adanya obat alami ini maka kita bisa mengantisipasi dengan segera namun jika keracunan makanan sangat parah dan kondisi tubuh semakin memburuk sebaiknya segera dibawa ke dokter atau rumah sakit agar segera diberikan pertolongan yang tepat.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Pentingnya sinar matahari masuk dalam ruangan

Sumber: vemale.com dan sumber lainnya
Image source: foodsafety.suencs.com

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Obat alami untuk keracunan makanan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Obat alami untuk keracunan makanan sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

31 comments

sudah cukup sekali aja deh mas keracuna, pengalaman saya pribadi pernah beli roti wafer di toko nggak lihat tanggal kadaluarsanya, wah ampun langsung drop pusing perut rasanya ditusuk tusuk, ternyata makanannya sudah gak layak makan alhasil dilarikan deh saya kepuskesmas. menurut saya selain obat alami diatas ada satu lagi yaitu air kelapa hijau mujarab banget mas.

Balas

gawat juga kalau sampai keracunan makanan kalau tidak segera ditangani ya mas, mungkin dengan pengetahuan tentang penggunaan bahan alami seperti yang sudah diterangkan di atas dapat membantu dalam melakukan pertolongan pertama sebelum dibawa ke puskesmas atau rumah sakit.

Balas

Jadi, keracunan makanan itu disebabkan makanan tidak higienis dan bahan kimia karena kadaluarsa ya mas Eka?

Balas

Wah mantap nie,
bagus post nya

Balas

ketimbang es jeruk saya lebih suka minum yoghurt. untuk susu fermentasi dalam kemasan juga bisa ya?

Balas

Alhamdulillah saya belum pernah ngalamin keracunan kayaknya, cek masa kadaluarsa itu sangat penting banget ya mas, yang terpenting selalu waspada dan hati-hati ketika memilih makanan, thanks ya atas info yang bermanfaat ini :)

Balas

Musti hati hati ya untuk jajanan diluaran.
Yoghurt lebih nikmat sepertinya untuk obat keracunan ^_^

Balas

iya mas Yuliono, air kelapa hijau juga sangat baik untuk mengatasi keracunan, makasih sudah menambahkan :)

Balas

kalau keracunannya masih tergolong ringan boleh kang dicoba tips diatas, tapi kalau sudah parah sebaiknya dibawa ke rumah sakit.

Balas

betul mas Uda karena itu sebaiknya berhati-hati :)

Balas

makasih mas Albar semoga bermanfaat :)

Balas

iya mbak Elsa yoghurt sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan menyehatkan :)

Balas

sama-sama mas Marnes semoga bermanfaat :)

Balas

betul mas sebaiknya berhati-hati memang jika jajan di luar, yoghurt adalah makanan yang menyehatkan sangat baik untuk pencernaan kita.

Balas

biasanya pakai degan ijo, atau apa ya namanya. Kelapa muda yang warnanya ijo dalemnya merah itu. hehehe. Siap, saya catet kang buat referensi!

Balas

Aku pernah makan keladi, tapi ternyata keladinya membuat mulut gatel. Saat itu aku makan garam untuk mengatasinya. Mungkin, keladi tsbt keladi racun ya Mas?

Balas

bagus nih infonya mas ... buat sedia payung sebelum keracunan ... salam kenal ya gan ....

Balas

Air putih saya rasa yg paling gampang di dapat dan murah meriah ya mas :)

Balas

air putih campur kopi ma gula yah mas Budi,,,hehe

Balas

Terimakaish mas Anthonie untuk artikelnya,saya jadi dapet pengetahuan baru nih untuk mengobati keracunan ,,,,,

Balas

baru tahu kalo pepermint bisa dipake untuk mengatasi keracunan makanan....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

Balas

iya mas Har, peppermint lumayan bisa membantu mengatasi keracunan makanan ringan.

Balas

iya kang Dede semoga bisa bermanfaat buat kita semua :)

Balas

Iya mas Bud betul sekali :)
Kalau campur gula dan kopi jadinya ngopi kang Dede hehe...

Balas

iya mas Oka semoga bermanfaat, salam kenal juga :)

Balas

iya mungkin saja mas Rianda, sebaiknya hati-hati kalau makan :)

Balas

iya kang pake degan hijau juga bisa kok :)

Balas

iya mas sama sama semoga bermanfaat buat kita semua. Aamiin

Balas

Amiin juga mas :)

Balas

air putih aja deh kayaknya hehe

Balas

klo keracunan zat korosif gimana pak mengatasinya?

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger