logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Cara aman makan daging sapi

Cara aman makan daging sapi - Daging merah merupakan makanan favorit bagi setiap orang karena rasanya yang lezat selain itu merupakan sumber protein hewani yang baik juga untuk tubuh, namun mengkonsumsi daging merah berlebihan justru akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan.

Banyak menu makanan yang tentunya mengandung bahan dasar daging merah yaitu daging sapi atau daging kambing seperti soto, rawon, gulai, semur, steak dan masih banyak menu masakan yang menggunakan bahan dasar daging merah yang pastinya sangat menggugah selera kita, namun jika kita terlalu sering dan berlebihan dalam mengkonsumsinya maka tentunya akan menimbulkan efek negatif untuk kesehatan karena dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, stroke dan jantung.

Daging merah berasal dari hewan berdarah panas dan suhu tubuh hewan ini lebih tinggi daripada manusia dan kandungan lemak jenuh dalam daging hewan ini akan berbahaya untuk kesehatan karena saat lemak jenuh masuk ketubuh manusia yang memiliki suhu tubuh lebih rendah maka lemak tersebut akan mengental dan ini akan menimbulkan masalah untuk jangka waktu yang lama.

Cara aman makan daging sapiBeberapa tips agar daging yang kita konsumsi lebih aman untuk dikonsumsi:
  • Saat anda hendak membeli daging pandai-pandailah memilih daging yang masih baik yaitu daging yang masih segar dan baru serta pilihlah daging yang memiliki sedikit kandungan lemaknya.
  • Pilihlah daging yang tidak mengandung lemak, anda bisa minta kepada penjualnya untuk memilihkan daging yang tanpa lemak atau jika anda tidak mau repot anda bisa membelinya di supermarket yang besar biasanya sudah tersedia dengan label tanpa lemak.
  • Jika daging yang anda beli ternyata mengandung lemak, anda bisa membuang bagian daging yang berlemak tersebut dengan pisau yang tajam sebelum anda mengolah dan memasak daging tersebut.
  • Sebaiknya daging direbus atau dipanggang hindari menggoreng daging dengan minyak goreng karena akan meningkatkan kadar lemak serta kolesterol, jika anda ingin menggoreng daging lebih baik menggunakan minyak zaitun memang agak mahal tapi sangat baik untuk mengatasi kolesterol.  
  • Daging yang dipanggang biasanya akan mengeluarkan minyak maka anda bisa mengurangi kelebihan minyak tersebut denggan menggunakan tisu minyak supaya kadar minyak dari daging yang dipanggang bisa banyak berkurang.
  • Sebaiknya anda tidak terlalu sering dan berlebihan dalam mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi, daging kambing atau daging merah lainnya, dengan anda membatasi mengkonsumsi daging merah berlebih maka bagus juga untuk kesehatan.
Beberapa efek negatif yang ditimbulkan oleh karena mengkonsumsi daging merah berlebihan:
  • Susah BAB, untuk anda yang sering mengkonsumsi daging merah maka akan membuat terganggunya proses pencernaan dalam usus sehingga akan menimbulkan terganggunya proses BAB, jika sisa makanan terlalu lama berada dalam usus makas sisa makanan tersebut akan membusuk dan menimbulkan racun sehingga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita.
  • Beresiko terkena penyakit jantung dan stroke, jika anda sering mengkonsumsi daging merah maka anda harus berhati-hati karena lemak jenuh dari daging merah akan masuk dalam darah dan kemungkinan akan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke, ini disebabkan oleh karena darah menjadi mengental akibat dari masuknya lemak jenuh ke dalam darah.
  • Kegagalan fungsi organ, akibat dari darah yang mengental karena lemak jenuh dalam darah membuat suplay oksigen dan juga nutrisi ke seluruh tubuh akan terganggu dan jika berlanjut terus menerus maka dapat mengakibatkan terjadinya kegagalan fungsi organ tubuh.
  • Mengalami keropos tulang, kandungan lemak jenuh dalam daging merah selain membuat darah menjadi kental juga membuat darah menjadi asam, maka tulang bekerja keras untuk menetralisir keadaan tersebut dengan melarutkan kalsium dalam darah dan untuk jangka panjang maka dapat mengakibatkan tulang mengalami keropos atau osteoporosis.
  • Meningkatkan resiko terjadinya kanker prostat, untuk para pria sebaiknya lebih berhati-hati untuk tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi daging merah karena dapat menimbulkan penyakit kanker prostat, daging merah yang dimasak atau digoreng dengan suhu tinggi akan menghasilkan senyawa olycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs) dan heterocyclic amines (HCAs) yang sudah terbukti lewat penelitian dapat menyebabkan penyakit kanker diantaranya penyakit kanker prostat.
  • Mengandung mikroorganisme, daging merah sangat mudah terkontaminasi dibandingkan dengan biji-bijian, sayuran atupun buah-buahan, jika daging tidak dimasak dengan cara yang benar ataupun kurang matang akan beresiko terkena penyakit yang disebabkan oleh karena mikroorganisme dalam daging yang masuk ke dalam tubuh kita seperti E. coli dan salmonella.
Itulah artikel mengenai "Cara aman makan daging sapi" yang mudah-mudahan bisa bermanfaat karena meskipun daging merah mengandung protein dan baik untuk tubuh namun jika kita terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya bukan sehat yang didapat malah akan menimbulkan berbagai penyakit, oleh karena itu sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsinya agar tubuh kita tetap sehat.
Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Cara aman makan daging sapi . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Cara aman makan daging sapi sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

108 comments

Malam Mas Anthonie, jadi Laper deh lihat daging sapi
Yang merah merona ternyata ada trik nya yah Mas makan
Daging sapai, saya coba yah Mas Makasih :)

Balas

Maaf Mas + Mbak Ibu Bapak saya borong Daging sapi
Dan juga Pertamaxnya yah, sekalian buat cadangan :)

Balas

terima kasih atas tips2 nya Pak Anthonie, sangat bermanfaat... :)

Balas

Ngeri juga ya mas ternyata :(

Balas

Kalau untuk daging #glonggongan itu bahaya apa nggak tuh mas.

Balas

Anthonie, these are good tips. However, I still try to avoid consuming red meat.

Balas

artikel yang sangat bermanfaat mas, jadi lebih teliti lagi untuk membeli danging yang segar

Balas

udah jelas itu mah mas pasti berbahaya dan tidak layak untuk di konsumsi :)

Balas

Terimakasih mas udah berbagi infonya semoga bermanfaat untuk kita semua :)

Balas

Wah saya baru tau mas kalau menggoreng daging dengan miyak goreng bisa meningkatkan kadar lemak..
Terimakasih mas anthon penjelasanya. Saya jadi tau deh sekarang dan akan saya praktekan tips dari mas anthon..

Balas

Wah saya jarang beli daging sob, kepasar aja jarang. hahaha

tips bagus buat saya kalau suaktu saat beli daging, super

Balas

ane paling suka nih, ma daging sapi..hehe

Balas

saya ikutan numpang mas

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Apalagi dibuat rendang ya mas harus kental dan kadang sampai keluar minyak...untung saya kurang suka saya lebih suka di semur...sedikit berkurang lemaknya mungkin

Balas

Makannya pake lontong ya mbak
Jd lebih mantep :)

Balas

Saya ikutan njelosor juga deh

Balas

Konon katanya daging yg lama di frozen sama daging yg fresh..rasa sama kesegerannya beda ya mas An..

Udah gitu...kata uni yg punya rmh makan padang yg sekrng sy lagi ada di warungnya nih...lemaknya jgn sampe du buang sampe bersih..karna katanya yg bikin daging jd gurih..dari lemaknya :)

Terima ksh...buat tipsnya ya mas..and met makan siang :)

Balas

Wah ternyata banyak juga efek negatifnya kalau banyak makan daging, untungya gak terlalu suka masakan daging, paling hanya sate. Jadi agak aman ya mas khan gak digoreng .. :)

Balas

saya bersyukur jarang makan daging merah ini mas :)

Balas

daging memang sangat indentik memabawa penyakit jika di konsumsi secara berlebihan yaa mas, thanks mas informasinya. jadi lebih paham lagi mengenai daging merah :)

Balas

saya paling suka makan daging sapi mas, apa lagi dagingnya seger kaya gambar di atas itu :) tapi sayangnya harganya mahal jadi jarang kebeli, hehehe :D

makasih tipsnya tentang cara aman makan daging sapi :)

Balas

saya numpang bonceng disini juga ya mas mbak, hehehe :D

Balas

daging sapi harga nya mahal banget mas hehehe saya malah jarang banget nih makan daging sapi kecuali pas ada kurban aja hehe :D

Balas

sekilas nampaknya bagus mengkonsumsi daging setiap hari ( terkesan org kaya ) padahal itu membahayakan kesehatan tubuhnya,,,,,wah kalau begitu harus hati-hati yah mas ,,,,,ternyata yang bagus belum tentu baik,okay Terimakaish mas Anthonie untuk artikel yang satu ini.....

Balas

betul mas daging glonggongan tidak layak untuk dikonsumsi sebaiknya berhati-hati jika hendak membeli daging sapi.

Balas

Yes, should we reduce the consumption of meat.

Balas

kalau tidak terlalu sering tidak-apa-apa kang bagus juga kok asal menghindari lemaknya.

Balas

iya mbak sekali-kali nggak apa-apa kok :)

Balas

iya mbak Indri sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsinya.

Balas

iya mas sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi daging merah.

Balas

betul mas sebaiknya pilih yang tidak digoreng jadi lebih aman dikonsumsi.

Balas

betul itu mas yang bikin enak memang lemaknya tapi justru itu yang berbahaya karena bisa meningkatkan resiko terkena penyakit untuk jangka panjang.

Balas

makasih kunjungannya mas, saya juga sudah follow back blognya mas.
maaf untuk tidak menyertakan url saat berkomentar, makasih :)

Balas

sebaiknya direbus atau dipanggang mas karena kalau digoreng apalagi dengan minyak goreng kandungan lemaknya akan lebih banyak dan tidak baik untuk kesehatan.

Balas

Tapi kalau udah dikantin kadang juga udah pasrah sam yg masak :(

Balas

Tapi bukannya cuma ada penambahan air saja ya.. kok bahaya ?
Pernah beli daging banyak banget ngandung air di dagingnya. berarti itu glonggongan bahaya ya..

Balas

ane sering makan daging sapi tapi udah balutan pentol gan .. hehe soalnya mahal.. tapi nih tips mantab juga buat istri ane kalo lagi masak :)

Balas

saya nomer dua ya komentarnya...nomer dua ke berapa ya mas? :)

Balas

ternyata ada caranya yang aman juga ya untuk mengonsumsi daging sapi. Selama ini saya asal makan saja.. :)

Bermanfaat mas artikelnya

Balas

nah untung aku jarang makan daging mas . hahaa cz efek sampingnya bnyak jg .. :p

Balas

segala yang berlebihan memang tidak baik ya...

Balas

kalau bisa memang jangan terlalu berlebihan ya mas kalau makan daging sapi ini, nanti bisa overdosis hehehe :D
yang sedang-sedang saja :)

Balas

yang penting jangan keseringan ya mas soalnya uang nya nanti cepat habis hehe :D

Balas

apalagi di buat sate enak bangetpokonya

Balas

Kunjungan malam Mas Anthonie, agar lebih aman
Saat mau makan daging sapi, saya baca lagi deh
Mas, terima kasih atas tips nya

Balas

Hayo silahkan Mas Mbak masih kosong, kedoya cengkareng
Persediaan Pertamax masih penuh... hhhh :D

Balas

iya mbak semoga bermanfaat :)

Balas

wah ternyata makan daging sapi gk boleh sembarangan juga ya :D

Balas

iya mas daging gloggongan berbahaya sebaiknya jangan dibeli, supaya tidak merugikan kesehatan.

Balas

betul mbak terlalu berlebihan malah tidak baik untuk kesehatan, sebaiknya secukupnya saja.

Balas

Owh gitu ya mas Ant
Sip deh buat pencerahannya :)

Balas

Ya apa lagi makannya sambil di tengah jalan

Balas

jadi lebih baik sering makan sate ya daripada semur daging

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

yang jelas daging gelonggongan itu membahayakan dan juga di haramkan untuk dimakan ,,,,

Balas

setuju kang Marnes,,ini tips yang harus diketahui wajib pokonamah kang hehe

Balas

jangan lupa baca doa sebelum makan nya juga mas :)

Balas

yang penting makan daging nya jangan terlalu berlebihan ya mas. Soalnya nanti malah cepat gendut kalau sering makan daging sapi hehehe :D
tapi bagus juga untuk menambah gizi ya kalau kita makan daging ini agar tubuh kita sehat dan fit :)

Balas

Ngeri juga baca bahayanya akibat mengkonsumsi daging sapi ya Sob
Makasih infonya Sob

Balas

denger denger sih katanya daging sapi ini lebih aman di konsumsi ketimbang daging kambing yah mas, soalnya ada tetangga saya yang g boleh makan daging kambing taopi boleh makan daging sapi

Balas

wah - wah ternyata sudah di borong sama mas karis nih pertamax nya hehehe :D
asyik nih bisa sekalian jualan pertamax di rumah ya mas hehe :D

Balas

articel nya sangat bermanfaat mas salam sukses

Balas

iya mas kalau daging kambing bisa meningkatkan resiko terkena penyakit darah tinggi, hipertensi, jantung, stroke dll, jadi lebih berbahaya jadi harus berhati-hati.

Balas

iya mas sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi daging sapi atau daging merah lainnya.

Balas

iya mbak asal tidak berlebihan baik juga untuk tubuh, dan sebaiknya jangan digoreng karena akan meningkatkan kadar lemak yang masuk dalam tubuh.

Balas

makasih kunjungannya mas blognya saya sudah follow back juga.
silahkan berkomentar lagi mas harap tidak menyertakan url dalam komentar, makasih :)

Balas

Semoga bisa bermanfaat mas :)

Balas

informasi yang bermanfaat, kunjunagn pertama

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Yang terpenting jangan berlebihan ya mas cara makannnya :D

Balas

masih bahas daging sapi ya mas..padahal says udah makan daging ayam. hihi

Balas

wah.. masih bahas daging sapi ya mas..padahal saya udah makan daging ayam nich. ihihi

Balas

tentunya dalam memilih daging yang benar-benar sehat dan fresh ya mas agar tidak salah makan daging sapi yang sudah di manipulasi seperti daging sapi glonggongan dll. Karena tinggi nya harga daging sapi, alangkah baiknya kita mengurangi intensitas dalam mengkonsumsi makanan yang satu ini :)

Balas

makasih kunjungannya mbak, silahkan berkomentar lagi dengan tidak menyertakan url, makasih :)

Balas

daging yang bagus adalah daging yang fresh ya mas. Jadi jangan asal murah saja harga nya, akan tetapi faktor kualitas juga penting untuk diperhatikan agar apabila daging di konsumsi bisa menyehatkan tubuh kita :)

Balas

iya mbak kalau membeli daging pilihlah daging yang masih segar dan baik agar tidak menimbulkan penyakit.

Balas

iya mbak sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi daging merah, perbanyak makan sayuran, buah-buahan dan kacang kacangan agar tubuh selalu sehat.

Balas

enak tapi ada bahayanya juga ya mas kalo makan daging sapi.. tapi tak apalah asal tidak keseringan

Balas

trima kasih untuk tipsnya,,terapkan hidup sehat mulai sekarang

Balas

tapi kalau menurut saya sih, lebih aman daging sapi daripada daging kambing mas, soalnya kalau daging kambing itu kolesterol nya tinggi banget. Bisa berbahaya bagi orang darah tinggi kalau makan daging kambing :)

Balas

iya mas Andes yang penting jangan sering-sering.

Balas

iya mbak hidup sehat mulai dari sekarang.

Balas

iya betul mbak kalau makan daging kambing sebaiknya berhati-hati terutama untuk yang darah tinggi.

Balas

iya betul sekali kang :)

Balas

kita emang harus waspada akan konsumsi daging merah.. di samping kandungan di dalam daging secara normal, bisa jadi ada kandungan tambahan dalam daging, misalnya untuk ternak sapi yang di lepas di Tempat Pembuangan Sampah (TPA). di pastikan ada zat-zat tambahan lain yang ada dalam daging.. ini kalau di konsumsi manusia, sedikit atau banyak akan keangkut juga ke tubuh manusia...

Balas

mas kharis kan pemborong mbak heheheh

Balas

Klu di lihat dari warnanya itu kayaknya seger banget tuh mas dagingnya hehehe

Balas

kalu daging mentah tuh gimana mas ...

Balas

daging merah mentah jangan dimakan mas :)

Balas

betul juga sob karena itu sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi daging merah dan sebaiknya dimasak sampai matang.

Balas

iya mas bikin laper yah, tapi sebaiknya dimasak dulu sebelum dimakan hehe...

Balas

Terima kasih infonya, paling tidak bisa hati-hati kalo mau makan bakso sapi...

Balas

mantaff infonya.. salam kenal gan

Balas

Wah ternyata Mengkomsumsi daging merah berlebihan banyak resikonya ya, sya baru tau, terimakasih dah share mas :)

Balas

infonya sangat menarik, baru tahu ni sapi kek gtu dagingnya

Balas

betul mas sebaiknya memang harus mengurngi mengkonsumsi daging merahnya :)

Balas

asal tidak terlalu sering tidak apa-apa mas :)

Balas

Hehehe... kalau saya sih biasanya asal makan aja nih mas :D

Balas

boleh saja mas Munawir asal jangan terlalu sering dan berlebihan karena kurang bagus untuk kesehatan.

Balas

iya mas semoga bermanfaat :)

Balas

thanks info nya

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger