logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Penyebab sariawan dan cara mengobatinya

Penyebab sariawan - Sariawan atau seriawan atau bahasa kedokterannya stomatitis aphtosa yaitu kelainan yang terjadi pada selaput lendir di mulut ditandai dengan adanya luka pada mulut atau lidah berbentuk bercak putih kekuningan dengan permukaan sedikit cekung, dan biasanya si penderita mengalami sakit pada area sariawan saat terkena sesuatu misalnya makanan.

Sariawan biasanya terjadi karena faktor trauma misalnya bibir kegigit saat makan atau gusi yang tersodok sikat saat menggosok gigi, dan penyebab lainnya adalah kurangnya asupan vitamin C dan zat besi, stres dan kondisi tubuh yang kurang fit, dan biasanya wanita akan lebih rentan terserang sariawan dibandingkan dengan pria.

Untuk sariawan yang ringan dapat sembuh kurang dari 2 minggu, namun jika lebih dari itu anda harus waspada karena ada kemungkinan terindikasi  kanker rongga mulut, jadi jangan pernah menganggap enteng sariawan jika sariawan lama untuk sembuh segera kedokter agar segera diambil tindakan pengobatan.

Penyebab sariawan dan cara mengobatinya
Sariawan
Beberapa faktor penyebab sariawan pada mulut:
  • Faktor trauma. merupakan pemicu terjadinya sariawan seperti terkena sikat gigi, kegigit saat makan, mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas.
  • Obat kumur dan pasta gigi, seringkali penggunaan odol atau obat kumur yang terlalu keras dapat menyebabkan permukaan rongga mulut menjadi kering sehingga dapat mengakibatkan iritasi dan sariawan.
  • Faktor genetik, jika orang tua menderita SAR atau sariawan yang terjadi sacara berulang maka kemungkinan anak mereka akan terkena SAR juga. 
  • Alergi, terjadinya respon imun spesifik terhadap alergen yang tidak diinginkan sehingga memicu terjadinya sariawan, seperti ketidak cocokkan pada odol, obat kumur, permen karet, lipstik dan lain-lain.
  • Infeksi bakteri, paling umum terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan mulut.
  • Defisiensi nutrisi, kurangnya asupan nutrisi seperti asam folat, zat besi, vitamin C, vitamin B12, B1, B2, dan B6 dapat memicu terjadinya sariawan.
  • Stres, perubahan lingkungan secara terus menerus direspon oleh tubuh agar menyesuaikan diri menyebabkan terjadinya stres yang mempengaruhi emosi dan fisik dan faktanya stres dapat memicu terjadinya sariawan ini.
  • Merokok, merupakan salah satu faktor penyebabkan terjadinya peradangan pada mulut sehingga meningkatkan resiko terkena sariawan.
Beberapa tips supaya kita terhindar dari sariawan diantaranya:
  • Saat makan usahakan untuk tidak terburu-buru agar bagian dinding mulut ataupun lidah tidak tergigit.
  • Menggosok gigi dengan cara yang benar dan lembut agar gusi tidak tersodok sikat gigi. 
  • Selalu menjaga kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur agar bakteri penyebab sariawan di dalam mulut tidak berkembang biak.
  • Jika anda alergi terhadap makanan atau minuman tertentu sebaiknya dihindari agar terhindar dari sariawan.
  • Stres yang berlebihan dapat juga memicu terjadinya sariawan karena itu hindari hal-hal yang memicu terjadinya stres.
  • Banyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan karena makanan ini kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan.
  • Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin C, zat besi, asam folat dan vitamin B12 agar terhindar dari sariawan.
  • Banyak minum air putih minimal 2 liter setiap hari.
Daun sirih untuk mengobati sariawan secara alami:
Daun sirih merupakan obat herbal alami yang memiliki kandungan antiseptik yang sangat efektif untuk membunuh kuman penyebab sariawan, juga dapat digunakan untuk mengatasi gusi berdarah dan bau mulut.
Daun sirih dapat digunakan untuk pengobatan luar maupun dalam, sehingga sangat cocok untuk mengobati sariawan secara alami, caranya:
  • Siapkan beberapa lembar daun sirih lalu rebus selama beberapa menit dengan menambahkan sedikit garam, lalu gunakan untuk berkumur.
  • Jika anda hanya merebus air sirih tanpa garam air rebusan sirih bisa juga untuk diminum, namun karena kadar antiseptik yang tinggi maka sebaiknya tidak diminum secara terus menerus.
  • Daun sirih juga bisa dikunyah sampai bagian sariawan terkena daun sirih setelah itu dibuang.
Semoga artikel diatas mengenai Penyebab sariawan dan cara mengobatinya dapat bermanfaat bagi kita semua, salam sehat.

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Penyebab sariawan dan cara mengobatinya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Penyebab sariawan dan cara mengobatinya sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

205 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 205   Newer›   Newest»

makam sambal juga bisa menyembuhkan sariawan mas, sudah terbukti pada saya :)

Balas

Malah cepet sembuh tu Bang kalau dikasih makan sambal.

Balas

penyakit yang satu ini yang tidak saya suka .. mengganggu dan bikin susah makan ..

Balas

tapi rasanya sakit mas dan perih kalau makan sambel saya dah pernah coba.. .. pakai garam juga bisa tapi ya kalau sanggup sih .. saya sudah pernah coba juga wkwkk lumayan kyak dioperasi tanpa bius rasanya

Balas

Ternyata salah satu penyebabnya.di akibatkan dari stres jg ya mas...

Dan membiasakan diri utk menjaga kesehatan mulut dpt mencegah sariawan terjd... :)
Terima ksh mas Anthonie... Buat pencerahannya :)

Jadi terang sekarang...hehe

Balas

Terima kasih banget nih gan sangat bermanfaat share kali ini.

Balas

kalo terkena penyakit sariawan, nikmati aja. ^^

Balas

di situlah seninya mas, nanti kalau sudah sembuh bisa ketagihan ingin sariawan lagi :D

Balas

kalo pennyakit mulut pasti kalo makan jadi ga enak ya mas, entah itu sakit gigi maupun sariawan. tapi biasanya kalo sariawan di kasih makan yang pedes2 juga lumayan mas, bisa cepet sembuh

Balas

kok bisa kang.. kalo sariawan biar ada seni di bibir ya :)

Balas

Thanks for sharing the info.

Balas

iya untuk sebagian orang dengan makan sambal sariawan akan berangsur sembuh, karena efek sambal yang pedas memiliki kadar betakaroten atau provitamin A serta vitamin C yang cukup tinggi.

Balas

betul juga mas karena sambal atau cabe memiliki kadar betakaroten atau provitamin A serta vitamin C yang cukup tinggi, jadi paling tidak dapat membantu proses penyembuhan.

Balas

seni musik...kayak nya mas hehehe :)

Balas

saya juga tidak suka mas Nucky hehe...

Balas

kalau udah bayar listrik enak yah mas jadi terang hehe...

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

nimatin sakitnya saat makan yah mas hehe..

Balas

iya mas Andes saya setuju makan sambal bisa juga untuk menyembuhkan sariawan, mantap deh :)

Balas

susah ngemil jg ya mas :)

Balas

makasih bro semoga bisa bermanfaat :)

Balas

lebih enak lagi sih....gratis ya mas hehehe

Balas

You're welcome Smartan Dad :)

Balas

mau ngomong juga susah mas Budi :)

Balas

kalau yang gratis memang selalu enak yah mas hehe...

Balas

bukan mas seni ukir di bibir hehe...

Balas

apalagi kalo premium, pasti makin mantap ya mas hehe..

Balas

pasti keren ya mas bibirnya penuh seni hohoho..

Balas

Sariawan memang penyakit yang tidak mengenakkan apabila menipa bibir kita. Mau makan nggak enak, minum juga nggak enak, dan mau berbicara juga nggak enak. Banyak hal yang bisa mengakibatkan sariawan. Tapi yang paling menonjol adalah kurang nya asupan vitamin C. Mau nggak mau apabila kita terkena sariawan, diharapkan segera mengkonsumsi vitamin yang satu ini agar cepat sembuh. Jadi kita nggak galau terus gara-gara sariawan ya mas.

Tips diatas bisa memberikan pencerahan untuk kita semua tentang sariawan baik dari segi penyebabnya hingga sampai dengan cara mengobatinya. Dari situ hendaknya kita bisa mencegah timbulnya sariawan karena pencegahan lebih baik dibandingkan dengan mengobati ya mas. Terimakasi atas sharing nya yang sangat menarik ini :)

Balas

Ternyata cukup panjang juga ya komentar saya hehehe :D

Sorry mas antonie kalau terlalu panjang hehe :D

Balas

Pasti perih banget ya mas kalau pas sari awan, makan yang pedes-pedes. Bisa-bisa bibir nya jadi tambah gedhe hehe :)

Balas

Kalau terang nggak enak mas, mending remeng-remeng aja hehe :)

Balas

Asyik juga ya kalau bibir ada seni nya. Yang penting jangan di campur air saja ya mas. Bahaya hehe :)

Balas

Kalau buat ngeblog sepertinya nggak susah kok mas hehe :)

Balas

nggak apa-apa kok mbak, komentarnya sangat berbobot dan bermanfaat, saya senang kalau komentar kaya gini, sip deh sukses selalu yah mbak Ririn :)

Balas

justru itu seninya mbak Ririn hehe...

Balas

wah mbak Ririn seneng nya yang remeng-remeng hehe...

Balas

kalau ngeblognya pake bibir baru susah yah mbak hehe...

Balas

air seni maksudnya yah mbak hehe...

Balas

Wah sangat bermanfaat gan...terimakasih

Balas

kalau saya lagi sariawan saya malah memperbanyak makan yang kecut dan yang pedes2 mas

Balas

yang aneh walaupun sariawan aktivitas mulut semua sakit dan tidak nyaman, kecuali aktivitas berciuman ya mas :)

Balas

hahaha komentnya bisa jadi artikel baru nih mas

Balas

Info yang sangat bagus dan berguna sobat

Balas

Kalau keseringan makan pedas, saya biasanya kena sariawan. Belum pernah nyoba daun sirih untuk obat sariawan, biasanya rajin minum juice jambu biji merah aja, sariawan bisa cepat sembuh.

Balas

kalau saya mah makan makanan pedeess 1 atau 2 hari sembuh

Balas

Kayak tukul dong mas..hehe :)

Balas

Haha...mulai nih..
Siapa ayo yg jd biang kerok nya...wkwk :D

Balas

Point nya sariawan ndak lepas dari seni....ding ya hehe :)

Balas

Kebetulan sy paling suka ngemut...vitamin apa lagi..yang serba C........ :)

Balas

baru tahu mas kalau daun sirih ternyata juga bia menyembuhkan sariawan

Balas

sama-sama gan semoga bermanfaat :)

Balas

boleh juga mas, banyak yang sembuh dengan makan sambel :)

Balas

kalau itu meskipun sariawan tetep semangat mas hehe...

Balas

makasih sob semoga bisa bermanfaat :)

Balas

oh ada tambahan lagi jus jambu biji merah untuk mengatasi sariawan yah mbak Lina, makasih buat masukannya :)

Balas

resep yang banyak dicoba dan terbukti banyak yang sembuh, makasih kunjungannya sob :)

Balas

bisa juga mbak Maya, silahkan dicoba hehe...

Balas

kaya lebaran aja deh hehe...

Balas

iya mas seni di bibir hehe...

Balas

yang pasti bukan saya mas Bud hehe...

Balas

iya mas kristalisasi keringat hehe...

Balas

Bạn bè, có một thứ ba tối ưu và những cái ôm từ Brazil

Balas

Wahhh., infonya sangat bermanfaat mbaa.,
tapi kalu saya ., langsung beli Ad*m sari mba., hehehe
kunjungan pertama mba.,

Balas

mungkin kalo orang tua yang suka ngunyah daun sirih itu udah anti ama sariawan ya mas.. hehehe

Balas

jarang sekali di daerah saya nemuin sirih

Balas

mkasi sngat sob atas tips nya

Balas

cám ơn đã ghé thăm blog của tôi, thành công luôn luôn là.

Balas

Sama-sama sob makasih kunjungannya :)

Balas

Mungkin juga yah mas, jadi kebal sama sariawan hehe...

Balas

dipasar tradisional mungkin ada sob :)

Balas

sama-sama mas, semoga bermanfaat :)

Balas

kok jadi ngomongin seni nih, ada seni ukir di bibir segala. itu namanya sumbing maassssss :D

Balas

di sini juga ngomongin seni lagi :D

Balas

Nah kan telat lagi sya mas...ga keliatan soalnya update postingnya tau2 udah banyak...o ya selamat hari raya idul adha juga, btw makasih info medisnya

Balas

hello mr. Smartan, where are you come from ? :)

Balas

Ga cuma orang tua mas...coba smpyan liat orang2 irian tuh semuanya ngunyah pinang ama dun sirih hehehe

Balas

mas budi pura-pura tanya padahal sebenernya memang nggak tahu hihihi....

Balas

wew, mas Anthonie pinter bahasa brazil :)

Balas

seni kan bagus kang hehe...

Balas

kalau nggak salah Malaysia kang :)

Balas

tahu aja nih kang ucup hehe...

Balas

kayaknya bahasa Vietnam kang, tadi saya tanya si embah gugel kang hehe...

Balas

perlu dicoba tuh mas hehe...

Balas

sama-sama mas Virlyz, selamat hari raya idul adha juga yah :)

Balas

yang namanya seni kan bagus juga kan kang hehe...

Balas

Berarti bener dong..hehe :)

Balas

Sy jaga pintu..nunggu sampe ada yg ngaku :)

Balas

Susi si milikiti weleh...weleh.. :)

Balas

Ada yang lupa nutup kran.. :)

Balas

selamat hari raya Idul Adha mas...kalau banyak makan sate bisa bikin sariawan ga ya ? hehe

Balas

Hadir kembali Mas Anthonie :) Mohon maaf kemarin 3 hari cuti dari ngeblog karena ada aktivitas di dunia offline yang tidak bisa ditinggalkan :)

Kebetulan blog sudah saya jadwal secara otomatis, sehingga bisa update tiap hari. Gimana kabar mas anthonie? sehat kan? hehe :)

Balas

Sepertinya bagus untuk kesehatan ya mas apabila mengunyah daun sirih. Hanya saja malu kalau dilihatin sama tetangga hehehe :)

Balas

Kok orang vietnam bisa nyasar sampai di blog nya mas anthonie ya hehehe :D

Balas

Vitamin yang serba C adalah Ceker Ayam, Cendol, Cikus, Cilembu, dll hehe :D

Balas

Biasanya kalau blogger malaysia itu komentarnya pakai bahasa melayu lho mas. Gini komentarnya: "Perkongsian yang bagus" hehehe :D

Balas

Jadi kalau kalau di bibir ada seni nya, itu semacam seni ukir ya mas :)

Balas

Yang jelas bukan saya lho mas hehe :)

Balas

Kalau seni pasti harganya mahal ya mas :)

Balas

kalau seni pasti ad goyangannya

Balas

daun sirih memang ampuh ya mas... dan saya juga menanam sirih, baik itu sirih hijau atau sirih merah ke emasan...

nah untuk sirih hijau kalau ada tetangga yang perlu saya kasih geratis,

kalau sirih merah saya komersilkan perlembarnya 5 ribu lumayan kan hehehe...

Balas

wah sama dong mbak master... 3 hari kemarin saya juga libur ngeblog dan terjadwal postingannya... baru hari tadi saya balas komeng - komengnya... jadi keriting deh eheheh

Balas

sama - sama kang.... kalau makan satenya plus tusukannya malah parah,bisa bikin luka kang heiheiheiheih

Balas

okeeehh mas.,, hehehe ^,% maaf tadi sala manggil, saya kira mba2,. hehehhe
berkunjung kembali mas.,

Balas

seni memang mantap yah hehe...

Balas

Buat mamang tunggu bulan depan hehe...

Balas

kalau nggak ada yang ngaku terus gimana donk mas hehe...

Balas

seratus buat mbak Ririn :)

Balas

nah itu artinya apa mbak saya nggak ngerti hehe...

Balas

cecak dan cacing masuk nggak yah hehe...

Balas

nggak tahu mbak kok bisa nyasar ke mari hehe

Balas

gpp kok mas Kevin, makasih sudah mampir lagi kemari hehe...

Balas

ngunyahnya sambil ngumpet aja mbak dijamin aman hehe...

Balas

Selamat hari raya Idul Adha juga mas WS dan mang Yono, betul juga apa yang dibilang mang Yono hehe...

Balas

@Mbak Ririn: Iya mbak kalau nggak ada mbak Ririn kayaknya gimana gitu hehe...
@Mang Yono: kalau nggak mau kriting diribonding aja mang hehe...

Balas

berarti sirih merah mahal banget yah mang, wah lumayang juga kalau banyak yang beli hehe...

Balas

Thanks Julio Good morning :)

Balas

Terpaksa deh...ngundang guguk pelacak...hehe :)

Balas

Combro ndak ikutan di sebut nih..hehe :)

Balas

Kalo yg kecut..cukup di endus kali :)

Balas

Gimana getu gimana ya mas? mudah-mudahan nggak gimana-gimana ya hehe :)

Balas

Kalau ngunyah daun sirih sambil ngumpet, nanti dibilang pelit mas sama tetangga karena nggak mau bagi-bagi katanya. Sulit juga ya hehe :)

Balas

Yang penting jangan cicak rowo mas. Bahaya hehe :)

Balas

Artinya, yang punya blog cakep mas hehe :)

Balas

Asyik bisa buat beli permen hehe :)

Balas

kalo daun sirih rasa jeruk gapapa mbak di liatin tetangga :)

Balas

kalo bibirnya penuh seni pasti pintar merayu :) hehehe

Balas

Saya tiap hari makan pedas malah ga pernah sariawan lho mas hehehehe

Balas

Ya jelas malu ntar dikira abis makan ayam mentah...bibirnya gelepotan merah semua gakgakagak

Balas

nanti keburu dilamar orang mas hehe

Balas

Hati hati mbak Rin..nanti keserimpet polisi tidur loh...hehe :)

Balas

Kalo sy suka pernah di omelin sama tukang baso...kalo minta byk sambel nya...hehe ;)

Balas

buat mamang nunggu semangkanya mas budi aja yah hehe :)

Balas

berarti aman donk mas kalau polisinya pada tidur, aman dari tilang hehe :)

Balas

ya iya dong mas, sekarang harga cabe lebih mahal daripada harga baksonya :D

Balas

soalnya harga cabe mahal mas,... jadi nggak boleh minta sambal banyak-banyak sama tukang bakso. Tapi masih mahal sapi dink hehe :)

Balas

daun sirih di campur semangka pasti enak lho mas hehe :)

Balas

Good night and have a nice dream :)

Balas

Nimbrung lagi di artikel pengobatanya Mas Anthonie
Maaf buat sobat semua,. yang sudah antosias di artikel ini
Sariawan, sangat menyiksa walau kecil nampaknya, namun
jika sudah terserang terasa pedih menyakitkan

Balas

Mas ANTHONIE Sama Mbak Rin ngomong apaan yh
Saya gak ngerti tuh..? tt3tt3tt3. datang lagi Mas di artikel yang
Sangat bermanfaat untuk kesehatan kita semua

Balas

Semua penyakit yang ada di tubuh Manusia, saya rasa
semua tidak ada yang mau terkena, atau terserang,.
Tapi ada satu Penyakit, yang Manusia inginkan penyakit apa Hayoo..?

Balas

polisinya yang tidur tapi dompetnya pada jalan :D

Balas

mungkin harga sambal sekarang lebih mahal ketimbang bakso :)

Balas

kebanyakan vitamin dapat menyebabkan Centil :)

Balas

apapun daunnya kalo dalemnya lontong kayanya juga enak mbak :)

Balas

penyakit mala rindu ya mas karis hehehe :D

Balas

tapi jangan sampai kecentilan lho mas andes, entar dibilang ganjen lho hehe :)

Balas

lontong campur juga enak kok hehe :D

Balas

lagi nggosipin mas karis nich. Kata orang bule, mas karis cakep :)

Balas

Gimana kalo flu cinta :)

Balas

Kalo sama mie ayam lain lagi ceritanya...
sambel nya di umpetin sama abangnya...yg di sediain malah balsem semangkok..hehe :)

Balas

Betul mas Karys karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita, dan banyak makan makanan yang sehat dan bergizi agar terhindar dari penyakit sariawan ini :)

Sip mbak Ririn :)

Balas

wah mulai romantis nih hehe...

Balas

jangan lupa shoppingnya beli sayuran dan buah-buahan biar sehat hehe...

Balas

kalau disediain balsem entar yang beli orang pegel-pegel semua gimana mas Bud hehe...

Balas

wah jadi nggak enak nih hehe...

Balas

juga bikin Ca'em tentunya hehe...

Balas

hehe bisa aja nih mas Budi :)

Balas

lontong pake sambel pasti bikin ngiler yah :)

Balas

tenang mbak aman sekarang hehe...

Balas

iya mas Karys betul apa yang dibilang mbak Ririn tuh hehe...

Balas

Kalau sudah terkena sariawan aktifitas bener-bener terganggu. Pengobatan darurat bisa dengan air garam yang hangat dikumur atau makan sambal memang teruji langsung sembuh. Makasih sudah berbagi, selamat berhari minggu bersama keluarga.

Balas

kalau itu mah bukan shoping mas, tapi belanja hehe :D

Balas

Oke Mbak Rin terima kasih seratus nya, bisa di ambil dimana yah?
Yah betul Mas Anthonie, terima kasih banyak nih artikel nya sangat
Mendidik ke arah kesehatan, saya banyak belajar dari artikel ini

Balas

Yang Bener Mbak Rin..? Mas Anthonie..?
Wah yang bener nih... masa sih..? wah saya jadi GR nikh..tt3tt33t3tt3
Kata bule saya keren,? gkgk Keren sih kalau di lihat dari atas gunung
Pakai sedotan Es .. tt3t3tt33t3t3t3t

Balas

kalau yang suka shoping udah pasti tahu perbedaannya hehe...

Balas

pijetan sambil makan mie ayam hehe...

Balas

Sama-sama mas Karysta, kita sama-sama belajar untuk hidup sehat :)

Balas

haha bisa aja nih mas Karysta :)

Balas

sama-sama sob, makasih kunjuangannya semoga bermanfaat :)

Balas

eh kang Ucup bisa ketawa juga nih hehe...

Balas

Kalo Saya sihh Keseringannya Kegigit hihi
dan makasii nihh mas Eka Tipsnya dan Sekarang saya Akan Lebih nyantai dah Pada Saat makan Biar Kagak aada yang Kegigit :D

Balas

Wahhh Bloggnya Mas eka Keren Ada Bulenya :D

Balas

kembalii hadirr mas.,
hehehe.,

Balas

Iya sob saya juga kadang suka kegigit kalau makan hehe...

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

aku kadang-kadang juga sariawan, biasanya pas waktu makan kegigit, hehe

Balas

temen saya malah hampir setiap hari sariawan tapi sekarang udah sembuh setelah minum madu yang bintang iklannya agnes. dan ada penggantinya yaitu anak prakerin hehehe

Balas

kalau ternyata stress merupakan salah satu penyebabnya juga.. artinya kita juga mesti tahu bahwa stress juga dipicu banyak hal... artinya.. penyebabnya makin banyak dong buat sariawan :) hehehe.. piss

Wahidiyah Jakarta

Balas
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 205   Newer›   Newest»

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger