logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Gejala demam berdarah

Gejala demam berdarah - Nyamuk Aedes merupakan nyamuk pembawa virus dengue dan biasanya hanya nyamuk betina yang mengigit dengan mengambil darah untuk proses bertelur.

Nyamuk ini basanya bertelur di air yang tenang dan juga bersih dan hidup sekitar 10 hari atau paling lama 3 minggu dan bertelur antara 200 sampai 400 telur.

Nyamuk ini dapat terbang hanya sejauh 100 meter, jadi pada saat pengasapan atau fogging biasanya dilakukan sekitar radius 100 meter dari lokasi penderita DBD.

Virus dengue ini terbawa oleh nyamuk Aedes saat mengigit penderita DBD dan dapat menularkan pada orang sehat, setelah masa inkubasi virus dengue di dalam nyamuk selama 8 sampai 10 hari maka nyamuk Aedes siap untuk menularkan virus dengue pada manusia dan nyamuk Aedes biasanya menggigit pada pagi hari dan sore hari.

Namun jika nyamuk Aedes tidak terkena virus dengue maka nyamuk tersebut aman dan tidak akan terjadi gejala DBD saat mengigit orang sehat, jadi yang dikhawatirkan adalah nyamuk yang sudah membawa virus dengue, selain itu virus dengue dapat ditularkan oleh induk betinanya pada telur-telurnya.

Gejala demam berdarah
Nyamuk Aedes
Nyamuk yang menjadi pembawa virus dengue:
  • Nyamuk Aedes aegypti, adalah nyamuk yang biasa hidup di dalam rumah yang gelap, lembab dan sejuk dan merupakan nyamuk yang paling sering membawa virus dengue.
  • Nyamuk Aedes albopictus, merupakan nyamuk yang sering hidup di kebun atau semak diluar rumah.
Beberapa gejala penyakit demam berdarah:
  • Timbul bintik-bintik merah kecil di tubuh (ruam)
  • Suhu tubuh meningkat antara 38 derajat sampai 40 derajat celcius selama 2 sampai 7 hari
  • Tulang dan persendian terasa nyeri
  • Kadang disertai mimisan
  • Sakit kepala
  • Belakang mata terasa nyeri
  • Kulit muka tampak kemerahan
  • Rasa mual dan muntah
  • Leukosit atau sel darah putih menurun
  • Meningkatnya kekentalan darah
  • Gelisah
  • Ujung kaki dan tangan terasa dingin dan berkeringat
Penanganan saat seeorang mangalami demam berdarah:
  • Jika demam mulai meningkat lakukan pengecekan suhu tubuh setiap hari.
  • Jika demam tidak menurun setelah 3 hari sebaiknya bawa ke dokter secepatnya.
  • Penderita harus segera dibawa ke rumah sakit jika hasil laboratorium diketahui terjadi penurunan trombosit dan hematokrit mengalami peningkatan.
  • Banyak beristirahat dengan asupan cairan yang cukup, atau jika perlu gunakan cairan infus pada penderita.
  • Hindari si penderita jangan sampai mengalami syok dengan tanda-tanda kaki si penderita terasa dingin, gelisah, mengantuk, merasa lemas dan pingsan.
Tips untuk mencegah terjadinya demam berdarah:
  • Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan
  • Kuraslah bak mandi atau apapun yang menampung air untuk waktu lama.
  • Tutuplah ember atau gentong penyimpanan air dengan rapat.
  • Mengubur barang-barang seperti kaleng, botol tau barang apapun yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.
  • Lakukan pengasapan atau fogging di lingkungan tempat tinggal anda
  • Taburkan bubuk abate pada tempat-tempat yang menampung air untuk waktu lama.
  • Oleskan lotion anti nyamuk untuk mencegah nyamuk menggigit kulit anda.
  • Semprotkan atau gunakan obat nyamuk untuk mengusir nyamuk dari kamar atau rumah anda.
Sampai saat ini belum ada obat spesifik yang mampu menyembuhkan secara langsung, biasanya pengobatan DBD ringan lewat pemberian cairan tubuh serta mengkonsumsi obat yang mengandung acetaminofen untuk mengurangi nyeri  dan mengurangi demam, untuk untuk penderita DBD yang parah diperlukan rawat inap serta pemberian infus dan elektrolit, dan jika diperlukan dilakukan juga tranfusi darah akibat pendarahan.

Semoga artikel mengenai Gejala demam berdarah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Gejala demam berdarah . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Gejala demam berdarah sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

176 comments

Pertamax :)
Postingan yang cukup bermanfaat sobat
Rajin dan giatlah membersihkan sekitar lingkungan rumah kita terutama harus rutin menguras bak mandi agar tidak menimbulkan jentik2 nyamuk ya mas...

Balas

Nyamuk-nyamuk nakal, perlu dibasmi dengan ABATE

Balas

Sangat bermanfaat gan jadi tau kalau suatu saat nanti menderita dbd

Balas

ngeri juga bahaya yang ditimbulkan oleh nyamuk.
dengan pola hidup bersih setidaknya bisa mengurangi resiko terjangkitnya demam berdarah ya mas.

Balas

iya mas menjaga kebersihan lingkungan memang penting agar terhindar dari DBD :)

Balas

Sip mas Hendrik, kalau tamu tak diundang memang harus diusir hehe...

Balas

jangan sampai deh ngalamin DBD yah mas Rahmat :)

Balas

betul banget kang Ucup dengan menjaga pola hidup bersih dapat mengurangi resiko terjangkitnya DBD :)

Balas

ngomongin soal gejala DB emang ngeri ya mas.. setengah tahun silam tetangga saya juga ada yang kena DB padahal masih bayi belom ada setahun tapi alhamdulillah sekarang udah sembuh :) hehehe
aman deh lingkungan sekitar udah di semprot

Balas

Ngeri juga ya sob semoga kita tidak mengalami hal seperti ini

Balas

emang ngeri mas Andes kalau sampai terlambat bisa meninggal juga, tapi untunglah tetangganya mas Andes bisa selamat yah :)

Balas

iya sob jangan sampai deh kena DBD, ngeri...

Balas

harus selalu jaga kebersihan lingkungan juga :)

Balas

ternyata nyamuk adalah hewan pembunuh no 1 di dunia...weh..weh...weh...

Balas

yoi mas, sekarang kalo liat nyamuk tinggal langsung smash aja kayak badminton itu sih tapi pake raket listrik hohoho..

Balas

saya mau tanya mas, katanya ada daun buat obatin DB, daunnya itu namanya apa yah mas

Balas

iya mas Andes sekalian olah raga kan hehe...
Btw makasih mas, sudah oke tombol sharenya :)

Balas

Iya mas Rizky pake daun ubi jalar karena mengandung polifenol yang berguna sebagai antioksidan untuk memperbaiki sistem imun atau kekebalan tubuh dan mampu melawan virus penyebab DB, caranya dengan direbus mas Rizky, semoga bermanfaat.

Balas

direbus lalu dimakan atau diborehkan mas ??

Balas

makasih mas buat infonya :) jadi bisa lebih berhati2 lagi nih..

jangan lupa mampir ya mas :) www.nandarious.com

Balas

wow dah lama gak mampir kesini dan makin bermanfaat saja nih tips'y .. hebat
btw mas diatas ada tanda ---> mungkin gak pas naroh kodenya

Balas

olahraga sebelum tidur gebukin nyamuk :) hehehe.. sama2 mas Anthoni

Balas

wah sangat membantu, dan sering mengamati penyakit pada diri sendiri

Balas

Kode ----> sudah beres diperbaiki mas. Terimakasih ya sudah mengingatkan. Hehe :)

Balas

Perlu menjaga kebersihan lingkungan ya mas apabila kita tidak ingin terserang penyakit demam berdarah. Selain itu, menjaga kebersihan tubuh juga penting untuk diperhatikan. Kalau tubuh bersih, maka hidup kita akan sehat. Begitu juga sebaliknya. Ini yang kemudian bisa dijadikan indikator penting apabila kita ingin hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk demam berdarah, yakni menjaga kebersihan.

Gejala demam berdarah ini sangat rentan sekali pada anak-anak, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang orang dewasa. So, berapa pun usia kita, hendaknya membiasakan diri hidup sehat. Poin-poin yang dijelaskan diatas, dengan berbagai peristilahan kedokteran, bisa menjadi referensi untuk kita semua, agar selalu siap siaga dan waspada dengan penyakit yang satu ini. Karena bisa merenggut nyawa kita apabila tidak segera diatasi.

Artikel yang sangat menarik, sekaligus dapat mencerahkan kita semua tentang Gejala Demam Berdarah. Terimakasih atas share nya :)

Balas

Kalau bersihkan kamar mandi tiap minggu, luamayan capek juga ya mas :)

Balas

Selain jaga kebersihan, perlu juga jaga poskamling ya mas hehe :D Kalau misalnya punya jadwal ronda hehe :D

Balas

Sekarang kalau main bad minton nggak di lapangan ya mas hehe :)

Balas

ubi jalar itu kalau di jawa namanya telo rambak yah mas, tapi bukan itu mas maksudnya saya, apa yah kok lupa saya

Balas

Suhu badan panas ..salah satu gejala yg mirip dg tipes atau radang tenggorokan pada penderita nya ya mas :)

dan kebanyakan..korban yg sampe ndak tertolong pada penderita penyakit ini..di karenakan terlambatnya untuk fi bawa ke RS atau ke dokter...



Balas

Mav..mas dari kemarin koneksi kurang bagus di tp saya...
Jd baru bisa jumpa lagi nih...di sini ..hehe :)

Balas

Buat ngusir kecoa bisa jyga ndak ya..hehe :)

Balas

Jadwal yg jaga lilin ..ada juga ndak mbak..hehe :)

Balas

Bukan badminton mbak..tepatnya main ping pong...hehe :)

Balas

ada mas budi, tapi nanti pas mati lampu hehe :D

Balas

kalau main ping pong harus ada meja nya lho mas hehe :D

Balas

berarti kalau harus cepet-cepet di bawa ke RS ya mas kalau terserang DBD :)

Balas

Pencegahan sudah pasti lebih baik dan harus dilakukan. Sayangnya di sekitar rumah saya, kalau dilakukan pencegahan dengan fogging pasti ada saja rumah yang menolak fogging dengan berbagai alasan.

Balas

Mudah2an dijauhkan dari penyakitkit demam berdarah ini ya mas...

Balas

Sama mas udah 4 hari ini koneksi internet agak lelet..maklum pembaruan server provider. jadi acara kunjungan blog agak terkendala...capek nunggui loading blog cma kluwer2 terus hehehehe

Balas

Gejala DBD ini hampir mirip ama wabah malaria ya mas

Balas

iya mungkin mirip mas, tapi saya kurang tau..
nunggu mas Anthoni dulu biar di jelasin :) hehehe

Balas

iya mbak.. ini juga komentar yang bermanfaat sekaligus mencerahkan :) hehe
seperti biasa, saya ikut numpang nyimak biar ketularan yang cerah2

Balas

tapi kalo orangnya masih tetep bagus kan mas :) apa malah udah tambah bagus lagi :D hohoho

Balas

iya mas kalo ada yang mendekatkan jangan mau ya.. :D

Balas

jangankan kecoa mas, buat ngusir orgil juga bisa kok :D

Balas

fogging itu apa sih mbak ???

Balas

tapi kalau rumahnya dekat dengan got itu nyamuknya luar biasa banyaknya mas, mau dibasmi sulit sekali tuh kayaknya

Balas

kan sehat juga mbak sekalian olah raga hehe...

Balas

haha... memang mantap tuh obat :)

Balas

jalan satu-satunya dengan pengasapan kang biar aman :)

Balas

Penyakit malaria ditularkan lewat nyamuk Anopheles dan disebabkan oleh protozoa golongan Plasmodium.

Balas

yang berbahaya nyamuk yang membawa virus dengue kang :)

Balas

coba diingat-ingat lagi mas, apa daun peria, daun jambu biji, daun pepaya atau ada yang lain?

Balas

Iya mas Nandar harus lebih berhati-hati, saya pasti datang mas :)

Balas

udah saya coba ngilangin tanda itu kang cuma nggak berhasil, nggak tahu bisa nongol diatas aneh juga hehe...

Balas

iya sob kita harus selalu waspada dan berjaga-jaga agar terhindar dari sakit yang berbahaya :)

Balas

komentar yang luar biasa, saya malah kagum sama isi komentarnya mengalahkan isi artikelnya hehe, sip mbak :)

Balas

iya kalau ada tanda-tanda panas tinggi lebih baik segera bawa ke dokter atau RS biar dapat segera diketahui penyakitnya :)

Balas

orangnya sih tetep ganteng-ganteng dan cantik-cantik mas hehe...

Balas

fogging itu pengasapan kang agar lingkungannya bebas dari nyamuk penyebab DBD :)

Balas

iya lebih baik kita menjauh saja mas hehe...

Balas

pake petromak aja mbak dari pada pake lilin hehe...

Balas

musim hujan sudah mulai datang, harus paham gejala demam berdarah ini. Makasih informasinya sob.

Balas

Info yang bagus, mulai sekarang biasakan hidup sehat

Balas

pengasapan bisa juga dengan bakar kemenyan hehehe :D
paling para tetangga langsung pada curiga tuh xixixiii....

Balas

Kalo dah master teliti banget ya, ta' pikir itu tanda emang dari sononya kali ternyata kemungkinan ada masalah di kode ya...?

Balas

Sebetulnya untuk kondisi kawasan Indonesia yang rawan terjangkit demam berdarah dan masih banyak kawasan yang tergenang perlu dilakukan fogging secara rutin mungkin setiap 2 bulan sekali, terutama untuk kawasan padat penduduk. Akan tetapi aturan dari mentri kesehatan fogging yang dilakukan oleh pemerintah hanya dapat di request bilamana ada kejadian. Jadi kalau tidak ada kejadian yang terkena DB maka tidak dapat dia ajukan ke puskesmas untuk fogging. Hmmmm.... jadi tidak menaerapkan prinsip mencegah dulu, tapi sakit dulu baru di lakukan pencegahan terhadap lingkungan. Ya kalau begitu kebersihan lingkungan yang harus di usahakan bersama.

Balas

ngahaha ide baru :) boleh juga yang di bilang mas marnes

Balas

itu kalo yang di pojok atas kotak kecil warna hitam munculnya dari breadcrumb mas..
<div class='usup-breadcrumb'>
<span class="left"></span>
<ul> … </ul>
<span class="right"></span>

Balas

sekarang gimana mas Virlyz udah terang apa belom :D hehe

Balas

Kalau pakai petromax ntar terlalu terang mas hehe :)

Balas

Pakai software pengusir nyamuk juga bisa mas untuk mencegah nyamuk-nyamuk nakal tinggal di rumah :)

Balas

Malah jadi berkunang-kunang mas karena ada istilah-istilah asing, jadi pusing :)

Balas

kayaknya itu kode dibawah atau diatas kode HEAD mas :)

Balas

Biar ketularan ilmunya mas anthonie. Sulit juga ya ternyata untuk hafalin istilah-istilah kedokteran ya mas :)

Balas

Mungkin mas budi bisa ganti provide penyedia internet yang bagus biar koneksinya bisa ngebut :)

Balas

Mulai deh...
Ada yg suka sama yg remang remang..hehe

Balas

Apalagi hafal kode ya mbak..hehe :)

Balas

Daun pintu bukan...mas :)

Balas

Kayaknya emang mesti pindah ke lain hati juga nih...
kalo beberapa hari masih lola juga..terpaksa deh sy ikut saran mbak Ririn ..hehe :)

Balas

Kalo joging lain lagi ding ya :)

Balas

lain itu mas, apalagi kalau kalau sampai salah ketik jadi jigong :D

Balas

kalau remang-remang kan bikin romantis mas Budi hehe...

Balas

kasih laptop aja biar nyamuknya sibuk ngeblog hehe...

Balas

kalau pusing harus banyak istirahat mbak hehe...

Balas

kalau itu sih kegedean atuh mas Budi hehe...

Balas

terus ngilanginnya gimana yah mas Andes dan mbak Ririn?

Balas

nggak usah dihafalkan, nyontek aja deh hehe...

Balas

sip mas Budi saya juga ikut mendukung dari belakang hehe...

Balas

haha bisa aja nih kang Ucup :)

Balas

sama-sama sob, kita harus selalu waspada akan penyakit DBD ini :)

Balas

betul sob saya setuju sekali :)

Balas

iya susah juga kalau harus menunggu ada kejadian dulu baru bertindak yah sob, memang salah satu cara adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Balas

sama tanda --> apa bisa dihilangin juga yah mas Andes?

Balas

wkwkwk...ga sekalian suruh bantuin saya ngeklik iklan di ptc mas hahaha

Balas

Obat pusing mah gampang mba' rin pantogin aja ke tembok Insya Allah dijamin tuh makin keleyengan hehe :D

Balas

Setubuh mas "lebih baik mencegah dari pada mengobati" begitu bunyinya kata bapak tebe :D

Balas

apalagi sekarang sudah mau memasuki musim hujan ya pak, menjaga kesehatan terutama untuk mencegah demam berdarah sangat penting ... :)

Balas

harus jaga kbersihan lingkungan ya mas,,,

Balas

Dulu katanya yang paling berbahaya jenis malaria zebra, selain tertiana dan tropyca. Hanya dalam waktu 1 x 24 jam saja jika tak tertangani bisa meninggal, apa benar begitu ya mas ???

Balas

Udah jelas mas andes... makasih pencerahannya Mas Anthon

Balas

Pake yang sudah di turn up aja mas bud ..biar kenceng, tapi jangan lupa pake helm standar yach hehehe

Balas

Klu cewek yang deketin tp terjangkit DBD mau ga Mas andes

Balas

bisa sekalian renag ya mas :)

Balas

apa virus itu cuma bisa ditularkan oleh nyamuk mas ... ??

Balas

saya kira itu tanda lahir mas :)

coba mas Anthonie cari saja di edit html --> kalau ketemu langsung hapus :)

Balas

aduh kalo itu tergantung situasi dan kondisi mas :D hohoho..

Balas

susah juga mas Virlyz pakel helm yang ada standarnya.. biasanya standar di pasang dibawah step ini malah di modifikasi di helm :D hehe tapi asik juga kok..

Balas

Sambil minum air soda :)

Balas

Seratus kan buat sy..hehe

Balas

Sy udah cari di material tapi kok ndak jual katanya mas..hehe

Balas

hmmm .. asikkk ada ilmu baru nihhh hihi saya Izin Nyimakk yah mas eka biar saya kagak Terkena Penyakit Yang Menakutkan Itu :D

Balas

artikel yang sangat bermanfaat, salam kenal...

Balas

Olahraga kok dikamar mandi mas. Aneh dech wkwkwk :D

Balas

Iya bisa romantis kayak di tipi-tipi ya mas anthonie ^^

Balas

Asyik juga ya kalau nyamuk bisa ngeblog. Pasti blog nya bakalan rame ya mas hehe :)

Balas

daun muda kayaknya ok lho mas hehe ;)

Balas

Menurut saya tanda --> nggak apa-apa mas. Nggak perlu dihilangkan, soalnya ada seni nya hehe :)

Balas

Boleh juga ide nya mas anthonie hhehe :) Seratus dech buat mas anthonie :)

Balas

Iya nggak jual mas. Lawong belinya di toko material kok wkwkw itu kan toko bangunan wkwkwk bukan toko hand phone, pulsa atau modem :D

Balas

Kalau situasi nya kefefet pasti mau ya mas andes? wkwkwk :D

Balas

Wuih ini gejala penyakit, yang kelihatanya sepele
Namun sangat membahayakan, bahkan jika lambat
Dalam pengobatan bisa fatal, sampai bisa menjadi kematian
Pengalaman yang pernah saya alami kala, anak dari Kakak say
Terima kasih Atas Artikelnya Mas Anthonie telah mengingatkan
Kita semua akan Peduli dengan kesehatan

Balas

Kalau di kasih duit kira-kira nyamuk pergi gak ya.? hhhhh

Balas

Wah sayang saya belum dewasa jadi kurang paham dengan
Yang namanya Romantis, yang saya tau Romantis itu ialah
Roko Makan Geratis... ttt3ttt3tt3tt3

Balas

Artikel menarik dan kesanya saling mengingatkan akan
Kesehatan yah Mas Anthonie, saya kasih nilai 9 deh buat Atikelnya
Kalau Admin beri Nilai berapa yah..? :)

Balas

kalo tanda --> saya masih agak ragu mas, entah itu dari js twitter ato bukan.. tapi kalo mas Anthoni mau coba, mungkin bisa di lepas dulu tombol share floatingnya mas tapi kalo tidak hilang ya pasang lagi :) hehe

Balas

siapa dulu dong, mas Anthoni kok dilawan :) hehe kan udah bidangnya yang beginian :D

Balas

abis biasanya kalo udah kefefet fasti tidak bisa bergerak mbak :D hohoho

Balas

pasti pergi mas..cari rumah kontrakan baru..pasti hehe :)

Balas

ia mas saud buat kita yg belum cukup dewasa...mending duduk minum soda aja..hehehe

Balas

terus di kasih nama apa dong blog nya....biar keren...hehehe :)

Balas

belinya di mana mbak Rin...saya pesan tiga iket ya..hehehe :)

Balas

saya kirain jual juga mbak....hehehe :)

Balas

kunjungan malam mas :)

DBD ini kalau sepintas tanda-tandanya ada yang mirip dengan tifus ya mas, dulu soalnya istri saya hampir salah diagnosa, entah bagaimana ceritanya kok bisa kaya gitu.

terima kasih mas sudah share, jadi makin tau lagi tentang DBD

Balas

Wahhh., kalo penyakit ini,, saya sereemm mas.
pernah ngalamain gejala ajah udah kayan gittuuu.,
info yang bermanfaat mas.,

Balas

Sama sama mas Karysta :)

Olah raga dimana aja bisa pokoknya gerak mbak Ririn hehe...

Balas

kalau itu nyamuk mata hijau mas hehe...

Balas

jangan lupa semangkanya dikeluarin mas Budi hehe...

Balas

entar yang komen pasti temennya nyamuk tuh hehe...

Balas

Penyakit malaria ada 4 jenis mas Malaria tertiana, Malaria quartana, Malaria tropica, Malaria pernisiosa kalau malaria zebra kayaknya belum pernah tahu, memang semua berbahaya jika tidak segera diatasi.

Balas

iya kang karena itu kudu waspada hehe...

Balas

di mall banyak mas hehe...

Balas

Kalau yang gerak mulutnya apa termasuk olah raga mas hehe :)

Balas

wah pusing mas kalau liat kode-kode script lagian sekarang masih repot untuk sementara gpp deh kaya gitu hehe....

Balas

Seratus untuk mas anthonie hehe :)

Balas

aduh...jangan buka rahasia disini mas hehe...

Balas

Udah master kayaknya ya mas andes hehe :)

Balas

coba diapotik mas Budi siapa tahu jual hehe...

Balas

pasrah jadinya yah mas...

Balas

iya betul mas Marnes sip deh :)

Balas

makasih semoga bermanfaat :)

Balas

iya serem juga sob, jangan sampe deh ngalamin :)

Balas

iya mas WS memang sepintas hampir sama dengan tifus, seperti demam tinggi, badan terasa nyeri dll, mungkin namanya juga manusia bisa aja salah diagnosa tapi bahaya juga sih kalau sampai begitu.

Balas

terus hadiahnya apa nih mas Karysta hehe...

Balas

makasih sob semoga bermanfaat dan salam kenal juga :)

Balas

silahkan disimak baik-baik sob semoga bermanfaat :)

Balas

Betul mbak Maya dengan menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu cara untuk terhindar dari penyakit DBD.

Balas

Iya mas Eka kita harus selalu waspada :)

Balas

master apa nih mbak hehe...

Balas

asyik dapet hadiah gelas lagi hehe...

Balas

Mulut bergoyang termasuk, olah raga juga
Tapi olah raga ngisi perut, biar buncit tt3tt3tt3

Balas

pokoknya yang kegiatan menggerakkan otot dengan teratur dan rutin termasuk juga olah raga mas dan mbak, kan ada juga senam mulut hehe...

Balas

Ngeri juga ya gelajalanya aja segitunya

Balas

iya mas karena itu kita harus waspada dan juga selalu menjaga kebersihan lingkungan :)

Balas

pasti itu nyamuknya gayus ya mas :D

Balas

haha bisa jadi mas :)

Balas

Sakit ini sangat menderita sob, 1 minggu gak bisa ngapa ngapain. Eh kok curhat.

Balas

penyakit db memang sangat berbahaya mas, dan pastinya sangat menderita sekali, mudah-mudahan jangan sampai terkena lagi yah mas :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger