logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Beras merah ternyata lebih sehat daripada beras putih

Beras merah lebih sehat daripada beras putih - Beras merah sampai saat ini bukanlah merupakan makanan favorit untuk setiap kita mungkin karena harganya tergolong cukup mahal sehingga kita lebih memilih beras putih sebagai makanan sehari-hari.

Namun ternyata beras merah mempunyai kelebihan dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita dibandingkan dengan beras putih yang biasa setiap hari kita konsumsi, sebuah penelitian terhadap 200 ribu orang di Amerika membuktikan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi nasi putih memiliki resiko terkena diabetes sebesar 17 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi nasi putih.

Beras merah lebih sehat daripada beras putih
Beras merah
Menurut pakar gizi klinis dari MRCCC Siloam dr. Samuel Oetoro MS, SpGK menjelaskan kandungan dari beras merah yaitu vitamin B1, B6, dan B12 yang cukup tinggi, dia juga menjelaskan bahwa vitamin B berfungsi untuk pembentukan energi bagi tubuh, beras merah yang mengandung vitamin B berperan untuk memfasilitasi pembentukan energi di sel.

Tidak hanya itu beras merah juga mengandung serat yang lebih tinggi dibandingakan dengan beras putih, dengan tingginya kandungan serat dalam beras merah salah satunya untuk membuat penyerapan gula dalam karbohidrat menjadi tidak maksimal dan juga penyerapan lemak yang masuk saat kita mengkonsumsi makanan juga menjadi tidak maksimal dan ini sangat baik bagi tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Dia juga menyarankan untuk selalu mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih meskipun tidak perlu setiap hari, paling tidak dalam beberapa hari kita usahakan untuk mengkonsumsi beras merah, karena kandungan serat yang lebih tinggi inilah maka membuat beras merah menjadi lebih sehat dari beras putih, meskipun terlihat kurang menarik tapi lebih baik dan bermanfaat daripada beras putih yang pulen atau nasi ketan, karena beras putih dapat membuat kadar gula darah kita menjadi meningkat.

Beberapa kandungan gizi dari beras merah lainnya adalah fosfor dan selenium, selenium merupakan trace element yaitu merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase, enzim glutation ini berfungsi untuk memecah peroksida menjadi ikatan yang tidak lagi bersifat toksik
.
Para pakar kesehatan mengatakan bahwa beras merah sangat berpotensi untuk mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti penyakit kanker serta penyakit degeneratif lainnya, asam lemak tidak jenuh di dalam membran sel akan merusak membran tersebut karena teroksidasi oleh peroksida yang telah berubah menjadi radikal bebas.

Lewat beberapa penelitian membuktikan bahwa mengganti beras putih dengan beras merah sangat efektif untuk mengontrol kadar gula darah seseorang, penelitian yang dilakukan oleh Harvard University membuktikan bahwa mengkonsumsi beras merah merupakan pilihan yang sehat untuk para penderita diabetes.

Beberapa manfaat dari beras merah antara lain:
  • Kaya akan serat
  • Membuat perut menjadi cepat kenyang
  • Dapat mengontrol kadar gula darah
  • Mengandung vitamin B1, B6, dan B12
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat
  • Mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas
Itulah artikel mengenai "Beras merah lebih sehat daripada beras putih" semoga bisa bermanfaat bagi kta semua, karena itu kita bisa mencoba untuk mengganti mengkonsumsi nasi putih dengan nasi merah, meskipun tidak tiap hari kita mengkonsumsinya paling tidak dalam seminggu kita mencoba beberapa kali. mengkonsumsi nasi merah ini.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Beras merah ternyata lebih sehat daripada beras putih . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Beras merah ternyata lebih sehat daripada beras putih sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

100 comments

pertamaxxx diamankan dulu... :D

Balas

rasanya pengen saya mencicipi beras merah sekali-kali mas pengen tahu nikmatnya seperti apa ..

Balas

selain lebih berkhasiat, beras merah rasanya juga lebih gurih ya mas :)
makasih infonya ^^

Balas

saya tak keduax aja, hehehe :D

Balas

rasanya seperti tape ketan paling ya sist, hehehe :D

Balas

Beras merah memang lebih mahal sehingga tak mungkin dijadikan makanan pokok sehari-hari. Namun di daerah tempat tinggal saya, beras merah sering digunakan sebagai bahan tepung kue dan penganan khas di hari besar agama Islam, mas Eka.

Balas

Waktu kecil saya suka banget makan bubur beras merah. hehe

Balas

Lebih bermanfaat tapi aku kok jarang memakannya yahhh, harus juga dioplos nih kalau begitu, biar dapat manfaatnya....thanks, Sob!

Balas

Saya ke empat.x ..hehehee

Balas

Makasih mas.. infonya ..sangat bermanfaat

Balas

Padahal khasiatnya jauh lebih banyak ya dari beras putih, tapi sayangnya pemerintah tidak mensosialisasikan masyarakatnya untuk beralih ke beras merah.

Balas

saya suka makan beras merah, tapi gak dominan, dalam artian beras putih masih jadi makanan pokok saya ;)

Balas

numpang sekalian

Balas

Begitu khasiatnya ya mas...saya sendiri kurang suka buat saya apapun yang terjadi adalah nasi putih....kalau begitu ya di cobain biar sehat

Balas

saya nggandul di belakang ...

Balas

kalau di tempat saya malah suka dikasihkan ke ayam jago bangkok, huh makanan ayam kok malah lebih mahal ya ...

Balas

Beberapa kali saya ngerasain nasi beras merah, enak-enak saja sih wong makannya juga pas lagi lapar. Berhubung tidak biasa masak nasi, ntar deh tak suruh mantan pacar untuk masak nasi beras merah, biar lebih sehat

Balas

beras merah memang banyak gizinya yaa mas, orang tua saya jg selalu mengatakan hal demikian
thanks

Balas

saya diatas truk aja

Balas

Kbetulam blm pernah ngerasain nasi merah mas..
Ngeliat manfaatnya...kapan2 pingin juga,nyoba :)

Balas

Udah gede suka nya apa dong

Balas

pernah sekali saya makan beras merah ini. Beras nya kalau udah jadi nasi jadi agak lengket ya mas. Ternyata banyak serat nya ya. Pantas saja baru makan sedikit, udah kenyang hmmmm :)
thanks mas anthonie atas share nya ya :)

Balas

Kunjungan rutin lagi mas.. saya bingung mau komentar apa

Balas

saya dimana dong,,,,,,,

Balas

pantesan burung prukutut bapak saya dikasih makan beras merah,ternyata manfaatnya banyak toh,,,burung prukutu aja suaranya jadi merdu,apalagi kalau manusia yah hehehe

saya sering masak nasi beras merah,( permintaan pelanggan ) tapi nggak tahu khasiatnya,dan juga manfaatnya,,,,nah skrng jadi tahu deh,ok mas Anthonie terimakasih untuk artikelnya......

Balas

ya nggak usah komentar,,duduk manis aja disitu tuh mas Valentino hihihi

Balas

jangan kapan-kapan dong mas Budi,besok beli trus dimasak deh hehe

Balas

Terima kasih sekali Mas atas infonya, saya baru tahu nie kalau beras merah lebih baik dikonsumsi ketimbang beras putih. Memang masyarakat kita akhir-akhir ini terlihat banyak sekali yang menunjukkan gejala diabetes atau gula darah tinggi. Itu apa karena mereka terlalu banyak makan ya Mas, terutama makan nasi ? :D

Balas

iya sob, konon sehat untuk penderita diabetes

Balas

Wah agak ketinggalan berita dari Mas Anthonie nih
Ternyata beras merah banyak nilai gizinya dari beras Putih
Baru saya tau nih Mas? Makasih atas artikelnya sangat bermanfaat :)

Balas

Lho koq pada berebut Pertamax yah? bukanya nyimak dulu
Sesuai Topik artikel Mas Anthonie tentang Beras Merah nya
Nih Mas dan Mbak Semua.? hhhh baca dengan tuntas nih
Mas Anthonie Artikel Beras Merah nya Terima kasih :)

Balas

Beras Merah memang banyak sekali manfaat nya pantas saja
Harganya lebih mahal dari beras biasa makasih Mas Anthonie
Sudah berbagi pengeahuan kesehatan tentang beras Merah ini

Balas

beras merah ini terbuat dari padi ketan merah ya mas...?? wah saya belum pernah makan nasi merah loh mas.. kalau bubur merah saya sudah pernah hehehhe..
ternyata malah sehat nasi merah daripada nasi putih... terimakasih infonya mas.. jadi tambah wawasan lagi nih saya tentang kesehatan hehehhe

Balas

iya mas Nady beras merah lebih sehat daripada beras putih :)

Balas

iya mas Karysta beras merah lebih sehat daripada beras putih, silahkan dicoba mas :)

Balas

iya sob karena beras merah dapat mengontrol kadar gula darah sehingga cocok untuk penderita diabetes :)

Balas

iya mas Hendrik, kemungkinan karena terlalu banyak mengkonsumsi beras putih dan dibarengi dengan pola hidup yang tidak sehat.

Balas

burung aja dikasih makanan yang sehat masa manusianya malah makan yang kurang sehat yah kang :)

Balas

betul mbak, karena beras merah kaya akan seratnya jadi bagus untuk tubuh :)

Balas

iya mas Budi nanti biar kang Dede yang masakin, nanti saya yang bantu nyicipin hehe...

Balas

Betul mas Ferdon. memang beras merah sangat sehat untuk tubuh :)

Balas

sip mas, biar sehat makannya nasi beras merah hehe...

Balas

sekali-kali boleh mbak Indah nyobain nasi beras merah, kan bagus untuk kesehatan :)

Balas

iya nggak apa-apa mbak Dwi, soalnya beras merah harganya juga lumayan mahal :)

Balas

saya juga nggak mengerti mas, kenapa beras merah bisa lebih mahal padahal kan bagus untuk kesehatan :)

Balas

iya kang boleh juga dicampur biar lebih sehat daripada beras putih aja.

Balas

oh gitu yah mas Uda, bagus juga kalau bisa lebih sering dikonsumsi, sayang harganya yang terlalu mahal yah mas.

iya mas Isnaeni, ayam malah makannya lebih sehat dari pada manusia yah hehe...

Balas

iya mbak Indri, sering nyoba yah mbak :)

Balas

silahkan dicoba mbak Friska
betul mbak Indri dan mas Karysta :)

Balas

udah tahu klo beras merah itu lebih sehat dari beras biasa, tapi kenapa kok masih banyak yang makan nasi dari beras biasa ya mas???

Balas

kunjungan rutin kang :D ditunggu post baru biar dapet pertamax :D

Balas

enak gak sih mas rasanya? gak menarik kayaknya kalau warnanya merah, pink kek :D

Balas

Ya mas, harganya mahal karena jarang yang tanam beras merah. coba kalau semua petani tanam beras merah, mungkin Harga beras merah akan lebih murah.

Balas

Boleh deh kalo gitu..tapi kalo mau beli berasnya yg paling bagus....apa yg ada gbr ayam jagonya ya mas...hehe

Balas

Baru tau jiga kalo burung perkutut..doyan beras merah..kang hehe :)

Balas
This comment has been removed by the author.

ehehe didelete ah biar mas eka penasaran

Balas

wah pantas banyak ajli2 kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsinya ya mas...
tapi agak susah juga kalau membiasakan memakannya hehe

Balas

perlu dibiasakan nih makan beras merah, maksud nya nasi yang berasal dari beras merah ya mas. Kalau beras merah langsung di makan ya nggak enak. Jadi harus dimasak dulu hehehe :D

Balas

kira-kira kaya lemak juga nggak mas :)

Balas

smg dgn follow blog ini hdpku bs sehat alami...

Balas

saya gandulan dibelakang sj...
auwouwo..... xixixixi...

Balas

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali, ternyata beras merah lebih baik :)

Balas

Tapi saya agak kurang suka Mas dengan beras merah :D, kalau dirumah saya beras merah biasanya dimasak ma beras putihnya, manfaatnya ternyata banyak ya :D

Balas

Terimakasih infonya mas,,.kunjungan malam ..lagi BLOGWALKING

Balas

beras merahnya boleh sya bwa plang gak mas..hhehehe

Balas

mampir rutin mas,,,
sambil ngronda malem..hehehe

Balas

soalnya harganya yang lumayan mahal mas, jadi memang kurang ekonomis kalau untuk dikonsumsi setiap hari :)

Balas

kalau mau tahu enak apa enggak dicoba aja mbak, siapa tahu nanti jadi suka makan nasi beras merah :)

Balas

betul mas WS selain harganya yang lumayan mahal juga karena kita tidak terbiasa makan nasi beras merah :)

Balas

biasanya yang makan beras merah tanpa dimasak dulu adalah ayam mbak hehe...

Balas

Mudah-mudahan mbak Tari hehe...
Makasih yah :)

Balas

iya mas Yobert, beras merah dicampur dengan beras putih juga bagus kok :)

Balas

beras merah mengandung sedikit lemak mbak Ririn :)

Balas

bisa jadi mas, tapi para petani mungkin takut kalau nggak ada yang beli beras merahnya.

Balas

wah kalau dibajar ada tidak ya saya belum pernah coba kepengen oh ya nanya mas eka itu masak nya sama ya seperti beras pada umumnya ..

Balas

Sama mbak Friska seperti masak nasi putih :)

Balas

Selamat pagi dan selamat beraktifitas mas Anthonie....
Sepertinya saya dah lama ya ga mampir dimari, saya ikutan nyimak artikelnya mas mudah-mudahan bisa mengambil manfaat dari postingan nie

Balas

kunjungan rutin mas ;) heuheue

Balas

kunjungan rutin mas. blog mas jg sdh sy review

Balas

Namun harganya juga lebih di atas harga nasi putih mas.... beras merah organik..

Balas

saya dulu pernah makan beras merah mas, nyoba dikit punya abang saya yg biasanya buat kasih makan ayam bangkok, hihihi :D

Balas

Tidak perlu diragukan lagi khasiat beras merah, hanya saja harganya juga lebih mahal ya Sob

Balas

aku juga ikutan ach kunjungan rutin hihi

Balas

zakat fitrah kali dibawa pulang hehehe

Balas

enakan beras mateng mas Nady,bisa langsung dimakan kakakak

Balas

Saya ikutan dong, hehe.. :)

Balas

kunjungan rutin mas,
sambil nunggu postingan terbarunya..

Balas

Makasih mas Robih, wah lebih cepat dari yang saya perkirakan nih :)

Balas

memang harganya lebih mahal mas daripada beras putih, karena itu jarang orang mengkonsumsi beras merah untuk makanan sehari-hari :)

Balas

iya mas Cahyo, karena terlalu mahal jadi beras putih masih menjadi favorit untuk dikonsumsi :)

Balas

iya ayam malah makannya beras merah yang lebih sehat dari beras putih yah mbak :)

Balas

Beras meras dalam kondisi masih hangat paling nikmat di makan dengan lalapan dan sambal dengan ikan asin, Palagi kalau di barengin sama sayur asem. Hm..... mantap deh. he,,,he,, he,,,

Balas

iya mas Indra, dengan menu tersebut pasti enak banget yah, makannya jadi lahap :)

Balas

Dari dulu saya pengen banget mas makan pake beras mereh. Tapi di tempat saya langka banget beras merah udah gtu mahal lagi.

Balas

memang beras merah agak susah mas dan lebih mahal daripada beras putih tapi manfaatnya jauh lebih baik daripada beras putih :)

Balas

memang beras merah lbh bagus untuk kesehatan ya.. cuma kaya'a harga lebih mahal ya mas.. :D

Balas

iya mas, harganya memang lebih mahal daripada beras putih, tapi tentunya lebih menyehatkan :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger