logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Gejala kanker lidah

Gejala kanker lidah - Kanker merupakan penyakit yang sangat mengerikan karena dapat menyebabkan kematian yang cukup tinggi di dunia termasuk di Indonesia.

Ada beberapa jenis kanker yang dapat menyerang bagian tubuh manusia seperti kanker otak, kanker hati, kanker kulit dan masih banyak jenis kanker lainnya, namun kali ini kita akan membahas mengenai gejala kanker lidah.

Kanker lidah kurang begitu diketahui banyak orang karena memang kanker lidah ini masih jarang terjadi, tapi tidak ada salahnya kita mengenal gejala dari kanker lidah ini.

Gejala awal dari kanker lidah ini pada umumnya menyerupai sariawan di lidah dengan bercak putih atau merah pada bagian lidah dan terasa sakit jika tersentuh sesuatu seperti saat makan, biasanya sariawan akan sembuh dalam beberapa hari namun kanker lidah akan mengalami sakit yang tidak kunjung sembuh.

Gejala kanker lidah

Gejala seperti ini akan berlangsung lama dan semakin hari bercak-bercak seperti sariawan ini akan semakin membesar sehingga lidah akan menjadi lunak dan berdarah dan tentunya disertai dengan rasa sakit apalagi saat makan, minum, mengunyah dan menelan makanan, biasanya rasa sakit akan terasa di tenggorokan pada saat menelan makanan.

Yang paling buruk yang bisa terjadi adalah adanya gejala lidah menjadi mati rasa dan membuat lidah menjadi sulit digerakkan, suara juga akan ikut mengalami perubahan, dan mulut juga akan terganggu menjadi sulit untuk membuka dan menutup.

Gejala lainnya adalah terjadinya rasa sakit pada bagian telinga dan adanya benjolan pada tenggorokan bagian belakang.

Karena itu kita perlu waspada jika gejala awal mulai terdeteksi segera lakukan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Beberapa pemicu terjadinya kanker lidah ini adalah kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor seperti:
  • Zat radioaktif
  • Paparan sinar ultraviolet
  • Lemahnya sistem imun
  • Genetik
  • Psikis
Proses pengobatan:
Untuk proses pengobatannya biasanya akan dilakukan radioterapi dan juga kemoterapi, ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebarluasan sel kanker pada lidah.

Namun pada penderita kanker lidah stadium akut biasanya akan dilakukan operasi namun tetap akan disertai juga dengan radioterapi.

Setelah pasien telah menjalankan operasi sebaiknya tidur dengan posisi terlentang dan juga menggunakan bantal, dan hari berikutnya disarankan si pasien untuk posisi setengah duduk terlentang ini dimaksudkan untuk mengurangi ederma dan juga hypermia.

Itulah ulasan mengenai gejala kanker lidah yang perlu kita waspadai karena jika terlambat ditangani akan dapat membuat kondisi semakin parah dan sulit untuk disembuhkan, karena itu saat kita mengalami sariawan pada mulut atau lidah sebaiknya jangan pernah menganggap enteng, karena bisa saja sariawan tersebut merupakan gejala kanker lidah, semoga bermanfaat.

Simak juga artikel lainnya mengenai : Gejala penyakit stroke dan penyebabnya



Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Gejala kanker lidah . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Gejala kanker lidah sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

62 comments

pertamaxxx diamankan dulu...hueheheh

Balas

Alhamdulillah Tuhan masih memberi kita kesehatan.....

Balas

gejalanya mirip sariawan ya mas, jangan sampai kena deh. amin amin amin...

Balas

Yang namanya kanker semua menakutkan....kadang gejala seperti sariawan ini di anggap enteng ya mas mungkin sedikit pengobatan bisa sembuh....

Balas

mengerikan,,,,,,semoga saya tidak melami penyakit seperti itu,,,,,( menyimak dulu nanti sore balik lagi mas ) mo kerja dulu hehe

Balas

Tidak terbayangkan kalau mengalami kanker lidah ini, Mas... Makan pasti susah dan akhirnya bisa membawa maut...

Balas

hihh.. mengerikan mas, kalo sudah seperti itu sirna sudah semua harapan :) hehehe

Balas

Semoga tidak mengalami ya, Mas...amiin!

Balas

Mengerikannya eh, terimakasih infonya...

Btw, kolom komen nya ini warna nya suka banget....aduuuuhhh, jatuh cinta aku hehehe :p

Balas

wah ngeri banget mas kalau terkena kanker lidah getu. Buat makan pasti nggak enak banget ya mas hmmmm semoga aja kita semua terhindar dari kanker lidah amin :)

Balas

Terimakasih mbak, tapi kalau menggunakan browser Mozila tempilannya agak gelap mbak :)

Balas

betul mas Andes, karena itu mari kita untuk selalu menjaga pola hidup sehat supaya kita bisa terhindar dari penyakit berbahaya seperti ini.

Balas

betul mas Uda tak bisa dibayangkan penderitaannya jika mengalami penyakit ganas seperti ini.

Balas

iya mbak Indah, lebih baik kita selalu waspada dan selalu menjalankan pola hidup sehat supaya terhindar dari penyakit seperti ini.

Balas

iya mbak semua penyakit kanker pasti sangat mengerikan dan hampir sebagian besar selalu membawa kepada kematian, karena itu kita harus selalu waspada.

Balas

Selamat pagi Mas Anthonie simak artikel kesehatan dan
Gejala kanker Lidah ini jangan sampai yah Sobat blogging
Semua terkena amien :)

Balas

Selamat Mas Aan dapat subsidi dari Mas Anthonie
Gejalan kanker Lidah ngeri juga yah Mas amit-amit
Deh Mas jangan sampai kita terkena deh .. :(

Balas

Amien Kang Dede semoga saja kita semua jangan
Terkena dengan Gejala Kanker ini yah amien

Balas

Iya...ngeri ya mas..
jgn ampe kena ke kita
Amin...

Balas

Ngeri juga kena kangker di bagian lidah makan susah mungkin juga selera makan g ada rasa :3

Balas

ngeri yaaa mas :(

Alhamdulillah aku masih diberi kesehatan :) terimakasih ya Allah

Balas

Ih jadi takut deh liat foto nya gan hehehe :D

Balas

Woh ternyata bagain tubuh kita semua bisa kena penyakit ya mas .. jadi ngeri nih lihatnya

Balas

Kalau kanker nya kantong kering, pasti repot juga ya mas, soalnya nggak bisa belanja hehehe :D

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

waspada dan siap siaga ya mas. Jangan lupa untuk jaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit :)

Balas

kunjungan perdana nih mas eka, nyimak dulu

ijin follow blognya mas,
jika berkenan, ditunggu follbacknya mas

Balas

saya juga jadi ngeri dech

Balas

izin mau duduk di sini boleh kan?

Balas

Saya jadi ngeri sendiri melihat gambarnya, bahya ternyata nih kanker lidah, kayak sariawan gitu ya :(

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

mampir malem mas anthonie,,,
sambil ngronda,,, :D

Balas

gejala awalnya dari sariawan yang tidak kunjung sembuh mas, gambar di atas masih belum seberapa, kalau yang sudah parah ngeri banget lihatnya, karena itu sengaja tidak saya tampilkan.

Balas

makasih buat kunjungannya mas, sudah saya follow back juga, salam kenal dan sukses selalu :)

Balas

selamat pagi mas Anthonie, saya mampir untuk mengucapkan selamat beristirahat :)

Balas

betul mbak lebih baik mencegah dari pada mengobati :)

Balas

Kali itu obatnya gampang mbak Rin..
Tinggal di guyur aja kantongnya ama air segayung..
Di jamin basah deh..hehe :D

Balas

Bukannya mas Anthonienya..lagi lari pagi kang..hehe :)

Balas

hidihh ngeri juga ada kanker lidah :(

Balas

waduh mengerikan sekali mas penyakit kanker lidah, mudah - mudahan saya gak mengalaminya

Balas

saya ngelihat potonya malah merinding mas, gak ada yang bagusan dikit ya potonya mas, biar gak ngeri... Ups, penyakit mana ada yang bagus ya mas heheheh

Balas

waduh lidah saya jadi ngilu. berarti kalau sariawan harus cepat-cepat diobati ya. ngeri juga kalau kena penyakit kanker lidah. itukan salah satu jalur masuknya asupan makanan

Balas

baru gejala nya aja sudah ngeri banget mas, apalagi kalau udah di vonis terkena kanker lidah, jadi nggak terbayang deh saya hmmm :)
harus hati-hati nih kalau mengkonsumsi makanan :)

Balas

wah sepertinya mas budi suka basah-basahan nich hehehe :D

Balas

Baru tau ada kanker lidah, ya ampun makin aneh-aneh aja penyakit kalau gak menjaga pola makan dan kesehatan, hm

Balas

betul sob, sekarang setiap bagian tubuh kita dapat memicu terjadinya penyakit dari kepala sampai ujung kaki bisa saja terkena penyakit, seperti juga dengan kanker lidah ini, kalau pola hidup kita tidak sehat siap-siaplah menghadapi yang namanya penyakit, serem yah...

Balas

betul mbak kita harus selalu menjaga pola hidup sehat supaya kita bisa terhindar dari segala macam penyakit, termasuk salah satunya kanker lidah ini.

Balas

Setelah menyimak jadi tau tentang gejala- gejala nya.

Balas

iya mas semoga bermanfaat :)

Balas

iya mas kalau sariwan tidak sembuh-sembuh harus hati-hati.

Balas

jangan sampe kang, semoga kita bisa terhindar dari penyakit ini.

Balas

iya mas, paling ngeri memang kalau membahas penyakit seperti ini.

Balas

iya sakit banget dan makan juga jadi susah, sangat tersiksa, mudah-mudahan kita bisa terbebas dari penyakit seperti ini.

Balas

Sama-sama mbak Dian semoga bermanfaat :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger