logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Efek samping antibiotik untuk tubuh

Antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang berfungsi menghentikan proses terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, atau dengan kata lain antibiotik itu seperti pestisida yang berperan untuk menekan atau memutus mata rantai metabolisme namun dalam hal ini targetnya adalah bakteri.

Untuk infeksi akibat dari virus, jamur atau nonbakteri lainnya antibiotik tidak akan berpengaruh apa-apa karena antibiotik khusus untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh karena bakteri, jadi sebaiknya kenali dulu jenis penyakitnya, jika memang terjadi infeksi yang disebabkan oleh karena bakteri maka antibiotik merupakan obat yang biasanya akan diberikan oleh dokter.

Semua obat-obatan kimia yang kita konsumsi tentunya memiliki efek samping bagi tubuh termasuk juga antibiotik karena itu sebaiknya perhatikan dengan seksama cara penggunannya, biasanya efek samping yang terjadi dari obat antibiotik antara lain pusing, mual, muntah, badan terasa lemas serta pada sebagian orang bisa saja terjadi alergi, oleh karena itu penggunaan antibiotik haruslah sesuai dengan aturan yang disarankan karena jika tidak akan membuat bakteri dalam tubuh menjadi kebal terhadap pengaruh antibiotik sehingga tubuh menjadi mudah terserang bakteri jahat.

Efek samping antibiotik untuk tubuhSelain efek samping yang disebutkan sebelumnya penggunaan obat yang dikombinasikan dengan antibiotik sebaiknya sesuai dengan yang disarankan oleh dokter atau jika perlu konsultasikan dengan dokter untuk obat-obatan yang akan dikonsumsi bersama dengan antibiotik karena jika tidak antibiotik yang diminum bersama obat-obatan lain akan menghambat efektivitas dari obat yang anda minum sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal.

Mungkin kita sering mendengar dokter mengharuskan kita menghabiskan obat yang kita minum meskipun kita merasa sudah sembuh sebelum obatnya habis, hal ini seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang dan menganggap penyakitnya sudah sembuh maka obat antiobiotik hanya diminum sebagian saja ini merupakan suatu hal yang salah besar karena jika mengkonsumsi antibiotik tidak sampai habis sesuai dengan yang ditentukan maka bakteri belum mati total dan akibatnya bakteri akan kebal terhadap pengaruh antibiotik, selain itu bakteri akan bertumbuh lagi lebih cepat dan lebih kuat dari sebelumnya sehingga membuat tubuh menjadi sakit lebih parah dari sebelumnya.

Jika penggunaan antibiotik tidak sesuai dengan yang sudah ditentukan maka bakteri akan bertahan lebih lama di dalam tubuh dan akibatnya bakteri akan resisten terhadap antibiotik sehingga penyakit akan lebih sulit untuk disembuhkan.

Itulah efek samping dari antibiotik untuk tubuh yang sangat penting untuk kita ketahui, karena itu sebaiknya ikuti anjuran dokter untuk menghabiskan antibiotik agar bakteri tidak resisten terhadap antibiotik sehingga mempercepat proses kesembuhan terhadap penyakit tersebut.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Kunyit obat kanker paling hebat

Sumber: vemale.com


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Efek samping antibiotik untuk tubuh . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Efek samping antibiotik untuk tubuh sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 comments

Yaah..
Aku sering tuh kalau berobat, obatnya jarang di habiskn. Soalnya obatnya trlalu pahit dn banyak bnget..
Tapi trnyata itu gk boleh ya..

Balas

Rupanya resep dokter memang nggak main2 ya, Mas....walau sudah sembuh namun obat harus tetap dihabiskan, akibat hal sepele efeknya bisa jadi lebih parah!...Hemm, jadi teringat dulu waktu sakit, kalau minum obat hampir selalu tak pernah aku habiskan, he he...!!!

Balas

bener banget,persis aku juga suka kaya gitu, karna obat dokter identik bentuknya besar, kalo udah sembuh jadi meles buat di konsumsi lagi

Balas

nah itu bahaya mbak sebaiknya antibiotik harus dihabiskan sesuai dengan yang diberikan oleh dokter.

Balas

khusus antibiotik saja kang yang harus dihabiskan biar bakterinya mati total :)

Balas

iya mas kalau ada antibiotiknya seharusnya diminum sampai habis biar bakterinya mati.

Balas

wah saya baru paham sekarang mas... ternyta demikian ya...
saya pernah karena ngrasa udah agak mendingan obat saya minum ndak saya habis... padahal sangat keliru ya....
trims mas Ant.. udah share dan ngingetin ke kita2 ya :)

Balas

saya jadi tau sekarang :)

Balas

sebagian dari kita emang blm byk mengetahui ya mas.... terus knapa dokternya gak ngejalasin juga ya .... lupa kali ya mas hehehe

Balas

Wah klu udah baca artikel ini jadi tau..ternyata ada efek sampingnya ya mas

Balas

segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik,sama seperti halnya dengan obat-obatan,mengandung resiko efek yang kuarng baik buat kesehatan,walaupun itu obat kalau berlebihan bukanya sembuh malah timbul penyakit baru lagi ya Mas ...jadi harus hati-hati nih..terutama sama yang namanya obat antibiotik ini....

Balas

makanya baca petunjuknya mas Budi hehe,bila sakit berlanjut hubungi dokter bukan menghubungi 911 hahaha

Balas

betul sekali kang Dede, karena itu sebaiknya mengurangi mengkonsumsi obat kimia dan menggantinya dengan yang alami agar lebih aman buat kesehatan.

Balas

iya mas, sebaiknya antibiotik diminum sesuai dengan yang sudah ditentukan sampai habis.

Balas

Betul mas Budi dan kang Dede haha...

Balas

mungkin karena dokternya sudah ditunggu pasien lainnya jadi males mau nerangin panjang lebar kali yah mas Bud :)

Balas

wah jadinya bakterinya kebal ya.. karena dosisnya tangggung.. mantap gan.. nambah ilmu ane. thanks dan salam kenal

Balas

jadi mengkonsumsi antibiotik tidak boleh berlebihan ya

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger