logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Gejala penyakit ginjal

Gejala penyakit ginjal - Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting, karena ginjal bekerja dengan menyaring darah untuk menghilangkan racun di dalam tubuh kita, karena itu sangat penting menjaga kesehatan ginjal anda sebab saat kesehatan ginjal mulai terganggu maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.

Gejala penyakit ginjal biasanya tidak spesifik dan seringkali berhubungan dengan gaya hidup kita, biasanya penyakit ginjal akan semakin terlihat setelah penyakit ini sudah sangat parah, karena itu penyakit ini biasa disebut juga "silent disease", karena tanda-tandanya yang tidak terlihat secara jelas jika keadaan ginjal anda belum parah.

Gejala penyakit ginjal
Ginjal
Hal-hal yang perlu anda ketahui seputar ginjal di dalam tubuh anda: 
  • Ginjal terletak di atas pinggang bagian belakang rongga perut dan terlindung oleh tulang rusuk namun bagian bawah ginjal tidak terlindungi. 
  • Ginjal sangat penting bagi tubuh karena berperan sebagai penyaring darah dari berbagai racun di dalam tubuh anda, dan biasanya yang sering merokok akan rentan terkena gangguan ginjal, dengan merokok maka akan terjadi pengendapan kolesterol di bagian pembuluh darah besar maka aliran darah ke ginjal menjadi berkurang, serta asupan oksigen ke ginjal juga akan berkurang membuat fungsi ginjal menjadi tidak maksimal.
  • Ginjal pada orang dewasa setiap harinya akan menyaring darah sekitar 180 liter yang bermanfaat untuk menghilangkan racun-racun di dalam tubuh kita.
  • Hampir 50% penyakit ginjal terjadi disebabkan oleh karena diabetes, protein albumin yang sangat diperlukan untuk menjaga agar ginjal tetap sehat akan terbuang melalui urin pada penderita penyakit diabetes ini.
  • Selain merokok ternyata terlalu sering mengkonsumsi obat untuk menghilangkan rasa sakit sangat berperan membuat terganggunya proses penyaringan di dalam ginjal.
  • Untuk penderita penyakit ginjal sebaiknya mengurangi mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan kaliumnya dan bisa dicoba mengkonsumsi makanan yang rendah akan kalium seperti kacang hijau, nanas, dan kopi.
Gejala penyakit ginjal yang sangat penting untuk diketahui:
  • Tubuh terasa lelah dan sesak nafas, ginjal akan menghasilkan hormon erytropoietin yang bekerja membawa oksigen dalam sel darah merah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh, jika ginjal mulai terganggu maka erythropoietin yang dihasilkan akan menjadi berkurang sehingga otot-otot dan otak menjadi mudah lelah dengan cepat, keadaan ini biasa disebut juga dengan anemia, dan biasanya penderita juga akan mengalami sesak nafas.
  • Berat badan menurun dan nafsu makan berkurang, biasanya penyakit ginjal diawali dengan adanya kedua gejala ini, namun kebanyakan mereka tidak terlalu menganggap serius keadaan ini, salah satu penyebabnya adalah aktifitas atau kesibukan yang terlalu berat setiap hari dapat memicu menurunnya nafsu makan dan dilanjutkan dengan keadaan menurunnya berat badan,padahal tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi dan energi yang cukup setiap harinya agar kita bisa melakukan aktifitas dengan baik, karena itu sangat penting menjaga asupan makanan yang baik dan sehat untuk kesehatan tubuh anda.
  • Pembengkakan pada tangan, kaki, wajah dan pergelangan kaki, ginjal yang sehat akan bekerja menghilangkan limbah atau racun didalam tubuh kita, tapi jika kesehatan ginjal mulai terganggu maka akan menyebabkan terjadinya kegagalan ginjal dalam menjalankan fungsinya sehingga cairan ekstra yang seharusnya tersaring oleh ginjal akan membuat ruang baru dalam tubuh dengan timbulnya pembengkakan seperti di bagian tangan, kaki, wajah, pergelangan kaki karena meningkatnya retensi air.  
Beberapa penyebab penyakit ginjal yang perlu anda ketahui diantaranya:
  • Merokok
  • Diabetes melitus (kencing manis)
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Arteritis
  • Ada riwayat keluarga
  • Infeksi ginjal
  • Peradangan
  • Adanya reaksi terhadap obat golongan tertentu seperti analgesik, antibiotik, anti inflamasi non steroid ataupun diuretik.
  • Dan masih banyak penyebab lainnya
Itulah artikel mengenai "gejala penyakit ginjal" yang sangat penting kita ketahui karena penyakit ini akan mulai muncul jika keadaan ginjal sudah menjadi parah atau kronis, karena itu sebaiknya anda juga mengurangi mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit seperti parasetamol, aspirin atau obat-obatan lainnya jangan sampai anda ketergantungan dengan obat-obatan kimia tersebut, karena sangat berbahaya untuk kesehatan ginjal anda untuk jangka panjang, mulai sekarang biasakanlah melakukan pola hidup sehat jika memungkinkan gunakanlah obat-obatan yang alami karena lebih aman untuk ginjal anda, semoga bermanfaat.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Gejala penyakit ginjal . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Gejala penyakit ginjal sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

89 comments

beruntung mas eka saya tidak perokok dan semoga dijauhkan adari penyakit seperti ginjal ini makasih mas sudah dibagikan gejalanya jadi saya tahu apa saja penyebabnya dan segala gejalanya :D

Balas

health is really important and we should lead a healthy lifestyle. Kidneys are vital organs to us. Thanks for sharing!

Balas

Informasi yang sangat bermanfaat banget nie, uraiannya cukup mendetail mulai dari penjelasan seputar ginjal, gejala serta penyebab penyakit ginjal..
Semoga aja kia terhindar dari penyakit yang satu ini :)

Balas

ternyata mengkonsumsi obat untuk menghilangkan rasa sakit sangat berperan membuat terganggunya proses penyaringan di dalam ginjal, lalu bagaimana dengan suplemen penambah energi, apakah juga sama ?

Balas

ngeri kalau baca artikel anggota tubuh...
mendingan bikin artikel manfaat buah pak anthonie... hehehe...

Balas

Waduh. Lagi-lagi rokok masuk sebagai penyebab ya mas.. Sepertinya rokok adalah penyebab penyakit yang paling banyak nih mas. Terus gimana nih dengan saya yang memang perokok mas. Susah berheti mas. Hehehe

terimakasih info kesehatan ginjalnya mas anton

Balas

wah mengerikan sekali ya mas penyakit ginjal ini...sampai2 katanya ada yang bilang kalau sudah terkena penyakit ginjal (gagal ginjal) ya sudah tinggal menunggu maut...tapi tentunya bagaimanapun itu tergantung kuasa Tuhan ya mas

Balas

Merokok ternyata bisa menyebabkan banyak penyakit ya Mas

Balas

Kok kopi masuk kategori ya mas ngenes deh saya...tapi srmemiga terhindar dari yang namanya penyakit ginjal ini aamiin...itu doanya sebab saya pecandu kopi

Balas

Makasih mass info nya sangat bermanfaat

Balas

mengerikan sekali semoga kita terhindar dari penyakit itu

Balas

bahaya juga penyakit ginjal. Naudzubilah

Balas

Info yang sangat bermanfaat Mas Eka, semoga kita semua sehat

Balas

kalau sakit benar benar menyiksa banget ni sakit ginjal mas, menurut abah saya dulu

Balas

Gimana ya jadinya kalau orang yang memiliki ginjal hanya 1 efeknya apa ya Mas?

Balas

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat, cara mencegah penyakit ginjal ini, gimana mas Eka?

Balas

wah ngeri juga ya mas gejala penyakit ginjal itu. Penyakit nya nggak kelihatan tapi efek nya yang sangat mengerikan bagi kehidupan kita. Terimakasih mas anthonie atas share nya. Sangat mencerahkan :)

Balas

iya kalau bisa memang perlu hindari hal yag menyebabkan penyakit ya mas anthonie dan usahakan menjaga kesehatan tubuh kita agar terhidar dari penyakit ginjal ini. Terimakasih mas anthonie atas pencerahannya ya :)

Balas

gan kalau sering sakit di perut gara" nahan air kencing itu pengaruh ke ginjal gk?

Balas

biasanya pengaruh ke kantung kemih atau saluran kemih gan, sebaiknya hindari sering menahan kencing karena tidak baik untuk kesehatan.

Balas

iya biasanya penyakit ini baru terlihat setelah sudah parah, jadi sebaiknya sedari dini menjaga kesehatan ginjal kita.

Balas

sudah saya jelaskan di atas mas, semoga bermanfaat :)

Balas

orang yang mempunyai satu ginjal tidak akan mempengaruhi kesehatan orang itu dan sama seperti yang memiliki dua ginjal asalkan ginjalnya masih baik, namun tentunya harus menjaga pola hidup sehat agar ginjalnya tidak mengalami gangguan.

Balas

memang betul mas, kalau sudah sakit ginjal tentunya akan menderita sekali, karena itu kita harus menjaga kesehatan kita sedari dini..

Balas

iya mas Laurencius, asalkan kita selalu menjalankan pola hidup sehat pasti tubuh kita juga akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Balas

iya mas, sangat berbahaya karena itu perlu dijaga agar selalu sehat.

Balas

betul sob mengerikan, semoga kita bisa terhindar dari penyakit ini.

Balas

makasih mas, semoga bermanfaat :)

Balas

waduh mas, ane termasuk perokok berat lho...hehe

Balas

bukan mbak Indah, anda salah baca kayaknya, justru kopi baik untuk mencegah penyakit ginjal ini, coba dibaca dengan seksama artikelnya :)

Balas

sudah pasti mas, selain menyebabkan banyak penyakit juga tentu membuang uang juga mas :)

Balas

masih bisa dengan mengganti ginjal dengan ginjal orang lain mas, tapi pasti susah juga dan mahal.

Balas

yah kalau bisa sedikit demi sedikit dikurangi mas Nady, kan untuk kesehatan mas Nady juga hehe...

Balas

suplemen penambah energi biasanya mengandung Taurin , jika dikonsumsi terlalu banyak juga dapat mengakibatkan gangguan pada ginjal, jadi lebih baik dikurangi mas :)

Balas

iya mas Marnes, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan kita sedari dini.

Balas

You're welcome Smartan Dad :)

Balas

Iya mbak Friska dan mbak Ririn, sangat penting kita bisa tahu gejala dan penyebabnya sehingga kita bisa mengantisipasi sedari dini, agar kita bisa terhindar dari penyakit seperti penyakit ginjal ini.

Mbak Tari manfaat buahnya sudah pernah saya share, kapan-kapan saya share manfaat buah yang lainnya deh :)

Balas

Walaupun dalam tubuh ada 2 ginjal. kalau yang satunya rusak bisa bahaya ya mas.
Kalau Berat badan menurun dan nafsu makan berkurang termasuk gejalanya toh..
Kalau saya Gak merokok / perokok pasif mas. Jadi lebih bahaya juga kah..?

Balas

organ yang sangat fital, mesti dijaga dg baik, makasih sob

Balas

iya mas, pngalaman dulu bisa saya terapkan juga.

Balas

terima kasih mas ifnonya ..jdi lbih thu sya tntang pnybab pnyakit gnjal

Balas

ternyata banyak hal yang menyebabkan penyakit ginjal ya mas. Gejala ginjal aja sudah ngeri baget, apalagi kalau terkena penyakit ginjal. Jadi perlu hati-hati dalam mengkonsumsi makanan ya mas dan hindari apa saja yang menyebabkan ginjal :)

Balas

berarti kalau ada tanda-tanda gejala ginjal, sebaiknya priksa kan ke dokter ya mas, supaya bisa segera diatasi :)

Balas

wah,, tubuh gue suka lelah + sesak oom.. gimana ini?
tapi amitamt lah kalo sampe ginjal mah.
ngga sudi ngga sudi..

Balas

kalau udah terkena penyakit ginjal sangat prah itu gmana ya mas ..maaf nanya mlu

Balas

dengan ada'a artikel ini saya bisa antisipasi agar penyakit ginjal tidak muncul di saya, thx info'a

Balas

semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan sehingga bisa menjaga supaya terhindar dari penyakit ini yah mas :)

Balas

kalau sudah parah harus diganti ginjalnya mas tapi masalahnya susah untuk mendapatkan orang yang mau mendonorkan ginjalnya.

Balas

banyak faktor mas terjadinya gejala lelah dan sesak nafas, lebih baik diperiksakan ke dokter mas biar bisa diketahui penyebabnya.

Balas

betul sekali mbak Ririn, sebaiknya kita melakukan pola hidup hidup sehat agar kita terhindar dari penyakit seperti penyakit ginjal ini.

Balas

wah harus hati-hati mas, sebaiknya mulai dikurangi mulai sekarang.

Balas

asap rokok juga berbahaya walaupun pasif, yang penting kita melakukan pola hidup sehat mas agar terhindar dari penyakit.

Balas

betul mas, kita harus menjaga ginjal kita supaya ginjal kita tetap sehat.

Balas

sama-sama mas semoga bermanfaat yah :)

Balas

iya mbak harus segera diperiksakan ke dokter dan selain itu sebaiknya menghindari hal-hal yang dapat memperparah terjadinya kerusakan ginjal juga.

Balas

iya mas semoga bermanfaat :)

Balas

penyakit ginjal sangat berbahaya ya mas, makanya hrs kita antisipasi sejak dini :)
makasih tipsnya :)

Balas

Untuk berhenti merokonya saya masih susah mas. Tapi sekarang dalam proses pengurangan jumlah rokok yang saya habiskan hehehehe

Balas

saya tidak tau kalau Rokok juga bisa kena penyakit Ginjal...

Rokok Membunuhmu, Iklan yang konyol.. udah tau rokok membunuh masih dijual aja.. :D

Balas

amin, yg penting selalu jaga kesehatan ya ..

Balas

terima kasih mas...buat tipsnya
saya akan inget dan coba terapkan :)

Balas

asal jangan punya rokok temen kan mas :)

Balas

kANG SAYA Mau Nanya Nih Maksud dari Ada Riwayat Keluarga Itu apa yahh ?? hehe apa Penyakit ini adalah Penyakit Turunan ??? hehe

Balas

Yang penting banyakin minum air saja biar plong walaupun akan kebelet terus

Balas

ngeri juga ya mas kalau terkena gejala penyakit ginjal, harus segera di bawa ke dokter ya mas untuk segera di atasi. :)
jadi belum terkena ginjal, sebaiknya memang perlu adanya pencegahan ya mas :)

Balas

iya betul mas ainul. Tumben nih mas ainul pinter hehehehe :D

Balas

Selamat Malam Mas Anthonie. wah saya ketinggalan berita
Penting Dari Mas Anthonie ini. gara-gara saya kena korban
Banjir juga Mas. wow info bermanfaat nih Mas saya jadi tahu
Dengan Gejala penyakit Ginjal makasih Mas Anthonie :)

Balas

Ternyata Gejala penyakit ginjal ada epeksamping
Dari Rokok juga yah Mas Anthonie. hhiyy jadi ngeri !!!

Balas

Saya juga jarang mas Anthonie, paling kalau harus nyetir jarak jauh, biar gak ngantuk ...

Balas

Saya juga susah je mas Anthonie, paling mengurangi rokok tetangga .. hehehehe

Balas

semoga aja kita semua bisa terhindar dari penyakit ginjal ya mas, soalnya berbahaya bagi kehidupan kita :)

Balas

betul mas Ainnul dan mbak Ririn, meskipun bukan penyebab utama namun faktor keturunan dapat juga menyebabkan ginjal menjadi mudah mengalami gangguan, jadi sebaiknya selalu menjaga pola hidup sehat.

Balas

betul mas Didi, kurang minum juga bisa menyebabkan ginjal menjadi terganngu, jadi sangat baik untuk sering minum air putih.

Balas

iya mbak Ririn, untuk menjaga kesehatan ginjal lebih baik kita mencegahnya sedari dini.

Balas

wah saya ikut prihatin mas atas banjir yang menimpa tempat tinggalnya mas Karysta, semoga banjirnya cepat surut yah mas dan tidak terulang kembali.

Balas

iya mbak, setelah kita tahu maka kita bisa menghindari penyakit ini agar kita terhindar dari penyakit ginjal.

Balas

betul mbak Indri, lebih baik mencegah daripada mengobati :)

Balas

bagus mas kalau sudah mau mengurangi hehe...

Balas

anehnya udah tahu merokok dapat merusak tubuh tapi malah semakin banyak orang yang merokok yah mas hehe...

Balas

iya mas Bud, buat menambah wawasan juga agar kita bisa menghindari penyebab penyakit ginjal ini.

Balas

betul sekali mas Yazid :)

Balas

iya mas Isnaeni, kalau bisa juga dikurangin mas hehe...

Balas

kalau sekali-kali sih nggak apa-apa mas, asal jangan terlalu banyak :)

Balas

iya mas, rokok juga bisa membuat ginjal menjadi terganggu :)

Balas

makasih nih info nya mas eka.. ketika saya membaca ''Beberapa penyebab penyakit ginjal yang perlu anda ketahui diantaranya:''
alhamdulilah saya sama sekali gak masuk kriteria nya :D

jangan jangan saya masuk kriteria yang dimaksud oleh mas eka tentang ''Dan masih banyak penyebab lainnya''..

Balas

mudah-mudahan tidak mengalami gejala penyakit ginjal ini yah mas :)

Balas

Mas Eka, saya sudah terkena SN dah 25 tahunan. apakah penyakit ini bs sembuh total? soalnya urine loss nya kadang (-) kadang (+). obat yg saya konsumsi sekarang tinggal captopril 6.25 1 x tiap hari
makasih artikelnya bermanfat sekali

Balas

Sindrom Nefrotik tidak bisa dipastikan bisa sembuh total atau tidak karena dipengaruhi oleh banyak faktor juga, sangat disarankan untuk mengurangi protein tinggi dan juga garam agar tidak terjadi pembengkakan oleh karena meningkatnya cairan tubuh dan juga protein.
Sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk lebih pastinya, semoga bermanfaat.

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger