Wednesday, July 17, 2013

Makanan penambah darah dan tanda anemia

Makanan penambah darah
www.healthytimesblog.com
Makanan penambah darah -  Kurang darah sering juga disebut Anemia merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah yang menurun di dalam darah dan ini sangat berbahaya jika dibiarkan berlarut-larut dan biasanya ditandai dengan tubuh terasa lemas, pucat dan tak bertenaga, dan tentunya sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari.

Di dalam tubuh manusia terdapat banyak sel darah merah yang jumlahnya bisa sampai jutaan bahkan miliaran sel, di dalam sel darah merah juga terdapat hemoglobin yang membuat darah menjadi berwarna merah serta memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.

Seorang wanita lebih beresiko terkena kurang darah dikarenakan saat haid darah terbuang secara teratur setiap bulannya, karena itu untuk para wanita disarankan untuk mengkonsumsi makanan penambah darah atau suplemen yang mengandung zat besi cukup tinggi, banyak berolahraga dan tidur cukup.

Beberapa jenis makanan penambah darah yang baik dikonsumsi penderita anemia:
  • Zat besi, beberapa makanan yang mengandung zat besi diantaranya sayuran hijau, buah kering, daging sapi, sereal dan kacang-kacangan terutama kacang almond.
  • Vitamin B12, beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 diantaranya produk susu, produk kedelai, sereal dan daging.
  • Vitamin C, beberapa buah-buahan yang kaya akan vitamin C diantaranya jeruk, buah berry dan melon selain itu membantu proses penyerapan zat besi.
  • Asam folat, beberapa makanan yang kaya asam folat diantaranya sayuran hijau, jeruk, pisang, sereal dan pasta serta kacang-kacangan.
Tips mengatasi kurang darah serta makanan penambah darah:
  • Minumlah suplemen zat besi dengan teratur yang banyak dijual di toko obat maupun apotik.
  • Banyak mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi karena berfungsi untuk mengatasi kekurangan darah.
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti kacang-kacangan, jus jeruk, telur dll.
  • Banyak mengkonsumsi buah-buahan  seperti melon, mangga, alpukat, anggur dan jeruk bali.
  • Banyak mengkonsumsi sayuran seperti bayam, brokoli, kacang polong, lobak, kol, ubi dll.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung B12 seperti susu kedelai, sereal, yoghurt dll.
  • Havermut, sereal dan roti merupakan makanan yang bagus untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh sehingga cocok untuk dikonsumsi  bagi penderita kurang darah.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Tidur cukup minimal 8 jam setiap hari.
Beberapa tanda seseorang mengalami kurang darah:
  • Kelopak mata bagian dalam akan berwarna merah pucat.
  • Sakit kepala karena kurangnya asupan oksigen ke otak.
  • Sering mengalami 5L yaitu letih, lelah, lesu, lemah dan loyo.
  • Wajah terlihat pucat karena kurangnya sel darah merah dalam tubuh.
  • Mual setelah keluar tempat tidur atau gejala morning sickness
  • Menurunnya kekebalan disebabkan sedikitnya energi dan oksigen
  • Rambut rontok disebabnya kurangnya asupan nutrisi ke kulit kepala.
  • Sesak nafas karena kurangnya daya dukung oksigen dalam tubuh.
  • Jantung berdebar karena kurangnya oksigen dan sesak nafas.
  • Ujung jari jika ditekan akan terlihat pucat.

73 comments

abis trawih langsung lembur nih pasti mas anthoni nyampe sahur :)
ini sering juga mas saya alami, kalo capek apalagi kurang tidur pasti langsung down. biasanya kalo udah darah rendah saya cuma makan sate kambing minumnya susu madu mas, lumayan juga cepet pulih lagi. ini malah dikasih tips baru lagi, tengkyu nih mas tipsnya bermanfaat

makasih mas Andes, wah pagi-pagi udah mampir nih... monggo... monggo...

Menu penambah darahnya buat sahur besok aja dech, Sob, hehe...

Berarti kurang tidur bisa menyebabkan kurang darah ya Mas ?

terima kasih mas sudah berbagi info. lebih banyak tau tentang apa aja buat nambah darah

hahaha mumpung bolos kerja nih mas, mampir sini dulu deh mangkal

#yang laen jangan niru jangan ngiri yah :D

terima kasih sharingnya mas, lengkap dan mudah dimengerti :)

Jangan suka bolos nggak baik untuk kesehatan ,,,

infonya mantab nih sob, jadinya tambah pengetahuan nih sob,terimakasih sudah berbagi kawan,,,

makanya jangan banyak begadang yah bro,,,,

wow, bermanfaat sekali gan

yupz betul tuh, daging kambing emang bagus untuk penambah darah ^_^

Daging kambing mengandung zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium, jadi bisa juga untuk penambah darah :)

Iya sob boleh-boleh aja hehe...

Kalau terkena anemia lebih baik cukup tidur karena kondisi tubuh yang lemah, jika kurang tidur akandapat memperburuk keadaan...

iya mas sama-sama semoga bermanfaat :)

Makasih mas semoga bermanfaat yah :)

makasih kang Dede, jangan lupa besok bawa bala-balanya sekalian yah kang hehe...

makasih, semoga bermanfaat :)

kalau kita semua rajin makan2an yang diatas, darah kita bakal sehat dan bersih, jadi bisa kita sumbangkan/donor darah, kalau bukan kita siapa lagi, mari kita jaga pola makan dan istirahat yang cukup, agar darah kita sehat dan bersih.

Ini penting, infonya sangat bermanfaat :)

Oh ternyata daging kambing bisa juga yah, tapi kebanyakan bisa kena darah tinggi lalu pinsan mas apa sebab???

yg jelas tidur sepuasnya ya mas, jangan kurang dan jangan lebih..hehe

benar mas, saya sangat setuju dengan argumentasinya

Setuju mas anthoni, saya juga pesan sama kang dede oleh^nya tugas luar, dapat resep baru jadilah untuk buka bulan puasa bira seger..hehe

mungkin yang dimakan daging kambing hidup, jadinya kalo dimakan masih bisa nendang :D *pingsan deh..
hohoho piss pak penyuluh \\//

yoi bener tuh, perbanyak istirahat dan makan makanan bergizi :) iya kan mas anthoni..

@Penyuluh Perikanan: yah jangan banyak-banyak mas PP bisa bikin darah tingginya naik hehe....
@Faceblog Evolutions: itu lebih berbahaya mas hehe...

wah ternyata bala-balanya kang Dede banyak penggemarnya juga nih hehe...

Makasih sob, semoga bermanfaat :)

Sama-sama sob semoga bermanfaat :)

ya, kalau mau donor darah tidak bisa, bagi yang kurang tidur, karena darahnya nggak bagus/kotor, akibat kurang istirahat.

makasih infonya mas Dimas, memang kurang tidur membuat tubuh jadi tidak sehat...

ane pegen banget namanya makan kacang almond,, tapi di daerah ane kagak ada,, hihi pake aang ijo aja deh kalo gitu :D

mantab infonya gan.. walaupun kepanjangan tapi ane ambil yang menurut ane bisa.. hihi

daging kambing kalau banyak banyak memang ndak baik untuk kesehatan ya, apa lagi kambing hidup hehe

ternyata ada tipsnya ya mas... kirain kurang darah harus pakai darah lagi

Terima kasih Mas Anthonie telah berbagi, jadi tidak hanya menambah suplemen penambah darah saja ya Mas..? Dari makanan penambah darah pun juga ada

Telat hadir
Jadi cuma...bisa nyimak :)

Pointnya..jgn terlalu byk begadang ya :)

Empuk dan mudah di cerna..

Bala2 nya udah abis...ninggal nyisa cabe rawit hj nya doang tau... :)

Kalo setelah jongkok trus brdiri..mata rada kunang2...
Apa termsk tanda orng kurng drh juga ya mas :)

kalau itu kayaknya darah rendah mas bukan kurang darah, gimana mas Budi sudah sembuh sakitnya?

Iya mas Boku dan mas PP semoga bermnfaat yah :)

kalo itu mah drakula atuh mang hehe....

wah kalau itu mah bisa mules sama mencr*t mas hehe...

kayak pisang yah mas hehe...

mantap mas Bud jangan begadang nggak bagus buat kesehatan hehe...

gak apa-apa telat mas yang penting hadir hehe...

hehe... solusi yang bagus tuh...

yah nggak apa-apa yang penting bisa bermanfaat hehe...

Alhamdulillah atas doa dari temen2 semua mas...
Insya Allah..besok mulai beraktifitas seperti biasa..

Terima ksh ya mas Anthonie... :)

Mas Anthonie...link2 hidupnya mending di sikat aja...di kolom komentar...
Nyepam doang tuh orang.. :)

@mas Budi: iya kapan-kapan saya kasih rinso deh biar bersih hehe...
@mas PP: betul mas nanti malah darah tinggi jadinya repot yah mas...

iya kalau nggak ada mas Budi jadi sepi dunia persilatan hehe...

Sebelum rajin minum madu setiap hari, kepala sering pusing dan cepat lelah. Gejala anemia atau tekanan darah rendah ya?

Mungkin gejala kurang darah mbak Lina, tapi untuk lebih pastinya lebih baik dicek ke dokter aja mbak...

biasa tuh abis cari tiket mudik kali jadinya telat dech

ketemu yah tadi kang pas beli tiket hehe...

Anemia, kondisi kekurangan darah, merupakan suatu yang banyak diderita orang, lebih-lebih bagi wanita. banyak hal yang bisa menimbulkan gejala anemia. Oleh karena itu, kita harus bisa mengontrolnya dengan baik, minimal melakuan tindakan preventif dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan penambah darah. Tips yang dijelaskan diatas bisa kita coba untuk dipraktekkan untuk mengatasi masalah jerawat :)

Maaf maksud saya anemia, bukan jerawat hehehe :D

iya mbak biasanya yang sering mengalami adalah para wanita, jadi harus banyak makan makanan yang bisa menambah darah, makasih kunjungannya mbak :)

nggak apa-apa mbak, salah dikit dimaklumin hehe...

termima kasih tipsnya gan sangat bermanfaat...

sama-sama gan semoga bermanfaat :)

mau tanya, kalo misalnya kurang darahnya juga di sertai kolesterol makanan apa aja yang boleh di makan?
terima kasih

Infromasinya bagi saya cukup bagus, cukup baik untuk menambah informasi tentang kesehatan dan bermanfaat bagi saya di masa depan.

Hm.. sepertinya tidak susah untuk kita agar dapat menambah darah dengan cepat dan aman.. seperti mengkonsumsi makanan yang sangat sehat untuk kita.. terimakasih yah :D

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya ------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
----------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)