Tips dan informasi seputar masalah kesehatan

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan

by Anthonie Eka , at 4:49 PM , have 182 comments
Manfaat kacang hijau untuk kesehatan
Kacang hijau
Manfaat kacang hijau - Kacang hijau merupakan tanaman jenis polong-polongan (Fabaceae) yang mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi seperti protein, Vitamin , serat, fosfor, kalsium dan lemak tak jenuh yang tentunya sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Kacang hijau tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita dan dapat ditemukan dengan mudah dengan harga yang terjangkau, selain itu kacang hijau bisa dibuat bermacam-macam makanan olahan seperti kue, onde-onde, bubur kacang hijau, es kacang hijau, sereal untuk anak, puding dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat yang baik dari kacang hijau sebaiknya kacang hijau tidak dimasak terlalu matang karena akan mengurangi kandungan gizi di dalamnya, dan air rebusan kacang hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan sangat membantu untuk proses penyembuhan luka.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan:
  • Kesehatan mata, kandungan Vitamin A dalam kacang hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
  • Kolesterol, kandungan kalori yang rendah namun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, jadi sering-seringlah mengkonsumsi kacang hijau secara rutin setiap hari.
  • Penyembuhan luka, Vitamin A dalam kacang hijau sangat membantu untuk proses penyembuhan luka pada kulit serta membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh.
  • Kanker usus, kandungan serat yang cukup tinggi dari kacang hijau sangat baik untuk membersihkan pencernaan dari zat-zat yang beracun sehingga dapat mengurangi terjadinya gangguan di pencernaan seperti kanker usus.
  • Untuk Ibu hamil, untuk wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau karena mengandung Vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor dan protein, kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan janin dan ibu hamil.
  • Melancarkan aliran darah, kacang hijau dapat membantu menghilangkan lemak jenuh yang berada di arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh.
  • Sebagai Antioksidan, membantu mencegah penuaan dini serta mencegah kanker.
  • Meningkatkan sistem syaraf, kandungan B1 dalam kacang hijau dapat membanu meningkatkan kinerja sistem syaraf.
  • Kesehatan tulang dan gigi, kandungan phosphor dan kalsium dalam kacang hijau sangat membantu regenerasi pembentukan tulang dan gigi.
  • Pembentukan sel baru, kandungan protein lengkap dalam kacang hijau sangat bermanfaat membantu pembentukan sel di dalam tubuh seperti otot, otak dan organ tubuh lainnya.

Kandungan kacang Hijau:
  • Tinggi serat, mencegah konstipasi serta membuat pencernaan menjadi lancar.
  • Rendah lemak, sangat cocok dikonsumsi untuk mereka yang menghindari konsumsi lemak tinggi.
  • Tinggi protein, kacang hijau mengandung protein yang tinggi dan merupakan sumber protein nabati.
  • Asam lemak esensial, yaitu omega 3 yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga mengandung omega 6.
  • Karbohidrat, kandungan karbohidrat dalam kacang hijau adalah 19 gram/ 100 gram.
  • Antioksidan, kandungan Fitosterol dalam kacang hijau berfungsi sebagai antioksidan.
  • Mineral, kandungan mineral dalam kacang hijau diantaranya selenium, magnesium, besi, zinc, phosphorus, manganese, dan potasium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
  • Vitamin, kandungan vitamin seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, asam folat, thiamin, riboflavin, B6, niasin dan pantothenat yang bermanfaat meningkatkan metabolisme dan energi.

Untuk membuat bubur kacang hijau, siapkan kacang hijau sehari sebelumnya dan rendam semalaman kemudian rebus dengan api kecil sampai mendidih, lalu angkat.
Air rebusan sangat baik untuk dikonsumsi jadi jangan sampai dibuang, lebih baik jika dikonsumsi tanpa menggunakan santan.

Jadi mulai sekarang sering-seringlah mengkonsumsi kacang hijau yang sudah diolah dengan bermacam pilihan sesuai dengan selera anda, karena dengan sering mengkonsuksi kacang hijau akan membantu kesehatan tubuh serta sangat baik untuk ibu yang sedang hamil, semoga artikel yang berjudul Manfaat kacang hijau untuk kesehatan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.


Terima kasih telah membaca Artikel Manfaat kacang hijau untuk kesehatan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Manfaat kacang hijau untuk kesehatan sebagai sumbernya.
Anthonie Eka
Manfaat kacang hijau untuk kesehatan - written by Anthonie Eka , published at 4:49 PM, categorized as Tips Kesehatan . And have 182 comments






182 comments Add a comment
Kang Sun
Kalau dibuat bubur aku suka sekali....
Anthonie Eka
Iya Kang, bubur kacang hijau selain enak juga menyehatkan, saya juga suka :)
kolongtulis
kalo saya sukanya bubur sum-sum. ^_^
Anthonie Eka
itu juga enak sob saya juga suka bubur sum-sum hehe...
budi os 19
Sy suka bubur apa saja...apalagi gratis :)
Anthonie Eka
kalau itu semua orang pasti suka hehe...
Agus Setya
saya mau dong antri bubur gratis
Dede Thea
ikutan antri euyy,itu yang didepan mas Budi,tahu saja kalau ada yang jualan bub ur disini,Cak Gus nyusul dibelakangnya lagi hihi
Agus Setya
wah laris nih dagangan buburnya, bisa bisa tukang bubur naik haji nih
Brebes VS Lamongan
jangan rame2 bos ntar ketahuan tetangga heheheh
Anthonie Eka
tenang mas semua kebagian kok asal antri yah jangan rebutan :)
Asep Haryono
Saya ikut antri ya. Saya sabar kok
Anthonie Eka
yang ragu-ragu mah nggak dapet kang hehe...
sabda awal
saya udah pegang tiket antrian nih, masih banyak kan buburnya?
Anthonie Eka
monggo dicicipin mas hehe...
Reply Delete
mas-andes
kalo ini saya memang suka, mau panas mau dingin kacang ijo memang enak :) hehe
Anthonie Eka
salah satu makanan favorit yah mas Andes hehe...
Agus Setya
apalagi bangun tidur sudah ada di meja makan, enak banget kan
Andes Rizky Nugroho
iya mas agus, pancinya doang.. enakkk kan pantat panci, item manis :) ngahaha
Anthonie Eka
haha... tega amat mas Andes :)
Agus Setya
pantat panci ? males dong mas enakan pantat kuda, hehe
penyuluh perikanan
Mas agus ini hobynya aneh juga yah..hehe
Andes Rizky Nugroho
kuda kena tilang gak punya pantat mas.. abis pak kusir lupa bawa STNK jadi pantat kudanya masih di sita
budi os 19
Buat barang bukti apa buat pajangan nih.. :)
Anthonie Eka
masa pantat kuda dipamerin mas hehe...
Reply Delete
Cuute Yanti
banyak juga yah mas manfaatnya ?? terutama kolesterol, soalnya banyak makan gorengan... jadi gak takut makan gorengan, kan minum nya es kacang hijau... :)
Anthonie Eka
hehe... boleh juga idenya mbak :)
budi os 19
Apalagi tahu berontak ya mbak.. :)
Anthonie Eka
wah apalagi tuh mas hehe...
Cuute Yanti
iya ?hehe .
udah tahu , pake berontak segala... :D
Anthonie Eka
iya dasar tahu hehe...
Agus Setya
yang mendang medang, tahu medang, hehe
Brebes VS Lamongan
tahur garut dan tahu SENDANG DUWUR heheh
Anthonie Eka
kok bisa begitu mas...
Reply Delete
Nandar Sunandar
wah makasih buat infonya mas :)
Anthonie Eka
sama-sama mas Nandar :)
Brebes VS Lamongan
sma juga kalu bisa sekalian di samakan rasanya heheh
Anthonie Eka
mantap deh kalau begitu hehe...
Reply Delete
dika
link agan sudah terpasang di sini http://rumaabandung.blogspot.com/ ditunggu link backnya , thanks
budi os 19
Nanti ta sampai in ya mas :)
Anthonie Eka
link back sudah terpasang mas Dika terimakasih dan salam kenal...
Cuute Yanti
udah di pasang toh ?? salam kenal juga mas anthonie ..... :D
Anthonie Eka
ya udah salaman dulu mbak biar kenal hehe...
Anthonie Eka
ya udah terserah salaman apa tos juga boleh hehe....
Andes Rizky Nugroho
asal jangan surat tagihan aja ya mas
Anthonie Eka
kalau urusan surat saya nggak tanggung mas hehe...
Agus Setya
surat ijin mengemudi aja deh
Andes Rizky Nugroho
emang surat ijin mengemudi kuda ada juga ya mas..
Anthonie Eka
semua yang dinaikin pasti ada ijinnya mas hehe...
Reply Delete
Muroi El-Barezy
Banyak banget manfaatnya sob, saya suka banget sama bubur kacang ijo...
Anthonie Eka
betul sob saya juga suka bubur kacang ijo, selain enak juga banyak manfaatnya :)
Reply Delete
budi os 19
Persentase sy suka makan somay bisa jd turun nih mas
jd beralih lebih suka ke bubur kacang ijo
Coz byk manfaat n khasiat yg terkandung di dlm nya
Thx mas..udah berbagi ke kita2 ya
Nice.. :)
Anthonie Eka
silahkan mas Budi dipilih mana yang lebih bermanfaat hehe...
penyuluh perikanan
baru tahu juga rupanya mas budi hoby juga somay yah..
jangan lupa bagi^ mas budi
Andes Rizky Nugroho
somay emang enak kok kenyal2 juga yah mas :)
Anthonie Eka
yang penting minumnya es kacang hijau, maknyus :)
penyuluh perikanan
somay memang enak sobat, dan itu banyak yg suka termasuk saya..hehe

Tapi janga lupa kacang ijo juga perlu biar tambah Gizi mas andes..hehe
budi os 19
Pas buat mas andes yg lagi masuk masa pertumbuhan tuh :)
budi os 19
Pas buat mas andes yg lagi masuk masa pertumbuhan tuh :)
Andes Rizky Nugroho
oke siap mas bud, yang penting jangan sering ngemil keyboard yah mas ntar laptopnya gundul *heuheu
budi os 19
Gundul tapi kece...hwhwhe :D
Anthonie Eka
cool dan macho itu namanya mas hehe...
Reply Delete
BlogS Of Hariyanto
kacang hijau dari dulu memang menyehatkan, bagus buat sarapan di pagi hari,,,bisa menambah stamina...dan sekarang sudah dibuat softdrink dari kacang hijau..ice kream juga ada yang rasa kcang hijau....pokoknya maknyus dan menyehatkan dech :-)
Anthonie Eka
apapun makanan dan minumannya yang penting kacang hijau yah mas Har :)
Andes Rizky Nugroho
apapun kacang hijaunya yang penting minumnya pake es masukin mangkok aja yah mas :)
Anthonie Eka
iyah mas makasih udah dikasih tahu hehe...
Andes Rizky Nugroho
nggak kok mas, tadi cuma kasih mangkok doang gak pake tahu.. heuheu
Anthonie Eka
padahal saya doyan banget sama tahu mas heuheu...
Reply Delete
MaYa KayLa
udah ketinggalan jauh,,,,
bubur kacang hijaunya msih ada g mas?
hehehehehe,,,,,,


banyak sekali manfaat yg terkandung dalam kacang hijua,,,
Anthonie Eka
udah habis mbak, laris manih nih pada doyan semua ternyata hehe...
Fahri Samudra
Pantesan banyak yg doyan, 'kan artikelnya gratis, hehehe
Anthonie Eka
justru itu mumpung gratis nih mas hehe...
Reply Delete
Fahri Samudra
Loh? Mengandung vit. A? Kirain vit. E? Dan ane kira cuma wortel aja yg ada vit. A-nya
Anthonie Eka
baru tahu yah mas Fahri, makanya sering-sering makan kacang hijau yah...
Fahri Samudra
Sip sip sob, terima kasih atas sarannya, biar mata ane kuat melawan sinar laptop, wkwkwk
Anthonie Eka
kalau radiasi dari Laptop mending pake screen anti radiasi aja mas :)
budi os 19
Pake kaca mata renang..mas biar adem :)
mas-andes
sambil payungan juga boleh, malah serasa pantai banget :)
Anthonie Eka
Mas Fahri silahkan dipraktekkan tuh sarannya mas Budi sama mas Andes hehe...
Reply Delete
wewengkon sumedang
es kacang ijo mantaaaapp hehe...
dan setelah jdi toge atau kecambah juga banyak gizinya ya mas..
Anthonie Eka
betul mas dari biji sampai kecambah tetap banyak manfaatnya :)
Reply Delete
M. Alex Joenaedi
keren mas eka infonya, ini baru kacang ijo apalagi kacang merah, hehhehe
Anthonie Eka
betul mas, ditunggu aja edisi berikutnya mas Alex hehe...
Reply Delete
yanuar catur
Wah, bagus buat mata nih.. hayo, jangan sungkan untuk makan kacang hijau biar mata kita gak minus seperti saya :(
Anthonie Eka
Kalau pake kacamata tandanya orang pinter mas hehe...
Reply Delete
Agus Setya
saya suka kacang ijo apalagi di buat kolek. kacang hijau bisa juga diselep dijadikan kue.
dulu ketika istri hamil, ibu sering memberi kacang ijo katanya untuk pertumbuhan bayi terutama rambutnya.
Anthonie Eka
wah ibunya tahu yang terbaik buat anak dan cucunya yah mas agus :)
Agus Setya
nanti juga istri saya akan begitu ke anaknya mas, hehe
Anthonie Eka
wah bagus juga tuh mas :)
Reply Delete
nurcahyaku10
Selamat pagi sahabat, dan terima kasih kunjungannya
Reply Delete
penyuluh perikanan
Kacang hijau ini memang banyak sekali manfaatnya, dan aku sendiri termasuk orang yg sangat suka. Bahkan orang rumah juga sering membuatnya bubur disamping rasanya juga nikmat
terima kasih mas anton sudah berbagi
salam sehat selalu
Anthonie Eka
wah kalau pas bikin bubur kacang hijau jangan lupa kirimin satu yah mas hehe...
penyuluh perikanan
Tenang saja mas Anthoni, semua sudah disiapkan pokoknya aman saja
Anthonie Eka
sip deh kalau begitu hehe :)
Reply Delete
Beni Saputra
wow amazing, banyak manfaatnya ya
Anthonie Eka
iya sob selain enak juga menyehatkan, silahkan dicoba :)
Dede Thea
dimasak dulu kalee baru dicobain hihihi
Anthonie Eka
ya iyalah kang masa makan mentah-mentah hehe...
Reply Delete
Andes Rizky
apalagi pas musim panas, es campur dikasih kacang hijau memang maknyuss..
Anthonie Eka
wah jadi haus nih mas :)
Dede Thea
diatas yang jual bubur ,eh adalagi jual es campur heuheu
Andes Rizky
ngahaha versinya beda lagi kang bro :)
Anthonie Eka
emang ini versi berapa mas Andes?
Anthonie Eka
kaya acaranya termehek-mehek hehe...
Reply Delete
agatuccia
hello my friend visite my site thank
Anthonie Eka
Hello my friend thanks for visiting my blog :)
Reply Delete
Fashion Online
Trimakasih telah berbagi informasi yg sangat bermanfaat
Anthonie Eka
sama-sama sob semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Dede Thea
Nambah lagi nih pengetahuan tentang kacang hijau,padahal di gudang saya banyak kacang hijau,namun manfaatnya secara detail baru tahu sekarang bro,,,,haturnuhun ach infona
Ruly Jenar Nakula
pasti banyak manfaat kang yg namanya kacang mah hehe ....
budi os 19
Khusus yg serba ijo loh kang hehe :)
Muh Hendrik
Bener, pokoknya yang hijau-hijau adem juga di mata...hehe
Anthonie Eka
adem, sejuk dan menyehatkan :)
Muh Hendrik
Tapi kok bikin berdebar Mas ...
budi os 19
Ndak kok..palingan lagi naik kemidi puter..
Anthonie Eka
wah pusing kalau itu mah hehe...
Reply Delete
Djangkaru Bumi
Tapi kalau saya makan kacang hijau, asam urat kok naik ya ?
MaYa KayLa
asam urat ad ukurannya ya mas?
Anthonie Eka
wah ada yang jual yah mas hehe...
Anthonie Eka
jual bubur kacang hijau yah mas...
Reply Delete
Djangkaru Bumi
Sebenarnya saya paling suka dengan kandungan vitamin A nya.
Anthonie Eka
buat kesehatan mata yah mas :)
Reply Delete
dimas bagus nugroho
lengkap banget informasi-nya, sangat bermanfaat dan semoga tubuh kita sehat selalu.
Anthonie Eka
Amiin, makasih mas Dimas :)
Reply Delete
Brebes VS Lamongan
selamat mlm mas. trmksih banyak mas infonya sangat bermanfaat sekali mas
Anthonie Eka
makasih mas, semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Deadline Lomba
Ternyata banyak juga manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan kekebalan tubuh. Menambah wawasan kesehatan ni.
Anthonie Eka
betul sob semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Em Albar
wah satu yang saya suka dari kacang hijau yaitu buburnya

kadang sampai hunting bubur saya keliling batam

hahaha

ternyata besar juga ya manfaatnya
Dede Thea
udah besaar ( manfaat )panjang lagi,,
Anthonie Eka
makanya buruan hunting bubur kacang hijau kang kalau memang begitu hehe...
Reply Delete
Asep Haryono
Saya memang suka kacang biasanya dalam bentuk minumas es sari kacang. Suka juga bubur kacang ijo. Saking senengnya sama Kacang, bahkan untuk makan bubur kacang ijo saya nda pake ketan itemnya. Pake Kacang Ijonya aja
Anthonie Eka
bagus tuh mas Asep, sering-sering aja makan kacang hijaunya :)
Reply Delete
Riio Vanillavanka
Baca postingan ini jadi ingat dengan bubur kacang hijau buatan emak tercinta...
maknyuzz banget tuu... :)
Anthonie Eka
saya kirimin satu yah mas Riio kalau pas emaknya bikin lagi hehe...
Riio Vanillavanka
Oke deh mas,, besok saya kirim buburnya 1 baskom...
Biar cukup untuk tetangga sebelah... hehehe :)
Reply Delete
Rizkyzone.com
saya malah nggak terlalu suka nih sama kacang hijau mas, padahal manfaatnya sangat banyak
dimas bagus nugroho
saya malah suka kacang hijau, apalagi kalau dibayarin
Dede Thea
saya malah nggak suka kalau dibayarin,sukanya yang gratisan aja,,,,
budi os 19
Sy kura.g suka yg gratisan....lebih suka kalo di traktir...
Njlep... :)
Anthonie Eka
terserah mau bayar. apa gratisan atau dibayarin yang penting makan kacang hijau, mantep kan...
Reply Delete
Brebes VS Lamongan
di minum dulu kopinya mas bos biar semangat ngeblog mas hehehe
Anthonie Eka
betul juga mas habis ngopi jadi semangat lagi hohoho...
Reply Delete
tumpas.com
Memang banyak banget yaa gan manfaatnya
Anthonie Eka
betul gan, makanya sering-sering makan kacang hijau gan hehe...
Reply Delete
artikelku
Saya memang suka bubur kacang hijau, malah dapat info bermanfaat tentang manfaat kacang hijau..TQ Mas..
Anthonie Eka
Sama-sama mas, semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
ternyata banyak juga ya manfaat dari kacang hijau :) yang jelas saya suka kacang hijau kalau dibuat bubur kacang hijau. karena rasanya maknyus hehehe thanks mas atas informasinya :)
Anthonie Eka
iya betul mbak Wahyu hampir semua orang suka dengan bubur kacang hijau, rasanya maknyus dan banyak manfaat, makasih kunjungannya :)
Reply Delete
tiket
ternyata manfaat kacang hijau banya' bgt yaa, jdi tmbh ska ne sama kacang hijau..
thank'z infonya..
Anthonie Eka
iya sob makanya sering-sering makan kacang hijau biar selalu sehat hehe...
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
Kacang hijau sama kedelai itu ternyata beda ya mas? saya malah baru tahi heheehehe :D Soalnya bentuknya hampir mirip sih :D

Btw thanks atas penjelasannya. Ternyata banyak sekali kandungan gizi serta manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan ya. :)
Anthonie Eka
iya mbak, dua-duanya juga bagus buat kesehatan, jadi boleh tuh sering-sering dikonsumsi biar sehat :)
Reply Delete
zgaspc
Selain Enakkk Ternyta Kacang Ijo Juga Banyakk Manfattnya yah gan salh satunya buat Menyembuhkan luka :) Hmmm Makasii yah Mas Eka Postingan Mas Slalu Banyakk Manfattnya hehe ^_^
Reply Delete
novie jepara
artikel yang menarik gan,,,,,,ternyata banyak sekali ya manfaat dari kacang hijau itu, kalau yang saya suka itu dibuat bubur kacang hijau.
Anthonie Eka
betul mbak Novie, selain enak juga banyak manfaatnya untuk kesehatan, mau dibuat bubur kacang hijau juga tetep enak :)
Reply Delete
Titin Dian
Bubur kacang hijau tanpa santan dan telur enak gak ya...?
Anthonie Eka
kalau mau enak pasti pake santan mbak, tapi kadang santan kurang begitu baik untuk kesehatan, tapi kalau pake telor kayaknya tidak ada mbak bubur kacang hijau pake telor.
Reply Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Rahasia hidup sehat by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger