logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Hati-hati gejala kolesterol tinggi

Hati-hati gejala kolesterol tinggi - Kolesterol merupan senyawa lemak kompleks yang dihasilkan dari dalam tubuh yaitu organ hati sekitar 80 persen dan sisanya dari luar tubuh yaitu zat makanan yang kita konsumsi yang berfungsi antara lain untuk membentuk dinding sel.

Kadar kolesterol dalam darah dapat meningkat lewat asupan makanan yang kita makan, namun jika asupan ini sesuai dengan kebutuhan tubuh dan seimbang maka anda tidak perlu kuatir kolesterol dapat membahayakan tubuh.

Kolesterol yang berada dalam tubuh tidak larut dalam darah, karena itu supaya dapat disebar ke seluruh tubuh maka diperlukan protein yang disebut dengan Lipoprotein.

Hati-hati gejala kolesterol tinggi
Kolesterol
Kolesterol dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
  1. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein), Merupakan jenis kolesterol yang berbahaya karena itu disebut juga dengan kolesterol jahat, kolesterol LDL ini bekerja mengangkut kolesterol paling banyak dalam darah mengakibatkan banyaknya pengendapan kolesterol di dalam arteri, jika pengendapan semakin tebal maka akan sangat berbahaya karena dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan juga stroke.
  2. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein), Merupakan jenis kolesterol baik dan tidak berbahaya karena bekerja mengangkut kolesterol lebih sedikit daripada LDL selain itu dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah arteri dan dibawa kembali ke hati untuk proses pembuangan. HDL ini sangat baik karena dapat mencegah kolesterol mengendap di dinding arteri serta berfungsi menghindarkan pembuluh darah dari proses pembentukan plak pada dinding pembuluh darah.
Yang perlu juga anda ketahui bahwa selain kedua jenis tadi ada juga Trigliserida merupakan lemak yang terdapat dalam darah dan organ tubuh lainnya, jika kadar trigliserida meningkat maka kadar kolesterol juga ikut meningkat, beberapa faktor yang memicu terjadinya trigliserida adalah faktor kegemukan, makanan berlemak dan alkohol, namun dapat diatasi dengan diet rendah karbohidrat.
         
Gejala secara umum penyakit kolesterol tinggi:
  1. Pada urat dan jaringan kulit terdapat penumpukan kolesterol dengan tanda pembekakan berbentuk bulat dengan warna kekuningan.
  2. Dibawah kelopak mata biasa terdapat bercak-bercak kuning.
  3. Bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi karena faktor genetika penumpukan kolesterol akan terlihat dan dirasakan pada urat di sekitar buku jari.
  4. Serta gejala yang biasa dialami oleh penderita kolesterol tinggi adalah daerah di sekitar tengkuk akan terasa pegal-pegal, jika anda mengalami ini segera periksakan ke dokter.
Beberapa tips untuk menghindari kolesterol tinggi dalam tubuh:
  • Mengkonsumsi makanan berserat, bagus untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, karenanya pilihlah makanan yang banyak mengandung serat  seperti sayuran dan buah-buahan diantaranya brokoli, buncis, kembang kol, anggur, melon, pisang, apel dll.
  • Banyaklah mengkonsumsi ikan seperti ikan tuna, ikan kod atau halibut yang baik untuk kesehatan dan menghindarkan kita dari kolesterol, selain itu ikan lainnya seperti makarel, salmon dan herring mengandung kadar asam lemak omega 3 yang baik juga untuk kesehatan jantung.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol maksimal 300 mg dalam sehari, namun pada penderita penyakit jantung usahakan untuk tidak lebih dari 200 mg dalam sehari.
  • Pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat, seperti Almond, walnut, kedelai, kacang-kacangan lain, minyak zaitun dan minyak kanola.
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol karena dapat meningkatkan kadar kolesterol.
  • Hindari merokok karena dapat memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.
  • Lakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari, bisa dengan melakukan olahraga bersepeda, berjalan cepat atau mungkin olahraga lainnya sesuai kesukaan anda.
  • Banyaklah mengkonsumsi makanan yang direbus, dibakar atau dipanggang, hindari makanan gorengan terlalu banyak.
  • Kurangilah mengkonsumsi daging-dagingan yang berlemak.
  • Menghindari makanan tidak sehat seperti junk food.
Makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah:
  • Apel, dapat membantu menurunkan kolesterol jahat serta menjaga jantung dan pembuluh darah agar tetap sehat.
  • Gandum, kadar kolesterol dalam darah dapat diturunkan oleh serat dan betaglucan dalam gandum, seperti makanan oatmeal sangat baik untuk dikonsumsi.
  • Semangka, zat antioksidan dan likopen dapat menetralkan radikal  bebas serta mengoksidasi kolesterol pada dinding pembuluh darah.
  • Tomat, dapat mengontrol kadar kolesterol.
  • Kacang-kacangan, mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi menurunkan kolesterol jahat dalam darah, kacang yang mengandung asam lemak omega 3 yaitu kenari, almond, kacang merah dan kacang tanah bagus juga untuk jantung.
  • Plum, mengandung serat dan zat fitokimia membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Alpukat, kaya lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kolesterol jahat.
  • Ikan, kandungan omega 3 dalam ikan dapat menurunkan kadar kolesterol, ikan tuna, salmon dan sarden adalah ikan yang kaya akan omega 3.
  • Sayuran hijau, mengandung vitamin B kompleks dan Niasin yang berfungsi mencegah pembekuan arteri, seperti brokoli, bayam, sawi hijau, buncis, wortel, paprika, kapri dll.
Ada beberapa makanan berkolesterol tinggi yang jahat, jadi berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya:
  • Seafood, makanan seafood yang perlu diwaspadai adalah cumi-cumi, udang, kepiting, kerang dan lobster.
  • Telur burung puyuh, mengandung kolesterol yang paling tinggi jadi berhati-hatilah.
  • Telur ayam, yang perlu diwaspadai adalah bagian kuningnya karena mengandung kolesterol jahat tinggi, untuk bagian putih telurnya bebas kolesterol. Menurut penelitian mengkonsumsi sebutir telur setiap hari sudah melebihi batas asupan kolesterol yang dianjurkan, karena itu sebaiknya hindari mengkonsumsi telur secara rutin. 
  • Otak sapi, untuk yang menggemari makanan jerohan disarankan untuk lebih berhati-hati, terutama otak sapi yang mengandung kadar kolesterol tinggi.
Serta makanan lainnya yan perlu anda waspadai dapat dilihat dalam tabel gambar di bawah ini. (Sumber: General Hospital - Singapura)
 Daftar makanan berkolesterol tinggi



Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Hati-hati gejala kolesterol tinggi . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Hati-hati gejala kolesterol tinggi sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

49 comments

wah...
mumpung masih muda, bermanfaat banget nih baca yang beginian..
sayangnya setelah baca, cumi2 jd pantang di makan deh..
wkwkwkwk..
thanks infonya gan, blogwalking.. ^^b

Balas

Aduh mass......kalau menjauhi gorengan mana tahannn? setiap hari saya selalu mengkonsumsi gorengan. :D

Balas

@kumpulan film terbaru: Sama-sama gan... makasih kunjungannya :)
@kangeryu: Iya cumi-cumi sama telor ayam kuningnya sangat tinggi kolesterol... harus hati-hati gan :)
@Indah P: Kalo bisa dikurangi mbak... gorengan nggak bagus buat kesehatan :)

Balas

berat badan naik terus, kerjanya duduk depan komputer musti sering gerak nich, thanks infonya

Balas

@jpgbintaro: Iya sob, jangan kelamaan duduk di depan komputer, sekali-kali rehat sebentar... makasih kunjungannya sob :)

Balas

harus hati-hati juga dalam memilih makanan agar terhindar dari kolesterol ya sob,..makasih udah diingetin :)

Balas

saya mohon maaf mas.. blog saya sudah close untuk tukar linknya,, silahkan link saya yg agan pasang d copot

Balas

@Didit Widiarto: Sama-sama sob... semoga artikelnya bermanfaat :)
@Tips Blogger: Benar sob... lebih baik banyak makan sayuran dan buah-buahan, lebih sehat :)
@Snutzpark: Ok sob gpp kok... thanks informasinya :)

Balas

nice info nih,tapi,,,,tapi,,,makanan kesukaanku gimana donk,,,nggak kuku nih jadinya,,,

Balas

waduh mas ternyata makanan kesukaan mamang mengandung kolesterol tinggi, cumi - cumi, kepiting, gorengan termasuk ini nih Telur ayam kuningnya, padahal mamang suka makan kuningnya kalau putihnya di pakai buat kueh bolu eheheheh

Balas

@Dede Thea: Iya kang, pokoknya jangan terlalu banyak makan yang berkolesterol tinggi, dijaga aja...
@Mang Yono: Kalo sekali-kali boleh lah mang asal jangan tiap hari makannya hehe...
@Noor Mala Shahar: Makasih kawan...

Balas

Pengetahuan dan tips yang bermanfaat soB. Bisa buat antisipasi atau pencegahan lebih dini

Balas

Terima kasih sharenya sobat. Disini saya banyak menemukan artikel2 kesehatan yang sangat berguna. Salam

Balas

Kalo telur puyuh sering di konsumsi sama anak...bagus ndak mas...
Soale anak sy paling doyan banget :)

Balas

saya coba deh mengurangi gorengan ...meski dengan berat hati. hahah

Balas

@belajar bahasa Inggris: Makasih kunjungannya sob... semoga bermanfaat :)
@Boku no Blog: Sama-sama sob... makasih udah mampir :)

Balas

@budi os 19: Boleh sih mas.. telur puyuh kaya protein dan juga bagus buat otak apalagi untuk anak dalam masa pertumbuhan, tapi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan :)

Balas

@Habib Nur Fahmi: Makasih sob... :)
@Indah P: Nah gitu donk hehe....

Balas

wah saya selalu makan gorengan tiap pagi gan maklum anak kost hehe

Balas

@teknik ketenagalistrikan: Kalo bisa dikurangi gan... karena gorengan nggak bagus buat kesehatan :)

Balas

Kunjungan pagi menjelang siang sobat, Oiya Linknya sudah aku pasang di Sapo-to Nomi "Rahasia Hidup Sehat"di Boku no Blog. Terima kasih dan Happy Blogging

Balas

terimakasih sudah mengingatkan , sukses selalu

Balas

makasih infonya sob.,..
jadi tambah ilmu niy,....

Balas

@teknik ketenagalistrikan: Banyak makan sayuran dan buah-buahan gan...
@Boku no Blog: Makasih sob salam sukses selalu :)

Balas

@Info Seputar Bola: sama-sama sob... semoga bermanfaat :)
@Didit W: Makasih sob... mudah-mudahan bermanfaat :)

Balas

waduh, ternyata kuning telur ayam berbahaya, hampir setiap hari saya mengkonsumsi telur ayam, terima kasih tips sehatnya sob, bermanfaat sekali

Balas

kunjungan sore ... sambil cari udara segar....

Balas

@buret: Hati-hati sob kalo bisa jangan tiap hari makan kuning telur...
@Mang Yono: Selamat sore juga mang Yono... apa khabar?

Balas

bagus infonya.. terima kasih.. :D

Balas

@Cewek Teknik: Makasih kawan atas kunjungannya :)
@Mizz Aiza: Sama-sama... makasih :)

Balas

setelah mencoba menghindari makanan berkolesterol tinggi,... tetep belum bisa mas, coba dikit - dikit ah

Balas

@Mang Yono: Iya mang coba dikurangin sedikit2, semoga sukses hehe....

Balas

Trima kasih info nya..saya juga pernah jalani ujian darah pada jan lepas dan ternyata kolesterol tggi.. Saya mgamalkn breakfast dgn oat..berat badan saya trun 4-5 kg dlm ms sebulan lebih..skrg x pasti samada kolesterol msh tggi atau tidak dlm darah :)

Balas

@Lisa Sheila: Coba mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh seperti uraian di atas dan menghindari makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi.... semoga bermanfaat :)

Balas

@Blogaul: Makasih sob... thanks atas kunjungannya,:)

Balas

artikel yang sangat berguna dan bermanfaat, banyak pengetahuan yg harus dipelajari disini, terutama agar kita selalu sehat dan kuat, ternyata kolestrol itu berbahaya juga yah
terima kasih sudah berbagi

Balas

@Penyuluh Perikanan: Sama-sama sobat... makasih kunjungannya semoga bermanfaat :)

Balas

Mas kalau dada terasa sakit tembus sampai belakang, telinga dan pelipis terasa sakit apa termasuk tanda kolestrol tinggi ? kalau dipakai lari/jogging dada terasa sakit.

Balas

@belajar bahasa Inggris: Kalau sakit di dada biasanya sih gejala penyakit jantung, tapi untuk lebih pastinya periksakan ke dokter aja sob, sebelum menjadi parah lebih baik diobati dari sekarang...

Balas

Waduh gan berarti untuk menghindari penyakit kolesterol harus tinggalkan makanan enak gawat tuh gan soalnya ane penggemar makanan enak apa lagi seafood gan..

Balas

yah mungkin bisa dikurangi makan makanan yang bisa menaikkan kolesterolnya, pilih makanan yang sehat kan lebih baik :)

Balas

harus hati-hati ya mas kalau kita kolesterolnya tinggi. Perlu menghindari dan mencegah makanan yang mengandung kadar kolesterol. Terimakasih mas anthonie :)

Balas

Iya mbak Ririn kita harus selalu menjaga kesehatan dengan menghindari makanan yang tidak sehat :)

Balas

infonya sangat membantu.. terima kasih bang...

Balas

sama-sama semoga bermanfaat :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger