logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Obat batuk tradisional

Obat batuk tradisional - Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh pada saluran pernafasan serta gejala suatu penyakit dan reaksi tubuh terhadap iritasi di bagian tenggorokan yang disebabkan oleh adanya lendir, debu, asap, makanan atau hal-hal lainnya.

Batuk akan terjadi karena adanya rangsangan seperti misalnya debu atau hal lainnya pada bagian saluran pernafasan, hidung ataupun telinga, dan pada saat otot-otot tubuh merespon maka terjadilah batuk.

Untuk pengobatan secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan bisa menjadi alternatif untuk mengobati batuk anda, selain murah juga aman karena tidak mengandung bahan-bahan kimia.

Obat batuk tradisional
Batuk
Batuk dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan waktu lamanya, yaitu:
  • Batuk akut, batuk jenis ini terjadi kurang dari 2 minggu dan hanya terjadi dalam sekali waktu.
  • Batuk kronis, batuk jenis ini terjadi karena asma, tuberkolosis dan pertusis atau batuk rejan atau biasa dikenal sebagai batuk 100 hari. Pertusi dapat terjadi karena adanya kuman Bordetella pertussis.
Beberapa penyebab terjadinya batuk:
  • Gejala flu
  • Asma
  • Tubercolosis
  • Infeksi saluran pernafasan bagian atas atau ISPA
  • Batuk psikogenik yang disebabkan oleh faktor psikologis atau emosi.
  • Menghirup asap rokok orang lain.
  • Alergi.
  • Masuknya benda asing ke dalam saluran pernafasan.
  • Tersedak
Beberapa jenis batuk berdasarkan penyebabnya, yaitu:
  • Batuk berdahak
  • Batuk kering
  • batuk asma
  • Batuk bronchitis
  • Batuk pertusis atau batuk rejan
Beberapa obat batuk tradisional alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati batuk anda:
Obat batuk tradisional untuk mengobati batuk secara umum:
  • Jeruk nipis dan kecap, caranya satu sendok jeruk nipis dan satu sendok kecap, minum 2 sampai 3 kali sehari.
  • Jeruk nipis dan madu, caranya satu sendok jeruk nipis dan satu sendok madu, minum 2 sampai 3 kali sehari.
  • Jeruk nipis, gula batu dan kapur sirih, caranya: jeruk nipis dipotong menjadi 2 lalu olesi permukaan dalam jeruk dengan kapur sirih kemudian bakar bagian kulit jeruk nipis sampai mengeluarkan buih, setelah itu peras jeruk nipis lalu tambahkan sedikit gula batu dan aduk sampai rata, setelah itu siap diminumkan.
  • Teh dan jahe, caranya siapkan 2 atau 3 irisan jahe lalu campurkan ke dalam teh panas dan minum setelah menjadi hangat 2 sampai 3 kali sehari.
  • Daun minyak kayu putih, caranya: rebus 10 gram daun kayu putih dengan air 3 gelas menjadi 1 gelas, minum setelah mulai hangat.
  • Gula merah dan asam jawa, caranya: seduh 10 gram asam jawa dengan satu gelas air panas lalu masukkan gula jawa secukupnya, minum sehari 2 kali saat masih hangat.
  • Belimbing wuluh, caranya: kira-kira 10 belimbing wuluh diparut sampai halus kemudian tambahkan air dan garam sedikit dan saring ampasnya, ambil airnya dan minum sehari 2 kali.
  • Madu dan cabe jawa (cabe kriting), caranya: cabe jawa tumbuk sampai halus lalu minum dengan madu murni satu sendok, cukup sehari sekali.
Obat batuk tradisional untuk mengobati batuk kering:
  • Jahe merah, caranya: kupas jehe merah kemudian dikunyah dan sesap air jahe merah tersebut setelah itu buang ampasnya.
  • Kunyit dan merica, 1 sdm kunyit bubuk dan setengah sdt merica lalu tuang air mendidih dan aduk, minum selagi hangat sehari 2 kali.
Obat batuk tradisional untuk mengobati batuk berdahak:
  • Jahe, kunyit, jeruk nipis dan madu, caranya: 2 sdm air perasan jahe, 2 sdm air perasan kunyit, 1 sdm madu murni dan air perasan 1 buah jeruk nipis lalu campurkan dan aduk sampai rata lalu minum sampai batuk anda sembuh.
  • Jahe dan kencur, caranya: parut jahe dan kencur sampai halus lalu rebus kemudian buang ampasnya dam minum air rebusan tadi dua kali sehari.
  • Jahe dan daun sirih, caranya: rebus 7 lembar daun sirih dengan jahe yang sudah diiris-iris dengan dua gelas air sampai mendidih, lalu minum setelah agak hangat.
Beberapa tips untuk mengatasi batuk:
  • Minum air putih, berguna untuk mencairkan lendir dan juga menjaga kelembaban tenggorokan.
  • Minum madu, satu sendok madu pada malam hari dapat membantu mengurangi gangguan batuk saat tidur.
  • Mandi air hangat, uap dari air hangat membantu meredakan batuk selain itu dapat juga melembabkan tenggorokan yang kering karena batuk.
  • Permen obat batuk, biasanya tersedia dengan rasa menthol mampu meredakan gangguan batuk di tenggorokan.
  • Hindari asap rokok, sebaiknya anda menghindari asap rokok karena dapat mengganggu saluran pernafasan sehingga menimbulkan batuk. 
  • Hindari menggunakan wangi-wangian, saat anda batuk sebaiknya hindari menggunakan wangi-wangian yang menyengat seperti deodoran, minyak wangi dll karena sebagian orang akan mengalami iritasi sinus kristis.
  • Akar licorice, anda dapat menggunakan akar ini dengan mencampurnya dengan teh herbal, atau bisa juga direbus sampai mendidih dan biarkan selama sehari lalu minum dengan madu.
  • Sup hangat, sup hangat sangat baik untuk membantu menenangkan peradangan yang terjadi di tenggorokan bahkan lebih baik daripada segelas teh herbal panas.
Semoga artikel mengenai obat batuk tradisional ini bisa bermanfaat bagi kita semua.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Obat batuk tradisional . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Obat batuk tradisional sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

205 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 205   Newer›   Newest»

Selamat sorejelang Malam Mas Anthonie, nyimak obat batuk
Tradisioanal pasti manjurnya gak kalah sama obat batuk
Yang dari Medis yah Mas, di simak lebih lanjut artikelnya :)

Balas

Asyik dapet Tiblek Pertamax lagi rupanya dari Mas Anthonie.
Ternyata Jeruk nipis bisa juga buat obat batuk Tradisional Yah Mas?

Balas

Klu saya mah sering pake jeruk nipis mas...ternyata jahe dan madu juga bisa kita manfaatkan sbg alternatif obat batuk

Balas

Bayak juga yah Mas Virlyz obat batuk yang di dapat dari bahan
Tradisional, nambah pengetahuan saya deh Mas terima kasih :))

Balas

saya kalo dirumah maupun dikontrakan sering make yang kecap sama jeruk nipis, dan besoknya langsung sembuh,,,

tapi mau nyoba cara yang lain menurut blog ini,

sangat bermanfaat pak

Balas

obat alami yg trkenal banget itu, jeruk nipis plus kecap.., mgkn cz bahanx yg mudah didpt, thx ya Pak *smile

Balas

Sebagai saran aja mas, lengkapi dengan sumber referensinya.
Apalagi bahasannya cukup lengkap.

Makasih mas, ditunggu kunjungan baliknya.

Balas

iya mas, biasanya jeruk nipis yang paling banyak digunakan untuk penyembuhan batuk secara tradisional :)

Balas

betul mas, jahe dan madu juga bisa kita gunakan untuk penyembuhan obat batuk secara alami :)

Balas

jeruk dan kecap memang banyak yang sudah mempraktekkan dan sembuh, semoga bermanfaat :)

Balas

iya selain murah dan gampang didapatkan juga khasiatnya yang luar biasa, makasih mas buat kunjungannya :)

Balas

makasih buat sarannya mas, saya sudah berkunjung balik, sukses selalu :)

Balas

Kerena Om Rohis Kagak Jawab Jadi saya Aja Deh yang jawab :D
Iyaaa masama mas eka :D

Balas

Biasanya obat tradisional lebih aman dan juga lebih manjur gan...terimakasih

Balas

Ternyata banyak dari bahannya yang lebih alami lagi mudah di cari ya mas.ketimbang harus minum dan berobat..yg skrng ongkosnya di rasa smakin mahal...hehe

Balas

Oh ya mas Anthonie..hanya,skedar menambahkan..ternyata,jeruk lemon pun ampuh jg buat mengibati batuk...
kebetulan sy udah pernah coba.. :)

Balas

Saya juga ikut ngelengkapin boleh kan..
Sami sami mas Anthonie... :)

Balas

Obat tradisional memang berpotensi dan nggak ada efek biasanya kalau saya minum obat batuk akan langsung datang ngantuk....
salam perkenalan mas

Balas

mantap :D jgn lupa mampir balik :D

Balas

bisa dicoba nih sob tipsnya...nice share broo

Balas

pas banget nih kalau lagi di hutan, yang ga ada warungnya hehe

Balas

baru tahu mas tenyata kunyit dan merica bisa mengatasi batuk,,,,,


bahan"nya alami,mudah di dapat di sekeliling kita, jadi tidak perlu biaya mahal dan tidak takut efek samping

Balas

Ternyata lumayan banyak juga ya mas obat batuk. Kalau saya biasanya malah suka beli obat di toko aja hehehe :D
Tapi kalau pas ada jeruk nipis ya pakai jeruk nipis untuk mengobati batuk :)
Kalau sudah parah baru periksa ke dokter hehehe :D

Balas

Saya juga ikut menambahkan deh, seratus untuk Mas Rohis hehehe :D
Salam hormat untuk semuanya :D

Balas

Tapi kalau batuk nya sudah parah bangat, sebaiknya di bawa ke rumah sakit mas :) Siapa tahu gejala brontitis. Iya kan mas anthonie? hehehe :D

Balas

Iya banyak banget mas obat batuk itu. Tapi kalau banyak bukan obat batuk lho hehe :)

Balas

Terimakasih banyak mas atas saran dan masukannya. Insyaallah ke depan akan diperbaiki lagi posting nya supaya lebih ilmiah ya mas anthonie :)

Balas

Kalau buah naga, kira-kira bisa untuk mengobati batuk nggak mas hehehe :D

Balas

Gak di bawa ke kantor post saja Mbak kalau batuk nya parah? heheh
Becanda dari pada kena Batuk mendingan mencegah yah Mas-Mbak

Balas

Obat batuk tradisional lebih aman tentunya yah Mas Anthonie
Karena tidak mengandung bahan pengawet.

Balas

mantap gan :D jgn lupa mampir ke

Andrekocak Blog

Balas

Ahh mbak ririn biasa pake jeruk bali kan..hehehe

Balas

obat batuk biasanya bikin ngantuk, tapi kalo yg alami ini gak bisa bikin ngantuk ya mas,,, lagian gak ada efek sampingnya, hmmm ^^
makasih infonya mas ^_^

Balas

kalo batuknya parah bisa kurus badannya, dan akhirnya mati :)
jadi sebaiknya berjaga2 sejak dini agar tidak sakit batuk ya mas anthonie, hehehe :P

Balas

Mbak Ririn, mas Karysta dan mbak Indri semuanya betul, lebih baik mencegah supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan :)

Balas

Betul mbak, banyak alternatif untuk pengobatan batuk secara alami...
banyak yang lain itu bebek yah mbak hehe...

Balas

nggak bisa mbak, tapi buah naga bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan banyak manfaat lainnya :)

Balas

wah makasih nih udah pada menambahkan, salam hormat juga buat semuanya :)

Balas

Betul mbak Ririn, makasih banyak :)

Balas

betul gan obat tradisional lebih aman karena tidak mengandung bahan-bahan kimia, selain itu lebih ekonomis :)

Balas

iya mas Budi bisa ngirit juga buat ditabung hehe...

Balas

Makasih buat info tambahannya mas Budi, mungkin bisa diperjelas cara pemakaiannya, dosis dan campurannya mungkin, biar bisa bermanfaat buat yang lainnya :)

Balas

betul mbak biasanya obat-obatan diberi obat tidur supaya lebih banyak beristirahat, biar cepat sembuh :)

Balas

kunjungan balik sukses :)

Balas

makasih sob semoga bermanfaat :)

Balas

wah sering ke hutan nih sob :)

Balas

betul mbak maya yang alami lebih aman untuk digunakan selain itu lebih murah :)

Balas

Resep di atas merupakan alternatif saja, kalau batuk sudah parah lebih baik ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Kalau jeruk bali sih lagi ngidam kali hehe...

Balas

bukan pengawet mas tapi bahan kimia obat hehe...

Balas

makasih kunjungannya gan, kunbalnya sukses :)

Balas

betul mbak Indri, biasanya dikasih obat tidur supaya tujuannya lebih banyak istirahat, jadi cepat sembuh...

Balas

Yah Udah Sobat yang lain pada nambahin dengan lengkap
Saya tinggal mupulin dulu yah tar bawa ember akh biar kebawa hh
Keren deh Mas Anthonie simple dan mudah di mengerti
Obat tradisional memang lebih, aman dari obat segalanya :)

Balas

Kalau buah Mangga Gedong termasuk buat ngobati Batuk gak yah?

Balas

Selamat Pagi Mas Anthoni, datang lagi berkunjung lagi nih Mas
Kebetulan pagi ini saya sedikit gatal nih Tenggorokan gaka ada salah nya
Saya coba caranya Mas Anthonie, untuk memnyembukn batuk dengan cara alami
Salam Hormat buat Mas Anthonie. dan buat Sobat yang ada di koment ini :))

Balas

selamat pagi untuk yang punya blog,,,

Balas

kalau yang dengan belimbing wuluh saya baru dengar ni mas...ternyata bisa juga ya belimbing wuluh ini dipakai untuk mengobati batuk..
tapi mungkin harus tahan sama acemmmnya ya hehe

Balas

kunjungan perdana...izin follow dan buka2 blognya ya ^_^

Balas

oh iya, dimana saya bisa dapat template seperti ini ya...bagus :)

Balas

kalau saya sih biasanya penyebab batuknya karena flu mas... dan cara pengobatannya dengan jeruk nipis dan kecap.. kalau jeruk nipis dan madu saya belum pernah coba mas...

terimakasih tipasnya.. kalau suatu saat batuk lagi menyerang, bisa di coba deh tips dari mas antoni ini....

Balas

sedia payung sebelum hujan.. kalau kehujanan jadi batuk nanti ehheeh

Balas

bisa pesan ke admin blog kang

Balas

kalau sayah terserang batuk entah itu kering, basah, dan berdahak biasanya pakai daun sirih emas di rebus, tapi pahitnya gak ketulungan ehheeh

Balas

kirain obat batuknya namanya Banyak banget hehehe

Balas

Ternyata banyak juga ya obat tradisional yang bisa jadi alternatif buat menyembuhkan berbagai jenis batuk....Terimakasih mas udah share informasinya :)

Balas

selamat mencoba ya mas moga semnuh

Balas

Ternyata banyak sekali tips2 pengobatan di sini...izin nyimak ya mas sebab saya ketinggalan

Balas

Peras airnya dan langsung di minum aja mas..satu buah lemon bisa di pake utk 6 kali perasaan...

Dan jgn lupa sebelum di minum..baca basmalah terlebih dulu :)

Balas

Kalo ndak punya payung..boking tkng ojek ya mang... :)

Balas

Konon katanya dragon fruit baik buat penderita diabet ya mas...

Balas

Hadir kembali mas anthonie. Izin ikut belajar tentang cara mengobati batuk secara alami. Salam hormat untuk mas anthonie dan sahabat blogger yang lainnya :D

Balas

Kalau pas batuk minum es jeruk, boleh nggak mas untuk mengobati batuk secara alami hehehe :D

Balas

Wah ternyata nggak bisa ya mas. Padahal buah naga itu enak, katanya hehehe :D

Balas

Saya malah belum pernah makan banyak maas hehehe :D

Balas

ada pengawetnya bisa expired jga ya mas

Balas

silahkan disimak mbak Ririn semoga bermanfaat dan salam hormat juga hehe...

Balas

silahkan mbak Jenx, semoga bermanfaat, ketinggalan dikit sih gpp mbak hehe...

Balas

sama-sama mas Marnes, semoga bisa bermanfaat buat kita semuanya :)

Balas

pake madu mungkin bisa menetralkan rasa pahitnya mang :)

Balas

iya mas Nady, tapi mudah-mudahan jangan sampai ngalamin batuk lagi yah hehe...

Balas

Templatenya Lashanta kang, tapi sudah saya modifikasi lagi :)

Balas

sudah saya follow back kang, makasih dan sukses selalu :)

Balas

betul mas WS, tapi justru yang nyembuhin asemnya itu mas, kalau nggak suka sama asemnya ganti dengan alternatif lainnya aja :)

Balas

selamat pagi juga sob :)

Balas

semoga cepet sembuh yah mas Karysta, selamat mencoba :)

Balas

kalau pake pengawet bisa expired juga mbak :)

Balas

mungkin lebih baik jeruk hangat mbak untuk mendapatkan vitamin C nya agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Balas

bisa aja nih mas Budi hehe...

Balas

Makasih mas Budi, semoga bisa bermanfaat buat yang lainnya :)

Balas

Betul mas Budi, buah naga sangat baik untuk penderita diabetes :)

Enak dan bermanfaat untuk kesehatan mbak Ririn tapi tidak bisa untuk batuk :)

Balas

Salam hormat juga buat mbak Ririn hehe...

Balas

saya juga belum pernah makan kalau banyak sih mbak hehe...

Balas

wah mbak Ririn sekarang seneng hormat-hormatan nih hehe...

Balas

Itu berarti Mbak Ririn ada Peningkatan Mas Anthonie.?
Dari pada saling menjelekan mencaci dan sebagainya
Alangkah baiknya saling menghargai orang lain karena
Budaya saling Menghargai Itu Sangat Indah yah Mbak Rin?
Bahkan keindahan saling menghargai itu seperti kita tidak
Terkena penyakit. contoh Batuk atau penyakit lainya

Bersyukurlah kalau kita semua masih di berkahi Nilai sehat
Wah mau saingan sama Ustadz Solmet dikiranya maaf deh :)

Balas

Bisa juga buat bayar sewa iklan ya mas :)

Balas

Selamat Pagi Mas Anthonie saya datang lagi untuk terus berusaha
Saling membantu dan meramaikan Blog Sahabat setia saya Mas Anthonie
Salam Hormat Mas Anthonie dan Sahabat blogging semua

Balas

Wah saya terlambat datang ke artikel ini nih :( , Kemaren tentang bisul sekarang obat batuk tradisional yah pak :) bagus banget nih saya juga kadang-kadang sering batuk.

Oh iya izin follow blog sehatalami99 ini yah :) Biar saya tidak terlambat datang kesini hehe. Kalau berkenan di follback yah ^_^ terima kasih. Maju terus buat blognya

Balas

Kalau mbak ririn ikutan saya juga ikutan :) bolehkan mas anthoni? hehe

Balas

haha mbak ririn main hormat kaya yang mau upacara aja :)

Balas

hadir lg tebar peson.., smg artikelx bermanfaat bg yg sakit... *smile

Balas

Terimakasih banyak infonya tentang obat batuk mas anthoni, sangat bermanfaat. cara yang tradisional memang lebih aman terutama untuk anak-anak.

Balas

mantap nih tipsnya, ijin bukmak ya sob... :)

Balas

Berarti makan buah naga nya pas nggak batuk mas hehehe :D

Balas

Wah sayang sekali ya nggak boleh minum es jeruk. Padahal seger lho mas. Apalagi kalau pas panas gini cuacanya hehe :D

Balas

Silahkan mas kalau mau ikutan. Tapi syarat nya harus sudah baligh hehehe ^^ peace

Balas

waduh saya udah jauh ketinggalan informasi kesehatan, nah kalo ini bm dulu mas kebetulan penyakit ini memang mudah menyerang kapan saja dan dimana saja untuk siapa saja.. hehe sewaktu waktu di serang batuk tinggal lakukan cara di atas sipp mas terimakasih untuk pencerahannya

Balas

oke terimakasih atas perhatiannya kang karrysta :) salah hormat kembali pastinya

Balas

kalo udah bisa jangan praktik jadi dukun ya mbak :) hehe

Balas

iya mbak bikin suasana makin sipp pastinya :) kecut kecut segerrr

Balas

makasih mas, semoga bisa bermanfaat yah mas :)

Balas

selahkan sob semoga bermanfaat :)

Balas

betul sekali mas, pengobatan yang alami tentunya lebih baik untuk kesehatan terutama buat anak-anak :)

Balas

makasih kunjungannya mas semoga bermanfaat :)

Balas

Makasih mas, semoga bisa bermanfaat buat kita semua...
Btw saya sudah follow back blognya mas Muhammad Luthfi, makasih mas sukses selalu :)

Balas

makasih mas Karysta dan mas Andes sudah mampir disini meramaikan blog ini, salam hormat juga buat mas berdua :)

Balas

silahkan saja kalau ada yang mau ikitan lagi nggak ada syaratnya kok hehe...

Balas

kalau nggak pas batuk boleh-boleh aja mbak, betul kan mas Andes :)

Balas

tenang mas Budi udah dibalik jadi nggak bakalan gosong hehe...

Balas

sip banget tuh mas idenya haha...

Balas

kapan aja boleh mbak hehe...

Balas

betul mas Karysta saya setuju sekali, wah boleh juga mas cocok kalau jadi ustadz hehe...

salam hormat juga buat mas Muhammad Luthfi hehe...

Balas

kunjungan rutin mas,,
hapyy blogwalking

Balas

Selamat Pagi datang lagi Mas Anthonie saya masih dalam rangka
Mengantisivasi batuk dengan obat tradisional, keren Mas sangat anthosias
Para sobat blogging dengan artikel Mas Ini. salam sukses deh Mas Anthonie

Balas

Biasa nya yang ketinggalan di setrap deh Mbak Jenx

Balas

Mas Andes Salah tuh hormat nya kok tanganya
di belakang kepala topinya kebalik lagi heheh
Semangat terus Mas Anthonie salam sukses

Balas

Pakmaknya gi kondangan ya

Balas

Saya tebar jala aja deh :)

Balas

ow begitu, saya suka kolom komentarnya :)

Balas

Assalamu’alaikum,apa kabar kawan,,,, lama tak berkunjung kesini,semoga dalam keadaan sehat wal afiyat semuanya,,,,salam blogers and salam persahabatan,,,,,,,,,,,,,,,,,

Balas

apa kabar sobat?
lama gak mampir kesini.
aku kalo kena batuk ,biasanya pake madu campur jeruk nipis sob, ampuh bgt tuh

Balas

Heheh malu saya masih kecil di hormatin sama udah yang dewasa :(
tapi salam hormat kembali pada mas anthonie :)

Oh iya update lagi ya kang artikelnya :) saya mau pertamax nih

Balas

Iya betul itu mas. Kalau bisa jangan di bookmark saja, tapi dihafalkan biar mantap hehehe :D
Soalnya batuk bisa datang kapan saja, tidak mengenal usia dan waktu :)

Balas

Saya juga nggak mau ketinggalan ah, mau salam hormat buat mas anthonie dan sahabat blogger lainnya :)

Balas

Dulu saya pernah terkena batuk mas. Hampir satu bulan nggak sembuh-sembuh. Memang benar bahwa nggak enak banget kalau kena batuk. Mau tidur susah, mau makan juga susah, mau kerja juga susah. Tapi untung nya setelah beberapa kali periksa ke dokter dan rajin minum obat, akhir nya sembuh dech :)

Balas

iya mbak Ririn, kalau pas batuk mau ngapa-ngapain susah, mau tidur juga nggak bisa, apalagi kalau pas deket orang kita jadi risih nggak PD, kalau batuk sebaiknya cepat diobati agar cepat sembuhnya.

Balas

iya sob, memang itu biasanya resep penyembuhan batuk secara alami yang paling mudah dan murah.

Balas

makasih kang Dede udah mampir lagi ke sini, lama yah tidak keliatan pasti sibuk sekali yah belakangan ini, sukse selalu kang :)

Balas

hormatnya kelupaan hehe...

Balas

makasih kunjungannya sob, happy blogwalking juga :)

Balas

dihafalkan sampai hafal didalam kepala yah mbak hehe...

Balas

pakmarknya nanti juga nyusul mas Bud tenang aja hehe...

Balas

kalau dapet ikannya jangan lupa saya dikirimin yah mas Bud :)

Balas

iya deh...salam hormat juga buat mbak Ririn hehe...

Balas

wah mas Karysta sukanya main setrap-setrapan yah hehe...

Balas

kolom komentarnya kalau pake firefox agak gelap kang, tapi kalau pake chrome lebih cerah :

Balas

makasih mas, ini baru nyiapin artikel baru, ditunggu aja hehe...

Balas

kunjungan pagi hari mas anton,,,

hapy blogwalking

Balas

dipagi hari ini semoga teman - teman pada sehat dan bisa terus semangat di dunia blogging...

kalau terserang batuk... pakai obat tradisional saja...

Balas

humm kebetulan mas lagi radang nih dama batuk2 gara2 keseringan latihan nyanyi jadi radang tenggorokan nih .. disertai batuk2 ...kalau radang aja sih gpp ini ada batuknya yang menyiksa..

Balas

saya sering minum jeruk nipis + kecap
rasanya aneh tapi lega :D

Balas

iyah mas lg banyak projek hehe,,,,,

Balas

wah ternyata mas Rohis juga lama absen yah haha

Balas

oh iya apalagi saya sudah lama nggak pernah datang kesini,ikutan salam hormattttttt achhhhh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Balas

met siang mas. trmksih banyak sob infonya sangat bermanfaat.

Balas

Sayangnya jaman sekarang orang lebih memilih yang instant padahal alam sudah menyediakan segalanya...

Balas

TETAP SEMNGAT mANG yONO tapi kalau repot yaterpaksa dech semangatnya ditambahin hahaha

Balas

Kalau pas batuk pengen nya minum es dan makan gorengan ya mas. Kayaknya enak banget hehehe :D
Tapi ternyata nggak baik juga ya buat kesehatan, malah nanti batuk nya bisa tambah parah. Kalau pas lagi nggak punya uang, jeruk + kecap menjadi solusi alternatif yang tepat untuk mengobati batuk :)

Balas

Iya bener banget itu mas. Lebih cepat, lebih baik ya hehe :D

Balas

Hafal di luar kepala mas, biar lebih mantappp hehe :)

Balas

Saya sekarang sedang batuk nih, tidur jadi terganggu, bikin berisik lagi.
Mau nyoba yang tradisional aja deh.

www.1sthappyfamily.com

Balas

hmmm .. Klo yang lain pada Hormat saya yang Naikin Benderanya deh yahh biarr tambah Greget :D

Balas

Selamat malam mas Anthonie :)

Balas

Udah sy titip sama kang dede..skalian di masakin mas :)

Balas

kang karrysta dimana kang karrysta.. disiapkan dulu kang hehehe

Balas

betul tuh yang dibilang mas anthoni..
masak di perhatiin orang cakep ga mau sih mbak :D
hehehe piss saya cabut dulu mas anthoni biar lebih santai ngobrolnya :)

Balas

ehh ada yang ketinggalan mas.. salam hormat dulu dong pastinya hehehe :)
jempolnya di angkat pinggulnya di goyang serrrrr...

Balas

kalo musim kemarau kebutuhan vitamin c lebih tinggi karena melawan bibir pecah-pecah ya mas, hehehe :)
btw mas Anthonie posisinya apa di eropa? kok ada bendera belanda di blog saya, hehehe :)

Balas

betul mbak Lina memang kalau batuk bikin tidur jadinya nggak nyenyak dan juga bikin berisik juga malem-malem batuk-batuk yah... silahkan dicoba semoga bermanfaat :)

Balas

betul mbak Ririn selain murah khasiatnya juga bisa diandalkan :)

Balas

asal buat obat batuk pasti bisa juga sob :)

Balas

iya mas soalnya kebanyakan nyari yang praktis juga, kalau pake yang tradisional memang agak sedikit ribet juga bikinnya :)

Balas

sama-sama mas, semoga bermanfaat :)

Balas

memang resep obat batuk tradisonal yang paling banyak digunakan adalah jeruk nipis dan kecap, selain mudah juga khasiatnya luar biasa :)

Balas

betul mang Yono dan kang Dede, pokoknya tetap semangat, meskipun batuk lanjut terus kan sudah ada obat batuk tradisional hehe :)

Balas

makasih kunjungannya mas :)

Balas

betul sekali mbak lebih cepat lebih baik hehe...

Balas

tenang mas Budi nanti juga kecipratan dari kang Dede hehe...

Balas

kalau diluar kepala nggak nyangkut-nyangkut donk mbak hehe...

Balas

wah asyik nih sekalian dimasakin hehe...

Balas

salam dangdut itu sih mas Andes hehe...

Balas

selamat malam juga mas Budi :)

Balas

wah masa saya ditinggal sendirian mas hehe...

Balas

wah sip deh mas Ainnul biar benderanya tetap berkibar :)

Balas

hehe... tahu aja nih mbak Indri :)

Balas

Kalo kecipratan air sy mah ogah..mas :)

Balas

Bonusnya...batuk jd minggat ya :)

Balas

selamat pagi juga mas Budi :)

Balas

itu yang diharapkan mas Bud :)

Balas

tenang aja mas, kang Dede mah baik paling nanti dikirimin masakannya yang mas Budi suka hehe...

Balas

Iya betul itu mas. Pokoknya murah meriah. Seratus buat mas anthonie hehe :)

Balas

kayak mau kegiatan upacara hari senin aja mas wkwkwk :D

Balas

sekali-kali nggak apa-apa mbak ngikutin upacara bendera haha...

Balas
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 205   Newer›   Newest»

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger