logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Penyebab bisul, gejala dan cara mengatasinya

Penyebab bisul - Bisul merupakan penyakit yang timbul karena adanya infeksi pada kulit dengan ciri-ciri timbulnya benjolan kemerahan pada kulit dan kemudian membesar hingga mata nanah berwarna putih terlihat di tengah-tengah benjolan dan tentunya rasa panas dan nyeri disekitar bisul menyertai penyakit ini.

Bisul biasa terjadi pada bagian lipatan tubuh seperti pada ketiak atau lipatan pangkal paha, namun bisa juga terjadi pada bagian permukaan kulit lainnya seperti pantat, muka, leher atau bagian lainnya.

Penyakit bisul ini bisa terjadi karena faktor makanan ataupun minuman yang tidak bersih karena mengandung bakteri yang menyebabkan bisul.

penyebab bisul, gejala dan cara mengatasinya
Bisul
Apakah makan telur dapat menyebabkan bisul ?
Makan telur dapat mengakibatkan bisulan itu adalah mitos, bisul timbul bukan dikarenakan makan telur terlalu sering tapi penyebabnya adalah bakteri stafilokokus atau bisa juga karena bakteri lain atau juga jamur, namun bisa juga seseorang mengalami bisul karena setelah makan telur dan ini terjadi karena orang tersebut memang alergi terhadap makanan tertentu seperti telur tapi secara umum telur tidak menyebabkan seseorang bisulan.

Beberapa cara untuk mencegah timbulnya bisul :
  • Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dengan mandi 2 kali sehari menggunakan sabun, terutama untuk bagian yang rentan terkena bisul seperti ketiak atau bagian pangkal paha.
  • Pilihlah pakaian yang nyaman digunakan serta dapat meyerap keringat agar terhindar dari jamur sehingga meminimalisir terjadinya infeksi serta penularannya.
  • Memilih menu makanan yang tepat dan sehat serta pola makan yang benar agar terhindar dari bermacam penyakit.
  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. 
Gejala penyakit bisul:
  • Timbulnya benjolan berwarna merah di permukaan kulit.
  • Saat bisul mulai membesar maka akan muncul bintik putih yang disebabkan oleh mata nanah pada bagian tengahnya.
  • Rasa nyeri dan panas di sekitar benjolan 
  • Rasa gatal pada bagian kulit tertentu
Beberapa macam bisul:
  • Hidradenitis Suppurativa, bisul ini biasanya muncul pada daerah lipatan seperti ketiak dan pangkal paha, penyebabnya adalah karena terjadinya peradangan pada kelenjar keringat dan bersifat lokal.
  • Akne Kista, bisul ini biasanya muncul pada daerah kulit yang banyak mengandung minyak seperti pada wajah, penyebabnya adalah karena terjadinya penyumbatan pada kelenjar minyak yang terinfeksi oleh bakteri.
  • Kista Pilonidal, bisul ini biasanya muncul pada daerah pantat, penyebabnya adalah karena terjadinya infeksi pada folikel rambut serta diperparah dengan adanya gesekan, tekanan dan iritasi maka bisul ini semakin meradang.
Penyebab terjadinya bisul:
  • Kurang menjaga kebersihan tubuh.
  • Terjadinya infeksi oleh karena bakteri.
  • Pola makan yang tidak sehat.
  • Sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.
  • Lemahnya kekebalan tubuh terhadap penyakit.
Cara mengatasi bisul:
  • Untuk bisul yang baru timbul sebaiknya segera diobati, kalau bisa jangan sampai bisul menjadi matang karena akan menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan kulit.
  • Jika bisul masih tergolong ringan maka bisa disembuhkan dengan mengoleskan salep antibiotik, dan salep ini sangat efektif untuk mengatasi bisul.
  • Jika bisul sudah membesar dan agak dalam selain salep antibiotik maka diperlukan juga obat antibiotik yang diminum.
  • Obat penisilin bisa menjadi pilihan namun ada efek negatifnya jika menggunakan penisilin karena bakteri seperti staphylococcus aureus penyebab bisul akan mengeluarkan enzim sehingga penisilin tidak akan berfungsi dengan baik malah bakteri tersebut menjadi resisten terhadap penisilin selain itu obat ini seringkali menimbulkan reaksi alergi.
  • Jika bisul sudah mengeluarkan mata nanah sebaiknya dibawa ke dokter untuk mengeluarkan nanahnya dengan menggunakan pisau yang steril, hindari memecah bisul sendiri dengan memencetnya karena akan mengakibatkan rusaknya jaringan kulit sehingga mengakibatkan luka parut dan tak mungkin akan normal kembali.
  • Hindari menggaruk bisul dengan kuku karena bakteri penyebab bisul akan dengan mudah menular.
  • Jika bisul seringkali muncul atau berulang sebaiknya periksakan ke dokter karena ada kemungkinan terkait dengan penyakit lainnya seperti diabetes.
Cara mengobati bisul secara alami, anda bisa memilih salah satu dari beberapa cara di bawah ini:
  • Daging lidah buaya dihancurkan lalu oleskan pada bisul.
  • Getah kamboja dioleskan pada bisul.
  • Daun kamboja yang sudah dilemaskan dioleskan dengan minyak kelapa lalu tempelkan pada bisul.
  • Daun pare yang sudah dicuci bersih lalu direbus 3 gelas menjadi 1 gelas, disaring dan diminum setelah agak dingin.
  • Daun murbei yang sudah dicuci bersih lalu direbus 2 gelas menjadi 1 gelas, disaring dan diminum setelah agak dingin.
Semoga artikel mengenai penyebab bisul, gejala dan cara mengatasinya bisa bermanfaat bagi kita semua.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Penyebab bisul, gejala dan cara mengatasinya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Penyebab bisul, gejala dan cara mengatasinya sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

208 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 208   Newer›   Newest»

Selamat Pagi Mas Anthonie bahagia bisa bertemua lagi
Dengan keadaan sehat walafiat, namun jika ada yang lagi sakit
Sobat semua semoga lekas sembuh, yang terkena bisul ini artikel
Mas Anthonie, solusi penyembuhanya ada kalau gak salah.

Balas

Selamat pagi juga mas Karysta, sehat-sehat saja kan?

Balas

Alhamdulillah Mas, baik-baik saja semoga Mas Anthonie pun demikian
Wah siap dapet Parcel "Pertamax X" nih dari Mas Anthonie, setelah
Begadang ngaronad 3 Hari 2 malam sepotong, salam sejhtera ya Mas

Balas

hhiii nulis nya jadi kebalik Mas sorry, mata nya sudah sayu
Mau tidur dulu, tugas Ronda nya mau pending dulu, daaag hhhh

Balas

Waktu kecil saya sering terkena bisul, mas Eka. Kata orang tua, makan telur terlalu sering memang menjadi salah satu penyebabnya...

Balas

Harus tetep menjaga kebersihan dan kebugaran tubuh..biar ndak ketempelan bisul...
Iya kam mas :)

Balas

walah ane baru tau ternyata bisul ada macam macamnya ya mas hehe

Balas

Wah gasik banget mas karis komen nya. Pasti nginep di rumah nya mas anthonie ya? wkwkwk :)

Balas

Seratus untuk mas budi. Saya mewakili mas anthonie aja dech hehe ;)

Balas

kemarin saya mudah sekali terjangkit bisul, dan gk tau apa penyebabnya dan setelah membaca postingan ini saya jadi tahu apa penyebab munculnya bisul itu,,,

makasih sharingnya mas

Balas

Bisul dengan jerawat apa bedanya mas?
bentuknya kadang hampir sama, kalau jerawat kita atasi sama menggunakan cara di atas bisa ga?

Balas

pegel pasti yah mas kalo kena penyakit bisul apalagi kalo di bokong mau duduk juga susah jadinya :D

Balas

kalo katanya kang ucup itu seperti wudunen mas hohoho..kalo ga sabar2 kena penyakit ini mesti pinginnya mites deh :D

Balas

iya sih kebanyakan pasti pengen mencet soalnya nggak sabar pengen cepet sembuh hehe...

Balas

iya mas tersiksa juga yah kalau nggak bisa duduk hehe...

Balas

bisul hampir sama dengan jerawat, tapi kalau jerawat lebih baik gunakan obat khusus untuk jerawat mas. :)

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

betul mas, ada yang di ketiak, di pantat atau di muka dll.

Balas

wah asyik nih ada yang mewakilin, makasih mbak Ririn :)

Balas

Sebaiknya tidak terlalu banyak makan telur dalam sehari mas Uda, tapi kalau normal nggak masalah, karena bisul terjadi bukan karena terlalu banyak makan telur :)

Balas

iya rajin banget mas Karysta mantep banget deh hehe...

Balas

Saya lebih suka telor mata sapi.. :)

Balas

Sama sama mas Anthonie..
Sy mewakili mbak Ririn aja..boleh kan..hehe

Balas

Rajin pangkal pandai..loh :)

Balas

Untung sampai detik ini saya ga pernah bisulan...mudah2an jangan lah...makasih info medisnya..ntar klu ada tetengga yg bisulan bisa dikasih tahu pakai tips ini

Balas

Ya bisulnya jangan di boong mas..biar ga pegel,, biasanya klu pegel duduk tuh ambiyen hehehe

Balas

Klu saya lebih suka telur dadar mas Bud

Balas

waktu kecil saya pernah ni bisulan hehe, kalau orang sunda menyebutnya "cenang".
para ortu dulu ditempat saya suka mengobati bisul ini dengan cara disuat (mengeluarkan mata nanah ketika bisulnya sudah besar dan tampak matang)...itu sebenarnya aman tidak ya mas ??

Balas

kunjngan perdana pak..
salam kenal dan salam silahturahmi dari saya

Balas

salam kenal juga sob, makasih kunjungannya dan sukses selalu :)

Balas

harus hati-hati mas jangan sampe infeksi, peralatannya harus steril juga, tapi biasanya kalau dikeluarkan dengan asal-asalan atau dipencet akan menimbulkan luka parut di kulit mas :)

Balas

Wah bagus donk mas nggak pernah bisulan, mudah-mudahan jangan sampai ngalamin yah mas :)

Balas

kadang bisul nggak bisa diatur datangnya mas, kadang dimuka, kadang di pantat hehe...

Balas

haha... boleh juga mas Budi, sip deh :)

Balas

kalau saya suka telor ceplok mas hehe...

Balas

betul juga yah mas hehe...

Balas

Yah ni Mbak Rin lengkap 3 hari 3 malam saya ngeronda di Mas Anthonie
Rajin pangkal Pandai yah Mas Budi? hh kalau hemat Belum tentu kaya

Balas

Yang jelas saya suka telur yang gak Goblag
Mas Budi, asla jangan telur buaya aja yah Mas?
Mas Virlyz, Mas Anthonie, Mas Uda salam hormat aja. :)

Balas

Kunjungan Pagi lagi Mas Anthonie, di artikel tentang Bisul
Semoga sobat blogging yang sedang sakit pada sembuh semua.

Balas

Kalau kena bisul terus pada pegel minum jamu komplit
Aja Mas Andes, jangan lupa campur Madu asli biar manis hhh

Balas

kalau rajin bolos cekulah, gimana dunk hehehe ^^

Balas

kalau saya suka telur burung puyuh mas hehe ^^

Balas

berarti jangan sering duduk mas, tapi mending berdiri terus aja hehehe :)

Balas

kalau lagi kenalan getu harus nya sambil salaman mas, biar lebih afdol hehehe :)

Balas

met siang sobat apa kabar. lma gk mampir makin ganteng aja ni Adminnya hehhe...?

Balas

Hmm .. Keren Nihh Penyakitnya ada macam Macamnya hihi :D jujur saya Baru Tahu nih mas Eka dan Ternyata Penyakit Bisul ini Bisa Timbul Kalo Kita Tidak Menjaga Kebersihan yah hehe :D Makasii nih mas eka atas Ilmunya ^_^

Balas

Waduh terlambat nih, udah banyak yang datang, he he,,,,
Dulu pernah waktu kecil kena bisul, mungkin karena pola makan yg tidak sehat kali, thanks dech, Mas atas sharednya tentang bisul....

Balas

Udah pernah kena bisul apa belum, Mbak Ainnul?he he...

Balas

Sering manjat pohon ya kang..

Balas

saya tiap hari trs nungguin blog ini agar bisa pertamax, ehh pas blog ini update koneksi internet saya 2 hari gangguan, hmmm :)
jadinya nunut pertamax disini aja ya mas Anthonie, hehehe ^_^

Balas

Bisul itu kalo dibiarkan terkadang bisa bahaya ya mas,,, karena ada bisul di dalam yg merupakan tanda2 tumor. kalo bisul di luar di kampung saya disebut udun semat, hehehe :)
makasih sharingnya ^_^

Balas

yah kasian nih mbak Indri nggak dapet pertamax lagi hehe...

Balas

banyak juga yah macam-macam telurnya hehe...

Balas

kebanyakan duduk juga nggak bagus mbak hehe...

Balas

iya yah mbak salamannya lupa nih hehe...

Balas

Amiin mas Karysta semoga pada sehat semuanya yah :)

Balas

khabar baik mas Brebes, wah makasih mas hehe...

Balas

Makasih sob semoga bermanfaat :)

Balas

iya mbak Indri kita harus selalu menjaga kesehatan kita biar terhindar dari bermacam penyakit terutama yang berbahaya :)

Balas

gak terlambat kok kang Sun, memang kita harus selalu menjaga pola makan kita dengan baik agar terhindar dari penyakit :)

pohon toge kali mas Bud hehe...

Balas

Wah bagus juga nich mas anthonie script anti live link nya. Gimana cara membuat nya mas? Blog saya juga pengen nich dikasih script anti live link, supaya aman :)

Balas

wah saya lupa mbak tapi coba cari di gugel pasti ada kok, memang perlu juga sih agar kita tahu kalau ada yang nyelipin link aktif di komentar :)

Balas

salam kenal. berkunjung pagi nih, artikelnya menarik

Balas

makan telur hny motis ternyata.., makasih infox pak.. *smile

Balas

saya waktu kecil sering kena bisul karena ingkungan kurang ebrsih tapi sekarang sudah tidak lagi

Balas

asik nih sayah masih kebagian pertamax ........

Balas

sayah juga punya telur mas... hehehe

Balas

berarti yang terima seratusnya sayah dong... asieeek

Balas

nah kalau di pantat sayah pernah tuh waktu sd mau duduk aja repotnya minta ampunterpaksa kalau sekolah tiduran, eh malah kena setrap lagi hehehe

Balas

sayah duduk di bangku sekolah sd pas kena bisul eh dikira nyontek karena duduknya miring hehehe

Balas

bisul bisa pakai binatang undur undur mas biar cepat matang heheh.. itu dulu ndak tau sekarang masih ampuh ndak ya

Balas

sayah hadir tapi sayah gak punya bisul mas... hehehe

Balas

waduh, bisul memang penyakit yang gak ada indah - indahnya mas, mau nempel di hidung tetap gak indah, kata orang tua dulu obat bisul selain obat yang di atas yang ditulis mas Anthonie ada lagi yang murah meriah dan gak perlu jauh jauh mencariny...

cukup dengan upil .... coba deh hehehe.... sayah juga heran ada apanya di upil tersebut...

Balas

Makasih infonya Gan.. salam kenal.. monggo mampir ke blog saya :-)

Balas

Pertamax mahal harganya mas hehehe :D
Mending soda gembira aja, lebih murah :D

Balas

Iya banyak banget jenis nya. Sampai bingung pengen makan dan beli telur yang mana :)

Balas

wah berarti mang yono dulu nya nakal dunk wkwkwk :D

Balas

Kalau ma salaman, jangan lupa sambil berpelukan ya mas hehe :)

Balas

Kok komentar saya nggak ada foto nya ya mas hehehe :D

Iya udah nanti saya mau tanya sama mbah gugel, siapa tahu dapet ya :)
Thanks mas anthonie :)

Balas

AM{Air Mineral} Lebih Murah mbakk hihi

Balas

Sisanya Buat saya yah Mbakk :D

Balas

teman2 saya semasakecil dulu banyak yg terkena bisul di pantat, namanya udun semat :)
benjolan kecil tapi sakit sekali, hmmm :D

Balas

selamat Malam Sob...kalau saya ada bisul biasanya saya langsung pencet, namun setelah membaca Artikel di atas saya sudah tahu langkah apa yang harus saya lakukan jika ada bisul...ini kunjungan perdana saya Sob jadi saya ijin ya follow blognya, kalau ada waktu kesebelah juga jalan jalan ke gubuk Tua saya dan follback jika berkenan. terimakasih

Balas

gemes banget kalo ngeliat bisul, pengen langsung saya tusuk aja rasanya. ^^

Balas

Bisul-bisul ini beda dengan jerawat?

Balas

Semoga saja kita tidak terkena penyakit seperti ini ya gan :)

Balas

wahhh.. sy paling takut dgn bisul.. bari liatin gambarnya aja udah takut... :)

Balas

sukses yah mbak hehe...

Balas

Sekarang udah ilang kan mbak bisulnya :)

Balas

Darahnya kurang bersih sehingga bisa bisul, cuci darah atau minum obat bersih darah saja mungkin bisa beres problemnya..

Balas

Biar adil salaman dulu dunk hehe :D

Balas

Biasanya yang rentan terkena bisulan itu anak-anak, karena mereka cenderung tidak bisa menjaga kesehatan, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi pada orang dewasa. Nah, untuk itu sebaiknya kita melakukan pencegahan agar bisa terhindar dari bisulan. Kan sayang, kalau kena bisulan jadi nggak nyaman ya mas :)

Balas

kurang gasik kang, mngkin harus nginep di rmah nya mas anthonie biar nggk telat hehe :)

Balas

musim hujan gini memang rentang terkena batuk ya mas hehe :)

Balas

air sumur malah gratis mas hehe :D

Balas

Iyaaa Mbakk Saya Setuju #Soalnya Dulu Waktu saya Masi Kecil Saya Pernah Terkena Penyakit yang Satu ini :D

Balas

Air Bah dan Air banjir.. malah mengerikan hehehe...

Balas

kang budi, kalau hompimpa... si unyil jadi kucing ... hehehe

kalau salaman malah yang dapet uangnya wasit, mbak master

Balas

katanya kalau tgak nakal gak gaul kata temen - temen, begitu mbak Master

Balas

sayah setuju master... tapi ada juga yang karena sumpah serapah ... hehehe

untung penyakitnya cuma satu ya mas, coba kalau penyakitnya yang dua ini.... heheh

Balas

Air keringat biasanya rasanya asin hehe...

Balas

paling susah kalau bisul dipantat yah nggak bisa duduk jadinya hehe...

Balas

ya udah dibagi rata aja biar semua kebagian, adil kan hehe...

Balas

masa sih bisa sambil tiduran di sekolah mang hehe...

Balas

wah berarti yang gaul nakal-nakal semua yah mang hehe...

Balas

sekarang kasih salep aja mang lebih praktis, kalau undur-undur di kota sekarang udah susah nyarinya mang hehe...

Balas

Mas Budi kayaknya sering gatel yah tenggorokannya hehe...

Balas

nggak apa-apa mang yang penting hadir hehe...

Balas

wah lama kelamaan bisa sekampung nih pada nginep di rumah haha...

Balas

Yang sudah pada sehat, gak kena Bisul berkat artikel Mas Anthonie
Dan yang mau Pertamax silahkan main di blog saya, Gratis Pertamax

Balas

Aduh jangan sampai deh kena bisul di pantat, sakit nya gak bisa
ngebayangin, apalagi kalau temenya pantat yang kena wah bisa
Jadi rempong deh.. :) n-f

Balas

Kunjungan Malam sambil Ronda siapa tau masih ada yang
Kena bisul nanti saya obati pakai trik nya Mas Anthonie... :)

Balas

wah ada dokter jaga nih, sip mas :)

Balas

Betul sekali mbak Ririn dan mas Ainnul kita harus selalu melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit.

Kalau yang dua ini malah tambah sakit donk mang hehe...

Balas

Betul sob, bisul terjadi karena darah yang kotor dalam tubuh mengakibatkan timbulnya bisul :)

Balas

mudah-mudahan jangan sampai ngalamin yah mas Vickry :)

Balas

Betul mas Rahmat, mudah-mudahan kita dihindarkan dari penyakit seperti ini yah :)

Balas

hampir sama sih sob, biasanya jerawat yang sudah meradang akan menjadi bisul.

Balas

wah hati-hati mas, nanti takutnya infeksi hehe...

Balas

Salam kenal juga mbak Yulia, ok...saya pasti datang berkunjung :)

Balas

Makasih kunjungannya sob, saya sudah follow back juga, salam kenal dan sukses selalu :)

Balas

Makasih kunjungannya sob, salam kenal juga dan sukses selalu :)

Balas

betul mas, makan telur tidak menyebabkan bisulan kok :)

Balas

betul sob, karena lingkungan yang kurang bersih dapat menjadi penyebab timbulnya bisul :)

Balas

haha... murah meriah yah mang :)

Balas

iya mas nggak kebayang nggak bisa duduk hehe...

Balas

wah mas Karysta lagi bagi-bagi pertamax nih ceritanya hehe...

Balas

hahaha berarti yang nakal gaul gaul semua dong :)

Balas

iya mas kalo ada tetangga yang di kasih tips ini tetep ngeyel mending slentik aja bisulnya :D

Balas

hahaha.. upilnya mang yono lebih sipp ketimbang dukun :)

Balas

lebih parah lagi kalo bibir yang kena bisul mas.. ndowerrr dech :D

Balas

salam hormat kanan hormat kiri special for kang karrysta sang pemegang pertamax :D

Balas

hmm saya suka takut lihat bisul. Blog ini rame banget yah. Tidak seperti blog saya

Balas

Adil bener Tuh hehehe saya Setuju Tuh Kang :D

Balas

wah-wah ada yang bagi-bagi pertamax nich. Lumayan bisa buat ngisi bahan bakar motor wkwkwk :D

Balas

nggak kebayang ya kalau kena bisulan, pasti nggak bisa duduk ya mas. Mungkin kalau berdiri masih bisa ya :)

Balas

iya kan sekarang musim nya salam tempel mang hehehe :D

Balas

wah masak nakal harus gaul, eh salah maksud nya masak kalau gaul harus nakal. Hmmm aya aya wae master mamang ^^

Balas

minum komik harus nya biar cpet smbuh hehehe :)

Balas

emang penyakit yang dua dimana master wkwkwk :D

Balas

wah terimakasih tipsnya ya mas.. alhamdulillah saya tidak pernah terkena bisul mas...

Balas

iya mas jangan sampe deh ngalamin penyakit ini hehe...

Balas

kalau menurut saya sih beda banget sob :)

Balas

masa bisa takut mas liat bisul haha...

Balas

makasih kunjungannya sob hehe...

Balas

kalau yang dua ini hanya mamang yang tahu mbak hehe...

Balas

mungkin ada obatnya di dalem upilnya mang Yono kali haha...

Balas

kalau batuknya mas Budi sih paling besok juga udah sembuh hehe....

Balas

sadis banget yah mas Andes hehe...

Balas

wah dari bisul kok bisa sampai gaul nih hehe...

Balas

yang ditempelin isinya apa mbak hehe...

Balas

berdiri masih bisa mbak tapi masih berasa sakit juga kayaknya hehe...

Balas

pertamax gratis lagi diobral di tempatnya mas Karysta hehe...

Balas

selalu jaga kebersihan ya, biar gx muncul bisulnya :)

Balas

iya ya mas sekarang mah gampang ada salepnya jadi ga perlu repot2 tinggal oles saja :D
wah pakai untur2 gimana tuh mang ngobatinnya ?? undur2 suruh melubangi bisulnya ?? :D

Balas

saya juga ikut berkunjung lagi ah :)

Balas

Mas Eka Bukan Kayaknya Tapi Emang Bener Bener Sakit Beneran Lhoo hehe :D

Balas

Kayaknya Isinya Pecel Ayam deh Mas Eka haha

Balas

Udah di garuk jd..lega sekarang hehe :)

Balas

Kalo pake daging lidah buaya..di cuci bersih lendirnya juga ya mas :)

Balas

bisul itu kecil tapi ngeselin yaa gan hehe

Balas

wah belum ada tips kesehatan baru ya mas.. hmm nungguin malam minggu ya hahahahaha

Balas

Info yang bermanfaat sob, semoga berguna bangi yang membutuhkan

Balas

Bisul ini memang bisa membuat galau ya mas kalau nggak segera diatasi. Pasalnya, selain membuat kita nggak nyaman, juga bisa bikin malu kalau kelihatan bisul nya hehehe :D

Balas

Wah mantap tuh hehehe :D
Salam hormat untuk semuanya :)

saya izin belajar tentang penyebab penyakit bisul mas :)

Balas

sepertinya mas ainul sudah berpengalaman nich hhehehe :D

Balas

Masya Allah nie komentar ampe bejibun begini, jangan-jangan saya paling bontot nie...
Artikelnya sangat bermanfaat mas, terimakasih udah berbagi :)

Balas

Sama-sama mas Marnes makasih kunjungannya, semoga bisa bermanfaat :)

Balas

iya mbak selain bikin sakit juga bikin nggak PD apalagi kalau di muka hehe...

Balas

makasih mas Albar, semoga bisa bermanfaat :)

Balas

iya mas Nady biar bisa rutin seminggu sekali soalnya waktunya baru sempet kalau hari sabtu hehe...
Makasih kunjungannya mas :)

Balas

bikin sakit, ngeselin juga bikin nggak PD gan hehe...

Balas

lendirnya jangan dicuci mas di gunain juga :)

Balas

iya sob kita harus selalu menjaga kebersihan biar terhindar dari bermacam penyakit.

Balas

Makasih kunjungannya sob dan sukses selalu :)

Balas

silahkan mas WS hehe...

Balas

pake biji kedondong yah mas hehe...

Balas

malah bikin geli kalau pake undur-undur yah hehe...

Balas

buah naga sama semangka hehe...

Balas

beda yah kalau yang sudah pernah ngalamin hehe...

Balas

nggak usah belajar mbak... asal tahu aja udah cukup hehe...

Balas

Kalau di muka ya bikin malu mas. Jadi harus pakai topeng/helm kalau mau keluar rumah hehehe :D

Balas

mantap gan :D jgn lupa mampir ke

Andrekocak Blog

Balas

Hayo siapa yang bisulan?

Balas

makasih gan saya sudah kunjung balik, salam kenal dan sukses selalu :)

Balas

pasti nggak ada yang mau bisulan sob hehe...

Balas

kalau ke kantor masa pake helm mbak hehe...

Balas

Hmmm.
Kita harus benar-benar menjaga kebersihan, agar tidak bisulan *o*

thanks artikelnya mas,
bermanfaat :)

Balas

makasih sob, betul kita harus selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari bisulan :)

Balas

Terima kasih infonya, keren dan bermanfaat sekali :)

Balas

tak terbayang panas dinginnya kalau bisulan

Balas

mitos ortu dulu memang dari banyak makan telor tuh

Balas
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 208   Newer›   Newest»

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger