logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Gejala cacar air dan cara mengobatinya

Cacar air - Chicken Pox atau istilah medisnya Varicella simplex merupakan penyakit yang menyerang kulit dan mudah menular, ditandai dengan demam, pilek serta kondisi tubuh yang lemah kemudian muncul bintik-bintik merah diawali disekitar dada, perit dan punggung selajutnya menyebar ke muka dan bagian lainnya,beberapa hari kemudian bintik merah tersebut akan bergelembung dan berisi air.

Infeksi virus ini akan menyerang setiap orang baik anak-anak maupun sudah dewasa yang belum mengalami cacar air, namun jika seseorang sudah mengalami cacar air tubuhnya akan kebal terhadap serangan infeksi virus ini, namun pada anak gejala akan lebih ringan dan kesembuhan akan lebih menjadi lebih mudah tanpa masalah sedangkan pada orang dewasa infeksi ini bisa menjadi berat baik gejala maupun penyembuhannya, jadi lebih baik terkena cacar air saat masih anak-anak daripada setelah dewasa.

Gejala cacar air dan cara mengobatinya
Cacar air
Cara penyebaran penyakit cacar air:
  • Cairan yang keluar dari lepuh cacar air bisa menularkan pada orang lain.
  • Benda-benda yang terkena cairan dari lepuh cacar airpun dapat menularkan pada orang lain bila tersentuh.
  • Jika penderita cacar air batuk atau bersin dapat menularkan penyakit ini lewat udara.
Tanda-tanda orang yang terkena cacar air :
  • Timbulnya bintik-bintik merah pada kulit dan akan menyebar ke seluruh tubuh.
  • Setelah beberapa hari bintik merah baru akan timbul dan lebih banyak serta timbulnya gelembung berisi air.
  • Setelah gelembung berisi air terbentuk biasanya masa inkubasinya sekitar 2 hingga 3 minggu.
  • Tubuh akan mengalami demam.
  • Rasa gatal  membuat penderita akan menggaruk dan mengakibatkan parut.
  • Gejala lain yang dimbulkan seperti nyeri di pergelangan sendi, sakit kepala, sakit perut, nafsu makan berkurang, rasa lelah da tidak nyaman.
  • Sebelum bintik merah timbul biasanya penderita cacar air akan mengalami batuk ringan serta hidung berair. 
  • Jika daya tahan tubuh seseorang yang terkena cacar air ini kuat maka cacar air yang ditimbulkan akan lebih sedikit serta cepat mengering.
Orang-orang yang beresiko mengalami infeksi dan komplikasi parah:
  • Orang yang mempunyai daya tahan tubuh lemah akibat penyakit seperti HIV, leukimia dan orang yang sedang menjalani komoterapi.
  • Penderita asma
  • Bayi yang baru lahir dimana ibunya tidak mempunyai kekebalan cacar air atau belum pernah mengalami cacar air.
  • Jika ibu mengalami cacar air saat mengandung seminggu sebelum kelahiran akan menimbulkan infeksi serius dan dapat membahayakan si bayi.
  • Orang yang mengambil steroid berkepanjangan.
  • Penderita radang kulit seperti eksim.
Cacar air dapat mengakibatkan komplikasi seperti:
  • Infeksi kulit sehingga kulit menjadi merah, sakit dan bengkak.
  • Radang sendi terjadinya bengkak dan sakit pada sendi.
  • Infeksi paru, seperti susah bernafas, batuk, sakit didada dan mengi.
  • Peradangan di otak, seperti sakit kepala, leher mengeras dan tidak sadarkan diri.
  • Terjadinya dehidrasi, karena muntah berkelanjutan mengakibatkan mulut kering.
Tips saat mengalami cacar air:
  • Segera pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, biasanya dokter akan memberikan obat penurun panas, vitamin untuk daya tahan tubuh, obat atau salep untuk antivirus cacar air seperti Asiklovir.
  • Bersihkan bintil merah yang pecah.
  • Mandilah secara teratur dengan sabun antisptik.
  • Hindari menggaruk kulit yang gatal dengan kuku karena akan mengakibatkan bekas.
  • Hindari penggunaan bedak tabur jika gelembung pecah karena akan membuat perluasan penyebaran cacar air, namun gunakan salep seperti Asiklovir.
  • Supaya rasa gatal bisa berkurang bisa digunakan lotion yang mengandung fenol atau mentol atau bisa juga dikompres dingin.
  • Gunakan alkohol dan kapas untuk membersihkan bekas gelembung cacar air yang pecah.
  • Gunakan obat tetes mata untuk menghindari mata anda dari infeksi cacar air. 
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seperti buah-buahan misalnya jeruk, apel, pear, jambu biji dll.
  • Mengkonsumsi tablet vitamin C
  • Minum air putih yang banyak.
Tips untuk mengurangi terjadinya infeksi bakteri:
  • Gunakan pakaian yang kering dan bersih.
  • Menjaga tangan agar selalu bersih.
  • Usahakan kuku selalu pendek.
  • Mandilah secara teratur 2 kali sehari dengan sabun antiseptik.
  • Jika terjadi gelembung yang pecah cepat bersihkan lalu gunakas salep.

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Gejala cacar air dan cara mengobatinya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Gejala cacar air dan cara mengobatinya sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

133 comments

makasih infornya mas,,
kalau cacar tidak di obati dengan cara benar, bekas lukanya tidak bisa hilang :)

Balas

aduh gimana nih mas anthoni telat sharenya :) saya dulu udah pernah mas tapi seminggu tak diemin doang ilang sendiri :D hehehe..
gapapalah yang penting ini bermanfaat bisa buat jaga2 tentunya

Balas

Betul mas dan yang penting jangan sampai digaruk-garuk...

Balas

Kalo udah kena berarti udah aman mas, tenang aja :)

Balas

Waah ngeri juga nie efek samping dari cacar air, demam dan gatal-gatalnya itu Mas...hehe

Balas

iya mas ngeri juga sih kalau sampai kena apalagi kalau udah dewasa...

Balas

klw di desa saya biasanya pakai parutan jagung muda, dan di oleskan di tempat cacar air keluat di kulit

Balas

makasih sobat atas informasinya

Balas

oke deh alhamdulillah kalo udah aman, saya juga seneng dengernya. tapi di jamin aman beneran kan mas gak bakal kemalingan juga O_o

Balas

anak pertama dan kedua sy belum pernah cacar. kata orang2 kebanyakan cacar ini bukan penyakit ya? dan hanya sekali dalam seumur hidup terkenanya

Balas

"yg penting tetp jaga kesehatan, biar tetep makan enak", kata bondan winarno

Balas

Ngeri juga nih liatnya... makasih info nya sob sangat bemanfaat

Balas

dulu waktu kecil saya pernah ngalaminnya seluruh tubuh kena cacar, dan bekas lukanya pasti membekas tapi dengan bedak alami abu pelepah kolang - kaling hilang tuh noda - nodanya

Balas

aku kena cacar airnya waktu SMA, uh ya Allah.. Bekas nya susah ilang, hehehe

Balas

saya pernah juga ni sakit cacar air, memang 8 dari 10 anak, biasanya pernah sakit cacar, geli pengen garuk terus, dan rata2 hilang dengan sendiri-nya kalau cepat di bawa ke dokter.

Balas

saya pernah itu cacar air.. jangan di tusuk-tusukin entar membekas.. biarin aja di bedakin biar kulitnya tetep mulus muehehe. entar juga sembuh sendiri.

Balas

Betul kata mas Rusydi yang penting kita harus selalu jaga kesehatan :)

Balas

kudu hati-hati nih jangan sampai ketularan penyakit cacar,nice info mas Anthonie

Balas

tapi lama Non kalau nggak ditusuk peniti hehe

Balas

terus jagungnya campurin tepung dan digoreng wowwww maknyuuuzz

Balas

@Indah: Parutan jagung muda bisa juga kok mbak dan masih banyak yang lainnya :)
@Dede: si akang kalau nemu sayuran pasti bawaannya pengen masak melulu ea hehe....

Balas

Sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

Iya mas kalau sudah sekali terkena biasanya akan kebal jadi tidak akan terkena lagi...

Balas

Sama-sama sob makasih udah berkunjung :)

Balas

yang alami memang lebih bagus yah mang :)

Balas

memang kalau sudah dewasa proses kesembuhan penyakit cacar air ini jadi lebih lama, harus sabar :)

Balas

iya sob kalau kena cacar air sebaiknya dibawa ke dokter jadi proses penyembuhan jadi lebih efektif dan jika mau bisa dilanjutkan dengan pengobatan alami...

Balas

bahaya atuh kang kalau ditusuk pake peniti entar malah jadi infeksi malah repot hehe...

Balas

sama-sama kang... ngomong-ngomong rotinya udah jadi belum, saya udah laper nih kang hehe...

Balas

sepertinya ngeri juga penyakit cacar ini sob.
yg penting memang kita harus menjaganya ya sob.
terima kasih atas infonya sobat, ini bisa menambah pengetahuan dan kita perlu waspada utk menghindarinya
trims

Balas

iya mas PP kita perlu waspada juga terhadap cacar air ini yah...

Balas

yg penting kita waspada dan berusaha utk mencegahnya ya sob..)

Balas

kalau ditusk bisa pecah, malah bahaya mas dede

Balas

betul banget kata mas Anthoni sama mas Rusydi yang penting jaga kesehatan biar tetap sehat pastinya :) biar aman juga tentunya..

Balas

yang jelas rasanya bikin betah dirumah mas :)

Balas

amin kalo gitu mah :) saya udah pernah soalnya *heuheu..
semoga anaknya mas Rusydi gak kena aja ya..

Balas

intinya selalu menjaga dan merawat kebersihan tubuh biar selalu sehat dan terhindar penyakit :) iya kan pak penyuluh..

Balas

jangan sampai di gosok juga :)

Balas

aman dan nyaman saat ber buka sama martabak manis tentunya :)

Balas

jatah makan mesti juga nambah...hehhee :)

Balas

saya juga pernah terkena penyakit ini mas....awal gejalanya...memang luar biasa... :)

Balas

sampai tandanya ...ada juga masih membekas... :)

Balas

semoga lekas sembuh bagi anak-anak indonesia yang terkena sakit cacar, semoga dengan membaca artikel ini, para orangtua tidak usah gundah gulana lagi, sakit cacar air bisa di sembuhkan dengan membaca artikel ini.

Balas

Iya gak boleh digosok mas hehe...

Balas

Amin mas... masih yah martabaknya hehe...

Balas

yang penting udah ngalamin yah mas jadi besok-besok udah aman...

Balas

yah memang ada resikonya seperti itu mas...

Balas

Hehe... makasih mas Dimas buat suportnya :)

Balas

nah kalau dielus-elus mendingan tuh mas daripada ditusuk hehe...

Balas

iya mas... harus jaga kesehatan dan kebersihan agar selalu sehat :)

Balas

jadi inget martabaknya mas hoho....

Balas

jadi gak boleh digodok ya mas

Balas

wah ini bulan puasa kalau buka pakai martabak enak juga ya mas budi

Balas

Enak juga asal jangan sering-sering yah mas hehe....

Balas

kalo telor mah boleh mas PP hehe...

Balas

terimakasih sobat atas informasinya

Balas

mengerikan seklai ternyata.. :)

Balas

kalo dulu aku selain suka diobatin dgn ramuan2 tradisional juga dikurung di rumah, karna kata nya kalo kena angin bakal juga nyebar dan menular

Balas

alhamdulillah sampe saat ini saya belum terkena cacar air

Balas

waduh jadi kyak kualitas bibit unggul dong mas kalo gitu :D

Balas

kenang2an saya juga ada di hidung :)

Balas

mas Budi nggak mungkin ngantar mas palingan dihabisin duluan hehe...

Balas

kenangan yang tak terlupakan yah mas hehe...

Balas

iya mas amin juga :)

Balas

makasih mas udah diwakilin hehe...

Balas

iya mas Edie kalau bisa sih jangan sampai kena yah hehe...

Balas

yang bibit unggul virusnya yah mas hehe...

Balas

bagus deh sob mudah-mudahan nggak sampai ngalamin yah hehe...

Balas

Kalau di desa maknyuzzz itu kena minyak goreng panas Om atau kena api..akhirnya melelh..

Balas

Iya betul tuh, mudah2n tidak kena..!!

Balas

Alhamdulillah untuk saat ini penyakit itu belum ada di tempatku, tapi kalau dulu memang pernah ada

Balas

yang penting penyakit seperti itu memang harus dihindari, dan sedini mungkin utk dilakukan pencegahan jangan sampai terjadi ya sob.

Balas

Haha...nemu aja mas PP..kata di godok.. :)

Balas

Tenang aja mas..nanti ta antar parang ewang ya..hehe :)

Balas

Mau yg rasa cokelat apa rasa kaldu ayam nih..hehe :)

Balas

Kalo udah ke elus bisa ketiduran kan..

Balas

Konon katanya jg..bisa gunain parutan kentang buat ngilangin bekas cacarnya ya mas..

Mav mas Anthonie..baru bisa berkunjung..udah 2 hari ini..masih...tidur2an.. N nenggak obat..
Mohon doanya :)

Balas

@mas HeQris : tampilan mobile nya..pilih yg biasa aja mas... :)

Balas

sama-sama sob ,saya juga sudah berkunjung hahaha

Balas

haduh teman saya yang satu ini ternyata masih tiduran bersanding obat :) semoga lekas sembuh mas budi, mav nih saya gak bisa jenguk tapi saya kirimi parsel berisi doa aja ya biar cepet sehat n pulih kembali

Balas

iya mas gak bakal gak terlupakan, apalagi kalo yang liat di jamin gak bakal lupa deh :) kan tambah manis soalnya mas *hahaha

Balas

tambahin sebutir messes mas :)

Balas

Iya sob karena itu perlu jaga kesehatan, makasih kunjungannya :)

Balas

Iya mas Edi yang penting jaga kesehatan :)

Balas

haha... sip deh :)

Balas

dan berjaga-jaga mas Bud hehe...

Balas

tau aja mas Bud hehe...

Balas

pantesan tadi ada yang nyelonong hehe...

Balas

mudah-mudahan tidak sampai datang lagi yah mas PP...

Balas

nah baru lagi nih martabak rasa kaldu ayam hehe...

Balas

sama sesendok telor yah mas hehe...

Balas

hehe... mantap deh :)

Balas

Cacar memang sebuh penyakit yang paling mengganggu kulit kita. Pasalnya, kulit akan terasa gatal dan pastinya akan membuat kita tidak percaya diri. Oleh karena itu mengapa sebaiknya apabila kita terserang penyakit yang satu ini, kita harus segera mengobatinya. Trik diatas bisa dijadikan solusi alternatif untuk mengatas masalah cacar. Thanks mas atas informasinya :)

Balas

iya mbak yang terpenting jangan sampai menggaruk dengan kuku karena akan meninggalkan bekas, makasih kunjungannya mbak :)

Balas

sahabat sy kena cacar air sudah seminggu lebih, yg diserang muka, orangnya cantik, putih mulus, jd krisis kepercayaan, skr sudah mengering, dilema ingin bantu.. tp sy talut tertular masalahnya sy punya anak kecil

Balas

setiap orang asal sudah kena sekali tubuh menjadi kebal jadi tidak akan terkena cacar lagi, untuk sahabatnya yang terkena cacar air kalau sudah kering tinggal nunggu pemulihan saja asal tidak digaruk-garuk tidak apa-apa lama kelamaan akan hilang bekasnya.

Balas

Ane udh pernah Kenya cacar air 2x
Yg 1 saya kelas 4 SD
Dan yg ke 2 saya kelas 6

INI gimana ya.. koq bsa..

Balas

biasanya seseorang akan mengalami cacar air hanya sekali saja, kalau sampai terjadi lagi mungkin daya tahan tubuh terhadap virus tersebut sangat lemah sehingga terjadi lagi, mudah-mudahan tidak sampai terjadi lagi yah sob :)

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

Saya kena cacar pas umur 15 taunan, bisa ilang ga luka merah bintik bintik nya? Ga betah pengen digaruk -,-

Balas

sebaiknya jangan digaruk mbak karena akan menimbulkan luka parut, bekas cacar akan hilang kok asal tidak digaruk, semoga bermanfaat :)

Balas

ass.. gan kenapa kalo kita sudah pernah terkena cacar air. kita tidak akan pernah mengalaminya kiri2 itu disebabkan kerena apa???

Balas

jika seseorang sudah mengalami cacar air tubuhnya akan kebal terhadap serangan infeksi virus ini :)

Balas

Saat ini sy lg kena cacar air. Sekujur tubuh saya full dgn bintik2 brisi cairan. Sampai saya tidak bisa tidur. Setelah kdokter sy diberi antivirus dan salep. Tp yg saya heran knp didaerah kewanitaan sy juga timbul bintik2 seperti itu. Saya tidak berani mengoleskan salep krn ditulisan tertera tidak untuk kelamin, mata & mulut. Apakah itu berbahaya? Saya takut akan mnjdi infeksi..

Balas

untuk daerah tertentu yang sensitif lebih baik tidak usah diberi salep, dalam beberapa hari cacar air akan sembuh dengan sendirinya, apalagi dokter sudah memberi obat antivirus saya rasa sudah sangat membantu, semoga bermanfaat :)

Balas

Kalau Bisa Milih warna Mobil nya yang Merah..?
Soalnya warna merah identik dengan Maniiiiis deh..

Balas

Tambahin juga, Seprilik Script, juga penyegarnya
Kasih, sekupas buah Mangga Gedong, campur sama
Buah Kiwi,, asal jangan campur semangka aja, hhhhh

Balas

Biar telat dan Lambat komentar saya, yang penting selamat
Gak kena penyakit Cacar air yah Mas.? dan semoga sobat
Blogging semua, gak pada ngalamin ni penyakit, (Amien)

Balas

kalau pecah karena kesenggol? tapi gak digaruk?

Balas

Amin mas Karysta, semoga pada sehat semuanya yah mas sehingga aktifitas bloggingnya tidak terganggu :)

Balas

kalau nggak sengaja sih nggak apa-apa sob, tapi harus langsung dibersihkan biar tidak menyebar ke mana-mana, semoga bermanfaat :)

Balas

Kalau tidak di bawa ke dokter tapi kalau minum jamu kunir boleh kgak???

Balas

biasanya untuk cacar air pengobatannya dengan kunir dan daun asem tapi tidak untuk diminum melainkan dengan cara dioleskan, semoga bermanfaat :)

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Terimakasih sob, semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan artikel mengenai cacar air ini :)

Balas

mungkin ga kalau bintik merah itu dimulai dari kepala dulu?

Balas

Mungkin saja sob, sebaiknya jika ada tanda-tanda bintik merah segera diperiksakan ke dokter, semoga bermanfaat :)

Balas

kasihan juga kalau anak sudah terjangkit

Balas

Mau tidur susah dokk di bagian tubuh saya penuh cacar :'( Ntar Kalo Pecah Gimana?

Balas

Ada untungnya juga mas kalau terkena cacar air masih kecil jadi nanti tidak terkena lagi.

Balas

Mudah-mudahan sekarang sudah sembuh yah :)

Balas

Sbnarnya dbolehkn mandi apa nggk atau pakai bedak aja?

Balas

Konsultasi kulit Anda pada yang telah berpengalaman Dokter Kulit Dheya. Jika Anda memiliki penyakit kulit yang butuh penanganan ahli. Anda dapat bertanya di dokterkulitdhelya.com

Balas

Cara Mengobati Wasir - Seharus nya seseorang mengatur pola hidup yang benar agar tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit. namun, karena sekarang sudah banyak toko makanan yang menjual makanan yang enak dan juga instan sehingga banyak orang yang sering membeli nya, dan tidak mementingkan kandungan yang terdapat pada makanan tersebut, sehingga akan mengorbankan kesehatan nya sendiri, dan menimbulkan beberapa penyakit pada tubuh nya. salah satu penyakit yang dapat tumbuh di tubuh karena makanan yang tidak sehat dan kurang akan serat adalah penyakit wasir ambeien. Karena jika terus menerus mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan menimbulkan sakit sembelit. Penyakit sembelit merupakan awal gejala penyakit wasir ambeien.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan ahli klinik Apollo.

Balas

Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
http://zapplerepair.com/Macbook-Pro-2017-touchbar-ganti-lcd-cara-buka-casing-bawah.html

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger