Tips dan informasi seputar masalah kesehatan

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya

by Anthonie Eka , at 4:47 PM , have 116 comments
Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya
Kutu rambut
Cara menghilangkan kutu rambut - Kutu rambut serta telur kutu biasanya seringkali dialami oleh anak-anak yang kurang menjaga kebersihan terutama pada rambutnya, atau bisa juga tertular kutu rambut saat berdekatan dengan orang yang memiliki kutu rambut di kepalanya.

Karena itu biasakan untuk selalu menjaga kebersihan dengan rutin keramas dan jangan biarkan rambut kotor, bau ataupun berminyak terlalu lama karena dengan rambut yang kotor dapat membuat kutu rambut hidup dan bertumbuh di kepala.

Kutu rambut hidup dengan menghisap darah di kulit kepala sebagai makanannya sehingga kulit kepala akan terasa gatal luar biasa dan biasanya kutu rambut mudah terlihat di bagian pinggir kepala, dekat telinga dan leher, kutu rambut jantan berukuran lebih kecil dari kutu rambut betina dan berkembang biak sangat cepat.

Cara menghilangkan kutu rambut:
  • Memotong rambut, untuk anak laki-laki mungkin mudah untuk memotong rambutnya sampai botak sehingga kutu rambut dapat langsung dihilangkan, namun untuk wanita rambutnya bisa dipotong pendek agar pertumbuhan kutu rambut tidak semakin banyak.
  • Menggunakan sisir rapat, terutama untuk wanita yang tidak dapat memotong rambutnya hingga gundul bisa menggunakan sisir rapat atau serit untuk mengurangi kutu rambut di kepala.
  • Menggunakan bahan alami, untuk menghilangkan kutu rambut bisa juga dengan bahan alami selain harganya yang murah juga lebih aman untuk rambut dan kepala dibandingkan dengan obat kimia pembasmi kutu.
  • Menggunakan obat kimia pembasmi kutu rambut, obat ini bisa didapatkan di toko obat maupun apotik, memang hasilnya akan lebih efektif namun kadang kala rambut menjadi rontok, berketombe atau kulit kepala menjadi gatal karena efek dari obat kimia tersebut.

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami:
  • Sisir rapat atau serit, sering-seringlah menggunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu rambut yang bergelantungan di rambut, meskipun tidak bisa menghilangkan kutu rambut secara total tapi paling tidak dengan cara ini kutu rambut akan banyak berkurang.
  • Cuka putih, dengan menggunakan cuka putih bisa juga untuk mengatasi kutu rambut dan telurnya namun cuka putih hanya berfungsi untuk melepaskan pegangan kutu rambut yang bergelantungan pada rambut di kepala, meskipun tidak bisa untuk membunuhnya namun cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan kutu rambut di kepala selain itu cuka putih mengandung antiseptik untuk membersihkan kulit kepala dari jamur, kotoran dan bakteri. Caranya basahi rambut dengan cuka putih lalu ratakan sambil dipijit-pijit perlahan lalu tutup dengan topi mandi dan biarkan selama 30 menit setelah itu sisir menggunakan sisir rapat atau serit lalu keramas sampai bersih, jika kutu rambut dan telurnya masih tersisa di kepala dapat diulangi kembali di hari berikutnya. 
  • Minyak kelapa, dengan membasahi kulit kepala dengan minyak kelapa yang sudah dihangatkan lalu tutup dengan handuk dan biarkan semalaman lalu keramas sampai bersih keesokan paginya, lakukan selama 3 malam berturut-turut.
  • Minyak kayu putih dan jeruk nipis, siapkan 2 sendok makan minyak kayu putih dengan mencampurkan air jeruk nipis, lalu oleskan ke kulit kepala sambil dipijit-pijit perlahan lalu tutup dengan topi mandi dan biarkan kurang lebih satu jam lalu keramas sampai bersih, setelah itu sisir dengan sisir rapat atau serit, ulangi cara ini dihari berikutnya jika kutu rambut masih tersisa.
  • Bawang Merah, hancurkan bawang merah sampai lembut lalu oleskan ke kulit kepala dan pijit-pijit dengan lembut lalu biarkan beberapa saat sambil ditutup dengan topi mandi kemudian keramas sampai bersih.
Cara mencegah bersarangnya kutu rambut di kepala:
  • Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan rambut anda dengan cara rutin keramas.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang mempunyai kutu di rambutnya.
  • Jangan menggunakan topi atau accesories kepala lainnya dengan orang lain.
  • Hindari tidur bersebelahan dengan orang yang mempunyai kutu rambut di kepalanya.
  • Rutin mencuci sarung bantal.
Semoga artikel Cara menghilangkan kutu rambut ini bisa bermanfaat, karena itu kita harus rajin menjaga kebersihan rambut mulai dari sekarang agar terhindar dari kutu rambut dan telurnya di rambut kita.


Terima kasih telah membaca Artikel Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya sebagai sumbernya.
Anthonie Eka
Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya - written by Anthonie Eka , published at 4:47 PM, categorized as Tips Kecantikan , Tips Kesehatan . And have 116 comments






116 comments Add a comment
Info Sehat Keluarga
Thanks infonya, anakku yang bungsu tertular kutu dari temannya, bikin pusing deh ngilanginnya
Anthonie Eka
sama-sama mas... semoga cara diatas bisa membantu, makasih kunjungannya :)
Reply Delete
ahmad rizal samsi
untung kepalaku ga ada kutunya...
Anthonie Eka
zaman sekarang sih mungkin udah jarang yang kutuan rambutnya sob hehe...
Yudi
iya.. bener kata Mas Anthonie.. Zaman sekarang udah jarang karena tingkat kesadaran sanitasi masyarakat kita udah jauh meningkat dibandingkan dulu.. :D
Anthonie Eka
Betul mas Yudi, kalau di pelosok atau pedalaman mungkin masih ada kali yah...
Reply Delete
mas-andes
hadeuhh geli juga kayaknya kalo kepala menjadi sarang kutu. buat yang mau ngilangin kutu rambut jangan kawatir di atas udah ada tipsnya tinggal di praktekin aja :) iya kan mas..
Anthonie Eka
sip deh buat mas berdua hehe...
Bisnis 4Life Transfer Factor
Kalau kepala jadi sarang kutu biasa Mas
Anthonie Eka
menurut saya tidak mas, lebih baik jika mempunyai rambut yang sehat dan bersih bebas dari kutu :)
Reply Delete
budi os 19
Kutu emang bikin jengkel ya mas...
Apalagi klw udah nelor sampe banyak..hmmm :)

Lewat tips ini di rasa bakal nyetop perkembang biakan plus musnahin biang nya ya...
Anthonie Eka
iya mas Bud yang penting jaga kebersihan rambut biar nggak tertular kutu hehe...
budi os 19
Ketuk palu
Tanda setuju
Mas
Hehe :)
Anthonie Eka
kalau gitu setuju kan mas?
Andes Rizky Nugroho
waduh mas budi sekarang bahasanya itu loh udah tau yoi yoi segala :)
Anthonie Eka
setelah pulang dari pantai mas jadi ngomongnya yoi yoi hehe...
budi os 19
Hehe..tau aje mas anthonie :)
Anthonie Eka
hehe... berarti bener yah mas :)
Reply Delete
Cuute Yanti
Dulu pernah rambunya kutu an... hehee..
sampe telurnya menetas, mau gak mau harus potong rambut sampai pendek..?? waktu masih sekolah..

Tips nya sangat bermanfaat mas.. supaya gak datang lagi
Anthonie Eka
iya mbak Yanti, mudah-mudahan nggak sampe terkena lagi yah mbak :)
Andes Rizky Nugroho
pasti dulu itu kutunya yang genit2 yah mbak :D
Anthonie Eka
yang genit itu orangnya mas hehe...
Anthonie Eka
hehe... mungkin lho :)
Reply Delete
Buret
dapat lagi tips sehat dari sini, dulu saya suka pke jeruk nipis mas, agak perih di kepala namun hasilnya seperti yang disebutkan di atas, terima kasih tipsnya mas
Info Sehat Keluarga
Buret= Blognya tak dapat diakses gan... katanya ada perangkat lunak jahat
Anthonie Eka
iya mas Buret kalau bisa Topblogarea dot comnya dihapus saya juga nggak bisa masuk blognya mas Buret...
Reply Delete
Muh Hendrik
Anak sekarang saya rasa tidak ada kutu rambutnya Bang, kalah dengan modernisasi, apalagi dengan adanya mbah google, anak-anak sampai lupa dengan adanya kutu rambut. hehe.. Beda dengan dulu setiap seritan atau pakai sisir rapat sekali sisir 10 hingga 20 kutu rambut berjatuhan. kwkwk
budi os 19
Pengalaman pribadi apa khalayak nih mas...wkwk :D
Anthonie Eka
mungkin pengalaman pribadi mas hehe....
tapi sekarang udah bersih mas, kan udah modernisasi hohoho...
budi os 19
Berkat serit juga kayak nya :)
Anthonie Eka
seritnya hebat banget yah mas ckckck...
budi os 19
Made in mas hendrik mesti :)
Andes Rizky Nugroho
yang penting gak disemprot obat anti serangga aja yah mas :)
Anthonie Eka
apapun semprotannya yang penting minumnya tetep teh botol s**** hehe....
Anthonie Eka
hehe... tahu aja nih mas :)
Reply Delete
mangyono
nah ini dia ada solusi untuk peternak kutu rambut hehhe... Dulu waktu kecil saya juga banyak kutu rambutnya berkali kali dibotak, eh kapok dibotak gara - gara banyak teman yang jitakin, dan jadi ejekan teman... gundule... gundule .. anak gundul....
dan akhirnya hilang tuh kutu rambutnya berkat, kapur ajaib ( dengan cara digosokkan ke kulit kepala)
Anthonie Eka
pengalaman yang tak terlupakan yah mang hehe...
Dede Thea
sayamah sampai sekarang masih botak Mang, heuheu
Anthonie Eka
tapi bukan digundul karena ada kutunya kan kang hehe...
Yono Karyono
bloleh numpang jitak ya kang... ups masih suasana lebaran hehehe
Anthonie Eka
wah bisa rame nih hehe...
Anthonie Eka
bahaya kalau pake merecon mas...
Yono Karyono
mau beli mercon pasarnya juga masih sepi
Anthonie Eka
nggak usah repot-repot mang hehe...
Reply Delete
Brebes VS Lamongan
met siang mas bos. trmksih banyak info yang sngat bermanfa'at sekali sobat
Anthonie Eka
makasih mas bro, sama-sama semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Dede Thea
This comment has been removed by the author.
Dede Thea
Lebaran sudah selesai namun masih membekas semua keharuan dalam hati ni,,,,hehe

Dede Thea
kalau bicara soal kutu,jadi ingat ibu-ibu jaman dulu suka saling cari kutu heuheu
Anthonie Eka
Iya kang Dede yang penting udah saling memaafkan jadinya lebih enteng hati ini hehe....

Mungkin sekarang udah jarang yah kang, ibu-ibu yang saling cari kutu hehe...
Yono Karyono
cari kutu dan gigit telor kutunya hehe... kalau di kampung saya masih ada ibu - ibu cari kutu sambil ngerumpi hehe
Anthonie Eka
nyari kesibukan yang bermanfaat kali yah mang hehe...
Yono Karyono
iya asal jangan ngerumpi ngomongin kejelekan orang saja hehehe
Anthonie Eka
betul mang saya setuju :)
Delete
Tricajus
Betul sekali itu.. teringat jaman kecil dahulu. banyak kutunya..maklum gak pernah pakai shampo. bagus sekali ni infonya. sukses selalu gan. terimakasih salam kenal
Anthonie Eka
betul gan rambut yang kotor dapat mengundang kutu rambut, makasih gan sama-sama... salam kenal juga :)
Reply Delete
kolongtulis
sering-sering shampoan. ^_^
Anthonie Eka
betul sob, yang penting selalu jaga kebersihan rambut :)
budi os 19
Betul tuh...jg. Coba2 pake sabun colek ya hehe :)
Anthonie Eka
kalau itu saya nggak tanggung jawab mas hehe...
budi os 19
Biar mas Andes aje yg nanggung :)
Andes Rizky Nugroho
gak mau ah, mas budi aja yang nanggung.. biar saya yang jawab :)
Anthonie Eka
udah pada damai sana hehe...
Reply Delete
MaYa KayLa
baru tahu mas
kalau trnyata bawang merah dan cuka bisa ngilangin kutu,,,

zaman sekarang dah jarang,,, bahkan mungkin sudah tidak ada,,,
zaman dulu banyak,,,, kok bisa ya?

ternyata zaman semakin modern kutu pun semakin punah
Anthonie Eka
iya sekarang soalnya shampoo sudah banyak dimana-mana dan harganya juga terjangkau, jadi kutu juga udah jarang sekarang :)
Reply Delete
rian dani
This comment has been removed by a blog administrator.
Anthonie Eka
makasih kunjungannya sob :)
Delete
Rohis Facebook
dlu sempat kutuan tp gk tau napa ilang dgn sendiri.. *smile
makasih..
Anthonie Eka
berarti rambutnya udah selalu bersih mas :)
Reply Delete
Faceblog Evolutions
tapi banyak juga dari sebagian wanita yang suka pelihara KUTU kok mas, kalo gak percaya buktikan saja kalo ada pujaan hati langsung bilang gini
"maukah hatimu KUTUkar dengan cintaku"

ahaha..
#mak jllleeebbbbb
Anthonie Eka
saya kira beneran piara kutu mas hehe...
Andes Rizky Nugroho
bukan pengalaman, tapi ramuan ampuh mbak :)
Anthonie Eka
bahan-bahannya apa mas bisa dicoba nih hehe...
Reply Delete
tumpas.com
jujur ane geli ngeliat kutu yang di gambar itu wkwk
Anthonie Eka
sama gan ane juga geli hehe...
Reply Delete
Riyono
Geli dan merinding kalau lihat masalah kutu pada rambut.Mudahan tips ini bisa membantu mengatasi kutu rambut.
Anthonie Eka
iya sob semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Riyono
Kutu memang masalah utama jika rambut panjang pada wanita mudahan cara diatas bisa membasmi kutu serta telurnya.
Anthonie Eka
yah semoga aja sob hehe...
Reply Delete
dimas bagus nugroho
ya dulu saya juga pernah ada kutu, sisir rapat cara yang paling ampuh dan "asik" buat matiin kutu, kalau sudah di sisir pasti kutunya pada jatuh, itu hal yang sangat menyenangkan, dan bisa kita matiin sendiri., hehe
Anthonie Eka
wah mas Dimas malah seneng yah hehe...
Reply Delete
Virlyz Nyzam
Itu sih jaman dulu kali ya mas...klu jaman sekarang orang sudah peduli ama kebersihan
Anthonie Eka
iya pasti mas sekarang hampir semua sudah sadar kebersihan jadi udah nggak ada lagi yang kutuan hehe...
Reply Delete
Fahri Samudra
Mas, tambah lagi satu tips menghilangkan kutu bro.. Yaitu dengan cara manual (nyari kutu), wkwkwkk
Anthonie Eka
boleh juga sob hehe...
Reply Delete
BlogS Of Hariyanto
masih suasana lebaran khan,
jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)
Anthonie Eka
Mohon maaf lahir dan batin juga mas Har...
Btw ketupatnya udah habis hehe...
Reply Delete
Nandar Sunandar
kutu hewan yg menjengkelkan -_-
makasih ya gan buat infonya :)
Anthonie Eka
yang namanya kutu udah pasti menjengkelkan mas hehe...
Dede Thea
kutunya cuma satu ekor,tapi temenya banyak banget itulah yang menjengkelkan para peeemirsa hehehe
Anthonie Eka
yang bikin jengkel itu kalau udah bawa temen-temennya itu yah kang hehe...
Reply Delete
Dede Thea
kalau saya setahun terahir berkepala botang,jadi tidak dipusingkan dengan yang namanya kutu,tidak memikirka shampo,jarang garuk-garuk,bebas merdeka deh hahaha
Anthonie Eka
yang pasti ngirit yah kang dan nggak perlu repot ngurus rambut hehe...
Reply Delete
Penyuluh Perikanan
Artikel yg sangat berguna dan membantu sekali buat saya mas..hehe
terima kasih sudah berbagi
Anthonie Eka
sama-sama mas PP lama nih nggak keliatan hehe...
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
Owh ternyata untuk menghilangkan kutu rambut bisa dengan cara yang alami ya mas, yakni dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Memang, tidak enak sekali rasanya kulit kepala apabila terdapat kutu rambut. rasanya gatel. Terimakasih Mas Anthoni atas tips nya. sangat bermanfaat dan izin praktek :)
Anthonie Eka
wah kalau mbak Wahyu sih pastinya bebas dari kutu rambut, kan sering keramas dengan rutin yah mbak jadinya rambutnya selalu bersih dan sehat :)
Reply Delete
NegeriUNIK
Mantap tipsnya sob :-D
Anthonie Eka
terimakasih sob semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Karrysta
This comment has been removed by a blog administrator.
Anthonie Eka
Sama-sama sob semoga bermanfaat, makasih kunjungannya :)
Delete
sabun penghilang bau badan
waktu kecil saya suka pakai minyak kelapa,lumayan ampuh mengusir kutu rambut
Anthonie Eka
iya sob memang bagus juga, apalagi dengan bahan yang alami pastinya lebih aman digunakan :)
Reply Delete
idea pelajar
Kutu memang terkadang nambah kerjaan he-he, terutama pada kaum hawa. Terimakasih Info sarat manfaat.
Reply Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Rahasia hidup sehat by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger