Saturday, August 10, 2013

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya
Kutu rambut
Cara menghilangkan kutu rambut - Kutu rambut serta telur kutu biasanya seringkali dialami oleh anak-anak yang kurang menjaga kebersihan terutama pada rambutnya, atau bisa juga tertular kutu rambut saat berdekatan dengan orang yang memiliki kutu rambut di kepalanya.

Karena itu biasakan untuk selalu menjaga kebersihan dengan rutin keramas dan jangan biarkan rambut kotor, bau ataupun berminyak terlalu lama karena dengan rambut yang kotor dapat membuat kutu rambut hidup dan bertumbuh di kepala.

Kutu rambut hidup dengan menghisap darah di kulit kepala sebagai makanannya sehingga kulit kepala akan terasa gatal luar biasa dan biasanya kutu rambut mudah terlihat di bagian pinggir kepala, dekat telinga dan leher, kutu rambut jantan berukuran lebih kecil dari kutu rambut betina dan berkembang biak sangat cepat.

Cara menghilangkan kutu rambut:
  • Memotong rambut, untuk anak laki-laki mungkin mudah untuk memotong rambutnya sampai botak sehingga kutu rambut dapat langsung dihilangkan, namun untuk wanita rambutnya bisa dipotong pendek agar pertumbuhan kutu rambut tidak semakin banyak.
  • Menggunakan sisir rapat, terutama untuk wanita yang tidak dapat memotong rambutnya hingga gundul bisa menggunakan sisir rapat atau serit untuk mengurangi kutu rambut di kepala.
  • Menggunakan bahan alami, untuk menghilangkan kutu rambut bisa juga dengan bahan alami selain harganya yang murah juga lebih aman untuk rambut dan kepala dibandingkan dengan obat kimia pembasmi kutu.
  • Menggunakan obat kimia pembasmi kutu rambut, obat ini bisa didapatkan di toko obat maupun apotik, memang hasilnya akan lebih efektif namun kadang kala rambut menjadi rontok, berketombe atau kulit kepala menjadi gatal karena efek dari obat kimia tersebut.

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami:
  • Sisir rapat atau serit, sering-seringlah menggunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu rambut yang bergelantungan di rambut, meskipun tidak bisa menghilangkan kutu rambut secara total tapi paling tidak dengan cara ini kutu rambut akan banyak berkurang.
  • Cuka putih, dengan menggunakan cuka putih bisa juga untuk mengatasi kutu rambut dan telurnya namun cuka putih hanya berfungsi untuk melepaskan pegangan kutu rambut yang bergelantungan pada rambut di kepala, meskipun tidak bisa untuk membunuhnya namun cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan kutu rambut di kepala selain itu cuka putih mengandung antiseptik untuk membersihkan kulit kepala dari jamur, kotoran dan bakteri. Caranya basahi rambut dengan cuka putih lalu ratakan sambil dipijit-pijit perlahan lalu tutup dengan topi mandi dan biarkan selama 30 menit setelah itu sisir menggunakan sisir rapat atau serit lalu keramas sampai bersih, jika kutu rambut dan telurnya masih tersisa di kepala dapat diulangi kembali di hari berikutnya. 
  • Minyak kelapa, dengan membasahi kulit kepala dengan minyak kelapa yang sudah dihangatkan lalu tutup dengan handuk dan biarkan semalaman lalu keramas sampai bersih keesokan paginya, lakukan selama 3 malam berturut-turut.
  • Minyak kayu putih dan jeruk nipis, siapkan 2 sendok makan minyak kayu putih dengan mencampurkan air jeruk nipis, lalu oleskan ke kulit kepala sambil dipijit-pijit perlahan lalu tutup dengan topi mandi dan biarkan kurang lebih satu jam lalu keramas sampai bersih, setelah itu sisir dengan sisir rapat atau serit, ulangi cara ini dihari berikutnya jika kutu rambut masih tersisa.
  • Bawang Merah, hancurkan bawang merah sampai lembut lalu oleskan ke kulit kepala dan pijit-pijit dengan lembut lalu biarkan beberapa saat sambil ditutup dengan topi mandi kemudian keramas sampai bersih.
Cara mencegah bersarangnya kutu rambut di kepala:
  • Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan rambut anda dengan cara rutin keramas.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang mempunyai kutu di rambutnya.
  • Jangan menggunakan topi atau accesories kepala lainnya dengan orang lain.
  • Hindari tidur bersebelahan dengan orang yang mempunyai kutu rambut di kepalanya.
  • Rutin mencuci sarung bantal.
Semoga artikel Cara menghilangkan kutu rambut ini bisa bermanfaat, karena itu kita harus rajin menjaga kebersihan rambut mulai dari sekarang agar terhindar dari kutu rambut dan telurnya di rambut kita.


116 comments

Thanks infonya, anakku yang bungsu tertular kutu dari temannya, bikin pusing deh ngilanginnya

untung kepalaku ga ada kutunya...

hadeuhh geli juga kayaknya kalo kepala menjadi sarang kutu. buat yang mau ngilangin kutu rambut jangan kawatir di atas udah ada tipsnya tinggal di praktekin aja :) iya kan mas..

Kutu emang bikin jengkel ya mas...
Apalagi klw udah nelor sampe banyak..hmmm :)

Lewat tips ini di rasa bakal nyetop perkembang biakan plus musnahin biang nya ya...

Dulu pernah rambunya kutu an... hehee..
sampe telurnya menetas, mau gak mau harus potong rambut sampai pendek..?? waktu masih sekolah..

Tips nya sangat bermanfaat mas.. supaya gak datang lagi

sama-sama mas... semoga cara diatas bisa membantu, makasih kunjungannya :)

sip deh buat mas berdua hehe...

iya mas Bud yang penting jaga kebersihan rambut biar nggak tertular kutu hehe...

iya mbak Yanti, mudah-mudahan nggak sampe terkena lagi yah mbak :)

dapat lagi tips sehat dari sini, dulu saya suka pke jeruk nipis mas, agak perih di kepala namun hasilnya seperti yang disebutkan di atas, terima kasih tipsnya mas

Anak sekarang saya rasa tidak ada kutu rambutnya Bang, kalah dengan modernisasi, apalagi dengan adanya mbah google, anak-anak sampai lupa dengan adanya kutu rambut. hehe.. Beda dengan dulu setiap seritan atau pakai sisir rapat sekali sisir 10 hingga 20 kutu rambut berjatuhan. kwkwk

nah ini dia ada solusi untuk peternak kutu rambut hehhe... Dulu waktu kecil saya juga banyak kutu rambutnya berkali kali dibotak, eh kapok dibotak gara - gara banyak teman yang jitakin, dan jadi ejekan teman... gundule... gundule .. anak gundul....
dan akhirnya hilang tuh kutu rambutnya berkat, kapur ajaib ( dengan cara digosokkan ke kulit kepala)

Ketuk palu
Tanda setuju
Mas
Hehe :)

Pengalaman pribadi apa khalayak nih mas...wkwk :D

met siang mas bos. trmksih banyak info yang sngat bermanfa'at sekali sobat

Buret= Blognya tak dapat diakses gan... katanya ada perangkat lunak jahat

zaman sekarang sih mungkin udah jarang yang kutuan rambutnya sob hehe...

iya mas Buret kalau bisa Topblogarea dot comnya dihapus saya juga nggak bisa masuk blognya mas Buret...

mungkin pengalaman pribadi mas hehe....
tapi sekarang udah bersih mas, kan udah modernisasi hohoho...

pengalaman yang tak terlupakan yah mang hehe...

makasih mas bro, sama-sama semoga bermanfaat :)

Berkat serit juga kayak nya :)

seritnya hebat banget yah mas ckckck...

This comment has been removed by the author.

Lebaran sudah selesai namun masih membekas semua keharuan dalam hati ni,,,,hehe

kalau bicara soal kutu,jadi ingat ibu-ibu jaman dulu suka saling cari kutu heuheu

sayamah sampai sekarang masih botak Mang, heuheu

tapi bukan digundul karena ada kutunya kan kang hehe...

Iya kang Dede yang penting udah saling memaafkan jadinya lebih enteng hati ini hehe....

Mungkin sekarang udah jarang yah kang, ibu-ibu yang saling cari kutu hehe...

bloleh numpang jitak ya kang... ups masih suasana lebaran hehehe

Betul sekali itu.. teringat jaman kecil dahulu. banyak kutunya..maklum gak pernah pakai shampo. bagus sekali ni infonya. sukses selalu gan. terimakasih salam kenal

cari kutu dan gigit telor kutunya hehe... kalau di kampung saya masih ada ibu - ibu cari kutu sambil ngerumpi hehe

nyari kesibukan yang bermanfaat kali yah mang hehe...

betul gan rambut yang kotor dapat mengundang kutu rambut, makasih gan sama-sama... salam kenal juga :)

sering-sering shampoan. ^_^

baru tahu mas
kalau trnyata bawang merah dan cuka bisa ngilangin kutu,,,

zaman sekarang dah jarang,,, bahkan mungkin sudah tidak ada,,,
zaman dulu banyak,,,, kok bisa ya?

ternyata zaman semakin modern kutu pun semakin punah

This comment has been removed by a blog administrator.

betul sob, yang penting selalu jaga kebersihan rambut :)

iya sekarang soalnya shampoo sudah banyak dimana-mana dan harganya juga terjangkau, jadi kutu juga udah jarang sekarang :)

makasih kunjungannya sob :)

iya.. bener kata Mas Anthonie.. Zaman sekarang udah jarang karena tingkat kesadaran sanitasi masyarakat kita udah jauh meningkat dibandingkan dulu.. :D

Betul mas Yudi, kalau di pelosok atau pedalaman mungkin masih ada kali yah...

dlu sempat kutuan tp gk tau napa ilang dgn sendiri.. *smile
makasih..

Made in mas hendrik mesti :)

Betul tuh...jg. Coba2 pake sabun colek ya hehe :)

waduh mas budi sekarang bahasanya itu loh udah tau yoi yoi segala :)

pasti dulu itu kutunya yang genit2 yah mbak :D

yang penting gak disemprot obat anti serangga aja yah mas :)

tapi banyak juga dari sebagian wanita yang suka pelihara KUTU kok mas, kalo gak percaya buktikan saja kalo ada pujaan hati langsung bilang gini
"maukah hatimu KUTUkar dengan cintaku"

ahaha..
#mak jllleeebbbbb

jujur ane geli ngeliat kutu yang di gambar itu wkwk

Geli dan merinding kalau lihat masalah kutu pada rambut.Mudahan tips ini bisa membantu mengatasi kutu rambut.

Kutu memang masalah utama jika rambut panjang pada wanita mudahan cara diatas bisa membasmi kutu serta telurnya.

ya dulu saya juga pernah ada kutu, sisir rapat cara yang paling ampuh dan "asik" buat matiin kutu, kalau sudah di sisir pasti kutunya pada jatuh, itu hal yang sangat menyenangkan, dan bisa kita matiin sendiri., hehe

Itu sih jaman dulu kali ya mas...klu jaman sekarang orang sudah peduli ama kebersihan

berarti rambutnya udah selalu bersih mas :)

saya kira beneran piara kutu mas hehe...

sama gan ane juga geli hehe...

iya sob semoga bermanfaat :)

wah mas Dimas malah seneng yah hehe...

iya pasti mas sekarang hampir semua sudah sadar kebersihan jadi udah nggak ada lagi yang kutuan hehe...

kalau itu saya nggak tanggung jawab mas hehe...

bahaya kalau pake merecon mas...

apapun semprotannya yang penting minumnya tetep teh botol s**** hehe....

yang genit itu orangnya mas hehe...

setelah pulang dari pantai mas jadi ngomongnya yoi yoi hehe...

Hehe..tau aje mas anthonie :)

Teh bot Sosor maksudnya :)

Biar mas Andes aje yg nanggung :)

iya asal jangan ngerumpi ngomongin kejelekan orang saja hehehe

mau beli mercon pasarnya juga masih sepi

pengalaman pribadi ya mas?

Mas, tambah lagi satu tips menghilangkan kutu bro.. Yaitu dengan cara manual (nyari kutu), wkwkwkk

masih suasana lebaran khan,
jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)

gak mau ah, mas budi aja yang nanggung.. biar saya yang jawab :)

bukan pengalaman, tapi ramuan ampuh mbak :)

kutu hewan yg menjengkelkan -_-
makasih ya gan buat infonya :)

hehe... berarti bener yah mas :)

hehe... tahu aja nih mas :)

nggak usah repot-repot mang hehe...

udah pada damai sana hehe...

bahan-bahannya apa mas bisa dicoba nih hehe...

Mohon maaf lahir dan batin juga mas Har...
Btw ketupatnya udah habis hehe...

yang namanya kutu udah pasti menjengkelkan mas hehe...

kalau saya setahun terahir berkepala botang,jadi tidak dipusingkan dengan yang namanya kutu,tidak memikirka shampo,jarang garuk-garuk,bebas merdeka deh hahaha

kutunya cuma satu ekor,tapi temenya banyak banget itulah yang menjengkelkan para peeemirsa hehehe

yang bikin jengkel itu kalau udah bawa temen-temennya itu yah kang hehe...

yang pasti ngirit yah kang dan nggak perlu repot ngurus rambut hehe...

Artikel yg sangat berguna dan membantu sekali buat saya mas..hehe
terima kasih sudah berbagi

sama-sama mas PP lama nih nggak keliatan hehe...

Owh ternyata untuk menghilangkan kutu rambut bisa dengan cara yang alami ya mas, yakni dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Memang, tidak enak sekali rasanya kulit kepala apabila terdapat kutu rambut. rasanya gatel. Terimakasih Mas Anthoni atas tips nya. sangat bermanfaat dan izin praktek :)

wah kalau mbak Wahyu sih pastinya bebas dari kutu rambut, kan sering keramas dengan rutin yah mbak jadinya rambutnya selalu bersih dan sehat :)

terimakasih sob semoga bermanfaat :)

This comment has been removed by a blog administrator.

Sama-sama sob semoga bermanfaat, makasih kunjungannya :)

Kalau kepala jadi sarang kutu biasa Mas

menurut saya tidak mas, lebih baik jika mempunyai rambut yang sehat dan bersih bebas dari kutu :)

waktu kecil saya suka pakai minyak kelapa,lumayan ampuh mengusir kutu rambut

iya sob memang bagus juga, apalagi dengan bahan yang alami pastinya lebih aman digunakan :)

Kutu memang terkadang nambah kerjaan he-he, terutama pada kaum hawa. Terimakasih Info sarat manfaat.

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya ------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
----------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)