logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Manfaat vitamin C bagi tubuh

Manfaat vitamin C - Vitamin C dalam istilah kesehatannya disebut L-ascorbate atau ascorbic acid tentunya setiap kita sudah tidak asing lagi, kita bisa mendapatkan vitamin C dari makanan alami seperti buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin C atau bisa juga mengkonsumsi Vitamin C berupa suplemen yang sudah dikemas berupa tablet maupun minuman yang banyak dijual dipasaran.

Vitamin C memiliki sifat yang mudah larut di dalam air dan jika tubuh sudah cukup menyerap vitamin ini maka vitamin C akan dibuang menjadi air seni dalam waktu 24 jam, karena rasanya yang asam tidak semua orang bisa dengan leluasa mengkonsumsi vitamin C ini dalam dosis yang tinggi, jika lambung anda tidak tahan anda dapat mengurangi dosisnya atau bisa mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin C.

Manfaat vitamin C bagi tubuh
Vitamin C
Fungsi vitamin C bagi tubuh:
  • Vitamin C tentunya sangat penting bagi kesehatan tubuh selain itu bermanfaat untuk komponen struktural penting dari pembuluh darah, ligamen, tendon dan tulang serta diperlukan juga untuk sintesis kolagen, neurotransmitter dan juga norepinefrin.
  • Juga yang tak kalah penting dari vitamin C ini dapat berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh. 
Makanan yang mengandung Vitamin C:
Tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin C setiap harinya karena tubuh tidak dapat memproduksi Vitamin C sendiri, karena itu sangat disarankan untuk banyak makan makanan alami seperti buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin C, seperti nanas, kiwi, jeruk, strawberry, melon, raspberry, tomat, brokoli, paprika dan masih banyak yang lainnya. (Bisa anda lihat pada gambar di bawah artikel)

Kebutuhan Vitamin C per hari:
Setiap orang kebutuhan asupan vitamin C bisa berbeda-beda tergantung dari usia, jenis kelamin, kondisi psikologis maupun banyaknya aktifitas seseorang.
Untuk orang dewasa pria membutuhkan vitamin C 90 mg/hari dan wanita 75 mg/hari sedangkan anak-anak usia 14 sampai 18 tahun membutuhkan vitamin C 65 mg/hari,
Namun jika kondisi tubuh sedang kurang fit dosis vitamin C dapat ditingkatkan yaitu dengan mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi, namun sebaiknya vitamin C dalam dosis tinggi tidak dikonsumsi untuk waktu lama karena dapat mengakibatkan terganggunya penyerapan vitamin B12, meningkatnya asam lambung sehingga dapat mengiritasi dinding lambung, memicu terbentuknya batu ginjal.

Akibat dari kurangnya asupan Vitamin C:
Jika tubuh kekurangan vitamin C maka biasanya akan terjadi gejala-gejala seperti sariawan, panas dalam, anemia, radang gusi, mimisan, kulit kering, nyeri sendi serta berkurangnya daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Beberapa manfaat Vitamin C bagi tubuh:
  • Untuk pemulihan dan daya tahan tubuh, Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting karena dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit serta memulihkan kondisi tubuh setelah melakukan aktifitas atau kegiatan sehari-hari agar tubuh kembali fit.
  • Membantu proses pertumbuhan, vitamin C sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tubuh serta memperbaiki jaringan di dalam tubuh, seperti membantu penyembuhan luka, memelihara kesehatan gigi dan tulang, selain itu membantu membentuk colagen, protein untuk pembentukan kulit, ligamen, tendon serta pembuluh darah.
  • Memperbaiki mood, dengan rutin mengkonsumsi Vitamin C sebagai antioksidan maka radikal bebas yang terjadi akibat stres dapat ditangkal sehingga dapat memperbaiki mood seseorang.
  • Menurunkan kadar kolesterol, menurut beberapa penelitian membuktikan bahwa vitamin C dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Manfaat vitamin C untuk kecantikan:
  • Sebagai antioksidan, sangat efektif untuk melindungi kulit dari radikal bebas sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersih.
  • Perawatan kecantikan, Vitamin C berperan melancarkan peredaran darah sehingga kulit akan terlihat lebih segar, selain itu vitamin C dapat membantu membuat kulit lebih halus, mencegah kekeringan dan menjaga kelembaban kulit serta menghambat enzim tirosinase yang membantu pembentukan pigmen di kulit.
  • Membantu dalam proses produksi kolagen, serta meningkatkan sintesis kolagen.
  • Mengurangi terjadinya penuaan dini, seperti terbentuknya garis halus, kerutan pada kulit, kulit kusam dan tidak segar.
Itulah manfaat vitamin C bagi tubuh yang sangat penting dikonsumsi setiap hari agar tubuh kita tetap sehat dan segar, semoga bermanfaat.
 Manfaat vitamin C foodandarts.blogspot.com

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Manfaat vitamin C bagi tubuh . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Manfaat vitamin C bagi tubuh sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

151 comments

Salam Mas Anthonie, Semoga Dapet Petromax hh
Kunjungan Pagi yang indah di barengi kicauan burung
Di belakang rumah, sambil simak artikel yang sangat bermnfaat
Buat tubuh manusia, yaitu Vitamin C, Terima kasih atas artikelnya Mas. :)

Balas

sama-sama mas, wah pagi-pagi udah semangat ngeblog nih hehe...

Balas

Sambil nunggu Bada shubuh Mas, iseng aja buka Blog
Ehh ada artikel yang saya butuhkan, buat tubuh saya Mas

Balas

Di lihat dari manfaatnya..vit C emang sangat di butuhkan banget sama tubuh kita ya mas.. :)

Balas

saya lebih sukaa jerukk mas., hhhehe

Balas

harus terpenuhi vit c buat kita ,,,,, untk mnjaga kesehatan

mimisan? baru thu mas klo salah 1 penyebabnya adlah kurang vit c

Balas

vitamin C itu enak apalagi kalau dari jeruk hehe

Balas

Ternyata sangat banyak ya gan manfaat vitamin c bagi tubuh kita

Balas

Jadi ternyata tidak hanya mencegah dan mengobati sariawan saja ya mas. :D

Balas

Jeruk buah favorit ya sob. ? haha

Balas

Trnyata banyak banget manfaat dari vitamin C ini ya mas...klu pake penambah vitamin c gimana mas ??? misalnya vitacimin gitu

Balas

hehe saya ga suka yang kecut2 mas jadinya buat nambah vitamin C minumnya wedang jeruk campur gula biar ga kecut :)

Balas

Sip dong mas kalo begituh :)

Balas

Mas saud..mesti begadang di depan pintu rumah mas Anthonie nih..hehe

Balas

Minum vitaminnya sambil liat saya deh mas...di jamin ndak kecut...hehe :)

Balas

mungkin sekalian ronda kali mas hehe...

Balas

sip banget pastinya mas, jangan lupa vitamin C nya dimakan mas :)

Balas

iya jeruk paling banyak disukai semua orang serta mudah didapatkan selain itu sangat bermanfaat buat kesehatan :)

Balas

lebih bagus memang langsung dari buah-buahan sob karena lebih alami :)

Balas

betul sob karena itu vitamin C sangat penting bagi tubuh kita :)

Balas

bagus juga mas cuma kalau vitamin C dosis tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi secara terus menerus karena bisa menimbulkan efek negatif untuk jangka panjang :)

Balas

wah berarti wajahnya mas Budi manis banget yah hehe...

Balas

Betul mbak Maya, mengkonsumsi vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menguatkan struktur pembuluh darah sehingga mengurangi resiko terjadinya mimisan.

Balas

kalo kecut kecut ntar malah sakit tipes, hehe

Balas

Harus rajin-rajin nich mengkonsumsi vitamin c ini, supaya asupan vitamin dalam tubuh bisa seimbang. Saya biasanya hanya minum jeruk aja untuk vitamin c ini. Sepertinya masih kurang ya mas? hehe :D

Balas

Asalkan jeruknya nggak ngutang, pasti bagus untuk kesehatan mas hehe ;)

Balas

mudah2an vitamin c ini bisa menguatkan saya yang sedang begadang malam ini hehe

Balas

kalau saya sedia vitamin C dalam bentik pil yang kecil-kecil itu mas, kira2 bagus nggak itu mas. kalau dibandingkan vit C dari buah bagusan mana ?

Balas

yang kecut-kecut belum tentu mengandung vitamin C mas, contohnya ketiak :hehe..

Balas

mangga gincu juga mengandung vitamin C kayaknya mas :)

Balas

saya lebih suka vitamin c yg dari buah daripada vitamin c yg dari pil, hehehe :)
makasih sharingnya Anth Eka ^_^

Balas

saya pingin dapat pertamax disini tapi belum pernah kesampaian, hehehe :)
oiya saya ijin follow mas, biar bisa dapat pertamax ntar, hehehe :D
makasih ^_^

Balas

yang alami memang lebih baik mbak Indri :)

Balas

untuk suplemen diperlukan jika asupan vitamin C secara alami tidak tercukupi, untuk vitamin c dari buah-buahan atau sayuran tentunya lebih baik dibandingkan dengan suplemen yang berbentuk pil.

Balas

vitamin C baik juga untuk memulihkan kondisi tubuh agar selalu fit, tapi kalau bisa diusahakan untuk tidak terlalu sering tidur larut malam mas :)

Balas

hehe... bisa aja nih si akang :)

Balas

bagus juga mbak makan jeruk lebih alami, asal makan jeruknya rutin boleh juga mbak, untuk wanita dewasa hanya diperlukan vitamin C 75 mg per hari.

Balas

betul mbak kalau ngutang kan pasti makannya juga nggak tenang kepikiran terus belum bayar hehe...

Balas

pasti kang, mangga gincu juga mengandung banyak vitamin C :)

Balas

wah kasian yah mbak Indri sampe ngidam pertamax disini hehe...
btw saya sudah follow back juga, makasih banyak mbak :)

Balas

bhahah bener sob, kalau kepikiran malah manfaatnya menurun

Balas

Sekalian tuker kado dong hehe :)

Balas

Hehe kalo sale pisang..vitamin apa dong :)

Balas

nah iya bener ya mas,, vitamin C itu penting buat kesehatan dan kecantikan tapi malah masih sering dilupakan..

tapi kalo untuk kecantikan luar,, cwe" ga bakalan lupa >,<

Balas

Begitu banyaknya manfaat dari vitamin C ini ya mas, saya kayaknya kurang asupan buah-buahan yang mengandung vitamin C nie :)

Balas

haha itu bukan vitamin tapi penyakit kang :D

Balas

berarti perlu di asup lagi mas biar ga kekurangan.. hehe

Balas

lebih berasa dong pastinya :)

Balas

Hmmmmm semua vitamin memang berguna bagi tubuh... makasih penjelasannya yg detail di atas...

Balas

Jangan Putus Harapan Mbak Indri, kaya saya aja
Gak dapet dapet PERTAMAX XX, Sekalian aja,
Waktu Mas Anthonie, bikin artikel jaga ronda sambil
Ngipasin, biar kering gitu hkhkhkhkhk

Balas

Kaya nya Sale Pisang Mah Mengandung Vitamin E deh Mas Budi
Kalau singkong, mengandung vitamin C gak yah..?

Balas

Datang lagi Mas Anthonie Penasaran nih, kaya nya vitamin C
Saya kurang, nih soal nya saya jarang Makan Nasi nih Mas.? :)

Balas

saya juga gitu kok mas karryst, trs nungguin blog ini 24 jam agar kalo ada artikel baru saya langsung dpt pertamax, hehehe :)

Balas

iya mas itulah yang WS rasakan saat ini, susah tidur...tidak bisa tidur dibawah jam 1 malam, kalau tiap malam begini terus bisa repot kan. tapi biasanya kalau tidak bisa tidur terus saya suka membuat/minum air markisa hangat mas, Alhamdulillah setelah minum itu suka mengantuk

Balas

apa hubungannya vitamin C ama nasi kang? kebanyakan makan Cendol nih pasti :)

Balas

hebat berarti jawaranya blogging :)

Balas

jadi kita juga harus selektif dalam hal ini ya mas...

Balas

asal jangan cuka aja mas..hohoho

Balas

kalo utk kecantikan luar lebih ampuh pakai bedak ya mbak, hehehe ^_^

Balas

Kalau sudah tahu seperti ini banyak manfaatnya mesti rajin konsumsi vitamin c.

Balas

Mengandung juga mas..asal di makannya di campur sama jus...hehe :)

Balas

Apalagi soda api...hehe...

Balas

Seperti kayak sekarng ya mas..cuacanya mulai ektrems....vit c penting banget..buat kekebelan tubuh :)

Balas

manfaatx bnyk banget ya mas..! thx *smile

Balas

Kunjungan pagi mas,
akhir-akhir ini saya kurang mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C,
Perlu diantispasi supaya ga terjadi gejala apa-apa,
mesti beli buah ni.
:D
bagus artikelnya mas!
ditunggu artikel selanjutnya.

Balas

ahay,, iya bner banged mba indri :D

Balas

ngeblog nya ikutan ekstrem nggak mas hehe :)

Balas

wah lumayan banyak juga ya mas, tapi masih banyak 75 kg dink hehe ^^

Balas

semangka kalau belum matang, rasanya juga kecut kok mas hehe :)

Balas

termasuk mangga gendong gincu juga hehe ^^

Balas

sate pisang dicampur soda keren mas, jadi gado-gado hehe ^^
plus mangga gincu ^^

Balas

Tapi yang Asli Jawaranya mah, Mas Andes deh
Kalau saya mah bisa di Katakan Catrix nya hhhh
Mbak Indri malam ini Begadang nyok? nungguin Mas Anthonie
Bikin artikel Baru, ngeronda lagi deh? heheh... :D

Balas

Bener tuh Mbak Rin, wah mantep tuh sodah lebih asyik nya
Di campur susu putih heeegghh mantepnya gak ketulungan
Tapi Kalau Gado-gado di campur Vitamin C, DI Campur mangga
Rasa nya apa yah.? :D

Balas

Emang nasi mengandung vitamin C gak sih Mas Andes..?
Mas Anthonie gak nerangin sih, saya e, ora Faham vitamin Mas?
Mas Budi..? Ketawa melulu bantuin saya dong Mas? hh :D

Balas

Supaya Vitamin C, saya dan stamina tetap terjaga agar daya tahan tubuh
Tetap vit, dan jauh dari effects Radical bebas, mendingan datang lagi di
Artikel Mas Anthonie yang sangat Bermanfaat Buat kesehatan, "happy blogging"

Balas

Makasih mas Karysta, wah semangat terus nih kayaknya apa karena habis makan vitamin C yah hehe...

Balas

Makasih sob, memang vitamin C sangat penting untuk kesehatan tubuh biar gak gampang sakit :)

Balas

betul sob, vitamin C memang banyak manfaatnya :)

Balas

iya mas Budi kalau cuaca mulai ekstrem perlu asupan vitamin C biar tubuh tetap fit...

Kalau tubuh fit ngeblognya juga ikutan ekstrem yah mbak hehe...

Balas

Harus mas Andri biar tubuh tetap fit :)

Balas

sama-sama bang Ancis, betul semua vitamin memang sangat diperlukan oleh tubuh, semoga bermanfaat :)

Balas

makan buah-buahan seperti jeruk bagus juga mas, karena itu sering-sering makan buah-buahan supaya tubuh selalu fit :)

Balas

bedak sama lipstik biar cantik hehe...

Balas

lebih jos pastinya mas hehe...

Balas

wah minum air markisa hangat bisa bikin ngantuk juga yah mas, saya pengen nyoba jadinya hehe...

Balas

wah kalau itu berat banget mbak hehe...

Balas

buah kiwi juga kecut hehe...

Balas

betul mas yang terlalu berlebihan memang tidak baik :)

Balas

iya malah bikin stres jadi penyakit haha...

Balas

nasi tidak mengandung vitamin C kok mas hehe...

Balas

itu namanya gado-gado super mas hehe...

Balas

wah bakalan aman nih soalnya banyak yang ronda hehe...

Balas

haha niat sehat malah jadi sakit :3

Balas

Udah Lama Bangett Nih saya Kagak Nngkrong Lagi Kemari hehehe Jadi Kangen :D
Maap yah MAS eKA sAYA bARU kEBURU mAIN Kesini Soalnya
Kemaren Kemaren NoteBook saya Lagi Koma Jadi
Belom Keburu Mampir Kesini hhehehe
Owh Iyaaa makasii Nihh atas Ilmunya dan Ternyata Banyak Sekalai yah masManfaat Vitamin C ini :D

Balas

vitamin c sendiri berguna sebagai antioksidan, mengkonsumsi vitamin c tiap hari bisa mencegah sariawan.

Balas

iya mas,
sangat penting, jadi harus banyak-banyak mengkonsumsi vitamin ni biar badan fit terus,
hehe

Balas

apalagi kaos kakinya kang karrysta :D hohoho

Balas

kasih handbody ah biar mulus :)

Balas

ini masih H-1..
kalo mau ronda besok malem kang karrysta pasti mucul yang baru lagi :) hehehe

Balas

Waow kalau kekurangan vitamin juga sangat berbahaya sob
Postingan mantab

Balas

Kalo buah jeruk saya kurang begitu suka mas, kalo apel ama salak suka banget tuh hehe :D

Balas

saya dulu sewaktu kecil kalo mimisan hidungnya disumpal sama daun sirih, hohoho ^_^

Balas

Kalau ronda pasti sambil ngopi dan maen skak/catur ya mas. Tambah seger lagi kalau ada soda gembira nya hehe :)

Balas

Rujak atau pecel juga boleh mas hehe :D

Balas

Mungkin maksudnya mas karis adalah nasi cendol mas hehe :D

Balas

Tapi kalau kiwul manis lho mas hehe :D

Balas

Nggak hanya berat buah nya mas, tapi juga berat di ongkos hehe ^^

Balas

Kalau koneksinya lambat juga bisa bikin ekstrem lho mas hehe :)

Balas

Berbagai rahasia kesehatan sudah diuangkap disini ya mas. Jadi semua seluk beluk tentang kesehatan sudah bisa dipelajri disini bagi yang ingin hidup sehat dan bugar. Sukses untuk blog Rahasia Hidup Sehat ^^

Balas

Saya sudah Ngaranda, eeh Ngeronda 3 hai 2malem sepotong
Nunggu Artikel baru Mas Anthonie, eeehh yang di tungguin lagi
Enak-enakan nyantai Jadi nya saya, nambah lagi Vitamin C nya hh

Balas

Kalau pecel yang ada dagingnya, sama roti dan di bubuhi selada
Cina bukan tuh Mbak Rin..? :)

Balas

ohh gitu yah Mas? nasi gak termasuk golongan vit C
Berarti mengandung vitamin F kali yah Mas ? tt3tt3

Balas

Bener Jeruk memang mengandung vitamin C, Tapi kalau
Belinya dapet ngutang secara otomatic, kadar vitaminya hilang
Secara otomatic, menurut standard script CSS .. hhhh

Balas

Terimakasih mbak Ririn, sukses juga buat Cara Ririnnya :)

Balas

Makasih gan semoga bermanfaat :)

Balas

Terimakasih buat Resep Masakan dan Ainnul Yaqin, sukses selalu yah :)

Balas

Sama-sama gan semoga bermanfaat :)

Balas

Seharusnya asupan vitamin dan mineral per harinya terpenuhi, kalau sampai kekurangan bisa menimbulkan sakit penyakit sob :)

Balas

betul sob semoga bisa bermanfaat :)

Balas

betul sob, vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh setiap harinya :)

Balas

betul banget sob, karena itu jangan sampai kekurangan vitamin C yah :)

Balas

mungkin harus puasa dulu biar internetnya lancar jaya mbak hehe...

Balas

buah apel bagus juga mas, sebaiknya dicampur-campur aja mas biar nggak bosen hehe...

Balas

haha... mantap tuh mas Andes :)

Balas

pasti mbak berat di ongkos hehe tapi awet tuh bisa lama habisnya hehe...

Balas

asal jangan makan kutil aja mbak hehe...

Balas

wah boleh juga nih mas vitamin C digabung dengan CSS hehe...

Balas

iya daun sirih manjur juga murah meriah yah mbak Indri :)

Balas

Vitamin F ciptaanya mas Karysta pasti bisa mas hehe...

Balas

wah itu lebih dari super gado-gadonya hehe...

Balas

bagus mas biar rondanya tetep semangat perlu ditambah vitaminC nya hehe

Balas

wah lengkap sekali penjelasan,
bisa menambah banyak pengetahuan bagi banyak orang,

Balas

Makasih sob semoga bermanfaat :)

Balas

Selamat ya mas Blog Rahasia Hidup Sehat terpilih menjadi Blog Terbaik Nomor 1 versi Blog Cara Ririn ^^

Balas

wah makasih banyak mbak, saya merasa blog Rahasia Hidup Sehat masih banyak kekurangannya tapi bisa masuk 10 besar terbaik versi Cara Ririn hehe...

Tapi tentunya ini merupakan hadiah yang luar biasa buat saya mbak, semoga bisa menjadi penyemangat untuk lebih baik kedepannya :)

Balas

wah ternyata ternyata manfaat vitamin c itu banyak juga yah.. saya jadi makin suka makan jeruk nih ...
makasih ya atas sharingn nya

Balas

sama-sama mas, jeruk memang kaya akan vitamin c sangat baik untuk kesehatan dan mudah didapatkan.

Balas

wahh kekurangan vitamin c bisa bikin kulit kering??
aduhh saya harus rajin2 makan buah dan sayuran yg mengandung banyak vitamin c ya.

Balas

vitamin c itu vitamin yang harus terpenuhi. makan buah dan sayuran, badan segar dan sehat..

Balas

Betul sekali mas, yang penting selalu menjalankan pola hidup dan pola makan sehat :)

Balas

makasih semoga bermanfaat :)

Balas

iya mas, vitamin C sangat penting bagi tubuh kita :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger