logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Apakah kalori itu?

Apakah kalori itu? - Mungkin anda sering mendengar yang namanya kalori dan biasanya sudah tidak asing lagi untuk anda yang sedang mejalankan diet , tapi mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu kalori?

Kalori merupakan satuan untuk menghitung jumlah energi, untuk setiap makanan yang kita makan biasanya mengandung kalori yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktifitas setiap hari dan setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda pula.

Untuk lebih jelasnya kalori digambarkan sebagai bahan bakar untuk kendaraan supaya kendaraan tersebut dapat bergerak maka dibutuhkan bahan bakar, dan untuk manusia bahan bakar tersebut dinamakan kalori, jadi sudah jelas kan? Manusia membutuhkan kalori yang cukup agar bisa menjalankan aktivitas ataupun berolahraga setiap harinya.

Sumber kalori dari makanan dihasilkan dari lemak, karbohidrat dan juga protein, dan yang memiliki kandungan kalori terbesar dari semuanya adalah dari lemak, untuk setiap gramnya karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori tapi untuk lemak setiap 1 gramnya mengandung 9 kalori jadi lemak memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein dan juga karbohidrat.

Apakah kalori itu?Bagaimana berat badan bisa dipengaruhi oleh asupan makanan dan kegiatan aktivitas sehari-hari:
  • Jika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori melebihi kebutuhan kalori anda atau jika anda mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan kalorinya namun anda kurang bergerak atau berolahraga maka tubuh anda akan bertambah berat badannya atau menjadi gemuk karena sisa kalori yang tidak diperlukan oleh tubuh akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak sehingga anda akan bertambah gemuk.
  • Jika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori lebih rendah dari kebutuhan kalori anda maka lemak yang tersimpan di dalam tubuh akan digunakan untuk menggantikan kalori dalam menghasilkan energi jadi kebalikan dari point sebelumnya, kalau asupan kalori anda sedikit dan aktivitas ataupun olahraga anda cukup berat maka berat badan anda akan cepat turun.
  • Jika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori sebanding dengan jumlah kalori yang dikeluarkan saat anda berolahraga maka berat badan anda akan tetap stabil tidak naik dan tidak turun.
Jadi dengan adanya gambaran di atas maka kita bisa tahu dan mengontrol asupan kalori setiap harinya dengan kalori yang kita keluarkan saat beraktivitas atau berolahraga, sehingga jika anda terlalu gemuk dan ingin mengurangi berat badan anda maka dengan mudah anda bisa menggunakan strategi di atas, begitu pula jika anda terlalu kurus anda bisa meningkatkan jumlah kalori dengan makan makanan yang mengandung kalori tinggi.

Seperti yang saya jelaskan di atas kebutuhan kalori setiap orang pasti berbeda-beda karena dipengaruhi oleh berat atau ringannya aktivitas kegiatan kita dengan asupan makanan yang kita konsumsi juga berbeda-beda selain itu faktor usia, jenis kelamin, berat badan tinggi badan sangat berpengaruh juga dalam menentukan kebutuhan kalori per harinya, contoh untuk kegiatan yang memerlukan energi lebih banyak seperti berenang membutuhkan energi dengan kalori sebanyak 500 sedangkan untuk kegiatan yang ringan seperti mengetik hanya membutuhkan energi sebanyak 100 kalori.

Namun perlu diperhatikan juga meskipun kita sudah tahu rahasianya untuk menaikkan berat badan atau menurunkan berat badan dengan mengatur jumlah kalori yang kita butuhkan namun tentunya kita harus berhati-hati karena jika kita terlalu terburu-buru ingin menurunkan atau menaikkan berat badan secara drastis maka dapat berakibat terganggunya fungsi tubuh, jadi sebaiknya dilakukan dengan tidak terburu-buru yaitu sekitar 2 sampai 4 kilogram merupakan cara yang baik dan aman dalam menurunkan berat badan anda.

Itulah artikel mengenai "Apakah kalori itu?" semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang mungkin terlalu gemuk atau terlalu kurus dan berniat hendak menstabilkan berat badan anda, silahkan dicoba semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Apakah kalori itu? . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Apakah kalori itu? sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

88 comments

PERTAMAX... artikel yang bermanfaat, sekarang lebih tau tentang apa itu kalori

Balas

Selamat pagi Mas Anthonie, masih pagi sudah di kasih artikel
Yang bermanfaat tentang kalori. makasih atas tips bermanfaatnya Mas

Balas

Kalori memang sangat di butuhkan untuk tubuh kita
Bisa di bayangkan jika tubuh kita kekurangan kalori
Maka aktivitas apapun takan bisa terselesaikan :)

Balas

Jadi intinya kalori harus seimbang ya mas...saya kadang kalau stress seperti itu banyak masalah cenderung berat badan saya naik tanpa terkontrol

Balas

Pelajaran saya lagi nyampe di kalori hehe

Balas

menambah ilmu baru nih untuk saya dan semuanya mas

Balas

Kadang susah juga menghitung asupan kalori yang seimbang. Barangkali kontrolnya di berat badan ya mas ..
Olah raga juga memegang peranan, agar kelebihan asupan kalori tidak membuat badan menjadi melar .. :)

Balas

Apa saya kurang kalori ya kok gak bisa gemuk gemuk.

Balas

Apa saya kurang kalori dan kebanyakan gerak ya kok gak bisa gemuk gemuk.

Balas

sebaiknya memang dihitung jumlah kalori yang akan kita masukan kedalam tubuh melalui makanan,namun terkadang lupa,apalgi kalau sedang dilanda yang namanya lapar hahaha,,,,,

Balas

soalnya mbak indah kalau ada masalah pasti makanan jadi sasaranya yah mbak hahaha

Balas

itu namanya PR kang Saud,,kita disuruh ngitung kalori sama mas Anthonie hahaha

Balas

Wah..pertamaxnya dah
Di boking sama,mas Ahmad nih :)

Balas

Ternyata kalori yang berlebih
Harus di imbangi byk bergerak dan berolah raga ya mas
Kalo di biarin..malah nge gumpal jadi lemak dan bikin gemuk..
Tapi badan jd ndak sehat ya mas :)

Balas

saya malah baru tahu mas tentang definisi dan pengertian kalori. Ternyata kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh ya. Tapi kalau bisa jangan terlalu banyak, tapi yang sedang-sedang saja agar tubuh kita bisa sehat dan fit :)

Balas

iya betul sekali mas asalkan asupan makanan seimbang dibarengi dengan olahraga pasti hsilnya akan stabil sehingga tubuh menjadi sehat.

Balas

coba makan makanan yang berkalori tinggi mas, mudah-mudahan bisa meningkatkan berat badan.

Balas

itulah pentingnya berolahraga kang biar badan tidak menjadi gemuk :)

Balas

iya mas budi betul sekali, yang penting seimbang antara makan dan olahraga pasti hasilnya juga tubuh lebih sehat.

Balas

kalau kalori tergantung aktivitas kita mbak, kalau banyak bergerak atau olahraga berat dibutuhkan kalori yang lebih banyak, tapi kalau jarang gerak sebaiknya jangan terlalu banyak makan yang mengandung kalori tinggi, disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Balas

iya betul mbak Indah dan kang Dede, sebaiknya kita seimbang dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori, supaya tubuh tetap sehat.

Balas

iya mas Karys dan kang Dede, kalau kita bisa mengetahui kebutuhan kalori setiap harinya pasti bisa mnegatur berat badan kita.

Balas

emang udah update lagi PR nya kang :)

Balas

sesuatu yang berlebihan emang kurang baik ya mbak :)

Balas

ternyata pengertian kalori itu tidak sperti yang saya bayangkan :)
thanks mas Eka, saya akan coba menurunkan berat badan :)

Balas

selamat malam sobat. Ane sampai sekarang belum paham soal kalori sob. Izin nyimak artikel nya yang bermanfaat ini. Izin belajar juga ya sobat

Balas

Kayaknya point yg kedua itu terjdi pada saya mas...kerja berlebihan tanpa pola makan yg teratur heheheh hadeeeeh

Balas

Duh, bisa gemuk ya, mas makan terlalu banyak kalori...tapi kekurangan juga bahaya...juga ya?

Balas

Sepertinya tips artikel di sini bisa di coba nih. Terimakasih ya Kang.

Salam

Balas

makasih mas atas ulasan kalorinya,,
iya ea? kalau bungkus snack makanan pasti ada jumlah kalorinya

hehe

Balas

Lumayan banyak juga ya mas kalori tiap harinya :D

Balas

saya minta pertamax nya satu liter saja deh.. biar bisa jalan hehehe

Balas

terimakasih penjelasannya mas anthon.. sepertinya saya belum bisa menciptakan hidup sehat pada diri saya mas.. masih banyak yang harus saya perbaiki nih... hehehehe

Balas

berarti blogwalking juga hanya membutuhkan 100 kalori ya

Balas

membiasakan diri hidup sehat dan selalu belajar tentang ilmu kesehatan dan mempraktekkan nya, pasti kita akan terhindar dari berbagai penyakit ya mas :)

Balas

Sepertinya PR Saya masih ngejendol atu atunya barangkali
Kang Dede mau nambahin..? atau Mas Anthonie+Mas Pur
EEEeeh PR Sekolah apa PR Pagerank yah hhheheh :D

Balas

Pertamax nya Minta sama Mas Ahmad sama Mas Pur banyak tuh
Mas Nady, kalau saya ada satu liter lagi di blog saya hhhh :D

Balas

baru tau saya, selama ini ga terlalu mikirin hihi

Balas

Sepertinya sama banget pengertian kalori dalam fisika dengan program diet, mas Eka. Kalori itu satuan untuk menyatakan besarnya energi (disini energi kimia) yang diperlukan (tubuh). Terima kasih sharenya, mas...

Balas

makasih mas Eka, jadi lebih paham lebih jauh tentang kalori :D

Balas

wah mas Uda pinter fisika nih apa ngajar pelajaran fisika yah mas :)

Balas

iya mbak Ririn, yang penting kita selalu menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit.

Balas

nggak apa-apa mas pelan-pelan, mudah-mudahan nanti bisa total hidup sehatnya yah mas hehe...

Balas

iya mbak dari situ kita bisa menghitungnya :)

Balas

iya mas yang penting bisa seimbang antara kalori yang masuk dengan yang dikeluarkan.

Balas

iya mas harus seimbang pokoknya :)

Balas

wah harus dijaga tuh mas biar nggak menggangu kesehatan :)

Balas

iya mas Ferdon semoga bermanfaat :)

Balas

Dan disini saya baru tau persis pengertian daripada kalori,terima kasih mas :) semoga sukses.

Balas

Toss kalo begitu mas
Saya juga jd lebih tau sekrng :)

Balas

Bukannya butuh koneksi aja dong mas :)

Balas

iya sih slama ini kalori itu jadi momok bagi se2orang yang lagi diet.. tapi adanya artikel ini semakin tau gimana caranya ngontrolnya jga :)

Balas

kalori memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita ya pak..tapi itu semua harus diimbangi dengan olahraga biar imbang ya

Balas

selamat siang sobat. Artikel nya sangat bermanfaat sekali sobat tentang pengertian kalori. Saya belum pernah sobat untuk menambah atau mengurangi kalori sobat. Izin praktek sobat informasinya. Terimkasih sobatku

Balas

Sambil nyantai baca lagi tentang Kalori agar tubuh ini
Lebih sehat dan tau akan makanan yang banyak vitamin
Agar senntiasa sehat. dan bugar yah Mas. selamat beraktivitas

Balas

Sepertinya Mas Anthonie ini seorang Dokter deh....?
Soale membahas tentang makanan, kalaori , nutrisi
dan Kesehatan, cepel banget. jadi penasaran pengen
Lihat Asli sosok dan Figurnya Mas Anthonie...boleh gak Mas? hh :D

Balas

kalori kalau dalam pemahaman saya adalah lemak yang menumpuk mas, lemak yang menumpuk di sekitar pinggang, perut, lengan dan kaki mas, sedangkan kalori di bakar dengan cara berolah raga

Balas

ternyata sangat penting banget ya mas kalori itu. Jadi sebaiknya kita konsumsi kalori setiap hari agar tubuh jadi sehat, tapi kalau bisa jangan sampai over dalam mengkonsumsi kalori :)

kalau kolor mungkin beda lagi ya mas hehe :D

Balas

Apa ada kalkulator khusus buat menghitung kebutuhan kalori kita.. setiap orang berbeda-beda ya.. saya malah tidak memperhatikan asupan kalori yang saya makan.. pantesan sulit sekali menaikan berat badan :)

Balas

Kalau setiap hari kita menjaga asupan kalori
badan kita bisa jadi sehat

Balas

Artikel yang bermanfaat untuk kesehatan badan Kang, keseimbangan asupan makanan berkalori dengan olahraga

Balas

kalori,jadi bahan baku untuk hidup berarti..

Balas

lebih tahu dan paham yah mas pur :D

Balas

saya mah nyantai aja dah biarin pertamaxnya buat mas Ahmad,mas Pur dan mas Nady,kang Saud kebagian dikit lumayan hehehe

Balas

ilmu saya juga jadi bertambah mas Valent hehe

Balas

Yang penting kita tidak berlebihan dalam me makan makanan...
Agar kebutuhan kalori kita nggak kurang-nggak lebih

Balas

Iyah Kang Dede saya Mah mau minta masakan Kang Dede aja
Kalau di kasih, kalau gak tar Burung di Dunia satwa nya tak ambil hhhh

Balas

Kunjungan Rutin Mas Anthonie jangan bosan yah saya bolak-balik dimari terus
Maksudnya, saya juga pengen sehat dan selalu Kalori saya tingakatan standar

Balas

nebeng pertamax..
lama gak dapat pertamax :)

Balas

biasanya kalo di kemasan makanan itu ada tulisan takaran kalori gitu ya.

Balas

iya betul mbak Tia, dari situ kita bisa menghitung banyaknya kalori dari makanan tersebut.

Balas

nggak apa-apa mas saya juga senang kalau mas Karysta bisa mampir disini :)

Balas

iya mas yang penting harus seimbang :)

Balas

sebenarnya ada mas mungkin bisa cari di google kalkulator untuk kalori :)

Balas

yang penting harus seimbang mbak :)

Balas

iya mas kalori yang tidak terpakai akan disimpan berupa lemak, tapi jika asupan kalori tersebut kurang maka lemak yang akan digunakan untuk menghasilkan energi.

Balas

iya kalau tidak dibarengi olahraga maka kalori akan disimpan menjadi lemak dan pastinya tubuh menjadi gemuk.

Balas

iya sob semoga bermanfaat :)

Balas

iya sob semoga bermanfaat :)

Balas

iya mas harus seimbang antara asupan kalori dengan dibarengi olahraga :)

Balas

silahkan dipraktekkan semoga bermanfaat :)

Balas

Very good sharing about calorie and how to maintain or reduce weight!

Balas

Saya pencinta Gorengan mas anaton, gmna yaa? X_X

Balas

Nice posting gan :)
Ijin Simak postingan ~

Kumpulan Cerita Dewasa Terbaru

Balas

oh kalori itu satuan energi

Balas

iya sob semoga bisa bermanfaat, makasih kunjungannya :)

Balas

silahkan gan, semoga bermanfaat :)

Balas

sebaiknya dikurangin mas Denif karena gorengan jika dikonsumsi terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan.

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger