logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Fungsi protein

Fungsi protein - Pengertian protein adalah merupakan senyawa organik yang mengandung oksigen, nitrogen, karbon, hidrogen, fosfor dan juga sulfur, protein sangat penting untuk tubuh karena berperan penting dalam sistem imun yaitu sebagai antibodi serta sistem kendali pada tubuh yang berbentuk hormon.

Protein secara umum merupakan zat pembangun dan berperan sebagai pemicu reaksi kimia, fungsi protein ini sangat penting sekali bagi tubuh karena selain sebagai zat pembangun, sistem imun juga membantu dalam proses metabolisme dan juga mendukung dalam setiap aktivitas organ tubuh.

Kelebihan protein tidak akan memberikan dampak buruk bagi tubuh karena kelebihan protein dapat dibuang melalui sistem pembuangan dalam tubuh secara alami, yang perlu diwaspadai adalah kekurangan protein karena membuat tubuh menjadi lemah, terjadinya kerusakan pada organ vital terjadinya gangguan pada sistem ekskresi bahkan yang terburuk sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan kematian.

Fungsi proteinBeberapa hal yang terjadi jika seseorang kekurangan protein:
  • Masalah pada rambut seperti terjadinya kerontokan
  • Jika mengalami luka pada tubuh akan lama dalam proses penyembuhannya
  • Meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada liver
  • Daya tahan tubuh terhadap penyakit akan melemah
  • Terjadinya gangguan pada pencernaan dan susah BAB
  • Terjadi penurunan berat badan serta tubuh sering merasa lelah
  • Mengalami pertumbuhan tubuh yang tidak seimbang
  • Mengalami penyakit seperti Kwashiorkor, Cachexia atau Marasmus, jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.
Beberapa sumber protein tinggi dari hewani:
  • Telur
  • Ikan
  • Ikan teri
  • Susu beserta produk olahannya
  • Daging merah seperti daging sapi, daging kambing, daging domba
  • Daging putih seperti daging ayam
Beberapa sumber protein tinggi dari nabati:
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Polong-polongan
  • Kedelai
  • Kentang
Beberapa sumber protein tinggi dari buah-buahan:
  • Buah kurma
  • Buah persik
  • Buah Markisa
  • Buah pisang
  • Buah jambu
  • Buah alpukat
  • Buah kelapa muda
Beberapa manfaat protein untuk tubuh:
  • Sebagai sumber energi untuk tubuh
  • Produksi hormon dan juga enzim
  • Sebagai sistem imun atau antibodi
  • Digunakan untuk cadangan makanan
  • Menyeimbangkan asam basa di dalam sel tubuh
  • Membantu pertumbuhan sel
  • Menyeimbangkan berat badan
Itulah artikel mengenai "Fungsi protein" yang sangat penting agar tubuh tetap sehat karena jika kekurangan protein maka tubuh akan mengalami gangguan kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian.
Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Fungsi protein . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Fungsi protein sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

54 comments

Koq rambut saya masih rontok ya, padahal tiap hari makan tempe :D

Nice post mas :)

Balas

ternyata penting banget ya asupan protein bagi tubuh kita

Balas

Ternyata banyak juga protein yg bisa kita dapet dari jenis macem makanan ya mas..
Wah sy suka kacang2an ..berarti kebutuhan protein saya lumayan tercukupi ya hehe :)

Balas

Ternyata banyak ua mas manfaatnya, makasih infonya

Balas

jadi kalori hanya bersifat energi saja

Balas

Jadi kalau luka susah hilang itu akibat kurang protein ya mas..baru tau sebab saya kalau terluka sembuhnya lama..oya buah persik yang kayak gimana

Balas

Selamat siang Mas Anthonie. Saya baru tau nih Mas ternyata Protein
Sangat penting sekali untuk tubuh kita dan sebagai pemicu proses metabolisme
Yang ada pada bagian Tubuh kita yah Mas? terima kasih info Kesehatanya *salam

Balas

Kalau gak salah Mbak Ristia kurang protein pada bagian rambut Mbak
Karen rambut juga butuh makanan yang brprotein tinggi kaya saya hehhe :D

Balas

teima kasih infonya mas.. sangat membantu mas,,, sekalian menambah buat ilmu

Balas

Wah ternyata protein sangat baik bagi kesehatan tubuh ya gan..

Balas

ternyata banyak juga ya mas fungsi dan kegunaan protein ini bagi tubuh kita. Jadi sebaiknya asupan protein harus dicukupi secara tepat dan dengan kadar yang pas ya. Selain itu gizi, lemak, dll juga tidak boleh ditingalkan untuk di konsumsi :)
sangat mencerahkan mas artikel nya :)

Balas

Ternyata protein sangat berguna ya bagi tubuh kita dan berfungsi untuk menjaga tubuh tetap sehat

Balas

Kalau hewani saya sukanya Telor.kalau nabati saya sukanya Kacang hijau.kalau buah-buahan saya paling suka buah Alpukat....

Balas

Termasuk bagus ya Kang fungsi protein untuk kesehatan tubuh kita. Trims atas sharingnya.

Salam

Balas

berarti orang - orang yang masih muda tetapi rambutnya sudah botak setangah itu kekurangan protein yaa mas
:)

Balas

Selamat malam sobat. Maaf baru bisa berkunjung karena sibuk sekolah sobat.
Artikelnya sangat bermanfaat sob tentang fungsi protein ini. Terus terang saya nggak begitu paham tentang kesehatan sob. Izin belajar dan menyimak dengan seksama informasi yang dijelaskan dalam artikel diatas. Terimakasih sobatku

Balas

Sekarang sudah agak sedikit terang sob dengan fungsi protein ini setelah menyimak dengan seksama. Terimakasih sobatku

Balas

mungkin dipengaruhi oleh faktor lain mbak Ristia, sehingga rambutnya tetep rontok.

Balas

iya mas banyak sumber protein yang bisa kita konsumsi tinggal pilih yang kita suka saja :)

Balas

buah persik itu buah peach, kalau pengen lebih jelas bisa lihat di google mbak :)

Balas

iya mas sama-sama semoga bermanfaat :)

Balas

iya mbak betul sekali semoga bisa bermanfaat :)

Balas

wah mantap tuh kang bisa mendapatkan sumber protein dari berbagai sumber :)

Balas

sama-sama mas Indra semoga bermanfaat :)

Balas

ya enggak juga mas, bisa jadi karena faktor genetik.

Balas

sama-sama mas Wisma semoga bisa bermanfaat :)

Balas

iya mas sama-sama :)

Balas

iya mas Nimda semoga bermanfaat :)

Balas

Protein sangat bagus untuk tubuh ya. Kalo tidak salah ikan mujaer juga kaya protein ya ?

Balas

Wah cik awi
Baru nongol nih ;)

Balas

Kalo minum kang dede..mesti suka air bening kan... :)

Balas

Kebetulan sy juga suka mas
Sama ikan ini :)

Balas

benar itu mas Budi hehe kalau" Insani "saya lebih suka yang keibuan mas hahaha....

Balas

Nyimak dan mampir kesini lagi mas

Balas

Nyimak dulu sob.. hehehe

Balas

pertanyaan saya kalau kebanyak protein bagaimana mas... soalnya berat badan saya sudah cukup menyusahkan saya jika lari mas.. hehehe sudah berasa berat gitu.. xixixixi

Balas

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat, ternyata pisang dan alpukat mengandung protein :)

Balas

hehehe, oke mas Eka terim kasih penjelasannya

Balas

harus makan makanan berprotein ya mas

Balas

Thanks infonya gan.. Nice Blog (y)
Succes follow gan.. sorry lama ya :)

Balas

Wah beruntung banget saya tiap hari makan telur...

Balas

btw templatenya keren mas..lebih simple dan elegan keliatannya

Balas

Teplateya ganti ya mas. Miikny kang ismet ya :D

Balas

saya biasanya sbelum ngegym mnum telur dlu, karna kaya dengan protein.

Balas

Protein is vital for the growth of our cells.

Balas

banyak sekali ya mas ternyata fungsi protein ini. Jadi sangat penting makanan dan minuman yang kita konsumsi itu mengandung protein yang baik bagi tubuh kita :)

Balas

berguna sekali sob informasinya. ane sih jarang banget merhatiin kandungan protein makanan sob, karena ane nggak tahu. Ilmu baru ini buat ane

Balas

pantas saja protein ini sering dibutuhkan oleh tubuh, ternyata manfaatnya banyak sekali untuk menunjang kesehatan tubuh ya mas :)

Balas

Boleh banget :) terima kasih mas buat infonya :p

Balas

ternyata protein fungsinya sangat banyak buat tubuh kita ya mas, kalau terlalu banyak proteinnya apa berdampak buruk bagi tubuh apa tidak ya mas?

Balas

tiap hari makan telur terus nih ,hehe

Balas

telur bagus asal jangan terlalu banyak mas malah jadi tidak sehat :)

Balas

sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi protein mang akan sangat berbahaya bagi tubuh kita, lebih baik secukupnya saja biar sehat.

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger