logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Manfaat kacang tanah untuk kesehatan

Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sudah tidak asing lagi bagi kita karena hampir setiap kita pernah mencoba dan biasanya kacang tanah sering dijadikan camilan saat santai.

Kacang tanah merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh kita karena tubuh juga memerlukan asupan protein setiap harinya karena itu tidak ada salahnya di rumah kita selalu menyediakan kacang tanah sebagai camilan untuk keluarga.

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui apa saja manfaat dari kacang tanah ini, seperti yang dilansir oleh Mag for Woman ternyata kacang tanah merupakan makanan yang menyehatkan, mau tahu apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan:

Menurunkan kolesterol
Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang tanah sangat baik untuk tubuh karena bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh sehingga sangat efektif untuk menurunkan resiko penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Manfaat kacang tanah untuk kesehatanMenstabilkan kadar gula darah
Bagi penderita diabetes kacang tanah sangat baik dikonsumsi karena manfaatnya untuk menjaga dan menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh selain itu kacang tanah mengandung mangan yang cukup tinggi sehingga dapat bermanfaat untuk membantu penyerapan lemak serta kalsium namun ada satu hal lagi yang sangat penting ternyata kacang tanah mengandung zat antioksidan yang sangat berguna untuk menjaga tubuh dari radikal bebas.

Sumber energi bagi tubuh
Saat anda merasa lelah karena beraktifitas kacang tanah bisa menjadi salah satu sumber energi yang bermanfaat untuk memulihkan tubuh yang kelelahan, kandungan mineral dan antioksidan dalam kacang tanah dapat digunakan sebagai energi instan untuk tubuh sehingga bagi pekerja keras kacang tanah bisa menjadi sumber energi yang baik, selain itu ternyata kacang tanah sangat baik juga untuk menurunkan berat badan serta cukup membuat kenyang lambung anda.

Menurunkan depresi
Jika anda sering mengalami bad mood cobalah mengkonsumsi kacang tanah karena kacang tanah dapat bermanfaat untuk meningkatkan mood seseorang karena kandungan tryptophan dalam kacang tanah sangat baik untuk menurunkan tingkat depresi sehingga bagi anda yang sedang mengalami depresi kacang tanah bisa menjadi sumber makanan pilihan yang digunakan sebagai camilan namun bermanfaat bagi tubuh kita.

Menurunkan resiko batu ginjal
Menurut penelitian yang dilakukan dengan sering mengkonsumsi kacang tanah ternyata dapat mencegah terbentuknya berbagai macam batu dalam tubuh seperti batu ginjal dan selain itu kacang tanah juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi lever sampai 50 persen, karena itu tidak ada salahnya kita sering-sering mengkonsumsi kacang tanah alami atau yang berupa selai agar kita bisa terhindar dari terjadinya pembentukan batu ginjal dalam tubuh.

Menurunkan resiko kanker pada bagian perut
Kandungan asam p-coumaric dalam kacang tanah sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko seseorang mengalami kanker perut serta kanker usus besar pada wanita sampai 40 persen, oleh karena itu biasakanlah untuk mengkonsumsi kacang tanah setiap hari agar kita bisa terhindar dari resiko penyakit kanker.

Meskipun kacang tanah mudah kita jumpai dengan harga yang terjangkau namun banyak dari kita yang hanya mengkonsumsi kacang tanah ini karena suka saja tanpa mengetahui manfaatnya yang sangat besar untuk kesehatan, jadi mulai sekarang kita bisa sering-sering mengkonsumsi kacang tanah agar kita terhindar dari beberapa gangguan kesehatan seperti yang disebutkan di atas.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Efek buruk soft drink untuk kesehatan

Sumber: merdeka.com/sehat


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Manfaat kacang tanah untuk kesehatan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Manfaat kacang tanah untuk kesehatan sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

29 comments

Ternyata kacang tanah juga dapat mencegah batu ginjal ya mas? Itu artinya kacang tanah dapat mencegah timbulnya pengkristalan garam dalam saluran ginjal...Betul kan mas Eka?

Balas

Oh, bisa menurunkan tingkat depresi. wa, banyak manfaatnya yah, mas. saya suka makan sate, bumbunya pakai kacang tanah, hhehe *curhat.

Balas

membuat jerawat juga mas.hehee

Balas

I love to eat groundnuts! Thanks for sharing!

Balas

ada efek sampingnya g kira-kira ya mas?

Balas

wah gan.. saya makan kacang kok jerawat saya banyak ya.. hehe
salam kenal gan..
kunbal gan

Balas

Kalau makan kacangnya teratur, mungkin memang bermanfaat. Tapi kalau makannya berlebihan, ancaman pertamanya "jerawat".

Aku sukanya makan kacang tanah rebus..

Balas

Wah katanya kacang banyak mengandung kolesterol tinggi y???

Salam dari Pulau DOllar

Balas

makanan kesukaan saya nih mas, paling suka kalau ngeblog ditemani sama kacang tanah rebus :D

Balas

wah udah mah enak buat dijadikan cemilan ternyata kacang tanah juga banyak banget manfaatnya ya mas, tapi ada orang yang suka bilang kalo kebanyakan makan kacang tanah katanya suka jerawatan, itu bener gak sih? :D

Balas

kalo dulu setiap ada hajatan suka ada tukang jual kacang tanah rebus, tapi sekarang entah kemana mulai pada ngilang :D

Balas

Wah asyik ya mas An..selain jd temen cemilan ternyata banyak terdapat khasiat dan manfaatnya jg ya :)

Balas

iya mas bud, camilan sehat hehe...

Balas

mungkin jarang yang beli kali yah mas Intan jadi mungkin beralih profesi :)

Balas

menurut penelitian makan kacang tidak membuat jerawatan mas jadi tenang saja :)

Balas

wah enak banget yah kang bisa sambil nyamil kacang rebus hehe...

Balas

Kandungan fitosterol dalam kacang tanah sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol mas, jadi aman untuk dikonsumsi :)

Balas

yang penting jangan kebanyakan mas, tapi sebenarnya makan kacang tanah bukan sumber utama munculnya jerawat.

Balas

sebenarnya kacang tanah bukanlah penyebab utama timbulnya jerawat mas, jadi boleh saja dikonsumsi.

Balas

asal jangan kebanyakan makannya mas dijamin aman-aman saja hehe...

Balas

You're welcome :)

Balas

sebenarnya nggak mas :)

Balas

boleh juga mas, karena bumbu sate juga mengandung kacang tanah :)

Balas

betul mas Uda jadi silahkan dicoba kacang tanahnya mas hehe...

Balas

saya malah agak kurangi makan kacang tanah mas, soalnya bisa bikin jerawat muncul kalau makan hehehe :D

Balas

boleh aja mbak makan kacang tanah asal jangan kebanyakan kalau takut jerawatan :)

Balas

Semua makanan tdk boleh di konsumsi secara berlebihan. Syg ya dlm artikel ini tdk di tulis berapa byk yg hrs di konsumsi per harinya ..

Balas

Secukupnya saja mbak, pokoknya tidak berlebihan hehe :)

Balas

kalau kebanyakan asam urat ikut2an nongol... gawat...

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger