logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Tanda-tanda cacingan dan pencegahannya

Cacingan - Biasanya orang yang mengalami cacingan terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan sehingga memungkinkan telur-telur cacing akan masuk ke dalam mulut dan hidup di dalam usus manusia, biasanya anak-anak yang kurang menjaga kebersihan saat bermain di luar akan rentan tertular penyakit cacingan ini.

Cacing yang hidup di dalam usus akan bertumbuh, kawin dan bertelur kembali didalam perut si penderita, dan larva ini akan menjadi anak-anak cacing dan masuk menembus dinding usus lalu masuk ke dalam aliran darah serta paru-paru dan sebagian akan masuk ke kerongkongan dan tertelan kembali ke dalam usus.

Sebagian orang masih menganggap enteng penyakit cacingan ini namun jika penyakit cacingan ini dibiarkan terus menerus maka dapat menggangu kesehatan tubuh karena cacing akan mencari makan dengan menyerap sari makanan dan gizi yang masuk ke dalam tubuh sehingga si penderita akan mengalami kekurangan gizi dan tubuh menjadi lemah.

Tanda-tanda cacingan dan pencegahannya
Cacingan
Tanda-tanda secara umum jika seseorang terkena cacingan:
  • Berat badan mengalami penurunan, Cacing yang hidup didalam tubuh manusia akan memakan sari-sari makanan dan gizi pada tubuh si penderita, sehingga si penderita akan mengalami kekurangan gizi, kurus dan perut buncit serta IQ mengalami penurunan, dikarenakan cacing hidup dan berkembang biak di dalam usus maka usus mengalami nyeri dan pembengkakan.
  • Diare dan nyeri pada perut, beberapa jenis cacing hidup di dalam saluran pencernaan akan memakan sari-sari makanan sehingga perut akan mengalami nyeri, nafsu makan menjadi hilang dan juga si penderita dapat mengalami diare .
  • Anemia, beberapa jenis cacing yang hidup di dalam tubuh manusia biasanya akan menyerap sari-sari makanan dan juga darah sehingga mengakibatkan si penderita akan mengalami kekurangan darah ditandai dengan badan lemah, lesu dan malas untuk beraktifitas.
  • Batuk yang tidak sembuh-sembuh, beberapa jenis cacing dapat hidup didalam paru-paru seseorang sehingga mengakibatkan sipenderita mengalami batuk yang tidak sembuh-sembuh.

Jenis-jenis cacing yang bisa hidup di dalam tubuh manusia:

1. Cacing kremi:
Jika seseorang kurang menjaga kebersihan tangannya saat makan maka cacing ini akan mudah masuk dalam tubuh, pada umumnya cacing ini sering terjadi pada anak-anak, cacing ini sebagian akan keluar dengan sendirinya bersamaan dengan keluarnya feses namun sebagian lainnya akan hidup di dalam usus kecil dan usus besar dan bergerak ke bagian dubur.
Cacing ini berwarna putih dengan panjang sekitar 3 sampai 5 mm dan cacing kremi dewasa bisa sampai 10 mm dengan ukuran yang kecil dan halus seperti benang, cacing ini menempel pada dinding usus dan juga disekitar lipatan dubur, biasanya si penderita akan mengalami gatal di dubur pada malam hari.

2. Cacing gelang:
Jika seseorang kurang menjaga kebersihan saat makan atau minum atau jika anda makan dengan menggunakan tangan langsung tanpa menggunakan sendok apalagi jika tangan anda belum dicuci bersih dengan sabun ada kemungkinan telur cacing gelang akan masuk ke dalam tubuh, sehingga telur ini akan menetas menjadi larva selanjutnya anak cacing bergerak ke dinding usus, paru-paru, saluran bronkial, tenggorokan dan kembali ke usus dan menjadi dewasa bertumbuh, kawin dan berkembang biak menghasilkan telur-telur baru dalam waktu 2 bulan.
Cacing gelang ini akan hidup di dalam tubuh manusia hingga 1 sampai 2 tahun dengan ukuran bisa mencapai 10 sampai 30 cm, cacing ini paling sering menginfeksi tubuh manusia, dan jika bertelur dapat menghasilkan hingga 240 ribu telur dalam sehari.
Biasanya cacing gelang ini banyak diderita oleh anak-anak yang sering bermain diluar tanpa menggunakan alas kali atau makan sesuatu tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

3. Cacing cambuk:
Cacing ini ditularkan melalui makanan daging yang mengandung larva cacing cambuk dengan ukuran yang sangat kecil sekitar 1 sampai 2 mm. jika anda gemar mengkonsumsi daging, apalagi jika daging itu belum benar-benar matang maka resiko terkena cacing cambuk akan lebih besar.
Larva dari cacing cambuk ini akan berkembang biak hingga 6 minggu, anak cacing ini akan bergerakdan masuk dalam aliran darah, jaringan tubuh dan juga sel otot rangka lurik.
Gejala umum infeksi cacing cambuk adalah nyeri otot, demam dan edema.

4. Cacing tambang:
Cacing ini mempunyai ukuran sekitar 8 sampai 15 mm dan hidup dalam usus, seringkali cacing ini menggigit didinding usus dan menimbilkan pendarahan serta meracuni penderita.
Cacing ini dapat masuk ke dalam tubuh lemat makanan yang dimakan karena kurangnya menjaga kebersihan tangan selain itu cacing tambang ini dapat masuk ke dalam tubuh menembus kulit telapak kaki.
Cacing tambang akan menetas di tanah yang lembab dan saat menetas menjadi anak cacing akan masuk ke telapak kaki menembus kulit selanjutnya masuk ke dalam aliran darah, karena itu biasakan untuk selalu menggunakan alas kaki saat berjalan di luar terutama di tanah yang lembab untuk menghindari cacing tambang masuk lewat telapak kaki.
Gejala umum seseorang terinfeksi penyakit cacing tambang ini adalah, wajah pucat, mual, sakit kepala, badan lemah dan nafas sesak.

Cacing pita
Cacing ini berbentuk pipih seperti pita dengan kepala kecil dengan kait yang berfungsi untuk meletakkan diri pada dinding usus tubuh manusia, tubuhnya beruas-ruas yang juga berfungsi mengeluarkan telur-telur baru, selain dalam tubuh manusia, cacing pita ini juga dapat hidup dalam tubuh hewan ternak.

Cacing pita terdiri dari 2 jenis yaitu:
  1. Cacing pita sapi, cacing ini adalah cacing yang terbesar diantara cacing yang hidup dalam tubuh manusia, ukurannya bisa mencapai 8 meter dengan ciri cacing berwarna putih pucat, tanpa saluran pencernaan, tanpa anus dan tanpa mulut dan biasanya dapat hidup sampai 25 tahun. Biasanya cacing ini akan hidup dalam tubuh hewan ternak yaitu sapi, jika seseorang memakan dagin sapi ini yang dimasak tidak matang maka kemungkinan larva dari cacing ini akan menetas dan hidup dalam tubuh manusia. Gejala yang terjadi jika seseorang menderita infeksi penyakit ini biasanya dia akan merasakan gejala mual dan ingin muntah.  
  2. Cacing pita babi, cacing ini hidup dan berkembang biak dalam tubuh yaitu bagian saluran pencernaan hewan babi. 
Gejala jika seseorang terkena infeksi cacing pita:
  • Wajah pucat
  • Kepala pusing
  • Badan menjadi kurus
  • Nafsu makan berkurang
  • Feses berlendir
  • Mual
  • Perut mulas
  • Perut akan terasa sakit namun akan hilang setelah makan
Beberapa cara untuk mencegah penyakit cacingan:
  • Biasakan untuk selalu menggunakan alas kaki, baik itu sendal atau sepatu saat keluar rumah.
  • Biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.
  • Bersihkan makanan seperti buah-buahan sampai bersih sebelum dimakan.
  • Masaklah daging sampai matang menghindari larva dalam daging akan masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak.
  • Jangan buang air besar disembarang tempat seperti dikali atau di kebun tapi gunakan WC yang bersih.
  • Jangan biarkan lalat menghinggapi makanan, karena kemungkinan lalat akan membawa telur cacing pada makanan yang dihinggapinya.
  • Minumlah obat cacing yang sudah banyak dijual di toko obat atau apotik sesuai aturan yang sudah disarankan.
Itulah artikel mengenai tanda-tanda cacingan dan pencegahannya semoga bisa bermanfaat, jadi kita harus selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit cacingan ini.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Tanda-tanda cacingan dan pencegahannya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Tanda-tanda cacingan dan pencegahannya sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

162 comments

kalo berat badan susah naik termasuk ciri-ciri cacingan bukan sob??

Balas

Biasanya yang sering terkena cacingan itu anak-anak. Tapi tidak menutup kemungkinan remaja dan dewasa juga bisa terkena cacingan. Cukup bahaya juga ya mas kalau terkena cacingan. Badan jadi kurus, yang gemuk perut nya saja :)

Balas

huaduh ngeri juga yah mas kalo ternak cacing di dalem perut jadi cepet gendut perutnya :) hehehe

Balas

susah naik angkot apa susah naik tempat tidur emangnya :)

Balas

minum obat cacing 6 bulan sekali sangat efektif membasmi cacingan mas ya , soalnya kalau untuk menjaga kebersihan kayaknya sulit untuk anak2.

Balas

Apakah cacingan ini juga rentan untuk orang dewasa mas..??

Balas

Mengerikan gan :(
malah jadi takut nie

Balas

liat cacing tanah aja sy gelliii.., gmn klo ccing perut ihhh....!
makasih pak infox *smile

Balas

Dulu cacing kremi katanya disebabkan karena makan cikalan (kelapa) terlalu banyak. Ternyata mamang karena kurang menjaga kebersihan ya Om :D

Balas

Oke sob, sangat bermanfaat jadi lemas saya bacanya heheheh

Balas

Mantap ni artikelnya,
sangat membantu.
:)
jngan lupa follow blog kami ya!
hhtp://meutrap.blogspot.com

Balas

Wahhh Ternyata Berbahaya Juga yah Penyakit Cacingan hmmmm ... makasii yah gan Atas Infonya sangatt Bermanfatt :)

Balas

kalau susah naik, jangan jangan lemah syahwat mas

Balas

kalau membayangkan cacing dalam tubuh memang sangat menggelikan. hii jadi merinding nih mas.
saya kurus tapi makan saya banyak, kemungkinan banyak cacing kreminya mas

Balas

Badan saya sedang saja mas artinya tidak gemuk tidak kurus kata orang begitu, tapi yang saya herankan saya kalau makan tidak banyak tapi harus sering biasanya 1 jam sekali bagaimana itu mas apakah saya ada tanda-tanda cacingan ?

Balas

Wah penyakit, ini yang kadang si penderita melalaikanya
Karena cacingan, proses penyerangan penyakit nya gak
Spontanitas, melainkan berkala, atau bertahap
Sayang nya gak ada aktivator, atau software pendetek
Ciri-ciri orang yang cacingan ya Mas.? hhhhhh

Salam buat Mas Anthonie, dan semua sobat.

Balas

Kaya nya Mas Andes,. mah susah Naik tempat tidur
Kali yah Mas..? hhhhh o, yah ngomong2
Mas Andes Kena Cacingan gak yah Mas Agus.? hhhh

Balas

ternyata banyak juga ya jenis cacing yang bisa hidup di dalam perut.... kalau cacing kremi katanya kalau kebanyakan makan kelapa bisa ada ya mas?

Balas

mungkin yang dimaksud mas kolong adalah susah naik bus mas :D

Balas

Mending ternak ayam ya mas, bisa di sembelih dan juga bisa dijual. Kalau ternak cacing malah kita rugi hehehe :D

Balas

harus rajin2 cuci perut yah mas biar gak cacingan :)

Balas

yang doyan kelapa bukan cacing mang, tapi codot :)

Balas

oh cacing doyan cikal kelapa juga ya pak, baru tau saya :)

Balas

udah lemes kalii jadinya susah naik :)
hehe saya gak pelihara cacing kang Karrysta. kalo kang Karrysta gimana.. denger cacingnya suka nongol yah kalo pagi :D huhuhu

Balas

kalo udah nenek2 sama kakek2 aman yah mbak cacingnya udah ga doyan :)

Balas

tapi ada untungnya juga mbak kalo orang gendut ternak cacing, lumayan bisa buat diet :)

Balas

orang cacingan suka ketawa sendiri kang, abisnya geli perutnya di gelitik cacing :) hehehe

Balas

codot dan musang ya mas ehheeh

Balas

tapi jangan pakai jasa tukang cuci sopa dan tukang cuci gudang tentunya

Balas

kalau ada sofwarenya bagus tuh buat deteksi cacing...

Balas

betul master... asal jangan makan itik hidup aja ya, meskipun itik suka makan cacing... tapi dilarang itu eheheh

Balas

untuk yang punya penyakit cacing disarankan untuk nelan itik atau entok hidup - idup, biar abis tuh cacingnya di makan entok eheheh

Balas

asik nih bentar lagi saya jadi kakek - kakek... berarti aman ya

Balas

jika udah dewasa, apa masih harus minum obat cacing yah ?

Balas

Wah makasih gan infonya sangat bermanfaat

Balas

Anak2 usia 4 tahun ke bawah sering terkana gejala ini, karena pola makannya yang ngawur, kadang sendal aja di emut. :D

Balas

alhamdulillah belum pernah kena cacingan, walau ngga minum obat cacing mas :)

Balas

serem juga ya...
makasih nih gan buat infonya :)

Balas

Salam kenal dan follow 185,pleas followback
ditunggu gan

Balas

Kok mesti pagi mas....keluarnya
Apa mau senam pagi dulu ya cacingnua :)

Balas

Udah alot...mesti alasannya.. :)

Balas

Cacingnya pasti...joget2...kalo tuannya...gendut :)

Balas

Makan pete cina...katanya bisa bikin cacing di perut mabok alias wafat ya mas :)

Balas

Itu kalo anak kecil ya mas...
Kalo orang gede sukanya ngemut..apa an coba... :)

Balas

hahaha bukan cacingnya doang yang mabok mas, orangnya juga ikut mabok :)

Balas

@Ya' Haris: biar aman boleh juga mas minum obat cacing :)

Balas

Orang dewasa juga bisa kena mas, apalagi kalau kurang menjaga kebersiahan atau jarang pake alas kaki kalau keluar, jadi perlu waspada :)

Balas

Hati-hati mas Agus, kalau perlu minum obat cacingnya :)

Balas

kalau makan sedikit tapi sering sebenarnya bagus buat pencernaan daripada makan 3 kali tapi langsung banyak, kalau tidak ada tanda-tanda yang disebutkan di atas berarti kemungkinan tidak kena cacingan.

Balas

Menurut legenda yg ane dengar kalo anak anak makan lantoro sejenis petai! bisa mengobati cacingan ? betul nggak gan??

Balas

dri fotonya ada ane udah jijik..
gimna klo kena dmpaknya ya..

Balas

ya nih...
ane juga pernah dngar khabar dmikian..
btul ato slah ya...?

Balas

senam pagi sambil cuci mata cacingnya heheh

Balas

waduh bisa juga ya orang dewasa... kalau kakek kakek gimana mas... kan udah alot dan peot,, apa cacing masih suka juga?

Balas

baru tau nih aku sob,,thanks atas artikelnya...

Balas

Cacingnya..dangdutan kali mas.. :)

Balas

Gudang garem apa gudang bulog...mas hehe :)

Balas

kalau pagi cacing nya ikut olahraga ya mas hehe :)

Balas

bukan karena alot mas, tapi cacing nya nggak doyan karena kalau udah tua sudah bau tanah hehe :)

Balas

serem banget mang nelan entok hidup-hidup :)
tapi mungkin cacing dan entok bakalan gulat ya di dalam perut hehe :)

Balas

Hehe....singkong kali...bau tanah :)

Balas

Mas Andes yg jd wasitnya....hehe :)

Balas

Asyik nich ada wasitnya juga. Lha mas budi jadi apa kalau begitu? saya ikut nonton aja mas hehe :)

Balas

Artikelnya sangat bermanfaat gan,,,thanks for share :)

Balas

@yono karyono : emank ada software pendeteksi cacing sob..??

:bingung

Balas

wah... bisa didpet dimna tuh pete cina,..
kya nya ampuh buat mabukin cacing perut

Balas

harus rajin makan obat cacing ya mas,,,

g kebayang,,,, mreka yang makan babi,,, sama aja membiarkan cacing hidup dlm tubuh mreka

Balas

iya biar makin sehat , bareng cacing

Balas

cacing sekarang milih yang masih seger mang, kalo udah peot sih aman dari gangguan cacing :D

Balas

yang bahaya itu kalau makan daging yang dimasak kurang matang, jadi larva masih bisa hidup sehingga bertumbuh menjadi cacing, jadi usahakan untuk memasak daging hingga benar-benar matang agar terhindar dari cacingan.

Balas

follow back sukses :)

Balas

follow back sukses :)

Balas

bukan olahraga senam ato lari pagi ato jogging deh kayaknya, tapi mau ikutan sarapan :) ehehe

Balas

harus rajin pake parfum berarti biar makin nempel terus :)

Balas

saya mau nemenin mbak eka nonton aja deh sambil makan pop corn yah mbak biar rame :) hoho

Balas

Maka dari itu, Kebersihan pangkal kesehatan, kebersihan adalah sebagian dari Iman, hehehe

Balas

itung - itung sarapan gratis deh, atau memang kebelet mau ke wese

Balas

boleh deh mas, tapi enak kurus gini mas, gerak jadi lincah

Balas

cacingnya sarapan sambil dance ya mas. keren kayaknya hehe :)

Balas

pakai lem sepertinya bisa tambah lengket mas :)

Balas

saya mau nya ditemenin mas budi aja dech, kali aja dikasih parsel atau mungkin dikasih semangka hehe :) Kalau diteminin mas andes nanti dikasih panci hehe :)

Balas

Biar hidup kita sehat dan terhindar dari cacingan, harus rajin-rajin nich berkunjung di blog nya mas Anthonie. Siapa tahu dikasih parsel hehe :)

Balas

jadi cacing nya nanti malah dapet rekor muri

Balas

Perangko mang... bukan perngko...

Balas

Cacing jadul Mas. Kalau cacing modern seperti sekarang doyannya sama duit :D

Balas

Gpp deh dari pd Pinokio... :)

Balas

Pilihan yg bijak...tuh mbak Rin....
Hehe :)

Balas

saya juga mau dong parsel-nya :D

Balas

@Sigli : byk mas..coba aja cari di matetial terdeket...hehe :)

Balas

codot dan temannya mang :D

Balas

Di pasar suka ada yg jual kok mas..asal jgn di pasar malam ya :)

Balas

@Mbak Rin + kang Ucup : tenang aja...mas adminnya udah pesen kok...tinggal di share aja katanya...hehe :)

Balas

Cacingan bisa menimpa siapa saja, tdk peduli anak2 dan dewasa.
Makasih tips-nya mas,,, akhirnya saya tahu cara mencegah cacingan.
Karena saya sangat takut kena cacingan, hehehe :)

Balas

Setuju mbak Eka,,, selain diksh parsel, siapa tahu kita juga diksh obat cacing sama mas Anthonie, hehehe :)
Karena blogger gak boleh cacingan, ckckck :D

Balas

Saya mau nya parsel yang elegance lho mas hehe :)

Balas

Kalau di pasar senen mungkin ada ya mas yang jual pete cina :)

Balas

jangan lupa pakai detergen ya mas untuk cuci perut, biar tambah kinclong hehe :)

Balas

Kadang-kadang Kang Ucup pinter juga ya hehe :D

Balas

Yang penting jangan sambil goyang itik ya mang hehe :)

Balas

Yang penting jangan pakai lem setan ya mang (mas sabda-red) nanti nggak bisa dicopot hehe :D

Balas

knpa bisa mas..
emank ada tips biar bisa trhindar cacingan tnpa minum obat

Balas

Makasih bang Bro atas tipsnya

Balas

iya dong mbak, masa harus pinter terus sih, nanti pinternya cepet habis, kalau munculnya kadang-kadang saja kan jadi awet pinter-nya :D

Balas

awas lo cacingnya juga ikut baca, cuma nggak berani komen :D

Balas

jangan lupa dijemur kalau habis dicuci mas andes, biar nggak jamuran :)

Balas

Infonya sangat bermanfaat, jadi tahu cara pencegahanya agar tidak cacingan. thanks sobat..

Balas

Pastinya ya mbak...hehe :)

Balas

Lho kok mbak Rin tau...mesti kemarin yg abis borong pete nya ya :)

Balas

Hehe....boleh..mbak Rin...boleh :)

Balas

dulu waktu saya kecil saya kan suka makan kelapa mas, orang bilang ojo mangan kambel mari kreminen, pa mang bener mas kalau makan kelapa bisa menyebabkan cacingan cacing kremi ?

Balas

memang saya sering dengar juga kalau makan kelapa bisa cacingan atau cacing kremi tapi itu tidak terbukti, kelapa tidak ada hubungannya dengan cacingan itu sendiri.

Balas

disetrika juga ya mas biar tambah rapi :)

Balas

sama-sama mas adjie semoga bermanfaat :)

Balas

sama-sama mas Virlyz :)

Balas

iya mbak Indri saya juga takut hehe...

Balas

iya nanti saya kasih parcel yang elegance dan kece deh :)

Balas

seratus buat mas Fahri hehe...

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

makasih mas Rohis buat kunjungannya :)

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

iya mas kita harus selalu jaga kebersihan, mudah-mudaha terhindar dari cacingan :)

Balas

Memang petai cina atau lamtoro bisa juga untuk mengobati cacingan, makan lamtoro atau petai cina setiap hari selama seminggu mudah-mudahan bebas dari cacingan.

Balas

Betul mas dengan petai cina atau lamtoro juga bisa untuk mengatasi cacingan :)

Balas

sama-sama mas Nandar semoga bermanfaat :)

Balas

asal selalu jaga kebersihan mudah-mudahan bisa terhindar dari cacingan :)

Balas

yang penting yang diemut bersih nggak apa-apa mas hehe...

Balas

sama-sama mas Rafin semoga bisa bermanfaat :)

Balas

kalau udah rapi perutnya pasti banyak yang naksir deh hehe...

Balas

kalau makan kelapa nggak menyebabkan cacingan mang itu cuma mitos aja hehe...

Balas

cara mendeteksinya yah lihat tanda-tanda yang sudah disebutkan diatas mas :)

Balas

tapi hati-hati mas entar kalau ada angin kenceng bisa ilang entar hehe...

Balas

iya kalau dibiarkan bisa menjadi sarang cacing di perut mas hehe...

Balas

minum dulu mas biar nggak lemes hehe...

Balas

kelapa nggak menyebabkan cacingan mas, itu cuma mitos aja :)

Balas

iya mas liatnya juga udah geli yah hehe...

Balas

kalau takut minum obat cacing aja deh mas hehe :)

Balas

kasian juga sih kalau cacingnya masuk ke kakek-kakek yah mang hehe...

Balas

wah entar diprotes sama yang punya goyangannya hehe...

Balas

wah mas Andes kalah saingan nih hehe...

Balas

yang di lem cacingnya atau apanya nih mbak hehe...

Balas

iya nih dari cacing sampai ke muri, hebat banget yah cacingnya hehe...

Balas

Liat header cacingnya aja dari jauh dah geli apalagi kalo jenis2 cacing d'gambarkan cacingnya. Aduh tutup mata ja deh :) (so bad)

Balas

waduuuh ngeri sob, dulu pernah sih masih SD sering cacingan trus suruh minum obat trus katanya obatnya untuk jangka waktu setahun, itu betul gak sob??

Balas

biasanya obat cacing mampu mengatasi cacing selama 6 bulan, jadi tiap enam bulan sekali baru boleh minum obat cacing lagi :)

Balas

padahal cacingnya bisa aja hidup diperut kita yah, apa bisa tidur kalau tahu perut kita ada cacingnya hehe...

Balas

infonya sip bener mas, bermanfaat

Balas

makasih mas Albar semoga bermnafaat :)

Balas

ternyata ngeri juga ada banyak cacing dalam tubuh

Balas

iya sob karena itu kita harus selalu menjaga kebersihan supaya terhindar dari cacingan.

Balas

CACIIING RAKSASA ALASKAAAAAA....!!!!

Balas

cacingan harus segera ditangani sebelum cacing-cacingnya menggerogoti tubuh kita

Balas

Awas kena cacing jaman now ya 😄 makanya banayk makan micin biar terhindar dri cacing jaman now😂

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger