logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Manfaat tidur miring ke kiri untuk penderita asam lambung

Tidur miring ke kiri atau ke kanan memiliki manfaat yang berbeda bagi kesehatan tubuh, banyak orang yang percaya bahwa tidur miring ke kanan lebih baik daripada tidur miring ke kiri sehingga seringkali tidur miring ke kiri diabaikan dan membiasakan selalu memiringkan posisi tubuh menghadap ke kanan saat tidur malam padahal tidur menghadap ke kiri juga memberikan manfaat yang baik untuk tubuh terutama bagi mereka yang memiliki gangguan asam lambung.

Memang tidur miring akan sangat baik untuk tubuh kita bahkan dokter pun menyarankan untuk kita membiasakan tidur miring baik ke kiri maupun ke kanan, manfaat kita tidur miring ke kanan salah satunya adalah berhubungan dengan kesehatan kardiovaskuler atau jantung, saat tubuh miring ke kanan maka darah akan lebih banyak mengalir ke bagian kanan tubuh sehingga aliran darah yang melalui jantung lebih rendah dan mengakibatkan denyut jantung lebih lambat, tekanan darah akan menurun maka posisi miring ke kanan akan baik untuk membantu kualitas tidur anda.

Sedangkan manfaat tidur miring ke kiri sangat baik terutama bagi mereka yang mempunyai masalah dengan gangguan asam lambungnya seperti sering mengalami rasa seperti terbakar dalam perut atau heartburn, oleh karenanya jika terjadi salah posisi saat tidur mengakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan terjadinya insomnia.

Manfaat tidur miring ke kiri untuk penderita asam lambungBerdasarkan beberapa studi yang dilakukan membuktikan bahwa orang yang memiliki gangguan asam lambung dan sering tidur miring ke kanan maka kondisi gangguan asam labungnya akan semakin memburuk namun jika tidur diganti miring ke kiri maka kebalikannya kondisi gangguan asam lambung akan berkurang.

Apa penyebab tidur miring ke kanan tidak baik untuk penderita gangguan asam lambung? Simak penjelasannya seperti yang dilansir dari The Journal of Clinical Gastroenterology dan The American Journal of Gastroenterology di bawah ini:

Orang yang memiliki gangguan asam lambung saat tidur miring ke kanan maka esophageal sphincter atau saluran antara perut dan kerongkongan dapat melemah mengakibatkan asam lambung dapat naik ke kerongkongan dan efeknya lambung menjadi terasa perih dan panas seperti terbakar, selain itu tidur miring ke kanan dapat meningkatkan asam lambung dan jika sampai naik ke kerongkongan akan lama untuk menghilangkannya.

Sedangkan jika orang tersebut tidur miring ke kiri maka antara saluran dari perut ke kerongkongan akan menutup maka meskipun kadar asam lambung orang tersebut tinggi maka asam lambung tidak dapat naik ke kerongkongan sehingga tidur miring ke kiri sangat baik untuk para penderita gangguan asam lambung.

Jadi saat anda mengalami gangguan asam lambung hindari terlalu lama tidur miring ke kanan karena dapat memperburuk kondisi gangguan asam lambung anda, ubahlah posisi tidur anda menjadi miring ke kiri agar gangguan asam lambung anda dapat diminimalisir.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel lainnya: Sakit maag dan penyebabnya

Sumber: health.detik.com


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Manfaat tidur miring ke kiri untuk penderita asam lambung . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Manfaat tidur miring ke kiri untuk penderita asam lambung sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

26 comments

SalamMalam Mas Anthonie.. Baru tahu nih Mas Kalu posisi tidur Miring ada manfaatnya, Makasih atas Tips sehatnya ya Mas salam sehat selkalu Mas Anthonie :) :-bd

Balas

Asyik nih dapat ilmu kesehatnya Mas Anthonie pertamax nya juga dapat makasih ya Mas

Balas

saya mau tanya pak dokter,kok akhir-akhir ini pinggang saya setiap bangun tidur kok sakit itu kenapa ya?,saya kerja juga biasa-biasa saja padahal,apa pengaruh makanan atau gimana,atau kurang olahraga karena kebanyakan duduk,thanks

Balas

Sebenarnya banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya sakit pinggang saat bangun tidur bisa karena masalah pada urat, peradaangan, infeksi, sakit pada tulang seperti osteoporosis, ginekologik dan neurologik, gangguan ginjal dan lain-lain, kurang gerak dan kebanyakan duduk juga bisa menjadi penyebabnya, sebaiknya periksakan ke dokter agar bisa dipastikan penyebabnya.

Balas

Iya mas sama-sama :)

Balas

Iya mas jadi perlu dicoba kalau pas tidur hehe...

Balas

posisi tidur miring ke kiri ternyata bisa untuk mengurangi gangguan asam lambung..info bermanfaat

makasih mas

Balas

Wah bukannya kalau miring ke kiri malah memberatkan kerja jantung yah. Kalau saya malah suka miring ke kanan atau terlentang.

Balas

baru tau saya mas kalau gangguan di lambung bisa diringkan dengan tidur ke sebelah kiri

Balas

kunjungan siang sob.. :)

salam sukses selalu ya sob..

ada yang baru nih sob,,
kalo ada waktu,,sempatkan berkunjung balik ke sini ya sobat
Terima kasih sob..

Balas

wah jarang banget nih tidur miring saya mas, lebih sering tidur telentang aja, soalnya kan capek getu lho seharian kerja keras :D

Balas

wah dari segitu tidur aja berpengaruh ya, mantap sekali, makasih sharenya om,

Balas

Sama-sama mas Albar :)

Balas

Sekali-kali boleh juga mbak diseling tidur miring hehe :)

Balas

Makasih kunjungannya mas :)

Balas

Boleh dicoba mbak :)

Balas

Betul mas, saya sudah jelaskan di atas :)

Balas

Sama-sama mas Uda, semoga bermanfaat :)

Balas

Betul mas, semoga bermanfaat :)

Balas

Kalau aku tidur gak menentu. Trgantung nyamannya aja..

Balas

Sama mas saya juga begitu kadang miring kadang terlentang yang penting nyaman hehe...

Balas

Dok, mau tanya nih. Klo maag saya lagi kumat suka sakitnya sampe ke punggung, rasanya pegel banget sampe susah tidur. Kira2 kenapa dan hrs gimana.

Balas

Saya klo tidur terlentang malah ga enak.. eneg.. ad maag.

Balas

thanks untuk informasinya sangat bermanfaat, di tunggu tips kesehatan lainnya.
kunjungi juga www.probet88.com

Balas

Terima kasih info nya 😊
Semoga bermanfaat, sy juga penderita asam lambung. Nti di coba lebih sering tidur miring ke kiri 👌

Balas

Terima kasih info nya 😊
Semoga bermanfaat, sy juga penderita asam lambung. Nti di coba lebih sering tidur miring ke kiri 👌

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger