logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Tanda dan gejala usus buntu

Gejala usus buntu - Penyakit usus buntu atau disebut juga appendicitis adalah kondisi dimana usus buntu mengalami peradangan, membengkak dan bernanah, dan jika dibiarkan akan mengakibatkan pecahnya lapisan usus buntu dan dapat berakibat fatal bagi si penderita.

Usus buntu atau Appendix ini merupakan usus kecil berbentuk seperti jari yang berada pada ujung usus besar dan terletak di sebelah kanan bagian bawah perut, mempunyai panjang sekitar 10 cm

Banyak orang yang beranggapan bahwa usus buntu adalah usus kecil yang tidak berguna, namun tahukan anda bahwa usus buntu bukanlah usus yang tidak ada gunanya sama sekali namun berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap bakteri dalam perut yang berisi kelenjar limfoid.

Gejala usus buntu
Usus buntu
Penyebab terjadinya penyakit usus buntu:
Penyebab usus buntu adalah dikarenakan adanya benda kecil dan keras yang masuk ke dalam usus buntu dan tidak bisa keluar sehingga mengakibatkan terjadinya peradangan, dan jika dibiarkan maka usus buntu menjadi rapuh dan berujung pada pecahnya usus buntu.

Pencegahan terjadinya gejala usus buntu:
Untuk mencegah penyakit usus buntu adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan sehingga sisa makanan di dalam usus menjadi lunak dan mudah dikeluarkan, dan biasanya orang yang rutin mengkonsumsi makanan kaya serat jarang terkena penyakit usus buntu.

Tanda-tanda gejala usus buntu:
  • Pada tahap awal ditandai dengan adanya gejala seperti perut kembung, mual, muntah, kehilangan nafsu makan.
  • Kemudian ditandai dengan sakit di bagian perut bagian pusar kemudian menjalar ke sebelah kanan bawah, sering terjadi dan semakin hari semakin memburuk.
  • Saat kaki ditekuk dan ditekan ke bagian perut maka akan terasa sakit.
  • Demam dan menggil
  • Perut bengkak
  • Keram pada perut
  • Diare
  • Sembelit
  • Jika usus buntu sudah parah rasa sakit akan terasa sampai telapak kaki sehingga saat menggerakkan kaki kanan pun akan terasa sakit.
Jika usus buntu sampai pecah akan berakibat:
  • Terjadinya komplikasi pada organ tubuh lain dan akibat terburuk adalah terjadinya kematian.
  • Kuman dalam usus akan menyebar ke dalam perut sehingga mengakibatkan terjadinya peritonitis dan ini sangat berbahaya, serta kuman dapat juga masuk ke dalam pembuluh darah dan ini pun sangat berbahaya. 
  • Terbentuknya abses yaitu kumpulan nanah di dalam perut.
  • Jika penderita adalah wanita menyebabkan terinfeksinya indung telur sehingga mengakibatkan kemandulan.
Cara mengatasi penyakit usus buntu:
Satu-satunya cara untuk menghilangkan usus buntu yang meradang adalah dengan cara dioprasi, yaitu usus buntunya dibuang, namun tidak menutup kemungkinan akan timbulnya sakit kembali setelah operasi di bagian perut sebelah kanan ini dikarenakan terjadinya abses atau kumpulan nanah, atau bisa juga terjadi peradangan disekitar usus buntu akibat infeksi terdahulu, sehingga diperlukan operasi kembali, namun hal ini jarang terjadi.

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Tanda dan gejala usus buntu . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Tanda dan gejala usus buntu sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

128 comments

Alhamdulillah...dilihat dari gejalanya sptnya tidak nampak pada diri saya. semua artikelnya Bermanfaat nih utk belajar hidup sehat

Balas

Nice for sharing sobat...
terimakasih udah share informasinya semoga bermanfaat

Balas

tuh kan udah dijelasain mas anthoni diatas, ntar perlu berhati-hati ya kalo mau makan benda keras berarti mas :)

Balas

makasih buat infonya ya sis atau gan

Balas

artikel bermanfaat..jadi dapat referensi seperti apa gejala dan cara mengobati seandainya kena penyakit seperti ini. Paling tidak seperti itulah pertolongan pertamanya.. :)

Balas

Kalau kebanyakan makanan berserat repot juga Mas, terlalu lancar sih. hehe

Balas

Syukurlah mbak Indah, mudah-mudahan jangan sampai terjadi ya...Makasih atas kunjungannya...

Balas

Makasih sobat atas kunjungannya... semoga bermanfaat :)

Balas

Haha...sip tuh mas Andes :)

Balas

Sama-sama sis... padahal udah ada fotonya tuh di bawah artikel masih bingung juga ya hehe...

Balas

Iya sob kita perlu tahu paling tidak hal-hal yang penting supaya kita tidak salah mengambil keputusan, makasih kunjungannya sobat :)

Balas

Hehe... yang penting seimbang mas, terlalu banyak juga gak bagus toh :)

Balas

wah informasi-informasinya sungguh luar biasa dan sangat bermanfaat ni juragan, kalau ada waktu luang singgah lagi ia di blog ane.

Balas

Semula saya beranggapan usus buntu itu tdk berguna sesuai namanya, sob. Ternyata fungsinya sbg pertahanan tubuh thdp bakteri. Terima kasih infonya, sob.

Balas

kakak saya ususnya udah dipotong gara2 penyakit usus buntu.

Balas

Waahh manteb nih infonya, ane sebelumnya belum tau betul tentang ini... thank's ya

Balas

informasi yang bagus.. sebaiknya buang biji cili ketika memasak..

Balas

nice info gan

mampir juga di blogku ya

http://ebookqoeray.blogspot.com

Balas

terimakasih banyak mas info disini sangat bermanfaat sekali untuk referensi menjaga kesehatan.....

Balas

ini kelihatannya sepeele tapi bahaya :) .

Balas

Oke sob makasih... saya pasti datang berkunjung ke tempat sobat :)

Balas

Iya sob saya juga pertama beranggapan begitu... sama-sama sob :)

Balas

Iya sob cuma itu cara terbaik supaya dapat sembuh dari penyakit usus buntu...

Balas

Makasih sob... semoga bermanfaat dan sukses selalu :)

Balas

Ya sob lebih baik mencegah tapi itu bukan merupakan pencetus utama penyakit usus buntu... makasih udah berkunjung :)

Balas

Makasih sob... saya pasti mampir, makasih kunjungannya :)

Balas

Iya mas Alex semoga bisa bermanfaat jika sewaktu-waktu diperlukan, makasih udah mampir mas :)

Balas

Hehe... betul sekali mbak Tia, yang penting kita tahu gejala dan tindakan yang perlu dilakukan... makasih kunjungannya :)

Balas

iya mas anthonie...jadi ngeri juga ya...
kesehatan memang sangat mahal ya mas...
jadi lebih peduli deh mulai saat ini dari hal terkecil :)
trima kasih mas.... untuk info kesehatannya :)

Balas

benda kerasnya ndak termasuk kayak tang sama kerikil kan mas andes..hehhee :)

Balas

tapi berserat sepanjang gratis...ndak papa loh mas...lebih mending ketimbang makanan bersyarat...

syarat bayar maksudnya ...hehehe :)

Balas

Nah ilmu dan info lagi nih :)

Balas

Informasi dan pengetahuan soal kesehatan yg bermanfaat dan berguna sekali sobat
terima kasih banyak sudah berbagi

Balas

Betul mas Budi, kita harus menjalankan pola hidup sehat sedari dini supaya kita terhindar dari bermacam penyakit, kesehatan memang mahal harganya tapi kan lebih baik mencegah daripada menyesal, iya kan Mas Budi....

Balas

Sama-sama sobat... semoga bisa bermanfaat :)

Balas

Mas Budi seneng yang gratis-gratis ya... hehe...

Balas

Masak tang makan tang hoho....

Balas

Have a nice weekend it was hot today, thank you very much for your visit :)

Balas

Thanks for your visit here Ann, Have a nice weekend to you too :)

Balas

Terima kasih atas ulasan-ulasan Anda, informasinya sangat membantu :)

Balas

Sama-sama sobat... semoga bermanfaat, makasih kunjungannya :)

Balas

bagus sekali sob, pada umumnya penanganan usus buntu ini hanya dengan melakukan operasi yang berakhir usus buntu tersebut dipotong itu berarti salah satu alat kekebalan tubuh hilang. Sebagian orang mengatakan usus buntu bukan satu-satunya alat kekebalan tubuh, melainkan ada di beberapa tempat pada tubuh kita, salah satunya amandel

Balas

ini nih kebiasaan lama mas budi yang susah di ilangin, masih aja suka makan tang ya mas :) jangan mas, mulai sekarang di ganti bapao aja ya *hohoho

Balas

kebanyakan makan tang bisa mengakibatkan masuk angin yah.. :D

Balas

Iya sob operasi adalah satu-satunya cara untuk menyembuhkan penyakit usus buntu, dan memang selain usus buntu ada juga amandel yang merupakan salah satu alat kekebalan tubuh lainnya dan hampir mirip dengan usus buntu yaitu jika dirasa sudah sangat mengganggu harus dibuang... Makasih sobat :)

Balas

Iya nih mas Budi doyannya yang aneh-aneh hehe.....

Balas

Masuk angin sama keselek, karena itu hindarilah makan tang hehe...

Balas

makasih gan atas artikelnya,,,,
sangat bermanfaat,,,,,

Balas

Semoga saya dan keluarga juga para sohib dijauhkan dari penyakit ini..
Btw, bermanfaat banget nih infonya. Tq ya sohib sudah berbagi...

Balas

Artikel seperti ini wajib di save nih bro,,,soalnya berkaitan dengan yang namanya kesehatan,dan itu sangat penting untuk kelangsungan hidup,Terimakasih bro and ijin sedot nih artikelnya,,,,

Balas

setuju kang Dede, ini pengetahuan penting, saya juga ijin save ..)

Balas

Amiin...
memang bener sob, sepertinya sangat mengerikan kalau sudah terkena apalagi harus diopersai...wah bisa mengerikan.

Balas

benar Miz ini sangat berbahaya, makanya perlu dijaga dengan mencegahnya, jangan sampai terjadi

Balas

Betul mas lebih baik mencegah dari pada mengobati :)

Balas

Sama-sama sob... semoga bermanfaat :)

Balas

Iya sob semoga kita dihindarkan dari penyakit ini ya... berabe deh kalau sampai kena...

Balas

Makasih kunjungannya kang Dede dan Mas Penyuluh Perikanan... silahkan kalau mau disave :)

Balas

Thanks, Sob telah berbagi,..bermanfaat banget artikel kesehatannya tentang usus buntu,nice shared!

Balas

mbak Indah,,, memang tidak nampak sih ,tapi mbak Indah tidak menyadari kalau mbak ini menderita penyakit "gula" buktinya terlihat selalu manis jiaahhahahahaha

Balas

maksih sobat, kayaknya saya ngak deh

Balas

ngeri memang mas budi
mudah mudahan dengan menjalani pola hidup sehat kita semua bisa terhndar, intinya pencegahan itulah yg terbaik.

Balas

Wah Kang dede ini ada ada saja, hati hati loh Kang...Ingat..hehe

Balas

sesekali boleh lah...buat ngasah gigi....haha :)

Balas

jelas dong...hebat kan saya....hehe :)

Balas

mas anthonie + mas Pp ; betul mas...point banget emang hal itu...buat jd dasar...biar kita tetep sehat :)

Balas

Kang Dede mulai keliatan aslinya nih iya kan mas PP hehe....

Balas

Kaya drakula aja nih mas Bud hehe...

Balas

Makasih sob atas kunjungannya :)

Balas

Makasih sob... semoga bermanfaat :)

Balas

Iya mas Albar kalau bisa sih jangan sampe ngalamin yah :)

Balas

Pencegahan selalu lebih baik, makanan berserat memang sangat bermanfaat untuk badan kita. Terima kasih infonya.

Mau jawab pertanyaannya nih. Lokasi pengambilan foto di TPU Blender, Bogor.

Balas

Sebenarnya, fungsi usus buntu itu sendiri utk apa ya sob? bisa dijelaskan?

Balas

Lebih baik mencegah daripada terlambat, dan makanan berserat sangat baik memang untuk melancarkan pencernaan.
Makasih mbak Lina, oh ya tempat pusaranya orang tua mbak Lina ya.... Masih keliatan bagus :)

Balas

Sudah saya jelaskan dalam artikel sob, fungsinya juga sama seperti amandel untuk daya tahan tubuh... semoga bermanfaat :)

Balas

obatnya jus lele ya..

saya pernah baca.. ini penyakit bisa mematikan.
sehat itu mahal.

Balas

Ada baru lagi nih jus lele hehe...
Iya mbak Tia kesehatan itu mahal, sip deh :)

Balas

terima kasih artikelnya,,sangat bermanfaat sekali

Balas

sudah pernah merasakan sakitnya usus buntu :(

Balas

Makasih sob... semoga bisa bermanfaat :)

Balas

Wah tentunya pengalaman yang kurang menyenangkan ya sob, tapi memang kalau sudah terjadi tidak bisa dihindari lagi... makasih kunjungannya :)

Balas

hahaha asli banget bro,,,,daripada kepalsuan bro kakak

Balas

jangan makan makanan yang mengandung zat besi,seperti gunting kuku dan jarum jahit,,,biar gakene usus buntu bro

Balas

Mang baru tau ya mas ant...kalo kang Dede...juga jago tebar pesona.... Hehe :)

Balas

Ketauan mah..kang dede emang suka nya yg cair2... Hehe

Balas

Iya gan... sukses selalu buat agan...hehehe

Balas

Good evening I want to have a good rest thank you very much for your visit :)

Balas

Aku pernah mengalami kram di perut,sumpah sakitnya minta ampun sampai keluar air mata menahan sakitnya,Semoga saja bukan termasuk gejala Usus buntu,,,

Balas

Iya kang Dede dari pada pura-pura mending apa adanya ya hehe...
He..eh mas Budi baru tahu saya hohoho...

Balas

Haha... nasehat yang sangat bagus tuh kang Dede...
Yang cair-cair misalnya apa nih mas Bud hehe... olie kali ya haha....

Balas

emang abis berantem apa haha...

Balas

You're welcome my friend Have a nice weekend :)

Balas

Mungkin bukan kang Dede, biasanya kram di perut terjadi karena penyakit di lambung seperti maag dll, faktor penyebabnya adalah karena telat makan lalu makan yang pedas dan asam atau karena stes dll.

Balas

udah hampir puasa mas, semoga tetap sehat2 saja ya..
maaf nih mas anthoni saya baru bisa berkunjung kembali

Balas

kayaknya enak kumis lele deh lebih berasa patilnya *hohoho

Balas

Mav doang nih...martabaknya mana mas..hehe

Balas

Kalau saya sih ogah mas entar bibirnya bengkak-bengkak deh hehe....

Balas

Minyak angin mas...hehe.. :)

Balas

Gpp mas andes, iya nih sebelum puasa harus jaga kesehatan biar gak gampang sakit... oh ya mas Andes martabaknya ketinggalan yah hehe...

Balas

Mas pp sama kang Dede...save an nya udah satu lemari..mesti hehe :)

Balas

Wah bahaya itu mas bisa-bisa ada gas yang bocor entar hehe...

Balas

Tenang mas yang jual lemari masih banyak kok hehe...

Balas

Tanda-tanda gejala usus buntu diatas, pakah sudah dalah tahap stadium peradangan?

Balas

mkch infonya

Balas

kunjungan rutin, yu kunjung balik

Balas

Obstruksi usus merupakan penyumbatan intestinal mekanik yang terjadi karena adanya daya mekanik yang bekerja atau mempengaruhi dinding usus sehingga menyebabkan penyempitan/penyumbatan lumen usus. Obstruksi usus sendiri dapat diartikan sebagai adanya sumbatan mekanik yang terjadi di usus, baik yang sifatnya parsial maupun total. Penyebab yang paling sering dari obstruksi usus adalah adhesi (perlekatan), yakni ditemukan > 50% dari semua kasus, pada 3-6 bulan setelah operasi abdomen. Pemicunya adalah gangguan "mekanis" di usus. Gangguan mekanis usus, dipicu oleh beberapa faktor, yaitu hernia, tinja, empedu, tumor di usus, jaringan yang tidak normal, benda asing yang tertelan.

Balas

Betul sob, jika peradangan sudah terjadi perlu waspada harus segera diambil tindakan segera :)

Balas

Sama-sama sob... semoga bermanfaat :)

Balas

Makasih sob atas kunjungannya... ok saya pasti datang :)

Balas

Wah ngeri juga yah sob kalau sampai terjadi... Makasih sobatas kunjungannya, sukses selalu :)

Balas

Trimakasih,,,mudah"an bermanfa'at,,,,

Balas

Trimakasih,,,mudah"an bermanfa'at,,,,

Balas

semoga bermanfaat... makasih kunjungannya :)

Balas

Bahay juga ya mas penyakit usus buntu. Penyakitnya nggak kelihatan. Tapi dampak yang ditimbulkan bisa dirasakan. Harus segera ditangani penyakit ini

Balas

Iya mbak jika terjadi tanda-tanda terkena usus buntu harus segera periksakan ke dokter, agar tidak membahayakan keselamatan jiwa, makasih kunjungannya :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger