Tips dan informasi seputar masalah kesehatan

Penyebab mimisan dan cara mengatasinya

by Anthonie Eka , at 3:30 PM , have 64 comments
Penyebab mimisan
Mimisan
Penyebab mimisan - Mimisan atau istilah kedokterannya epistaksis adalah pendarahan yang terjadi dari hidung dan bisa terjadi kepada siapa saja baik anak-anak maupun dewasa dan biasanya mimisan terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya.

Menurut para ahli kesehatan sebagian besar mimisan akan berhenti dengan sendirinya  namun perlu dengan segera dilakukan penanganan agar tidak terjadi nya komplikasi yang berat, hanya sebagian kecil saja yang diperlukan penanganan khusus.

Mimisan bisa dikatakan berbahaya jika disebabkan oleh karena penyakit yang cukup serius seperti demam berdarah, namun jika dikarenakan infeksi di bagian hidung maka ini merupakan mimisan ringan dan tidak terlalu berbahaya,  anak-anak yang mengalami mimisan pada umumnya merupakan mimisan yang tergolong ringan dan tidak berbahaya, namun perlu diperhatikan juga selama si anak tidak mengalami gejala demam dan kondisi tubuh masih sehat, gejala ini masih dalam tahap yang wajar.

Beberapa faktor penyebab mimisan yang biasa terjadi pada anak adalah:
  1. Faktor gangguan pembekuan darah, terjadi karena pembuluh darah dan trombosit tidak dapat menutup luka dengan sempurna, yaitu proses pembekuan darah tidak berjalan dengan baik sehingga darah mengalir keluar.
  2. Faktor organik, adanya gangguan sejak kecil berupa gangguan pada pembuluh darah di hidung seperti pembuluh darah di hidung yang tips, rapuh dan terlalu lebar sehingga saat si anak melakukan aktifitas berlebih, stres dan terjadi iritasi di hidung mengakibatkan si anak mudah mimisan.
Cara mudah untuk menghentikan mimisan pada anak-anak:
  • Jika sedang terjadi mimisan penderita jangan dibiarkan tidur terlentang atau kepala menengadah namun suruh si penderita untuk duduk dengan posisi badan dan kepala agak maju kedepan supaya mencegah darah mengalir ke lambung dan kerongkongan, selanjutnya pencet hidung selama 2-5 menit dan biarkan si penderita untuk bernafas lewat mulut, lakukan beberapa kali sampai mimisan tersebut berhenti.
  • Siapkan es batu lalu bungkus dengan sapu tangan kemudian tempelkan diantara hidung dan kening, ini berfungsi untuk mengecilkan pembuluh darah sehingga pendarahan dapat dihentikan.
  • Gunakan daun sirih yang sudah dibersihkan kemudian digulung  dan masukkan ke dalam lubang hidung untuk menyumbat mimisan.
  • Siapkan air bersih yang dicampur dengan garam dapur lalu celupkan kapas kedalam campuran air garam tadi dan tempelkan ke bagian hidung.
  • Jika dengan beberapa cara di atas mimisan masih terus terjadi segera bawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut, karena jika dibiarkan pendarahan terlalu lama akan mengakibatkan terjadinya anemia dan syok sehingga dapat membahayakan si penderita.
Penyebab mimisan diantaranya:
  • Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi yang mengalami mimisan seringkali dapat berakibat fatal, lebih baik jika langsung diperiksakan ke dokter.
  • Gangguan kehamilan dan menopause karena dipengaruhi oleh perubahan hormonal.
  • Infeksi sistemik seperti pada thypus, influenza dan demam berdarah.
  • Adanya tumor pada hidung untuk penderita leukimia, hemofilia, trombositopenia dan anemia aplastik.
  • Adanya perubahan tekanan atmosfir secara tiba-tiba seperti saat menyelam dan menaiki pesawat terbang.
  • Lingkungan udara yang sangat dingin atau terlalu panas.
  • Mengalami trauma ringan seperti sering mengorek hidung, bersin, mengeluarkan ingus terlalu keras atau terjadi benturan ringan.
  • Mengalami trauma berat seperti terpukul, terjatuh, patah tulang hidung atau adanya benda asing yang masuk dalam hidung, maupun adanya rangsangan iritasi dari gas.
  • Infeksi lokal seperti sinusitis atau rinitis
  • Infeksi spesifik seperti rinitis jamur, tuberkulosis, lepra, sifilis atau lupus.
Mimisan dapat mengakibatkan komplikasi seperti:
  • Terjadinya syok dan mengalami anemia, disebabkan keluarnya pendarahan yang cukup banyak karena terlambatnya penanganan mimisan.
  • Jika terjadi anemia dikarenakan mimisan maka berakibat kerja jantung semakin berat sehingga memicu terjadinya pembengkakan di jantung.
  • Tekanan darah yang menurun karena pendarahan yang cukup banyak.
Terima kasih telah membaca Artikel Penyebab mimisan dan cara mengatasinya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Penyebab mimisan dan cara mengatasinya sebagai sumbernya.
Anthonie Eka
Penyebab mimisan dan cara mengatasinya - written by Anthonie Eka , published at 3:30 PM, categorized as Tips Kesehatan . And have 64 comments






64 comments Add a comment
Andes Rizky Nugroho
ya dulu saya juga pernah mimisan main bola kena mukanya. hohoho
pake daun sirih mas yang pas, soalnya kalo pake daun pisang terlalu lebar :)
hohoho
Anthonie Eka
Betul mas haha...lucu juga nih mas Andes :)
Portal Update Artikel Terkini
Haha... jadi inget kecil dulu. hobinya mimisan :D
Thanks udah share artikel mimisan ini. hehe
Anthonie Eka
Sama-sama sob, tapi sekarang udah nggak lagi kan?
Reply Delete
Berbagi Info
Kunjungan balik gan!
Anthonie Eka
Makasih kunjungannya sobat :)
saiful zindan
apa ada pengaruh anak yang sering mengalami mimisan?
Anthonie Eka
untuk anak-anak yang sering mimisan masih dianggap normal namun jika beranjak dewasa masih sering mimisan itu yang perlu diwaspadai, tapi untuk lebih pastinya lebih baik periksakan ke dokter mas :)
Reply Delete
Indah P
dulu saya sering mimisan Om , emang manjur ketika mimisan dikasih daun sirih. bermanfaat banget tipsnya
Anthonie Eka
Makasih... seneng nih mbak Indah bisa mampir sini :)
Reply Delete
Marnes Clicker
Saya juga pernah ngalamin tuh gan yg namanya mimisan...
thanks ya udah share infonya semoga bermanfaat!
Anthonie Eka
Iya sob, mimisan bisa terjadi pada siapa saja, saya juga pernah... Makasih kunjungannya :)
Reply Delete
budi os 19
bener sekali mas....dg menggunakan daun sirih
sangat berkhasiat dan efektif banget buat ngentiin mimisan .. :)
Nice..
Anthonie Eka
Iya mas Budi, daun sirih banyak manfaatnya termasuk buat mimisan :)
Reply Delete
caca imoet
This comment has been removed by a blog administrator.
Anthonie Eka
Hallo sobat salam kenal ya... nanti saya datang :)
Delete
belajar bahasa Inggris
Alhamdulillah, selama ini tidak pernah mimisan soB, semoga saja juga tidak pernah
Anthonie Eka
Iya sob kalo bisa sih jangan sampe ngalamin... makasih kunjungannya :)
Reply Delete
Faceblog Evolutions
kenapa ya mas, kalo mimisan kok kebanyakan kayaknya saat masih usia anak. kalo usia remaja apa udah tua gitu kok jarang sepertinya
Reply Delete
Penyuluh Perikanan
wah ini memang benar sering terjadi pada anak anak sobat, sepertinya ini pengetahuan penting yg harus kita ketahui
sangat bermanfaat dan terima kasih sudah berbagi
Reply Delete
$$
waktu saya kecil dulu saya sering mimisan
Reply Delete
Anthonie Eka
@Faceblog Evolutions: Iya mas soalnya kalau sudah dewasa daya tahan tubuh lebih kuat jadi lebih jarang yang kena mimisan.
@Penyuluh Perikanan: Makasih sobat... semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@Muslimedica: Betul sob, untuk kasus yang seperti itu memang harus lebih hati-hati, makasih udah berkunjung :)
@$$: Mudah-mudahan sekarang nggak lagi ya sob...
Reply Delete
ΘΗΒΑ REAL NEWS
I visit and give your full support and please support me back. Thank you in advance.
Reply Delete
caca imoet
pagi2 dah dpt info bagus..thx ya gan
Reply Delete
Mekanik Komputer
kata orang jaman dulu katanya suruh pakai daun sirih ya
Reply Delete
Toko Osing
kalau di film atau sinetron biasanya orang mimisan terkena penyakit yang serius ya
Reply Delete
Anthonie Eka
@ΘΗΒΑ REAL NEWS: Thanks for your visit here my friend :)
@caca imoet: Makasih gan semoga bermanfaat :)
@Mekanik Komputer: Iya sob pake daun sirih juga bagus buat menyembuhkan mimisan :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@gosip game: Bagus deh kalau begitu gan...
@Toko Osing: Iya sob bisa terjadi mimisan dikarenakan penyakit yang serius, jadi perlu waspada juga...
Reply Delete
caca imoet
This comment has been removed by a blog administrator.
Delete
Anthonie Eka
@caca imoet: Makasih sob buat kunjungannya semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Penyuluh Perikanan
terima kasih banyak sudah berbagi info untuk kesehatan sobat
Reply Delete
Anthonie Eka
@Penyuluh Perikanan: Sama-sama sobat... makasih udah berkunjung :)
Reply Delete
Fotonia Lokasia
hello hopefully we have a beautiful day :)
Reply Delete
Abdibro (Jejak Bocah)
thanks infonya sobat :) siapa tau saya mimisan tiba-tiba kan. heheh
Reply Delete
Anthonie Eka
@Fotonia Lokasia: Thank you my friend you too...
@Abdibro (Jejak Bocah): Hehe... sama-sama sob :)
Reply Delete
budi os 19
hadir dan mampir lagi mas...sambil baca artikel soal kesehatan yang bermanfaat di sini
met malam :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@budi os 19: Makasih mas Budi os... lama gak kelihatan nih hehe...
Reply Delete
caca
info yang bagus bgt..thx y..met pagi ;)
Reply Delete
Andes Rizky Nugroho
haduh mas saya lagi masuk angin nih, bisa gak yah tak kasih daun sirih perutnya biar mampet :D
hehehe
Reply Delete
nurcahyaku10
Selamat malam sahabat, terima kasih atas kunjungannya :)
Reply Delete
enonovan44
Nice post gan :D
absen malam disini :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@caca: Sama-sama sob... makasih kunjungannya :)
@Andes Rizky Nugroho: Mendingan minumin air jahe aja mas Andes, biar anginnya keluar hehe...
Reply Delete
Anthonie Eka
@nurcahyaku10: Sama-sama kawan... terimakasih kembali :)
@enonovan44: hallo gan... makasih udah berkunjung :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@EBook Gratis: Makasih udah berkunjung kawan... sukses selalu :)
Reply Delete
Miz Tia
aku dulu kaget bgy mimisan kena bola kasti -__- ,..
terus pake daun sirih, :) .
Reply Delete
Anthonie Eka
@Miz Tia: Pengalaman yang tak terlupakan ya mbak Tia...pake daun sirih bagus juga kok, makasih udah mampir :)
Reply Delete
Mizz Aiza
pernah terjadi ketika cuaca sangat panas..
Anthonie Eka
Iya kawan itu bisa juga terjadi karena pengaruh faktor temperatur udara yang panas...makasih udah mampir kawan :)
Reply Delete
Ary Kencana
Kalo disaat kepala sakit, trus mimisan..
saya sering mengalami hal ini gan...
itu penyebabnya apa ? gimana cara atasinya,?
Anthonie Eka
Hallo mas Ary, kalau mimisan yang ringan biasanya tidak disertai dengan sakit kepala, tapi kalau disertai sakit kepala ada beberapa kemungkinan diantaranya mungkin mas Ary terkena sinusitis atau maaf kemungkinan karena adanya tumor di kepala, sebaiknya diperiksakan saja ke dokter supaya bisa dipastikan penyebabnya, makasih semoga bermanfaat.
Reply Delete
Elly Uyun
Trims infox sy buka link ini krn baru aja anak sy mimisan
Darah yg keluar lumayan banyak, khawatir juga rasanya.
Selama ini mall anak sy mimisan sy suruh berbaring, ternyata sy salah
Untung anak sy gak apa2, trims infonya
Anthonie Eka
Semoga cepat sembuh buat anaknya ibu Elly yah :)
Reply Delete
mama kinan
Iya, anak sya sebulan ini dah 3 kali mimisan..mau sya bwa konsul dktr ntar malam..mimisannya sebentar aja sih..tp khawatir jg..thnks infonya ya :D
Anthonie Eka
betul mbak, lebih baik dikonsultasikan dengan dokter supaya dapat diketahui lebih pasti penyebabnya, makasih kunjungannya :)
Reply Delete
fakhry
Trims atas artikelnya, kadang kala kita merasa khawatir bila buah hati kita mengalami mimisan, pdhl wkt kecil dl kita pun prnh mengalaminya :)
Anthonie Eka
Betul mas Fakhry, yang penting kita harus tahu cara mengatasinya agar secepatnya dapat teratasi :)
Reply Delete
igo
Apa mungkin gan karena benturan-benturan sebelumnya bisa mengakibatkan mimisan dikemudian hari? anak ane 6 th, dulunya hyperaktif jd sering kena bnturan. tp sekarang sering mimisan, apalagi kalo lg demam/flu. usia 2 th pernah kena flek di paru, pengobatan 6 bulan dan dinyatakan sembuh. berpengaruh ga ya gan? thank's sebelumnya gan....
Anthonie Eka
memang benturan atau trauma baik ringan maupun berat bisa mengakibatkan mimisan gan, tapi sebaiknya diperiksakan ke dokter supaya bisa diketahui lebih pasti penyebabnya.
Reply Delete
Fitri Zelika
Teman saya penderita penyakit ginjal dan saat ini sering sekali mimisan dan jumlah darah yang kluar lmyan bnyak. Apa mimisan itu tanda bertambah parahnya penyakitnya?? Mohon jawabannya. Terima kasih..
Anthonie Eka
Mimisan bisa juga merupakan salah satu gejala gagal ginjal akut, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter mbak.
Reply Delete
anisa
mas sya dalam sebulan ini udh 4 kali mimisan..dan skrg saya mimisan disertai sakit kepala dan badan saya panas..apakah itu parah? makasih sebelumnya.
Anthonie Eka
mimisan sebenarnya tidak terlalu berbahaya mbak Anisa, namun jika disertai demam biasanya disertai adanya penyakit lain seperti infeksi sedangkan jika disertai sakit kepala pada umumnya karena sinusitis, namun mimisan bisa disebabkan oleh karena faktor lain, sebaiknya segera diperiksakan di dokter agar bisa diketahui penyebab pastinya, semoga bermanfaat.
Reply Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Rahasia hidup sehat by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger