logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Penyebab sakit radang tenggorokan

Radang tenggorokan - Radang tenggorokan biasanya disebut juga Faringitis, penyebabnya adalah karena terjadinya infeksi pada tenggorokan dan kemudian menjadi radang,  penyebab utama dari radang tenggorokan ini adalah dikarenakan oleh bakteri sedangkan penyebab lainnya adalah karena virus .

Pencegahan penularan radang tenggorokan
Untuk menghindari keluarga anda terkena penyebaran radang tenggorokan usahakan untuk memakai peralatan makan dan minum sediri-sendiri, seperti gelas ataupun sendok, karena bakteri dapat menular bahkan setelah 2 hari pemakaian antibiotik bakteri masih dapat menular, karena itu jika keluarga anda tidak ingin terkena juga sebaiknya peralatan yang digunakan dipisah saja .

Radang tenggorokan
Radang tenggorokan
Radang tenggorokan dan sakit tenggorokan merupakan 2 hal yang berbeda
  1. Sakit tenggorokan, disebabkan oleh virus seperti pilek, antibiotik tidak dapat digunakan untuk mematikan virus, jadi pengobatan sakit tenggorokan oleh karena virus dengan menggunakan antibiotik adalah percuma biasanya dokter akan memberikan obat untuk menghilangkan gejala dan penghilang rasa sakit antipiretik penurun demam atau analgesic penghilang rasa nyeri. 
  2. Radang tenggorokan, disebabkan oleh bakteri dapat diobati dengan antibiotik namun harus sesuai dengan anjuran dokter biasanya antibiotik diberikan untuk 10 hari dan sangat penting untuk meminum antibiotik sampai habis meskipun setelah 2-3 hari kondisi sudah membaik, karena jika antibiotik tidak diminum sampai habis maka bakteri akan menjadi kebal sehingga akan sulit untuk penyembuhan berikutnya jika terjadi sakit kembali. Hindari berbagi peralatan makan dan minum karena radang tenggorokan dapat menular.  
Tips untuk mengatasi radang tenggorokan:
  • Banyak  minum air putih hangat agar tenggorokan tetap lembab.
  • Hindarilah mengkonsumsi makanan pedas, berminyak dan asam karena dapat memperparah radang tenggorokan.
  • Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin sementara waktu.
  • Banyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan makanan yang mengandung vitamin A, C, E, B1, B6 dan asam folat yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Jika suara anda mengalami gangguan,  usahakan untuk mengistirahatkan suara anda sementara dengan mengurangi berbicara.
  • Herbal pelega tenggorokan seperti permen atau lainnya juga dapat membantu mengurangi gejala sakit tenggorokan.
  • Berkumur air garam yang hangat dapat mengurangi pembengkakan dan membantu membunuh virus penyebab sakit tenggorokan.
  • Hindari merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Bawang putih mengandung senyawa allicin yang berperan membunuh bakteri, ambilah bawang putih kecil lalu kunyah.
Tanda-tanda sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus:
  • Mengalami bersin-bersin dan batuk dan selanjutnya ditandai dengan suara serak.
  • Tenggorokan terasa kering, sakit dan gatal
  • Mengalami demam ringan.
Tanda-tanda radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri:
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher.
  • Tenggorokan terasa sakit saat menelan.
  • Dinding tenggorokan berwarna merah disertai bercak putih.
  • Meningkatnya suhu badan serta badan menggigil.
Makanan yang baik dikonsumsi saat anda radang tenggorokan:
  • Sup ayam, sangat membantu sebagai anti radang juga berfungsi mencegah virus untuk masuk ke dalam tubuh.
  • Jus lemon, yang dicampur madu, tapi jangan dicampur dengan es, selain mengandung vitamin C juga dapat menyembuhkan rasa sakit di tenggorokan.
  • Pisang, mengandung vitamin B6, C dan kalium sangat baik untuk penderita radang tenggorokan.
  • Pasta gandum, selain teksturnya yang lembut juga mengandung vitamin B1, B2, B3, E serat dan zat besi.

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Penyebab sakit radang tenggorokan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Penyebab sakit radang tenggorokan sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

133 comments

waduh ....untuk jauh dari pedes2 dan gorengan sepertinya susah mas. itu menu saya setiap hari ...... mudah2an ndak sampai radang tenggorokan, kalau radang dompet sih sering banget. ekekekke

Balas

nyimak dulu Mas Anthonie,nanti balik lagi,sekarang mau berangkat kerja dulu hehe,,,,

Balas

Bener banget tuh kak, saya agak enakan kalo banyak minum air putih hangat agar tenggorokan tetap lembab.

Balas

wah, harus rajin2 jaga kesehatan nih, kan gak enak juga kalo lagi sakit! komen back di blogku yah!

Balas

iya..saya juga sama kyak mbak indah. Sukanya sama yang pedes-pedes dan berminyak. Tapi alhamdulillah selama ini tidak apa-apa. Artikelnya informatif sekali mas..

Balas

Kalau yang satu itu sih bukan radang mbak Indah tapi udah masuk dalam kategori kangker hehe...

Balas

Sip kang kerja yang rajin yah nanti siapa tahu dinaikin jabatannya hehe...

Balas

Sip deh sob... kalau perlu dikasih madu, bagus juga tuh :)

Balas

Iya sob harus jaga pola makan juga biar sehat, ok nanti saya datang hehe...

Balas

Emang betul sih mas kalau makan yang pedes-pedes sama gorengan bikin nafsu makannya bertambah, yah selama nggak terkena radang sih nggak apa-apa, yang penting jaga kesehatan mas... Makasih mas Babol only :)

Balas

Nyantai aja sob hehe... makasih kunjungannya sob :)

Balas

Keren nih gan.... ditunngu postingan terbarunya... :)

Balas

wah, apa mungkin aku terkena radang tenggorokan ya sob, soalnya aku batuk gak sembuh2 loh, padahal udh diobatin, trs tenggorokan terasa gatal dan sakit..
emang sih waktu makan pisang tuh terasa enak jadinya... mksh sob infonya...

Balas

Makasih gan buat kunjungannya... ditunggu aja artikel selanjutnya :)

Balas

Mungkin saja sob, perlu dihindarin makanan pedas, asam dan berminyak, serta kurangin merokok dan coba tips di atas, mudah-mudahan bermanfaat :)

Balas

ngomong2 pasta gandum itu yang gimana? hehhe

Balas

Pasta gandum itu contohnya seperti makaroni(pasta kering), silahkan dicoba semoga bermanfaat :)

Balas

menepati janji,kembali kesini,

BTW nice post Mas,jadi tambah pengetahuan nih,terimakasih untuk infonya,,,

Balas

mbak Indah kayaknya nyindir saya dech,ini dompet saya lagi radang berat,atau jngan-jangan malah kanker heuheuheu

Balas

Makasih kang udah mampir lagi, cape yah pulang kerja hehe...

Balas

Wah gawat tuh kang, perlu disuntik itu mah hehe...

Balas

Tipsnya memang benar sekali sobat, saya sendiri pernah mengalami mungkin karena makanan yg terlalu pedas, tapi syukur alhamdulillah sekarang sudah sembuh. dan dengan tips diatas saya akan berusaha utk mengikuti oetunjuk tsb.
terima kasih banyak sudah berbagi sobat

Balas

sebaiknya memang dihindari utk penghuni 60, karena saya pernah merasakan sndiri..hehe

Balas

Makanya utk Rizal sebaiknya pola makan perlu dijaga
setuju dengan mas Anthonie....)

Balas

bagus tipsnya.. minum air putih untuk elakkan kekeringan..

Balas

nah ini perlu diketahui tipsnya untuk mengatasi radang tenggorokan, walopun udah dikasih obat pak dokter tapi gunakan juga tips diatas biar cepet sembuh tentunya :) iya kan mas Anthoni..

Balas

Iya mas PP, makanan pedas juga dapat memicu terjadinya radang tenggorokan apalagi kalau kondisi tubuh lagi lemah pasti kena, semoga artikelnya bisa bermanfaat :)

Balas

capeknya udah ilang mas, udah di bikinin kopi sama yang menunggu dirumah :)

Balas

Iya betul apa kata mas PP, makasih mas udah berbagi pengalamannya :)

Balas

bener tuh yang dibilang mas anthoni sama om pp, soalnya kalo udah kena haduh isep rokok baru 3 sedotan aja udah nyembur2 :)

Balas

Iya yah, sama ada yang mijitin kali yah hehe, pantesan selalu bugar nih kang Dede...

Balas

Mangkanya mas kurangi rokoknya kan sekarang BBM udah naik, kan lumayan buat beli bensin tuh hehe...

Balas

Betul kawan, minum banyak air putih sangat bagus buat kesihatan. Makasih kunjungannya :)

Balas

Betul pak guru saya setuju hehe... :)

Balas

simak dulu deh
mudah2an banyak manfaatnya :)

Balas

hello beautiful friend your site come visit my site kisss Ita

Balas

Silahkan disimak semoga bermanfaat mbak Vina :)

Balas

Thanks my friend for visit my blog, have a nice Sunday :)

Balas

Saya komen apa ya... :)

Balas

Apalagi di tambah minumnya sama es cendol dah...
Bisa menggugah... Hehe :)

Balas

@ mas Andes : mesti semburan nya ngalahin lumpur lapindo... Hehe :)

@mas Anthonie: udah ngurangin kok mas...
Tapi..rokoknya punya temen..hehe :)

Balas

Kalau odol ga termasuk ya mas :)

Balas

Bener sekali berarti nilainya seratus :)

Balas

Saya manggut juga deh :)

Balas

Beneran banyak kok mbak..
Ini aja udah luber2 dari ember... Hehe :)

Balas

Mav mas abthonie..baru mampir..
Soale bis ngantar anak liat pameran..
Itung2 sekalian pamer .hehe :D

Balas

Berguna bgt tips kesehatannya nih..mas..



Di tambah bentar lagi mau masukin bulan puasa ...jenis penyakit ini yg selalu rentang menyerang ya mas..
Matur nuwun mas :)

Balas

Itung kancing dulu deh mas hehe...

Balas

Sambil dengerin musik mas lebih asyik :)

Balas

Tahu aja mas Bud :)

Balas

Rokok tentangga dikurangi, rokok sendiri malah nambah ya mas :)

Balas

Khusus buat mas Budi boleh aja mas dicoba hehe...

Balas

Biasa ngajar yah mas, jadi ngerti cara menilai hehe...

Balas

Manggutnya ke bawah atau keatas mas hehe...

Balas

naik turun aja keatas kebawah lebih enak mas :D

Balas

tiap beli juga udah dikurangi mas, kalo sebungkus isi 12 ntar pasti abis gak bakal nambah :)

Balas

Asal jangan setel house musik sambil tangannya diangkat sambil goyang-goyang yah hehe

Balas

Yang penting niatnya yah mas Andes hehe... Bagus deh kalau bisa ngurangin :)

Balas

datang menyapa adalah rutinitas yang tak terpisahkan dari dunia bloger.
apa lagi dengan berkunjung akan menambah pengetahuan saya tentang hal hal menarik sperti yang ada dalam blog ini. dan tak lupa tentunya klik iklan karena dengan demikian blog sobat akan tetap eksis

Balas

waduh terimakasih banyak mas infonya, banyak pelajaran dan ilmu yang dapat saya ambil dari blog ini, sekali lagi thank mas.

Balas

waduh ternyata begitu ya..kalau mamang ndak bisa jauh dari pedas2 atau rujak asem ... apa lagi gorengan... jadi harus di tinggalkan ya makanan itu... terimakasih info dan tipsnya

Balas

gakusah comment mas Budi,cukup nulis saja di kolom ini hahaha

Balas

Pameran apa mas? Apakah pameran monorel?

Balas

Iya mas Bud betul... jadi harus siap-siap jaga kesehatan, biar nanti puasanya lancar :)

Balas

Makasih mas among them atas kunjungannya di sini, salam sukses selalu ya :)

Balas

Sama-sama mas Alex, lama nih nggak mampir hehe...

Balas

Wah mamang udah lama yah nggak mampir sini hehe... Mungkin nggak harus pantang mang tetapi dikurangi kecuali kalau pas kena radang tenggorokan baru dipantang... makasih kunjungannya mang :)

Balas

iya bener tuh mas Bud apa kata kang Dede...

Balas

Kalau ember nggak muat pake gentong aja mas hehe...

Balas

mas anthoni pisang yang baik di konsumsi saat radang itu pisang apa?

Balas

kok mav doang mas bud, kerak telornya mana :)

Balas

gapapa kalo ilmu yang di ambil dari blog ini, asal jangan sandalnya mas anthoni aja *hoho

Balas

thanks sob buat pencerahannya :)

good share

Balas

bener juga ya udah sy "cukup nulis aja di kolom ini"

hehe.. ::D

Balas

musiknya CONGROK ya...alias Keroncong Rock... :)

Balas

enak sih mas..cuma takut ada efek sampingnya...wkwk :D

Balas

@mas Anthonie: 100 buat mas Anton :)

@mas Andes : Asem...nanti gantian...ta balas loh..mas :D

Balas

asal jangan pisang tiruan aja loh mas...hehe :)

Balas

Makasih mas Bud...

Balas

Kayaknya pak Jokowi juga pernah ngomong Congrok yah kalau gak salah hehe...

Balas

Udah dari kemaren mas bud salamannya, telat sih datengnya hehe...

Balas

Efek sampingnya ketemu bidadari mas, mau? hehe....

Balas

Nah loh... udah salaman aja mas hehe...

Balas

untung nggak sepatu yah hehe....

Balas

Tuh mas Budi malah lebih pinter dari saya hehe...

Balas

Sama-sama sob, makasih udah mampir yah :)

Balas

yah.. gak sengaja keceplosan mas :) kebetulan mau nulis terus keinget gitu :D

Balas

Ya udah mas gak usah sedih hehe...

Balas

WAduh , bahay juga yah gan bisa sampe segitunya. Benar" kita harus hidup sehat nih kalo mau ga kena radang tenggorokan ini wew

Balas

wkwkwkk ,, pake drum aja yang isi nya muat banyak

Balas

Iya gan kita perlu jaga kesehatan supaya nggak gampang sakit... makasih kunjungannya :)

Balas

Wah antisipasi yang luar biasa nih mbak Vina hehe... makasih bisa mampir lagi :)

Balas

sip sangat bagus infonya untuk kesehatan lebih baik mencegah darpda mengobati,ok mhn kunjungannya blk Di blog dyan ea mga sukses

Balas

memang minum air putih banyak manfaatnya

Balas

Betul mbak Dyan saya setuju, makasih kunjungannya dan sukses selalu... ok saya pasti datang....

Balas

Iya dengan minum banyak air putih setiap hari merupakan syarat utama untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat... makasih sob atas kunjungannya :)

Balas

Tenggorokan saya sering kering nie Om akhir-akhir ini, gampang bersin-bersin kalau kedinginan atau terkena debu, suhu badan meningkat dan meriang.

Balas

tau ajah mas...
emang kita dulu sempet mau bikin group band..bareng soal nya...hehe :D

Balas

pesen dua..kalo begitu deh..hehe :)

Balas

iyah mas,sunting pakai kucuran dana daging sapi saja haha

Balas

kopinya sudah basi mas..sudah waktunya ganti yang abru. Haha

Balas

kopinya sudah basi mas..sudah waktunya ganti yang abru. Haha

Balas

saya kurang suka minum air putih...
tapi kalo air bening..baru suka..hehe :)

Balas

siapa dulu dong...temennya :)

Balas

gorengan mana gorengan :D .

Balas

Tp aku kan gak ngerokok, mkn pedas jg jarang, cm suka bgt ama gorengan sih.. hehe...
thanks All
^_^

Balas

makasih sob,,,,,
jaga kesehatan selalu buat smua teman" ya,,,,
pa lagi cuaca panas gni

Balas

thanks mas, membantu sekali sob..
comment back ya..

Balas

Mampir lagi disini, karena ujung2nya pengen hidup sehat...thanks, Sob postnya, nice shared!

Balas

Emang sih harusnya air bening yah mas, tapi di kita nggak umum kalau minum air bening, tapi kalau air putih semua udah pada tau hehe...

Balas

Hati-hati mas bro harus jaga kesehatan, banyak makan buah-buahan dan sayuran hijau...

Balas

Iya mas kadang sibuk jadi nggak sempet update artikel baru hehe... Thanks masukannya :)

Balas

Gorengannya udah siap nih mbak Tia tinggal digoreng aja hehe...

Balas

Hehe... sama mbak saya juga nggak doyan pedas :)

Balas

Sama-sama mbak Maya... makasih kunjungannya :)

Balas

Makasih mas semoga bermanfaat... oke saya pasti datang :)

Balas

Sama-sama sob... semoga bisa bermanfaat, Makasih udah mampir lagi :)

Balas

Wah kalo itu mendingan gak ikut-ikut deh kang... takuuut :)

Balas

Nama grup bandnya pasti congrok yah mas hehe...

Balas

Yah asal jangan tiap hari aja mas... hehe...

Balas

Nanti biar dikirim mas, mau yang gimana? hehe...

Balas

Emang temennya siapa mas hehe...

Balas

Ikut share yaa ........
Semoga bermanfaat ,n semoga cepat sembuh ...

Balas

Silahkan sob... Makasih buat kunjungannya :)

Balas

karena pengaruh musim seperti sekarang ini bikin tenggorokan jadi sakit

Balas

jaga kesehatan sob, banyak makan buah-buahan dan sayuran serta minum banyak air putih biar gak gampang sakit :)

Balas

Aduh aku lg kena radang neeh
Bdan menggigil lg,

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger