Thursday, July 4, 2013

Manfaat brokoli untuk kesehatan

Manfaat brokoli untuk kesehatan
Brokoli
Manfaat brokoli - Brokoli merupakan sayuran hijau yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya untuk mencegah kanker, stroke, menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan,  osteoporosis, menyehatkan pencernaan dan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit karena brokoli memiliki kandungan gizi yang lengkap.

Karena itu dengan rutin mengkonsumsi sayuran brokoli ini merupakan pilihan yang tepat karena begitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh, karena brokoli adalah sayuran yang mengandung antioksidan vitamin A, B, C, dan K, serat dan mineral.

Brokoli bisa dimakan langsung atau juga untuk dimasak, namun perlu diperhatikan juga brokoli cukup dimasak sebentar saja karena jika terlalu lama kadar nutrisinya akan hilang, karena itu usahakan untuk tidak memasak atau merebus brokoli lebih dari 5 menit.

Pilihlah brokoli yang masih berwarna hijau segar dan sebaiknya memilih brokoli yang belum terdapat bercak hitam diatasnya dan jika ingin menyimpannya dalam beberapa hari brokoli dapat disimpan di dalam kulkas selama 4 hari.

Beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh:
  • Pencehgah kanker, kandungan indole-3-carbinol, isothiocyanate dan fitokimia dalam brokoli efektif dalam pencegahan penyakit kanker seperti usus besar, kandung kemih dan ovarium.
  • Menjaga daya tahan tubuh, kandungan vitamin C yang tinggi dalam brokoli berperan penting dalam melawan infeksi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mencegah gangguan pencernaan, karena brokoli mengandung banyak serat maka bagus untuk mengatasi masalah di pencernaan seperti sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.
  • Anti depresi, brokoli mengandung folat dan vitamin B yang dipercaya dapat meningkatkan suasan hati dan juga anti depresi.
  • Mengontrol tekanan darah, kandungan potasium dalam brokoli dapat membantu menjaga sistem saraf, menstabilkan tekanan darah dan menyehatkan fungsi otak.
  • Kesehatan tulang, kandungan vitamin K dan Kalsiun dalam brokoli sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis serta membantu dalam kesehatan tulang. 
  • Mencegah penyakit kardiovaskular, kandungan vitamin B6 serta folat berfungsi melindungi tubuh dari penyakit stroke dan jantung.
  • Membantu menurunkan berat badan, kandungan serat yang tinggi sangat bermanfaat dalam membantu proses diet.
  • Kesehatan mata, brokoli mengandung vitamin A dan lutein yang berguna untuk kesehatan mata.
  • Mencegah penyakit jantung, glucoraphanin dalam brokoli dapat mencegah penyakit jantung.
  • Menyehatkan kulit, glucoraphanin dalam brokoli juga bermanfaat untuk mengatasi kerusakan kulit akibat terkena sinar matahari dan proses penuaan.
  • Mencegah anemia, kandungan zat besi dan asam folat dalam brokoli bermanfaat untuk mengatasi anemia karena kekurangan zat besi.
  • Mengurangi resiko penyakit Alzheimer, menurut penelitian resiko penyakit Alzheimer dapat dikurangi dengan melakukan diet tinggi folat.
  • Membantu kesehatan bayi dalam kandungan, kandungan folat dalam brokoli dapat membantu mencegah terjadinya cacat saraf seperti spina bifida di dalam janin.
  • Membantu mengontrol diabetes, kandungan kromium dalam brokoli bermanfaat untuk membantu mengatur insulin dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

68 comments

Wahhh ,,,,,,sesuatu banget mas, sy termasuk orang yg suka brokoli. Sy bersyukur sekali nih,apalagi ternyata banyak manfaatnya. mksh ya mas antoni

Ternyata brokoli baik untuk kesehatan ya. Sangat berguna

bermanfaat sekali gan artikelnya, semoga tambah joss yah blognya

Terima kasih informasinya, salah satu makanan kesukaan saya ini, apalagi kalau ditumis, ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan :)

artikel yang bermanfaat gan...thanks ..

#sekedarjalanjalan

ini sayuran kesukaan...
tapi ternyata menurunkan berat badan ya, baru tau hehe
padahal WS sedang berusaha penggemukan ini

Ternyata manfaat brokoli ini banyak sekali seobat, terlebih untuk kesehatan tubuh. saya sangat berterima kasih atas informasinya sobat
terima kasih banyak sudah berbagi

Iya mbak Indah brokoli memang bagus untuk kesehatan, banyak manfaatnya :)

Betul sob... boleh dicoba :)

Makasih gan... semoga bermanfaat :)

Betul sob ditumis juga enak dan juga sehat hehe...

Kalo pengen gemuk coba dibarengin dengan minum susu mas WS hehe :)

Sama-sama mas PP. brokoli termasuk sayuran yang luar biasa selain sehat juga enak buat dimakan hehe...

Saya juga penyuka brokoli

Bagus sob sayuran brokoli itu sehat hehe...

Brokoli memang enak dan saya juga sangat suka, disamping memiliki manfaat yg berguna bagi kesehatan
selamat malam Mas Anthon dan salam sukses selalu

Sama-sama mas PP, salam sukses juga buat mas PP :)

Makasih infonya sob meskipun saya gak terlalu suka heheh mampir balik sob.. perdanan disini,,

wah pantesan si Edi suka sama Brocoly ya mas
mengingat khaaiatnya yg tergolong byk..hehe

mav mas komentnya OOt ..jangan di Reken ya
nyambi mengiringi jalan. daku
mengais rezeki. di pagi ini

met beraktifitas ..

Kalau lihat brokoli saya jadi inget rambut saya waktu muda mas..., kribooo haha.. thx sudah berbagi mas.

ternyata brokoli banyak khasiatnya, kalau saya lebih suka brokoli di buat lalapan mentah.... mantab

Salam sukses juga masih diterima kok mas bud hehe...

Boleh dicoba sob, saya malah buat camilan cuman direbus sebentar langsung disantap hehe...

Jangan lupa sambil makan brokoli yah mas entar laper dijalan hehe...

Iya Noor Mala brokoli selain enak juga bagus buat kesehatan :)

Oh baru tahu saya mas... kaya Ahmad Albar yah hehe...

Iya sama mang saya juga lebih suka dimakan kaya gitu hehe...

maaf mas bro baru sempat hadir disini,BTW yang namanya brokoli mungkin sudah tidak asing lagi buat saya,tapi kalau masalah manfaat dan khasiat yah baru kali ini tahunya mas bro,okelah kalau begitu terimakasih untuk info yang satu ini mas bro,,,,,

haha si Abah ternyata rambutnya kaya Edy Brokoli yah hahaha

saya salam sayang dech untuk semuanya ,,,

Sama-sama kang Dede, setelah tau mudah-mudahan jadi tambah semangat masaknya yah hehe....

ukuran-nya kecil, namun kita tidak boleh menyepelekan-nya, ya itulah brokoli Karena dengan rutin mengkonsumsi sayuran brokoli ini merupakan pilihan yang tepat karena begitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh, karena brokoli adalah sayuran yang mengandung antioksidan vitamin A, B, C, dan K, serat dan mineral.

susu apa nih kira2 yang pas buat saya mas :)

saya salam brokoli juga gapapa deh :)

saya juga ikutan penyuka brokoli ah, abis yang jual masih cuantiks sih :D

haha belum pada tau kan pasti kalo nasgor sama brokoli juga enak..

aduh saya telat nih mas jadi gak kebagian brokoli deh kayaknya, padahal saya juga suka loh brokoli dibikin capcai wuih enak tenan yakin..

Asyik...yuk salam2 an...:)

Apalagi martabak sama brocoli..lebih kepenak...hehe :)

Wah habis makan capcai nih ceritanya mas... kok nggak dibungkusin sekalian hehe...

Iya mas pokoknya luar biasa deh khasiatnya, jadi perlu dicoba tuh mas brokolinya hehe...

Boleh juga tuh mas perpaduan yang harmonis hehe...

kenalin saya donk mas hehe...

iya mas latihan buat lebaran nanti hehe...

susu apa aja boleh mas asal jangan yang liar-liar yah hehe...

wah mantap nih buat ane yg perokok pasif *uhuk :D
bisa cegah kanker(kantong kering) *loh

Iya sob perlu dicoba brokolinya hehe...

betul banget, brokoli teman-nya wortel, enak banget tuh, makan pakai sop.. seger dan sehat

saya juga suka brokoli, memang maknyus

mbak indah puitis sekali dengan brokoli

Hehe... kreatip mas namanya....

Pokoknya top deh sayuran yang satu ini hehe...

banyak makan sayuran bagus mas buat kesehatan, dibuat sop juga enak :)

bener gan, enak kalau di tumis

Sip gan, jadi laper nih hehe...

@ aom Dede & mas Thonie : betul pisaan brother kribo alias kiriting boke hahaha...

justru yang kribo itu bikin menarik yah mas hehe...

Wahh Memang Banyak Dan Bermanfaat Banget Nih Brokoli =))
#Kunjungan Balik

iya sob sayuran ini sangat banyak manfaatnya terutama anti kanker...

nice gan :)
visit back http://kerikils.blogspot.com

Kayaknya saya belum pernah makan nih sayuran yang satu ini. Ternyata kaya akan manfaat ya untuk kesehatan. Pantas aja di warung makan, sering banget ada sayuran brokoli. Nanti kapan-kapan coba nyicipin ah biar tambah sehat. Terimakasih banyak Mas Anthonie atas informasinya. Sangat bermanfaat :)

Masa sih mbak belum pernah makan brokoli, padahal sayuran termasuk salah satu makanan yang sehat, ayo mbak dicoba :)

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya ------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
----------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)