logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Gejala Penyakit asma, penyebab dan pencegahannya

Penyakit asma
Asma
Penyakit asma, Gejala, Penyebab dan Pencegahannya - asma merupakan suatu kondisi dimana saluran pernafasan di bagian bronkhial paru-paru mengalami penyempitan sehingga si penderita sering mengalami kesulitan dalam bernafas, biasanya penyakit asma ini menyerang dengan tiba-tiba dan bisa juga dikarenakan oleh beberapa faktor yang memicu terjadinya serangan asma, tentunya kondisi ini sangatlah menggangu dan tidak nyaman, dengan adanya penyempitan ini mengakibatkan terjadinya gejala dan tanda-tanda seperti batuk, tersengal-sengal, sesak nafas bahkan hingga nafas mengeluarkan bunyi ( mengi ).

Penyakit asma tidak bisa disembuhkan secara total namun bisa dikurangi dengan mengetahui sumber pemicu terjadinya asma dan menghindarinya, karena itu sebaiknya menjaga sebersihan lingkungan.

Beberapa gejala dari penyakit asma:
  • Kesulitan bernafas sehingga tubuh terlihat sedikit membiru
  • Sering merasa seperti tersedak
  • Merasa tegang, gugup dan ketakutan
  • Merasa capai
  • Bersin-bersin, hidung berair atau mampet
  • Susah tidur
  • Bawah mata terdapat lingkaran berwarna hitam
  • Mual dan ingin muntah
  • Mengalami demam ringan dan kening berkeringat
  • Gatal pada tenggorokan biasanya mengalami batuk-batuk
  • Untuk mempermudah bernafas perderita selalu mencoba untuk duduk tegak lurus.
  • Sesak bagian dada dan tersengal-sengal.
  • Nafas berat biasanya mengeluarkan bunyi (mengi).
  • Sulit untuk konsentrasi dan berbicara.
Penyebab penyakit asma:
Secara medis penyebab penyakit asma masih belum diketahui secara pasti dan penderita sangat peka terhadap suatu rangsangan seperti polusi udara, gangguan emosi, bulu binatang dll namun bisa diatasi dengan menghindari pemicu terjadinya penyakit asma ini.
Penyebab lainnya bisa dikarenakan oleh tersumbatnya saluran pernafasan oleh lendir yang kental, dalam kasus ini penderita bisa untuk menarik nafas namun sulit untuk mengeluarkan nafas.

Pemicu terjadinya penyakit asma:
Penyempitan saluran pernafasan seringkali dikarenakan adanya rangsangan seperti:
  • Polusi udara seperti asap rokok, zat kimia, debu dll
  • Serbuk sari
  • Bulu binatang
  • Udara dingin
  • Infeksi saluran pernafasan
  • Olahraga berlebihan
  • Rasa cemas, ketakutan dan stres
Pencegahan penyakit asma:
  • Hindari pemicu terjadinya penyakit asma
  • Menjaga kesehatan dan kebesihan lingkungan
  • Gunakan obat khusus untuk mengatasi penyakit asma
Obat pelega pernafasan atau Inhaler:
Inhaler merupakan obat untuk penyakit asma dalam bentuk Aerosol yang digunakan dengan cara dihirup lewat mulut, obat ini bekerja saat si penderita mengalami keadaan darurat saat asma kambuh, inhaler ini bekerja sangat cepat sehingga nafas menjadi lega, namun inhaler ini tidak boleh dipergunakan terus menerus karena akan menimbulkan efek samping seperti pusing, detak jantung meningkat dan gemetar.

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Gejala Penyakit asma, penyebab dan pencegahannya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Gejala Penyakit asma, penyebab dan pencegahannya sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

88 comments

mas itu penyebab penyakit asma kok ada bulu binatang tuh soalnya abis pegang binatang yang kena asma terus menular yah :) hehehe

Balas

ternyata olahraga kalo berlebihan bisa berbahaya juga ya sob? menimbulkan asma

Balas

saya sering nih merasa tegang apalagi kalo berbicara sama perempuan, hehe :)

Balas

wah jadi takut nih..
terimakasih infonya gan..

Balas

asma memang benar-benar sangat menyiksa ya...suka kasihan kalau melihat penderita asma sedang kambuh, kita yang slalu bisa bernafas dengan normal benar2 harus banyak2 bersyukur.
WS follow blognya ya mas...

Balas

Biasanya penderita penyakit asma sangat sensitif terhadap suatu rangsangan seperti debu, asap, bulu binatang yang terhirup dll, jadi ini merupakan pemicu aja mas :)

Balas

betapa pentingnya oksigen bagi kita ya mas, terlebih bagi para penderita asma, adalah penting untuk kita menjaga kesehatan & kebersihan lingkungan. terima kasih untuk artikel sehatnya mas

Balas

Penyebab utama asma belum bisa diketahui secara pasti, namun ini merupakan pemicu untuk mereka yang menderita penyakit asma, dengan olahraga yang berlebihan penyakit asma biasanya akan kambuh, dan untuk orang sehat juga jika terlalu berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan :)

Balas

Kalo itu sih normal sob, biasanya tegang kalo berbicara sama perempuan yang di taksir ya kan hehe...

Balas

Sama-sama gan semoga bermanfaat :)

Balas

Iya sob kita perlu bersyukur udah diberi kesehatan, karena kesehatan itu sangat mahal... Ok sob saya follow back :)

Balas

Iya mas Buret kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari bermacam penyakit, makasih kunjungannya :)

Balas

aku dulu sempat kena asma. nafas aja sempit banget. bisa nih dicoba tipsnya

Balas

olahraga renang katanya bisa meminimalisir asma ya ?

Balas

kunjungan perdananya ni gan
di tunggu kunjungan baliknya

Balas

saya dulu asma juga sob, enggak tau kenapa setelah 1 tahun ini hilang begitu aja

Balas

alhamdulillah tidak menderita asma

Balas

nice share sob..dan alhamdulillah ane juga tidak mengidap penyakit asma

Balas

Jujur saya memang kurang pengalaman ama yg namanya medis..makasih mas sangat membantu dan bermanfaat

Balas

Asap rokok juga sebagai pemicu penyakit asma,itu baru asapnya,lah bagaimana dengan rokonya,maka jauhilah yang namanya rokok,jangan seperti saya hehe,,,

Balas

BW malam di lapak sahabat

Balas

Iya soh silahkan dicoba semoga bermanfaat :)

Balas

Betul sob berenang juga dapat membantu meminimalisir penyakit asma, terimakasih sudah mengingatkan :)

Balas

oh begitu rupanya, terimakasih infonya mas :)

Balas

bener sekali nih perkataan kang dede, rokok emang pemicu terjadinya radang dompet dan kantong kering. jauhilah yang namanya rokok, kalo punya banyak rokok mending buat saya saja :D
iya kan kang dede..

Balas

iya bang ntar mas anthoni bakal bolak balik ke blognya abang :)

Balas

Kok malah rebutan rokok nih sobat berdua hehe...

Balas

Iya mas begitu hehe...

Balas

Hehe... tau aja mas yang satu ini :)

Balas

Kalo asmanya bosen malah bagus yah, gak usah susah lagi hehe... :)

Balas

Tapi tetep jaga kesehatan dan kebersihan yah mbak Maya :)

Balas

Yah kita harus selalu bersyukur sob boleh dikasih kesehatan yang baik :)

Balas

Sama-sama mas... semoga bermanfaat :)

Balas

Makasih atas kunjungannya sob... sukses selalu :)

Balas

Artikel yang bermanfaat gan....thanks sob sukses terus...

Balas

Kalo udah kebiasaan emang susah juga yah mas, tapi kalo ada niat mau ngurangin mungkin bisa :)

Balas

Makasih sob... sukses juga buat sobat TB yah :)

Balas

cie..cie tuh mbak may di perhatiin sama mas anthoni :) mas yang satu ini memang baik hati loh, beneran deh :D
hikhiks..

Balas

iya yah mas anthoni sama pak penyuluh saya juga heran, begitu susahnya menghilangkan aroma asap yang satu ini memang mungkin karna sudah ketergantungan. tapi entahlah.. ini sudah seperti bagian dari kemampuan saya untuk berpikir :) hehe semoga tidak di tiru

Balas

Wah ada yang cemburu nih kayaknya hohoho....

Balas

wah udah nggak bisa terpisahkan lagi nih ceritanya hehe...

Balas

Nice Info sob,,, temen ku ada yg punya penyakit Asma

Balas

wakakak , ia sob, entah mudah mudahan asmanya meninggal sob

Balas

info yang bagus untuk kesihatan...tq

Balas

aiza pernah mengidap penyakit asma ketika kanak-kanak dahulu.. sekarang alhamdulillah sudah sembuh.. selalunya aiza menggunakan inhaler..

Balas

Terima kasih gan atas infonya.. Sangat bermanfaat...

Balas

terima kasih informasinya,,
penyakit saya dulu ini (bronkitis), tapi kata dokter saya dulu kalau sudah dewasa penyakit bronkitis saya akan hilang dengan sendirinya, gak tau kenapa kok demikian.

Mungkin masih tergolong tidak begitu akut, tapi walaupun demikian, rasanya memang benar-benar menyakitkan :(

Balas

sepertinya mencegah itu lebih baik dari pada mengobatinya ya sob.
saya senang sekali bisa mendapatkan pengetahuan ini terutama utk kesehatan
terima kasih sudah berbagi

Balas

kalo begitu sy simpen dulu ya mas :)

Balas

selain itu perempuan juga pas nagih hutang :)

Balas

kulkasnya mau di taro mana mas :)

Balas

Dicek dulu mas kulkasnya udah penuh belum? hehe...

Balas

sebetulnya gampang kok mas mau ilangin kebiasaan merokok
-------
tobe continue..?

Balas

Nah kalo itu beda penyakitnya mas hehe...

Balas

Hehe... iya kali mas :)

Balas

Nah mas Bud nawarin tempat nginap tuh mas....

Balas

Hahaha... mudah-mudahan begitu mas Albar :)

Balas

terkait sama In Haler. nya mas..
Apa kurang bagus juga ya di saat hidung mampet kita gunain alat itu...

mslh snya y py temen masih muda...sering nyedot in haller ke hidungnya...

Balas

Taruh aja di kolong ranjang mas hehe... makasih yah udah mau ngaterin...

Balas

kayak sinetron aja tobe continue...

Balas

mudah-mudahan artikel di atas bisa bermanfaat yah sob :)

Balas

Makasih kawan semoga bermanfaat :)

Balas

Semoga penyakitnya tidak kambuh lagi yah kawan... :)

Balas

Sama-sama gan... semoga bermanfaat :)

Balas

Yang namanya penyakit tentu sangat tidak enak yah sob... semoga bener-bener bisa sembuh dari penyakit bronkitisnya yah :)

Balas

Sama-sama mas PP, betul mas mencegah itu lebih baik daripada mengobati, makasih buat kunjungannnya :)

Balas

Terlalu sering juga nggak bagus mas... untuk kasus penyakit asma penggunaan inhaler hanya digunakan pada saat darurat jadi tidak digunakan sembarangan...

Balas

Si Mbah dulu punya Asma. Apa asma juga bersifat genetik gan ?

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Betul mas Hendrik, Asma adalah merupakan penyakit genetik atau keturunan, jadi perlu berhati-hati jika orangtua pernderita Asma :)

Balas

Terimakasih kawan atas kunjungannya :)

Balas

aku udah dari kecil punya asma,,dan sampe sekarang belum sembuh,,hahaha #hlohmalahketawa

Balas

Ada baiknya menghindarin pemicu terjadinya penyakit asma mas, semoga bermanfaat :)

Balas

ngeri kalau sudah terkena penyakit ini
lebih baik menjaga dan mencegah sebelumkena penyakit ini

Balas

Kake saya dulu punya Asma. Apa asma juga bersifat genetik gan ?

Balas

betul sob, lebih baik mencegah daripada sudah terlanjur repot jadinya :)

Balas

Betul sob, asma adalah merupakan penyakit genetik atau keturunan, jadi perlu berhati-hati jika orangtua pernderita Asma :)

Balas

Udara Dingin dapat memicu kambuhnya Asma Gag Sih ?

Makasih Artikelnya Bermanfaat

Balas

udara dingin bisa memicu kambuhnya penyakit asma apalagi jika udara yang terlalu dingin...

Balas

bagus artikelnya gan sangat membantu.. lebih baik mencegah dari pada mengobati.. smoga makin sukses gan..

Balas

iya gan lebih baik mencegah daripada mengobati :)

Balas

Pasti tidak mengenakkan ya mas kalau kita terserang asma. Jadi sesak ya dada kita hmmm :)

Balas

Oh renang bisa membantu meminimalisir penyakit asma toh, baru tau saya mas, thanks infonya!

Balas

sama-sama mas Marnes, renang memang bagus untuk kesehatan pernafasan :)

Balas

iya tersiksa banget kayaknya, mudah-mudahan jangan sampai ngalamin yah mbak :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger