logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Penyebab dan gejala hepatitis

Gejala hepatitis - Hepatitis adalah penyakit yang menyerang bagian organ hati manusia, yaitu disebabkan oleh liver atau hati mengalami peradangan sehingga terganggunya fungsi hati sebagai penyaring berbagai racun di dalam darah, karena terganggunya fungsi hati maka berakibat terganggu juga fungsi organ dalam tubuh lainnya.

Karena adanya gangguan ini maka kesehatan penderita hepatitis akan semakin memburuk, selain itu juga dapat mengakibatkan hati tidak mampu lagi menerima aliran darah maka memungkinkan terjadinya pembuluh darah yang pecah akibat tekanan darah yang meningkat akibat dari hati menolak aliran darah ini.

Virus hepatitis ini dapat menular kepada siapa saja baik itu anak-anak maupun orang dewasa, namun semuanya tergantung pada kondisi tubuh orang tersebut, jika kondisi orang tersebut sedang lemah maka virus dapat dengan mudah menular tapi jika kondisi tubuh sehat maka virus dapat dilawan dengan antibodi manusia itu sendiri.

Tingginya penyebaran virus hepatitis di Indonesia dipengaruhi oleh faktor kebersihan dan kepadatan penduduknya, belum lagi pengobatan atas penyakit ini yang tergolong mahal, pemeriksaan darah bagi penderita hepatitis B dan C saja sekitar 2 jutaan, belum lagi untuk biaya pengobatan yang bahkan bisa sampai ratusan juta, setiap suntikan untuk penyakit hepatitis C bisa sampai 9 jutaan.

Penyebab dan gejala hepatitis
Hepatitis
Ada beberapa penyebab terjadinya kerusakan hati atau liver, diantaranya:
  • Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol
  • Masuknya racun ke dalam tubuh sehingga kerja liver menjadi berat
  • Bahan kimia seperti obat-obatan
  • Tertularnya virus dari penderita hepatitis
Gejala hepatitis secara umum:
  • Sakit dan nyeri pada perut bagian kanan
  • Tubuh mengalami demam
  • Badan terasa lemas
  • Nafsu makan berkurang
  • Merasa mual
  • Sakit perut dan diare
  • Namun bisa juga gejala penyakit hepatitis tidak terlalu kelihatan terutama pada ana-anak.

Ada beberapa jenis virus hepatitis:

Hepatitis A (VHA):
Virus hepatitis A ini biasanya hidup pada kotoran penderita dan dapat menular jika si penderita tidak bersih mencuci tangan saat menggunakan toilet sehingga virus ini dapat berpindah pada orang lain.
Virus HPA ini dapat hidup di air, makanan bahkan es batu karena itu biasakan untuk selalu mengkonsumsi  makanan dan minuman yang benar-benar bersih yaitu cucilah semua sayuran atau buah-buahan yang akan dikonsumsi, juga minumlah air yang sudah direbus terlebih dahulu untuk mencegah tertularnya virus VHA ini.

Hepatitis B (VHB):
Virus hepatitis B ini paling banyak terjadi di Indonesia, biasanya penularannya melalui darah ataupun cairan tubuh contohnya air liur, cairan vagina maupun air mani yang masuk ke dalam darah lewat hubungan sex.
Karena itu hindari menggunakan alat-alat bersama apalagi dengan penderita penyakit ini seperti contohnya, gunting kuku, alat cukur, jarum suntik, bahkan peralatan seperti alat perawatan gigi, tranfusi darah ataupun jarum untuk membuat tato jika tidak benar-benar bersih dan steril manjadi sumber tertularnya penyakit hepatitis B ini, bahkan darah kering yang mengandung VHB ini masih dapat menularkan pada orang sehat sampai 1 minggu sejak menempel pada suatu benda.
Kemungkinan lain VHB ini dapat terbawa pada bayi sejak dalam kandungan dari ibunya.

Hepatitis C (VHC):
Virus hepatitis C  ini penularannya hampir sama dengan hepatitis B yaitu ditularkan melalui darah dan kebanyakan VHC ini menular lewat jarum suntik, karena itu berhati-hatilah menggunakan jarum suntik atau peralatan lainnya jangan sampai digunakan dengan orang lain.

Selain ke tiga di atas ada juga Hepatitis D (VHD) dan Hepatitis E (VHE), semakin lama virus hepatitis ini semakin berkembang dan para ahli kesehatan memperkirakan masih ada 3 lagi virus yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit hepatitis.

Cara mengatasi penyakit hepatitis:
  • Jika penyakit ini sampai terlambat ditangani maka akan berakibat virus hepatitis akan merusak organ hati atau liver bahkan yang lebih parah Hepatitis B dan Hepatitis C dapat memici terjadinya kanker hati.
  • Adakalanya gejala penyakit hepatitis tidak tampak jelas maka tanpa disadari si penderita sudah terkena virus hepatitis dan saat si penderita menyadari maka kondisi hatinya sudah dalam kondisi rusak, biasanya virus ini baru memberikan reaksi setelah 15 sampai 20 tahun tanpa kita sadari, karena itu periksakan ke dokter dan biasakan hidup sehat agar antibodi dalam tubuh menjadi kuat.
  • Lakukan vaksinasi hepatitis agar tubuh mendapatkan antibodi terhadap virus hepatitis A dan virus hepatitis B, sedang untuk hepatitis C belum ada vaksinasi untuk pencegahannya.
  • Jika kondisi organ hati sudah parah si penderita bisa melakukan pencangkokan hati, namun tentunya akan sulit untuk mendapatkan donor hati ini.
  • Agar tubuh tetap dalam kondisi sehat sehingga mempunyai antibodi yang kuat biasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi dan yang juga penting untuk membiasakan tidur cukup setiap hari sehingga mencegah virus berkembang.
  • Dengan antibodi yang kuat maka virus tidak dapat bekerja dengan maksimal bahkan antibodi dapat melawan virus ini. 
Beberapa tips untuk mencegah terserang penyakit hepatitis adalah:
  • Makan makanan sehat dan bergizi
  • Tidur cukup setiap hari
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Berolahraga secara teratur
  • Lakukan diet sehat dan seimbang
  • Jika memungkinkan hindari menggunakan obat-obatan yang dapat merusak hati seperti Acetaminophen
Itulah artkel mengenai penyebab dan gejala hepatitis yang perlu juga diketahui, sehingga dapat diketahui lebih awal maka dapat segera ditangani lebih cepat, semoga bermanfaat.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Penyebab dan gejala hepatitis . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Penyebab dan gejala hepatitis sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

180 comments

ngeri juga yah mas kalo udah kena hepatitis, biaya suntiknya aja bisa sampe 9 juta. kalo sekali suntik langsung sembuh si gapapa, tapi kalo harus beberapa kali suntik dan berobat kan bisa sampe jual tanah :)

Balas

Pencegahannya bisa di lakukan dg membiasakan diri utk hidup sehat ya mas :)

Balas

Sering mengkonsumsi obat-obat kimia berpeluang untuk terserang virus hepatitis ya, mas.

Balas

wah ane baru tau gan

Balas

penyakit yang mengerikan.

Balas

iya mas, karena itu harus jaga daya tahan tubuh biar terhindar dari penyakit ini :)

Balas

betul sekali apa yang dikatakan mas Budi hehe...

Balas

jika terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia, akan membuat liver kita menjadi rusak dan itu memicu terjadinya radang hati, kalau bisa dikurangin aja mas...

Balas

semoga bermanfaat yah mas :)

Balas

iya salah satu penyakit yang perlu diwaspadai :)

Balas

mkasi nih bwt infonya ,,skrang uda tau klo mminum alkohol itu bresiko trkna hepatitis

Balas

semoga saja terhindar dari penyakit ini.. mengerikan...

Balas

wah ngeri juga ya mas penyakit hepatitis. penyakitnya ada di dalam tubuh kita. virus yang cukup berbahaya apabila tidak segera diobati. karena biaya suntiknya yang sangat mahal bisa sampai ratusan juta lebih. oleh karena itu mengapa kesehatan itu mahal harganya. kalau kita sehat kan mau apa saja enak, mau bloggin ok, mau makan juga enak, dan lain-lain. terimakasih banyak master atas ilmunya. sangat bermanfaat untuk kita semua agar selalu membiasakan diri hidup sehat :)

Balas

berat sekali ya mas kalau harus jual tanah :D

Balas

sepertinya penyakit Hepatitis ini sangat mengerikan sekali ya sob terutama bagi sipenderita.
tapi dengan tips diatas semoga kita juga bisa mengatasinya
terima kasih banyak atas informasinya sobat
salam sukses selalu

Balas

kayaknya Beratan kalo mas Anthonie..di suruh nge gendong mas Andes...deh mbak ..hehe :)

Balas

Dapet seratus lagi dong saya..hehe :)

Balas

Minum cendol..bebas dari bahan kimia dong mas..hehe :)

Balas

Mau cari duit juga semangat ya mbak Rin :)

Balas

yang bahaya kalau cendol dikasih obat kimia mas hehe...

Balas

iya alkohol dapat merusak organ hati atau liver, jadi lebih baik menghindari :)

Balas

iya mas penyakit yang harus kita waspadai :)

Balas

iya kalau sehat mau apa aja bisa dan tetep semangat :)

Balas

iya mas PP perlu diwaspadai penyakit hepatitis ini, jangan sampai terkena :)

Balas

Iya mas Budi berat banget kalo suruh gendong menggendong mah hehe...

Balas

banyak banget genarasi muda yg rentan dg pnyakit ini, mesti diwaspadai pola pergaulan dan gaya hidupnya

Balas

kalau asam mefenamat mas!? gmn tu?
sehat itu mahal,,, tpi sering kita tidak menghargai kesehatan

Balas

ishhh Ngeri Ternyata Penyajkit Hepatitis Itu Penyakit Menular yahhh Gan Baru tahu saya ..
Mkasiii yah gan Infonya sangatt Bermanfatt

Balas

Benar Mas. Anak muda sekarang budaya minum Banyu Londo

Balas

A wonderful week for you with so many of my greetings :)))

Balas

nongkrong d blog ini sangat bermanfaat sob.. lanjutkan sob...

Balas

Harus sering-sering baca artikel di blog Mas Anthonie nich, biar dapat banyak ilmu tentang kesehatan dan pada ahirnya hidup kita selalu sehat. Sehat pangkal kaya kan mas? hehehehe :) :D

Balas

Betul mas sekarang banyak sakit penyakit timbuk dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, termasuk minum alkohol juga :)

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

You too my friend and thanks for visiting my blog :)

Balas

makasih sob, sukses juga yah :)

Balas

Amiin mbak, sehat itu mahal, jadi kita harus membiasakan untuk selalu hidup sehat :)

Balas

asam mefenamat itu adalah obat nyeri, seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot dll.
Betul mbak seringkali kita tidak menghargai kesehatan, dan menyesal setelah terjadi.

Balas

udah malem maen gendong2an ngapaen mas.. nggak takut tuh kalo ambennya mbledoss.. :D hahaha

Balas

apapun cendolnya yang penting susu kuda tetep lancar :)

Balas

sehat memang tiada bandingnya mas, syukur yah kita masih di beri kesehatan yang melimpah.. syukur lagi kalo di beri sehat dunia akhirat :) hehe

Balas

Makasih sudah berbagi. Ada pengalaman penderita Hepatitis dengan meminum air sirih Hbsag jadi turun dan sembuh.

Balas

Terima kasih nih gan atas sharenya..

Balas

Sejenis... ice cream kali mas..hehe

Balas

Lumayan mas ..bisa buat nambah cicilan panci :)

Balas

Biar terus ngacir ya mas hehe :)

Balas

Haha...banyu londo itu...kayak solar ya mas hen... :)

Balas

Wah ada orang bule nya juga tow :)

Hi sist, this post in Anthine Eka' Blos is very-very nice pokok'e lah wkwkwk :D

Balas

Jauh banget ya mau minum aja sampai ngambil Air dari Belanda. Padahal di Indonesia juga banyak air kok wkwkwkwk :D

Balas

es krim bikinannya mas Budi namanya amben hehe...

Balas

iya pancinya dicicil biar bisa beli semangka yah mas hehe...

Balas

jadi beringas tak terkendali repot entar hehehe...

Balas

airnya Indonesia nggak semenarik air Londo kali hehe...

Balas

wkwkwkwk... tulisannya keren mbak, biarin orang bulenya bingung hehe...

Balas

Mungkin bisa dishare disini sob, cara penggunaan air sirih dan dosisnya, mungkin bisa berguna buat yang lainnya :)

Balas

sama-sama gan semoga bermanfaat :)

Balas

Sungguh mengerikan penyakit hepatitis, mudah - mudahan saya jangan sampai kena penyakit ini....

Balas

terima kasih. memang perlu berhati-hati untuk selalu menjaga agar tidak terserang hepatitis. kontak kulit saat pasien terserang/sakit jika kesehatan kita menurun, juga berbahaya.

Balas

Kok bisa sampai nyasar kesini ya mas orang bule itu? aneh juga ya? wkwkwk :D Jangan-jangan dia penggemar beratnya Mas Anthonie nich cie cie ehm ehm :D

Balas

dari komentarnya kalau diartikan jadi bunyinya begini

"A wonderful week for you with so many of my greetings"

"Seminggu yang indah untuk Anda dengan begitu banyak salam saya"

Wkkwkwkwk berarti ada apa-apa nich mas :D

Balas

Soalnya air di Indonesia sudah tercampur sama Buah Semangka nya Mas Budi :D

Balas

Asyik nich ada yang mau bagi-bagi rejeki :D

Balas

Owh mungkin maksudnya ambien kali mas. Sejenis penyakit getu :D

Balas

amben itu kan tempat buang air besar ya

Balas

kalau hidup jorok bisa gak mas ?

Balas

kok saya baru ya mas kalo menular.
ngeri juga -_-
TQ infonya mas

Balas

saya kadang heran mas orang yang mengkonsumsi alkohol apa nggak pernah yah memeikirkan kesehatannya / bahaya dari mngkonsumsi alkohol

Balas

kesimpulannya amben itu tempat buang air besar berbentuk ice cream yang menyebabkan penyakit :)

Balas

Asyik nich ada kesimpulannya juga :)

Balas

bisa di tinjau ulang kok kesimpulannya

Balas

semoga saja terhindar jauh dari penularan hepatitis, kan sudah di vaksin sejak kecil

Balas

heehehehe,,,,,,
mgkin enak mas,,,,
jgn heran lagi ya

Balas

informasi yg sangat-sangat bermanfaat sob ...
penyakit terkadang di abaikan ketika kita sudah bergelut dgn hobi apalagi ngeblog hehe

Balas

organ paling hrs dijaga, yaitu hati dan jantung.., makasih infox pak *smile

Balas

saya sih nggak ngerti artinya, mau balas juga bingung ngomongnya jadi apa adanya aja mbak hehe...

Balas

kalau itu mah seger donk mbak hehe...

Balas

saya sih nggak bisa hidup jorok mas gak tau kalau yang laen hehe...

Balas

ngeblog boleh saja kang asal tetep jaga kesehatan hehe...

Balas

betul mang jangan sampai kita terkena penyakit ini yah...

Balas

kita juga harus selalu menjaga kekebalan tubuh kita supaya selalu prima agar terhindar dari berbagai macam penyakit :)

Balas

iya penyebabnya adalah virus hepatitis sehingga bisa menular karena itu harus selalu berhati-hati dan jaga kesehatan :)

Balas

kalau di Eropa memang minuman alkohol dibutuhkan untuk menghangatkan badan, tapi kalau di Indonesia minum minuman beralkohol buat apa yah hehe :)

Balas

bagus mas kalau sudah divaksin, mudah-mudahan terhindar dari penyakit ini yah...

Balas

mungkin tidak hanya itu mas, semua organ dalam tubuh juga harus dijaga agar selalu sehat :)

Balas

hahaha yang penting staminanya dong :)

Balas

bisa buat nambal panci bocor juga mas bud :)

Balas

apapun aktivitasnya kesehetan tetep perlu di perhatikan :)

Balas

Kesehatan memang harta yang termahal buat kita
Karena apapun nikmat nya makanan kalau badan
kita tidak vit, semua nya akan terasa pahit, seperti
apa yang di perbincang kan sobat blogging diatas

izin nyimak Mas,. salam sehat sejahtera selalu
Terima kasih..atas artikel nya..

Balas

Lho Mas Andes, gaka salah tulis toh,..???
Kata Mas Budi bisa buat nambah cicilan panci
Naha Mas Andes mah, bisa nambal Panci..? hhhh

Balas

Ice cream baik utk kesehatan ndak ya... :)

Balas

@Mas saud : mas Andes selain lihay naklukin kode...ahli juga buat urusan nambal2 ...hehe

@Mas Anthonie: tau aja sih mas...jd malu deh saya hehe :)

@mbak Rin : mas admin nya ...habis dapt undian kan mbak..hehe

Balas

@Mbak Rin: waduh..semangka sy ndak salah apa2...kok di bawa2 mbak...kacian dong...hehe

@ Mas Anthonie: nah mas Ant...emang di kenal suka yg fresh nih :)

Balas

kalau es krim nya masih mentah ya tidak baik mas bud

Balas

emang tukang tambal panci ya mas

Balas

Iya benar mas bud, mas admin nya baru aja dapat undian dari salah satu kontes di internet. hadiahnya buah semangka 1 truck hehehe :D

Balas

meskipun aktifitas kita padat, kita tetap harus menjaga kesehatan ya mas :) kan sehat mahal harganya :)

Balas

mahal pun g bisa diperjualbelikan,,,,,
heehehe

Balas

mas,,,, kalau TBC tidak lepas dari obat juga dlam masa pengobatan,,,,
gmna tu?

Balas

kalau saya belum di vaksin mas... dulu kemana saja sayah nya ya

Balas

Kesehatan memang sangat mahal Harga nya`
Bahkan tidak bisa di beli dengan uang,,
Dari itu sesibuk apapun kita? pedulilah pada
Kesehatan diri kita Pribadi, dan selebih nya
Keluarga kita yang di cintai..terima kasih
Atas artikel nya Mas. sukses terus

Balas

oooOOH Begitu toh Rupanya Mas Andes yah Mas Budi..?
Boleh juga yah? Mas Agus, Mas Anthonie Eka..Ss Wahyu
Mas Andes..Ngapain sih ngomongin yg jorok2...sih..? hhh
Padahal saya juga gak pernah hidup jorok tuh..!? hhh
Tau tuh Mas Andes mah...hhkhk becanda Mas......?

Balas

Kalau gak salah TBC Pengobatanya harus rutin
Itu menurut yang saya tau Ss Maya..tapi gak
tau tuh kata Mas Admin mah...

Balas

kalu orang erop kan minum2an hanya sekedarnya saja mas, bukan untuk berlebih2han

Balas

Informasi yang sangat bermanfaat, menambah pengetahuan tentag kesehatan.. terima kasih banyak sharingnya :)

Balas

aduh kang Karrysta, kan salah satu upaya untuk hidup sehat juga harus sering cuci panci kalo makan biar higinis :)

Balas

sehat memang mahal harganya, tapi kalo di kredit aja dulu gimana mas mas mbak mbak :)

Balas

bukan hanya semua organ saja yang harus di jaga, tapi seluruh isi rumah juga perlu di jaga biar gak di curi maling :) termasuk istri juga harus di jaga

Balas

soalnya sehat tidak di kasih bandrol sih :)

Balas

kata mas Admin juga begitu kok kang, tenang saja :)

Balas

mahal itu ya kesehatan harganya, sebaiknya kita menjaga maha agar tetap sehat _ _"

Balas

Seandainya kesehatan bisa di kredit, sama minta diskon mas wkwkwkwk :D

Balas

Mas Andes rajin banget mau nyuci panci :)

Balas

memank gk ada untung nya ya mnum yg bgituan..
yg ada mlah nambah pnyakit

Balas

Eh mampir lagi, hehe, kemarin bacanya belum sampai selesai :D

Balas

wah ane baru tau tuh, harus waspada sama penyakit seperti itu

Balas

rutin,,,, kan tiap hari harus berhadapan dengan obat kimia juga

Balas

Kesehatan itu dibutuhkan pengorbanan karena itu sangat mahal harganya :)

Balas

hati-hati mas Andes kalau terlalu semangat nyuci pancinya entar bolong deh hehe...

Balas

Yah kalau dokter yang menganjurkan minum obat secara rutin yah gak apa-apa mbak kan itu juga buat pengobatan, karena itu untuk yang masih sehat harus selalu jaga kesehatan :)

Balas

Punten Dulur sadayana bukan gak sopan, saya lagi nyari2
Mas Andes nih,.? katanya ada di Bandung saya cari Tasik,,
Gak ada..? eeeeh gak Taunya sedang bertengger di Artikel
Mas Anthonie yang Keren ini,, Saya mampir di Blog Mas Andes
Gak ketemu ma orang nya, saya mampir lagi blog nya Mbak Ririn
Gak juga ketemu, sampai di Blog nya, Mas Budi, Mbak Maya,
Mas Sabda, Mas Agus, Mas Ruly gak ketemu juga, yah disini
Ketemu nya Pulang dulu Mas Andes ada yang nyari2 Tuh..? hhhh

Balas

betul sob, sebaiknya hindari yang seperti itu :)

Balas

kan bagus mas kalau yang fresh hehe...

Balas

enggak dibandrol aja udah mahal apalagi kalau dibandrol yah mas...

Balas

iya mas, kalau tahu kan bisa mengantisipasi sejak dini :)

Balas

Iya betul mas Rizky, lagian nggak ada untungnya juga kita mabuk alkohol yah...

Balas

lha emang mamang lagi kemana dulu hehe...

Balas

betul mas Andes, semuanya harus dijaga biar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan hehe...

Balas

Betul mas saya sangat setuju sekali, kalau sudah sakit semuanya jadi tidak enak lagi :)

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

silahkan dilanjutkan sampai habis sob :)

Balas

Hettt daah Mas Andes,,. di suruh pulang dulu
Malah nawar, ngriditin Kesehatan hahahah
Ada-ada saja,,. golongan uing,, Merekedeweng...
Ternyata selain jago dongkrak script Mas Andes
Humoris juga yah,..? jiee... Mas Andes Keren Dah?

Balas

iya sob penyakit yang perlu diwaspadai:)

Balas

hakhakahaka..Nambal scor..ehh maaf salah...!!
Nambah Scor lagi tuh berarti 3 Pinalis buat Ma Andes..
Kata Mas Budi, Mas Andes :
1. Jago Naklukin Kode
2. Jago Nambal Panci,
3. Jago Humoris

Yang belum terdaftar tentang Mas Andes
Kata Mbak Ririn Rajin, berarti..apa tuh artikulasi nya.
Tapi yang paling belakang kata Mas Anthonie sedikit lucu..?
Hati-hati entar Panci nya Bolong,, hahah,, kenapa tuuuhh..?

Balas

Syukur lah Mas Andes kalau Mas Admin nya sependapat mah.
Menurut analisa saya Tergantung dari tahap pengobatanya,,itu
Sendiri Mbak Maya,,? kalau memang tahap pengobatan nya
Melalui MEDIS, yah mau gak mau harus nurutin Prosedur dokter
Nya,, apa yang di saran kan oleh Mas Anthonie diatas..

Tapi kan di kalangan Ethnik sperti di daerah saya tahap
Pengobatan TBC, Ada beberapa Metode pengobatan dan
Perawatan, penyakit TBC itu, salah satu nya dengan Ramuan
Tradisional atau Obat Herbal, bahkan di kalangan pedaleman
Di daerah saya, aja juga pengobatan TBC Dengan kemampuan
Magic, dengan hawa murni (Bathin) dengan berbagai tokoh daerah
Dengan berbagai Nara sumber, yang masih menganut tradisi

Nenek Moyang, tapi saya Pribadi, tetap memilih saran yang di anjurkan
Mas Anthonie, dengan pengobatan Medi (Dokter) asal kan obat yang
Terbaik ( - kadar ) atau nol kimia walau pun Alhamdullilah saya tidak
Pernah Kena TBC,, Tapi demi Allah saya gak mau kena TBC,,

Maaf yah Mas Admin dan Mas-Mas juga Mbak-Mbak yang lain
Comments saya kepanjangan, jangan bendu yah Sob...? hhhh
Bukan maksud saya Menggurui, ini hanya sharing saja,..
Benar dan salah nya Hanya Mas Admin yang lebih tau.

Balas

Sy pilih mending kabur dah...
Dari pd hidung sy kena tembel jg... Haha :)

Balas

Apalagi...masih dalem kemasan mas..hehe :)

Balas

Alhamdulillah saya ngak ada sob, aminnn

Balas

maksudnya sehat bisa di kredit tuh pas lagi berobat bayarnya nyicil dulu mas mas mbak mbak alias ngutang dikit sama pak dokternya ketimbang tidak bayar :) hihihi..

tak usah di cari kemana mana atuh kang Karrysta ni udah kembali kerumah dari indramayu :)

Balas

kalo panci rapet yah bukan panci dong mas namanya :) hahaha kan emang udah bolong tinggal di kasih tutup doang

Balas

tapi kalo udah di jenguk malaikat Izrail jadi laen lagi yah ceritanya, pak dokternya juga ikut manggut2 deh jadinya :) huhuhu

Balas

di tambah kalo bentuknya masih bulet udah gitu kenceng, pasti masih sippp dehhh :)

Balas

nah itu dia masalahnya mas, ntar kalo di kasih bandrol kan pada kredit lagi jadinya :)

Balas

nggak ah, mau boking densus 88 aja mas yang nakal biar di breennn :)

Balas

kalau makan keong sawah bagaimana mas, katanya itu bisa buat nangkal juga (kata orang dulu) :)

Balas

harus tau pencegahannya nih gan :D

Balas

kalau di kredit nanti kena persenan, jadi lebih mahal. pakai asuransi aja

Balas

datang Lagi hari ini untuk menyapa pemilik blog, Apa kabar sobat, semoga sehat selalu

Balas

Plus...warnah bagian dalamnya....merah merekah.....hmmmmm... :)





Balas

Tapi tetep aja pake barcode..kan :)

Balas

Di kasih salep 88 deh...biar cepet baik . :)

Balas

semoga kita semua terhindar dari semua penyakit ya gan :)

Balas

Artikel yang sangat membantu bagi orang yang sedang mengkaji tentang hepatitis . .
:)
jangan lupa follow blog kami ya http://meutrap.blogspot.com ,
terima kasih
blog ini sudah saya follow .

Balas

iya mas Nandar semoga kita bisa terhindar dari semua penyakit yah...

Balas

makasih buat kunjungannya sob, saya juga sudah follow back, makasih :)

Balas

wah bisa juga yah berobat dan bayarnya nyicil hehe...

Balas

kok pada ngeributin panci nih, udah bayar belum pancinya mas hehe...

Balas

iya mas saya manut saja hehe...

Balas

wah apa yang dimaksud mas Budi dan mas Andes yah saya nggak bisa bayangin hehe...

Balas

di scan biar gampang yah mas :)

Balas

buat kudis dan kurap yah mas Budi hehe...

Balas

iya sob harus dicegah jangan sampai kena :)

Balas

makasih mas Albar buat kunjungannya, semoga mas Albar juga sehat selalu :)

Balas

keong sawah atau tutut yang sudah diolah dengan baik dapat juga digunakan untuk menunjang kesembuhan penyakit hepatitis B ataupun liver.

Balas

hepatitis termasuk penyakit yang cukup berbahaya perlu untuk di sebar luaskan nih,.. mohon izin di share ulang mas

Balas

silahkan Bunda, semoga bermanfaat :)

Balas

terimakasih sudah di izinkan mas,nanti saya edit kalimatnya agar tidak terkesan copas 100 % dan saya akan berikan link sumber yang jelas,sekali lagi terimakasih mas

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger