logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Cara menghilangkan kutil secara alami

Cara menghilangkan kutil - Kutil terjadi dikarenakan oleh virus Human Pappiloma Virus atau HPV yang menginfeksi sel kulit yang tumbuh, dan biasanya kutil sering tumbuh paling banyak di bagian tangan dan kaki, namun ada juga di daerah lain seperti  di bagian lutut, siku, wajah ataupun alat kelamin dan virus ini dapat menular karena terjadinya kontak kulit atau dari barang-barang yang digunakan seperti handuk dan barang lainnya namun semua tergantung dari sistem kekebalan tubuh, jika sistem kekebalan tubuh anda sedang lemah maka kutil akan mudah tumbuh.

Pada umumnya kutil akan hilang dengan sendirinya tanpa perawatan medis, namun jika timbulnya kutil dapat mengganggu seperti rasa sakit, berdarah, mengganggu penampilan sebaiknya diperiksakan ke dokter agar mendapat pengobatan yang tepat atau dapat juga menggunakan pengobatan secara tradisional.

Cara menghilangkan kutil secara alami
Kutil
Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penularan kutil ini di bagian tubuh lainnya:
  • Kutil akan tertular karena virus yang menempel pada alat pencukur baik untuk wajah maupun kaki.
  • Jika penderita menggaruk kutil maka virus akan menempel di jari dan kuku dan beresiko tertular pada bagian jari dan kulit lainnya.
  • Jika penderita menggigit kutil lalu menghisap jari atau menggigit kuku akan beresiko tertular kutil di bagian sekitar ujung jari.
Beberapa jenis kutil yang perlu anda ketahui:
  1. Filiform warts, biasanya kutil ini akan tumbuh di bagian ketiak, kelopak mata, leher dan biasanya kutil berbentuk memanjang.
  2. Plantar warts, kutil ini adalah kutil yang biasa tumbuh di bagian kaki seperti di jari kaki, tumit ataupun di telapak kaki dengan ciri bagian sekitar kutil berwarna putih dan mengeras serta bagian tengah berwarna hitam dan biasanya akan terasa sakit.
  3. Common warts, Kutil ini dapat tumbuh di setiap bagian tubuh dengan ciri bintik-bintik kecil dan agak gelap yang dikarenakan adanya pembuluh darah yang beku, biasanya kutil ini mempunyai permukaan agak kasar.
  4. Plane warts, biasanya banyak terjadi pada anak-anak di bagian tangan, wajah dan kaki dengan bentuk kutil yang mulus dan bulat dengan warna coklat atau warna kulit.
Beberapa cara menghilangkan kutil secara alami:
  • Bawang putih, untuk menghilangkan kutil bisa dengan menggunakan bawang putih, caranya siapkan satu siung bawang putih kemudian dihaluskan lalu oleskan ke tempat kutil itu berada dan setelah itu balut dengan perban atau kain lakukan berulangkali sampai kutil menghilang.
  • Cuka, kutil dapat juga disembuhkan menggunakan cuka karena cuka dapat melepaskan kutil sampai ke akarnya, caranya basahi kapas dengan cuka lalu oleskan pada bagian kutil, lakukan sampai kutil menghilang namun kulit anda akan terasa agak perih dengan cara ini.
  • Daun dewa, daun ini juga bisa digunakan untuk mengobati kutil, caranya siapkan daun dewa sebanyak 5 lembar dan bersihkan kemudian tumbuk sampai halus lalu oleskan pada bagian kutil dan terakhir balut dengan kain.
  • Biji jali, selain pengobatan luar bisa juga menggunakan pengobatan dalam dengan cara diminum, caranya rebus biji jali kering sebanyak 20-50 gram ke dalam satu setengah liter air sampai air dalam rebusan menjadi sekitar 2 gelas, lalu saring air rebusan tadi lalu minum 2 kali sehari.
  • Kulit pisang, jika anda sering makan pisang, maka kulit pisang juga dapat mengobati kutil dengan cara dioleskan kulit pisang tadi ke bagian kulit yang ditumbuhi kutil dan lalukan secara rutin sampai kutil menghilang.
  • Kapur sirih dan sabun colek, siapkan sedikit kapur sirih dan sabun colek dengan perbandingan sama lalu campurkan sampai merata lalu oleskan pada bagian kutil, biarkan sampai kering lalu bilas dengan air hangat sampai bersih dan lakukan sampai kutil menghilang.
  • Kentang, kandungan postassium dalam kentang juga dapat membunuh virus HPV penyebab timbulnya kutil
Itulah artikel mengenai cara menghilangkan kutil secara alami, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Artikel lain yang perlu anda ketahui: Tips agar cepat hamil, cara menghilangkan bekas jerawat


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Cara menghilangkan kutil secara alami . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Cara menghilangkan kutil secara alami sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

170 comments

di bookmark dulu aja dh mas, buat jaga2....tapi ga ga ga ga mau banget dh ah kutilan :(

Balas

geli banget saya kalo ngeliat kutil.

Balas

Kebetulan saya belum pernah terkena penyakit kutil mas. Mudah-mudahan saja nggak kena ya. Tips diatas bisa dicoba untuk dipraktekkan sebagai upaya pengobatan kutil secara alami dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan disekitar lingkungan kita. Thanks mas atas ilmunya :)

Balas

Mampir dulu mas...blm baca sampe habis artiikelnya..
Besok di terusin ...bis sarapan pagi...hehe

Balas

alhamdulillah sampek skrang, gk pernah kutil. hehehe

Balas

merinding lihat kutil d telapak tangan,,,
hehehe,,,,

ternyata kentang bisa menghilangkan kutil jga,,,
dulu yg paling ampuh sbun colek,,,
alhamdulillah,,,, kutil tidak pernah menghampiriku

Balas

selamat pagi ;)
alhamdulilah gak ada kutil, dulu ada sh waktu kecil gara2 kecipratan darah ayam *katanya* ...

buat yg punya kutil, ayo dibuang, nih ada tips dari mas anthonie :D

Balas

Banyak cara tradisional buat ngilanginnya ya mas。
salah satunya menggunakan kulit pisang...

Btw...jenis pisangnya...semua pisang ya mas :)

Balas

saya pernah kutilen mas, katanya penyebabnya dari darah ayam yang disembeli yang muncrat ke kulit. Anehnya gak di apa-apakan kok hilang sendiri ya mas, dulu pernah tak silet i gitu, terus mengecil dan hilang

Balas

MAKSIH Sob, bermanfaat banget

Balas

thanks banget gan.. bermanfaat sekali :)

Balas

Untung Untung saya Belom Pernahh Ngerasain Yang namanya Kutilan Heuu Ngerii Bngett Tuhh Misalkan Klo Sii Kutil Tumbuh Di Ketiakk Beuuuhhh Bisa Tambah bau Ketek Ane Hehe :D Nice Info dah Gan Infonya sangatt Bermanfatt :)

Balas

artikelnya bermanfaat gan,makin tau saya ^^

Balas

saya juga pernah denger mas kata temen saya yang juga pernah kutilan, katanya buat ngilangin kutil pake itu yang buat campuran orang tua kalo nginang itu namanya apa saya lupa.. hehehe apu ato apa gitu..
tapi ngerii katanya di iris dulu kutilnya terus di olesin pake itu

Balas

yang penting bukan pisang goreng ato keripik pisang aja mas :D
hehehe

Balas

tapi kalo kecipratan uang gak jadi kutil kan mbak :D

Balas

wah merinding yah mbak liat kutil di telapak tangan.
saya juga agak merinding kalo liat kutilanak di atas genting :D

Balas

iya mas kasih kapur sirih bisa juga :)

Balas

sama-sama sob memang kutil ngeri juga hehe...

Balas

makasih mas Nandar...

Balas

sama-sama mas Albar semoga bermanfaat :)

Balas

iya biasanya kutil akan hilang sendiri mas...

Balas

betul apa yang dikatakan mas Andes mas hehe...

Balas

yang betul adalah karena terkena virus HPV yang menyebabkan terjadinya kutil...

Balas

biasanya menggunakan kapur sirih dicampur sabun colek lalu dioleskan pada kutil...

Balas

monggo mas besok dilanjutin hehe...

Balas

iya mbak wahyu mudah-mudahan kita jangan sampai terkena yah, makasih kunjungannya :)

Balas

kalau geli jangan dilihat atuh kang hehe...

Balas

silahkan kang WS, iya jangan sampe deh terkena kutil yah...

Balas

kutilan uey.

makanya kalau motong ayam jgan kena darah nya

Balas

Untung saja saya ga punya KUTIL nih gan..haa

Balas

wah informasi yg sangat menarik nih sob. ijin bookmark dulu mana tau butuh :D

Balas

Lagian ndak ada kerjaan tuh kunti nangkring di genteng..bukan nya no.gkrong ke Mall...hehe :D

Balas

Apalagi keciprat sama Dolaran ya mas :)

Balas

Terima kasih buat pencerahannya :)

Balas

Beda lagi hasilnya kalo pake kapur tulis ya mas..hehe :D

Balas

saya pernah kena kutil di jari telunjuk, kayaknya Plantar warts. dulu saya silat2 dengan potongan kecil,sampai habis lho

Balas

jangan janga di makan rayap mas

Balas

senang sekali bisa berada dihalaman yang sangta luar biasa dan terima kasih abnyak atas infonya dan semoga semakin suksek dan maju!!!

Balas

halaman yang sangat informatif dan memberikan wawasan serta artikelnya enak untuk dibaca . . .sungguh beruntung berada dihalaman seperti ini dan semoga lebih baik lagi kedepannya!!!

Balas

kunti ke mall tuh kunti yang suka pakean mini2 mas :D

Balas

huss jangan ngeyel mas bud tuh dengerin yang di bilang mas anthoni :) virus HPV virus apaan mas..

Balas

kalo monokotil dikotil termasuk obat kutil apa bukan mas hehehe :D

Balas

saya juga melanjutkan baca tips diatas mas. kemarin soalnya baru baca setengah nya saja hehehe :D

Balas

agar tidak terkena kutilan ya harus jaga kebersihan ya mas :)
dengan begitu maka kuman-kuman yang menempel pada tubuh kita akan hilang :)

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

ok sob makasih dan salam kenal juga, barusan saya udah mampir...

Balas

kalau o nya diganti u mungkin bisa mas hehe...

Balas

Terimakasih sob semoga bermanfaat :)

Balas

Amiin, makasih kunjungannya sob :)

Balas

wah hati-hati sob takutnya infeksi...

Balas

syukurlah, mudah-mudahan nggak sampai kena yah...

Balas

yang penting jaga kebersihan yah sob...

Balas

itu mah buat gambar kutil mas hehe...

Balas

malah kebeneran kalau gitu mas hehe...

Balas

Dibaca aja mas di atas ada kok hehe...

Balas

tapi pada suka kan hehe...

Balas

bersambung deh hehe...

Balas

betul mbak, memang kita harus selalu menjaga kebersihan, agar terhindar dari bermacam penyakit :)

Balas

bawang putih itu paling manjur buat menghilangkan kutil yang baru akan tumbuh, namun kalo kutilnya sudah lama dan sudah menjadi jaringan yang baru, saya sarankan untuk ke dokter saja buat di bedah ringan....salam :-)

Balas

Kalo sekrng..kbetulan sy udah khatam baca nya :)

Balas

Terutama mas adminnya..ya hehe :)

Balas

Masih kerabat kayak nya mas :)

Balas

Saya barusan dari belakang..

Balas

Dokter spesialis kutil ya bang Har...hehe :D

Balas

kalo Saya lebih sering ada JERAWAT di punggung Saya, bagaimana yah solusi nya :D

Balas

nanti rayapnya kutilan mas gimana dong

Balas

Macam-macam kutil : kutila, kutini, kutimah, kutilanak. xixixi

Balas

tips nya bermanfat sob... bagi yg ada kutilan liat nih caranya disini..

Balas

sip mas tipsnya bermanfaat.ngusir kutil yang bikin ga PD :D

Balas

wah kalau saya malah takut mas kalau lihat kuntil anak :D

Balas

Kalau sudah khatam, harus syukuran loh. Makan-makan getu :D

Balas

kunti jaman sekarang seksi-seksi ya mas :D

Balas

Terimakasih banyak atas infonya sob. salam kenal aja

Balas

sama-sama sob salam kenal juga :)

Balas

Iya betul sob, makasih kunjungannya :)

Balas

hehe... makasih sob :)

Balas

dan lain-lain yah mas Hendrik hehe...

Balas

seratus buat mas Budi :)

Balas

serem kalau itu mah mbak hehe...

Balas

Horeee asyik nih makan-makan hehe...

Balas

biar banyak yang klepek-klepek hehe...

Balas

biarin aja kalau rayap yang kutilan mah hehe...

Balas

masih satu suku "til" mas hehe...

Balas

ngapan mas masuk dari belakang, didepan juga nggak dikunci kok hehe...

Balas

betul apa kata mas Har, untuk dapat diatasi secepatnya dan lebih efektif, makasih mas :)

Balas

kayaknya begitu mas hehe...

Balas

Hindari mungkin makanan yang memicu bertumbuhnya jerawat, seperti kacang dan makanan berlemak :)

Balas

kunjungan pertama nih gan,nice info gan..

Balas

informasi yg bermanfaat sekali mas ... kutil itu kecil tapi bikin ilfil hehe

Balas

Ayo Mas Budi traktir kita-kita. Kan sekarang lagi tanggal muda. Pasti adsen-nya sudah cair :D

Balas

sepertinya Mas Anthonie sudah sangat berpengalaman banget soal kunti nich :D

Balas

wah ternyata kulit pisang tuh bisa buat ngilangin kutil..
ku kira manfaat nya cm buat bikin orang kepleset :D

Balas

kutil di jepret pake pentil juga boleh kan mas :D

Balas

kutil di olesin kapur barus juga sipp kok mas :) hehehe semutnya pada lari :D

Balas

kabur dulu ah mumpur belom di lempar panci sama mas budi :D ehehe..

Balas

kunti mana coba yang belom kenal sama Mas Anthonie :D ehehe..

Balas

Oke Mas.. terima kasih sudah berkunjung di blog saya
Tapi Blog Mas ini lebih nice, dan lebih sangat bermanfaat
Buat saya dan sobat blogging lainya, salam kenal juga buat
Sobat-sobat Blog : http://sehatalami99.blogspot.com
Dari saya Bravo Blogging all friends

Balas

beban berat di pundak rayap dong mas, kan kutilnya besarnya sak kelereng, rayapnya kan cuma sak semut, hehehe

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Sip mas.. jadi kulit pisang tidak di buang percuma, karna bisa untuk menghilangkan kutil

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

udah sembuh mas, udah hilang kok, di dasar kutil itu ada akarnya lho

Balas

info yang disuguhkan sangat menarik untuk disimak dan saya beruntung bisa berada dihalaman luar biasa seperti ini. . .sukses untuk halamannya!!!

Balas

Asyik lumayan buat beli permen haha :)

Balas

Asoy...sip deh mbak Rin...doa in aja ya biar cepet cair...pasti orang pertama yg sy traktir mbak Ririn hehe :)

mas Anthonie no ukuran sepatunya berapa? :)

Balas

Wah ada master datang nich... Kabur ah wkwkwk :D

Balas

Mungkin yg dekat pengkolan ... depan pohon jengkol wkwk :D

Balas

Pasti rasanya semeriwing hehe..

Balas

Boleh asal jgn nyambi ngemil
Apalagi sambil ngupil hehe :)

Balas

Biar dapet Besek mas...hehe :)

Balas

Ngobatin nya juga boleh di cicil kok kang hehe :)

Balas

Wuih mantap nih artikel sobat blogging sangat
antosias dengan artikel Mas ini...suksah terus Mas

Balas

Dulu di kaki (dekat mata kaki) saya ada kutil. Kutilnya mengeras. karena tidak tahu mau diapakan, saya biarakn aja, takutnya salah-salah malah bikin penyakit. Eh, tau-tau udah hilang sendiri tu kutil.... :D

Balas

salah satu orang terdekat saya harus melakukan operasi untuk ngilangin kutil di jari kakinya.. thanks om atas informasinya

Balas

saya dapet nggak mas Budi... oh ya no sepatu saya udah ilang mas hehe...

Balas

haha kuntinya bau jengkol donk mas...

Balas

hehe biarin aja mas...

Balas

emang sudah dicoba yah mas Bud hehe...

Balas

syukurlah kalau udah sembuh :)

Balas

hati-hati kena wanita hamil mas hehe...

Balas

Makasih kunjungannya gan :)

Balas

Hehe... boleh juga tuh mas...

Balas

salah satu kelebihan kulit pisang mas hehe...

Balas

Makasih mas, kita sama-sama belajar kok, blognya mas malah lebih bagus dan bermanfaat kayaknya...

Balas

Iya boleh dicoba hehe...

Balas

Terimakasih semoga bermanfaat :)

Balas

Makasih mas, sukses juga buat mas yah :)

Balas

Iya biasanya kutil akan hilang dengan sendirinya, asalkan tidak terlalu menggangu dibiarkan saja tidak apa-apa.

Balas

Betul mas, kalau kutil sudah mengganggu sebaiknya diobati atau dioperasi biar cepat hilang.

Balas

Sama-sama mas semoga bermanfaat :)

Balas

Mas Budi dari kemarin tanyanya nomor ukuran sepatu terus nich. Ada apa gerangan? wkwkwk :D

Wah kalau ngajak saya apa nggak ada yang cemburu nich? Istri di rumah gimana dunk? wkwkwkwk :D

Balas

Wah nggak asyik donk kalau kunti nya bau jengkol. :)

Balas

asyik dunk kalau lempar-lemparan getu :)
apalagi kalau dilempar uang hehehe :D

Balas

Mas Budi sering nyoba tuh. Jadi nya bisa merasakan semriwing nya :D

Balas

Kalau pengen dapet besek, ikut rewang juga mas bud wkwkwk :D

Balas

ok nih buat tipsnya..nmbah wawasan..
dan slam knal

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

sudang pengalaman dengan yang semriwing kaya gitu hehe...

Balas

hehe kalo yang nggak doyan bisa pingsan kali hehe...

Balas

wah bahaya kalau itu sih hehe...

Balas

jangan lupa saya dikasih juga yah hehe...

Balas

dulu pernah kutilan dicungkil nggak ilang2, malah tambah parah, rupanya mestia pake resep diatas to..

Balas

cara diatas merupakan suatu alternatif, boleh dicoba kalau dirasa cocok :)

Balas

Bagaimana cara agar kutil tidak tumbuh lagi?
terima kasih atas pencerahannya.

Balas

Jika kutil masih tergolong ringan biasanya akan hilang dengan sendirinya, tapi jika kutil sudah sangat menggangu sebaiknya periksakan ke dokter, kutil tumbuh dikarenakan virus, jadi jika daya tahan tubuh lemah maka kutil akan beresiko tumbuh kembali, jadi selain menjaga kebersihan juga faktor kekebalan tubuh sangat mempengaruhi.

Balas

kutil itu semaam caplak itu yah mas, kalau di kampung saya nyebutnya catak en

Balas

iya tiap daerah mempunyai nama sendiri :)

Balas

ada lagi tambahan untuk mengobati kutil, mas...

dengan getah adenium atau kamboja jepang.. cukup di teteskan /dioleskan ke kutil....

Balas

Mantap ni artikelnya,
ketemu juga caranya di sini.

Balas

Makasih mang buat infonya semoga bermanfaat buat mereka yang membutuhkan solusi penyembuhan dari penyakit ini,

Balas

makasih sob semoga bermanfaat :)

Balas

bermanfaat bgt ne tipznya, dlu Que jg prnh ada kutil truz Que pilin-pilin mpe' kutilnya mengering & copot dech...!!!
:)

Balas

Kreatif juga nih sob hehe...
Kutil yang ringan biasanya akan hilang dengan sendirinya kok, makasih kunjungannya :)

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

makasih mas Singgih atas kunjungannya, mohon maaf mas, harap tidak mencantumkan url saat berkomentar yah.

silahkan berkomentar lagi :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger