logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Penyebab dan gejala vertigo

Penyebab vertigo│gejala vertigo│penyakit vertigo│obat vertigo - Vertigo sering disebut juga dengan pusing berputar atau pusing tujuh keliling adalah gangguan pada sistem keseimbangan yang mengakibatkan terjadinya rasa pusing atau berputar, vertigo sendiri bukanlah merupakan suatu penyakit namun merupakan gejala penyakit yang mengindikasikan adanya penyakit tertentu.

Vertigo merupakan kondisi medis yang ditandai dengan adanya perasaan lingkungan di sekitarnya seakan bergerak atau berputar, gangguan ini biasanya berhubungan dengan kelainan di telinga dalam dan juga di otak.

Penyebab vertigo diklasifikasikan menjadi penyebab perifer yaitu penyebab yang melibatkan jaringan syaraf dan penyebab sentral yaitu penyebab yang melibatkan otak, dan biasanya penyebab yang paling umum adalah penyebab perifer yaitu penyebab yang melibatkan telinga dalam.

Penyebab dan gejala vertigoBeberapa faktor penyebab vertigo:
  • Kurangnya asupan oksigen ke otak
  • Migraine
  • Infeksi bakteri di telinga
  • Stres
  • Radang pada leher
  • Gangguan penglihatan
  • Kelainan syaraf
  • Mabuk kendaraan
  • Mabuk alkohol
Gejala vertigo biasanya akan ditandai dengan adanya:
  • Rasa pusing yang luar biasa, rasa pusing dan berputar terjadi karena gangguan keseimbangan yang terpusat di bagian telinga atau lebih tepatnya di sekitar area labirin.
  • Mual dan muntah, ini terjadi karena rasa pusing dan berputar sehingga membuat perasaan mual bahkan sampai muntah. 
  • Kesulitan untuk menyeimbangkan tubuh.
  • Penglihatan menjadi kabur serta pergerakan mata menjadi tidak normal.
Vertigo sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu:
  1. Vertigo vestibular, terjadi karena adanya gangguan pada syaraf keseimbangan pada bagian dalam telinga, batang otak hingga otak besar, penyebabnya bisa dikarenakan adanya infeksi sekitar sinus, tumor otak atau infeksi otak.
  2. Vertigo non vestibular, terjadi karena adanya gangguan sistem visual seperti kelainan refraksi mata atau bisa juga karena terganggunya sistem propriseptik atau sumsum tulang belakang.
Beberapa makanan dan minuman atau hal-hal lainnya yang harus dihindari jika mengalami vertigo yaitu:
  • Makanan yang berlemak tinggi.
  • Makanan seafood atau makanan laut.
  • Makanan yang berkolesterol tinggi baik itu daging seperti daging kambing, daging sapi, daging babi, telur, juga makanan yang digoreng.
  • Buah yang berkulit tebal seperti durian dan nangka
  • Minuman bersoda
  • Minuman berlemak seperti susu
  • Minuman kopi
  • Minuman beralkohol
  • Merokok
  • Asupan garam harian yang berlebih
Cara mengatasi atau mengobati vertigo:
  • Mengetahui faktor penyabab vertigo, jika tahu penyebabnya akan mudah juga cara mengatasinya.
  • Fokus melihat pada objek yang jauh, usahakan untuk tidak berbaring atau menutup mata.
  • Mempelajari reposisi canalith, biasanya dokter akan mengajarkan pada pasiennya yaitu gerakan kepala untuk mengembalikan cairan di telinga bagian dalam.
  • Suntikan gentamisin atau steroid, suntikan pada telinga bagian tengah yang disebabkan oleh penyakit Meniere.
  • Minumlah obat sesuai yang diresepkan dikter, biasanya untuk mabuk perjalanan diberikan obat meclizine atau diazepam untuk mengurangi gejala dari vertigo.
  • Membatasi MSG dan garam, mengkonsumsi MSG dan garam terlalu banyak dapat meningkatkan gejala vertigo, karena itu sebaiknya membatasinya.
  • Menerapkan pola hidup sehat, dengan cara ini sedikit banyak dapat membantu mencegah vertigo seperti menghindari stres, olahraga teratur, tidak merokok dan minuman beralkohol.
  • Melakukan terapi fisik sederhana, dengan melakukan terapi sederhana ini akan dapat membantu mengatasi vertigo.  
Terapi fisik sederhana yang bisa dilakukan bagi penderita vertigo:
  • Lakukan aktivitas seperti naik turun tangga dengan menutup dan membuka mata secara teratur.
  • Lakukan posisi berdiri tegak dengan menutup dan membuka mata secara teratur.
  • Lakukan posisi duduk lalu berdiri secara berulang-ulang dengan menutup dan membuka mata secara teratur.
  • Lakukan olahraga jalan kaki secara rutin dengan menutup dan membuka mata secara teratur.
  • Menggerak-gerakan mata ke atas dan kebawah secara teratur.
  • Menggerak-gerakkan kepala misal memutar, kekiri dan kekanan atau kebawah dan keatas seperti olahraga senam.
Semoga artikel mengenai Penyebab Vertigo ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Penyebab dan gejala vertigo . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Penyebab dan gejala vertigo sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

86 comments

Wah kalau sering pusing getu sebaiknya segera diperiksakan ke dokter ya mas ^^

Mungkin bisa kurang darah atau kurang vitamin ^^

Balas

Ngeri ya vertigo itu mas Anthonie, saya pernah pusing seperti itu semoga bukan vertigo tapi karena kebanyakan lihat komputer saja :)
Terkadang kepala pusing jika saya terlalu lama ngeblog, hehehe :D

Balas

Setelah periksa ke dokter langsung pulang dan tidur ya mbak Eka, jadi gak boleh ngeblog terus, hihihi :P

Balas

padahal saya suka banget sama seafood mas, seperti udang, kepiting, cumi dan kawan2nya. ternyata salah satu sebab timbulnya vertigo ya mas ?

Balas

asyik melek merem tentunya

Balas

Saya sering kena pusing yang berputar-putar itu mas mungkin penyebabnya strees dan mabok kendaraan
kalau menghindari makanan laut saya sih bisa kalau menghindari kopi.oh..no...tidak mungkin
Hampir 2hari sekali jalan kaki +-30 menit-1jam...terakhir ya minum obat...

Balas

Mempelototi komputer dalam waktu lama kiranya juga menyebabkan vertigo ya, mas Eka?

Balas

ternyata vertigo bukan masuk satu penyakit ya mas..melainkan gejala satu penyakit tertentu..

Ngeri jg ya mas..kalo sering ngalamin ini...takut2 ada penyakit lain di dlm tubuh :)

Balas

Sy udah siap di depan pintu mas anthonie....eh keduluan mbak Rin deh pertamax nya :)

Balas

Kalo makannya bagi2 saya...ndak kan kena kok kang :)

Balas

kurang vitamin mungkin

Balas

Kalau terlalu lama didepan komputer, kadang penglihatan mata menjadi kabur, paragrap kalimat terlihat seperti garis garis yang bergerak kebawah, kepala juga menjadi pusing...apa ini juga termasuk vertigo?

Balas

Aku kok gk pernah pertamax ya, he he...

Balas

Selamat malam Mas Anthonie walah saya ketinggalan berita dari Mas Anthonie
Tadi sore ada kerjaan rumah jadi sore gak on blog. nyimak penyebab gejala
Vetigo nih Mas. nambah pengetahuan kesehatan nih dari Mas Anthonie
Dilanjut terus Mas. biar saya support artikel Mas Anthonie biar tambah Rame :)

Balas

Bener tuh Mbak Indri saya pun begitu. koq kita bisa
Sama yah Mbak Indri Kenapa Coba...?

Mas Anthonie saya sering pusing apakah gara-gara
Kebanyakan vitamin C Atau gejala Vertigo tapai jangan sampe deh..

Balas

Mas Budi sihh mau masuk blog Mas Anthonie. koq tengak - tengok
Dulu jadi deh keduluan Mbak Rin. Kang Sun kalau menurut yang saya
Alami kalau pengen Pertamax di blog Mas Anthoni baca Doa dulu hhh
Salam Hormat saja buat Mas Anthonie dan buat sobat semua :))

Balas

kalo denger peyakit ini memang ngeri mas sepertinya memang wajib harus masuk rumah sakit hehehe.. soalnya udah berkali kali saya jenguk orang lagi lagi gejala vertigo

Balas

wah makasih nih sudah pada ngumpul disini, maaf baru bisa menyapa lagi hehe...

Balas

pasti kebanyakan ngeblog nih mas Karysta sama mbak Indri jadi agak posing-pusing gitu hehe...

Balas

iya betul kang apa yang dibilang mas Budi kalau makan seafoodnya sambil bagi-bagi pasti nggak bakalan pusing deh hehe...

Balas

sebaiknya diperiksakan ke dokter mbak biar lebih pasti penyebabnya sehingga pengobatannya juga bisa lebih efektif :)

Balas

betul mas Uda, sebaiknya usahakan untuk tidak menatap layar monitor terlalu lama, luangkan beberapa menit untuk istirahat sebelum kembali ke komputer :)

Balas

iya mas Budi, kalau sampai terjadi pusing lebih baik periksakan ke dokter supaya bisa tahu penyebabnya :)

Balas

bisa juga juga sob, untuk pastinya sebaiknya periksakan ke dokter :)

Balas

iya mas Andes kalau ngalamin vertigo harus segera periksakan ke dokter biar tahu penyebabnya :)

Balas

Makasih mas Karysta sudah nyempetin mampir sini meskipun masih sibuk urusan kerjaan rumah yah :)

Balas

terlalu lama didepan komputer memang dapat menyebabkan pusing kang, sebaiknya harus ada waktu istirahat supaya mata tidak terlalu terfokus pada radiasi sinar di komputer....
Kalau vertigo adalah gejala dari suatu penyakit kang, tapi perlu juga waspada kalau sampai ngalamin pusing :)

Balas

Uuuuhhhh, menakutkan euyh...

Balas

baru tau vertigo masss . . .
ngeriiii . . . :

Balas

saya punya teman yang kene vertigo, kalau vertigonya tiba-tiba muncul dia langsung tidak sadarkan diri ngeri juga kalau kena vertigo, ijin booking pertamax juga :D

Balas

wah bahaya juga yah sob, harus hati-hati dan sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk dicari penyebabnya sehingga cepat ditangani :)

Balas

vertigo baru gejala dari penyakit lainnya sob, jadi memang harus berhati-hati :)

Balas

Betul sekali mbak, kalau sampai parah sangat membahayakan juga, jadi perlu waspada:)

Balas

wah ternyata udah rame banget nich yang komentar :D
iya harus segera di periksakan ke dokter ya mas. Bisa juga diperiksakan ke Mas Anthonie. Di jamin gratis tis hehehe :D
Salam hormat buat semuanya :D

Balas

Kalau saya biasanya pusing kalau pas tanggal tua mas hehehe :D
Pengen belanja tapi nggak bisa :D

Balas

mas kalau terlambat makan saya sering pusing, apa itu termasuk... tapi di ciri cirinya gak termasuk..

Balas

itu namanya DL mba..
ambil aja daun di tetangga sebelah :)

Balas

waduhhh gawat nih,saya ini termasuk penikmat kopi paling gila,,,,,ih jadi ngeri dech,,,tapi semua pusing yang ada akan hilang ketika minum kopi,,,,tapi efeknya aaaahhhh kaburrrr

Balas

wahhhh soto saya bisa bangkrot nih ,,,,mereka takut kalau makan daging,,,Mas Budi mau nih soto grati mas.......darpada nggak laku hahaha

Balas

haha mbak jenx ternyata penikmat kopi juga hidduppp kopiiiii

Balas

Kalau menurut saya sih gara-gara terlalu banyak tekanan pikiran sehingga terjadi vertigo sebagai akibat dari hal itu mas.

Sebaiknya dihindari juga makanan yang instan apalagi buatan amrik yang belum terjamin kehalalannya.

Balas

saya salah satunya :D
emang udah kebiasaan sih suka begadang, apalagi kalau main game atau online u.u

Balas

klo mabok alkohol sih udah pasti bikin pusing kepala..wkwkwk

Balas

Mungkin penyakit bawaan dari ortu kali sob :D

Balas

klo begadang saya malah tiap hari mas,,,,

Balas

kalo ngeblog pusingnya ada dua mas, pertama pusing karena terlalu lama melihat komputer, dan kedua pusing karena mikirin trafik blog gak naik-naik, hehehe :)

Balas

wahhh ternyata pusing tujuh keliling juga ada istilahnya ( Vertigo) yah mas eka hehe baru tahu saya :D dan biasanya sihh kalo saya lagi pusing suka minum kopi dan ternyata kagak boleh yah kalo lagi vertigo minum kopi hehe makasii nih mas eka atas ilmunya

Balas

makasih infox pak.., sy sendiri jg sering sakit kepala tp kambuh hny saat2 tertentu sj, misalx, saat kecapean, saat lapar, rasa sakitx hny disebelah kiri,, apa itu jg vertigo??

Balas

Kalau di jalan bisa berabe nie kalau kena vertigo. Teman saya pernah bilang kalau tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan vertigo juga. Benar apa gak Mas ?

Balas

kalau terlambat makan memang bisa bikin pusing mas tapi bukan vertigo, obatnya yah harus makan sob hehe...

Balas

betul sekali mas terlalu banyak pikiran atau stres bisa membuat vertigo, jadi memang perlu berhati-hati :)

Balas

kalau vertigo biasanya disebabkan oleh adanya penyakit tertentu sehingga menyebabkan pusing yang berputar, kalau hanya karena telat makan mungkin hanya pusing biasa sob :)

Balas

betul mas Hendrik karena itu harus dijaga jangan sampai tekanan darah terlalu tinggi :)

Balas

serem juga ya ternyata vertigo ini, jadi harus lebih sadar merawat kesehatan ini..

Balas

Saya sering mas mengalami vertigo, mungkin dengan tips dengan mas bagikan bisa teratasi.
terima kasih

Balas

mas dede kalau mabuk nggak minum kopi lebih dari vertigo..
mas anthonie paling dokternya ngomong jangan minum kopi duh ya nggak mood

Balas

Kalau saya sih karena darah rendah kadang juga kurang tidur..lambung juga kalau maag menyerang seperti itu langsung akibat seperti gejala vertigo
wah bahaya juga ya mas
karena lebih baik mencegah daripada mengobati..

Balas

istri ane pernah nih kenak gituan abis kecelakaan... ksian

Balas

makanya cepetan ke dokter,biar di sun,,,,,,,tik,,,,

Balas

tapi kalau layarnya tidak di plototi kayaknya nggak bahaya yah Mas hihi,,,makanya jangan melotot di depan komputer hahaha

Balas

Lagi tinggi nie Bang tekanan darahnya, page rank turun jadi 1. hehe

Balas

alhamdulillah mas saya belum pernah terkena gejala vertigo. Artikel nya sangat menarik dan mencerahkan mas. Mulai dari gejala hingga cara mengatasi gejala vertigo. Terimakasih mas anthonie :)

Balas

wkwkwkwk nanti bisa dimarahin tetangga mas :D

Balas

jadi harus jaga kesehatan ya mas dan sering berolahraga biar nggak terkena gejala vertigo. :)

Balas

Ea sebaiknya dikurangi kang,. Kalau beli seafood banyak, jangan lupa bagi-bagi kepada kita hehehe :D

Balas

wah ternyata ngeblog bisa bikin pusing juga ya :D
kalau saya malah nyante aja mas mbak hehehe :D

Balas

kang dede @ gratis kalo pas makan..kalo udah habis...di kasih bon deh..ehehhe

mbak Ririn @tenang mbak rin...kang ucup udah ready nyiapin kayaknya :)

Balas

knapa sy suka pusing pas nanggung bulan ya mas ... hehehe :)

Balas

bilang aja permisi mbak :)

Balas

tapi kalo sdh memikirkan monetize sepertinya 1001 org ngeblog gak pernah pusing mbak, misalnya artikel dicopas tanpa ikuti aturan pasti marah, beda dengan ngeblog hanya karena fans saja, hehehe :D

Balas

kalo pusing seperti itu namanya mabuk perjalanan mbak indah, mabuk darat, laut dan udara, hehehe :D

Balas

koneksi internet lemot juga bisa bikin vertigo ya mas, karena kepala jadi pusing mikirin koneksi yg menyebalkan, huhuhu :P

Balas

menurut saya terlalu lama duduk didepan komputer gak bikin pusing mas, jika komputernya mati hehehe :)

Balas

kalau saya tanggal tua dan muda sama aja mbak, karena gak pernah gajian, huhuhu :)

Balas

Wah Sahabat Saya Yang Ganteng dan Cantik pada kumpul disini semua
Betul kata Kang Dede yah. jika sakit cepat-cepat di Obati yah Kang
Namun jika sakit Berlanjut Cepat hubungi Mas Anthonie salam all friends

Balas

Daripada mikirin blog yang sudah identik dengan copaser mendingan
Kaya Mbak Ririn yang Cantik aja Mbak Indri Nyantai duduk manis
Yang penting Kita semua masih saling berbagi. semoga gak salah nih
Yang saya tulis namun jika salah mohon kadonya saja. heheh
Salam hummor saja Sahabat semua. maaf saya suka yang Ceria hahaha

Balas

Kangen rasanya saya sehari gak mampir di blog Mas Anthonie jadi nya
Bisa Terbayang-bayang apa lagi disini gudang nya kesehatan bisa terhindar
Dari penyakit Vertigo kalau kumpul ceria bareng Sahabat Blogging yang
Ganteng, Cantik, Kasep, Ayu, Cakep, Aduhai, Imut segala-gala deh hh :D

Balas

Ternyata penyakit Vertigo beraneka Macam effects nya yah Mas Ainnul?
Kalau Blog saya pusing kehilangan tafick ada kaitanya gak dengan Vertigo?
Padahal cara Mas Anthonie sudah saya terapkan. kenapa coba............?

Balas

wah saya pernah ngalamin vertigo ini mas.. apakah saat bari memejamkan mata terus dunia berasa berputar cepat, apakah itu juga di sebur vertigo ya mas.. soalnya saya sering ngalamin seperti ini..

Balas

kalau saya malah suka nya land food mas hehehe :D

Balas

kalau vertigo biasanya adalah gejala dari suatu penyakit tertentu mas, lebih baik diperiksakan ke dokter biar dapat dipastikan penyebabnya.

Balas

semoga bisa sembuh yah mas dan tidak mengalami lagi.

Balas

kadang aku juga pusing 7 keliling, sampe kudu uek. harus atur gaya hidup yang sehat ini y mas:) artikel nya mantap2

Balas

sepertinya saya juga ada gejala2 vertigo

Balas

bagus juga kalau pagi2 jalan2 disawah menghirup udara segar

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger