logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Cara mengatasi susah tidur

Cara mengatasi susah tidur - Susah tidur atau insomnia merupakan hal yang sangat menjengkelkan sekali tentunya, karena waktu yang dibutuhkan untuk tidur rata-rata manusia sekitar 8 jam namun karena adanya gangguan sulit tidur maka berkurang juga waktu tidur seseorang dan ini jika berlarut-larut dapat mengakibatkan juga terjadinya gangguan kesehatan lainnya dan daya tahan tubuh pun menjadi berkurang dan mudah sakit.

Setiap orang tentunya mempunyai jam dan jumlah waktu tidur yang berbeda-beda semua dikarenakan aktifitas setiap orang berbeda-beda, namun jika anda mempunyai kesempatan untuk tidur tidak terlalu larut segeralah untuk tidur dan dengan membiasakan tidur teratur serta dengan jumlah jam tidur yang cukup maka keesokan hari kita akan mendapatkan tubuh yang sehat dan segar.

Insomnia
Beberapa kriteria mengenai tidur yang sehat adalah mencakup hal-hal di bawah ini:
  • Anda mudah tertidur pada waktu malam hari tanpa harus dibantu oleh obat tidur atau tidak berjuang untuk mengatasi kegelisahan dan kekhawatiran saat hendak tidur.
  • Saat tengah malam jarang terbangun dan jika terbangun akan dengan mudah untuk kembali tidur meskipun di tengah malam anda pergi ke kamar kecil untuk membuang air. 
  • Anda dapat terbangun secara wajar tanpa menggunakan alarm di pagi hari dengan waktu yang kurang lebih sama setiap harinya, dan setelah beraktifitas tubuh anda menjadi segar dan bersemangat serta tidak mengantuk.
Seringakali setiap kita mengalami gangguan tidur dan mungkin baru bisa kembali tidur menjelang pagi dan ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, selain itu pada pagi harinya kita akan menjadi mudah emosi dan kurang bisa berkonsentrasi dengan baik, hal ini juga bisa mempengaruhi kualitas kerja anda di kantor.

Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi anda sulit tidur diantaranya:
  • Faktor medis, susah tidur bisa dikarenakan seseorang mengalami suatu penyakit seperti penyakit jantung, asma, penyakit parkinson, gangguan di pencernaan dan alzheimer.
  • Faktor psikriatis, ada beberapa macam gangguan psikriatis yang membuat anda susah tidur seperti gangguan stres pasca trauma, kepanikan, kekhawatiran dan gangguan obsesif kompulsif.
  • Faktor lingkungan, faktor ini sangat mempengaruhi seseorang mengalami gangguan pada tidurnya seperti udara yang terlalu panas atau terlalu dingin, adanya suara bising atau berisik saat tidur, cahaya yang menyorot mata, teman tidur yang tidak tenang dan juga kasur atau bantal yang kurang nyaman.
  • Faktor lain, faktor lain ini juga bisa mempengaruhi seseorang mengalami sulit tidur diantaranya penyalahgunaan alkohol dan juga narkoba, efek samping dari obat-obatan yang diminum, serta efek dari merokok.
Saat anda menyadari bahwa anda mengalami sulit tidur atau insomnia anda harus segera mengambil tindakan agar insomnia ini tidak berlarut-larut, sebelum gangguan ini menjadi kebiasaan dan tentunya sangat kurang baik untuk kesehatan anda jangka panjang.

Beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia seperti:
  • Perhatikan kondisi ruangan kamar, saat anda hendak tidur pastikan bahwa tempat anda tidur seperti kasur dan bantal sudah cukup nyaman, matikanlah lampu saat tidur, usahakan lingkungan sekitarpun tenang.
  • Hindari melakukan kegiatan fisik sebelum tidur, berolah raga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita dan membuat tidur kita menjadi lelap tapi hindari berolahraga atau melakukan kegiatan fisik yang berat sebelum kita tidur karena dapat membuat kita sulit tidur.
  • Jangan melakukan kegiatan yang merangsang mental, terlalu banyak berpikir keras atau melakukan kegiatan yang melibatkan pikiran terlalu berat dapat juga membuat anda sulit tidur, jadi sebaiknya menghindari hal itu dan buat pikiran anda serileks mungkin, atau anda bisa mendengarkan lagu-lagu yang lembut atau relaxing music sebelum tidur.
  • Hindari mengkonsumsi minuman tertentu, saat anda hendak tidur sebaiknya anda menghindari minuman seperti coklat panas, teh, kopi serta minuman yang mengandung cola karena minuman-minuman tersebut sifatnya stimulan sehingga membuat anda menjadi sulit tidur.
  • Sebaiknya hindari mengkonsumsi obat tidur, untuk anda yang sering mengkonsumsi obat tidur sebaiknya berhati-hati karena obat tidur selain mempunyai efek samping yang merusak tubuh juga membuat seseorang menjadi ketergantungan terhadap obat tersebut dan untuk jangka panjang akan semakin berkurang keefektifannya, jadi jika memungkinkan sebaiknya anda hindari mengkonsumsi obat tidur setiap hari.
  • Hindari makanan berat sebelum tidur, jika anda hendak tidur sebaiknya tidak lagi mengkonsumsi makanan berat seperti nasi atau mie instant karena jika anda langsung tidur akan membuat kerja usus dan lambung menjadi berat dan tentunya membuat anda menjadi sulit untuk tidur, jika setelah makan sebaiknya anda menunggu 2 sampai 3 jam agar proses pencernaan dapat berjalan baik dan tidak menggangu tidur anda.
  • Berhentilah merokok, rokok yang dihisap merupakan racun yang sangat membahayakan tubuh untuk jangka panjang, karena efeknya yang tidak terlihat langsung sehingga rokok semakin menjadi favorit di kalangan masyarakat namun tahukah anda merokok juga ternyata mempengaruhi kualitas tidur anda karena dengan merokok tekanan darah menjadi meningkat, jantung berdetak menjadi lebih cepat, serta merangsang aktivitas gelombang otak sehingga akan menggangu kualitas tidur anda dan juga biasanya para perokok akan lebih sering terbangun pada malam hari.
Itulah artikel mengenai "cara mengatasi susah tidur" yang bisa anda lakukan, dan jika tips di atas masih belum bisa membuat anda tidur dengan mudah sebaiknya periksakan pada dokter ahli agar bisa diperiksa dan dicari faktor penyebab lainnya yang bisa membuat anda sulit tidur, semoga bermanfaat.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Cara mengatasi susah tidur . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Cara mengatasi susah tidur sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

99 comments

tips yang menarik sekali mas eka terima kasih atas tips nya semoga dengan tips ini saya tidak susah lagi tidur biasanya sampe mata saya perih belum bisa juga tertidur .. nanti mau coba tips nya mas :D

Balas

Tips nya sangat bagus dan lengkap ni mas :)
terima kasih saya beberapa tips saya akan coba pada malam ini

Balas

klau lgi slit tdur bgus nih cra dicoba

Balas

saya mengalami hal ini tiap malam mas, tidur susah banget klw sudah jam 3 pagi baru bisa tidur :)

Balas

thanks sob tips'a.. kebetulan ane sering bergadang nii :(

Balas

susah tidur ini memang sangat menghantui kita ya mas manakala kita ingin bangun pagi agar tidak telat dalam beraktivitas. Harus dicoba nih tips nya. Thanks mas anthonie atas share nya ya :)

Balas

kalau saya susah tidur karena sudah terbiasa mas, tapi biasanya di kamar sembari nonton tv bisa bikin mata siat siut

Balas

iya silahkan mbak friska, semoga bisa bermanfaat tipsnya :)

Balas

terimakasih kawan semoga bermanfaat :)

Balas

mudah-mudahan bisa berhasil yah mas Luthfi :)

Balas

iya sob silahkan kalau mau dicoba semoga bermanfaat :)

Balas

wah jangan-jangan menderita insomnia mas, silahkan dicoba tipsnya :)

Balas

harus hati-hati mas, jangan terlalu sering bergadang karena tidak baik untuk kesehatan :)

Balas

iya mbak Ririn sama-sama, semoga bisa bermanfaat tipsnya :)

Balas

silahkan dicoba mas tips diatas supaya tidak mengalami insomnia, semoga bermanfaat :)

Balas

kalau saya malah sebaliknya mas, cara mengatasi mudah ngantuk. karena setiap kali gak ada kerjaan saya langsung ngantuk, hehehe :D
makasih tipsnya tentang cara mengatasi sulit tidur ^^

Balas

Kadang saya begini. makasih atas sharenya

Balas

Kalo saya ndak di bangunin istri atau ndak masang alarm rada sulit juga mas bangun pagi....hehe

Btw terima kasih untuk pencerahannya ya mas :)

Balas

Tipsnya sudah saya terapkan mas, Tapi kalau ada istilah "Pelor/Nempel Langsung molor" itu normal atau bisa disebut penyakit mas..?

Balas

Semoga ces pleng ya mas tips nya :)

Balas

Saya baru tahu merokok juga menyebabkan imsonia..
pantesan saja..
sangat bermanfaat artikelnya

Balas

Insomnia is definitely a big problem for human. It can cause mental & physical illness if can't sleep for long period.

Balas

That's right. Seratus deh buat Kak Smartan Dad hehe :)

Balas

Kalau saya biasanya kalau pas lagi susah tidur, saya gunakan untuk baca-baca buku mas. Pasti nanti langsung tidur dengan mudah hehe :D
Kalau minum obat tidur, sepertinya bukan solusi yang tepat ya :)

Balas

Memang terbukti dari tips di atas ya mas
Mendengarkan lagu slow bisa jd penghantar tidur ... :)

Balas

Betul mbak Rin..jd malah bikin ketagihan ya :)

Balas

iya mas mendengarkan lagu-lagu lembut bisa bikin pikiran lebih rileks sehingga lebih mudah untuk tidur.

Balas

iya betul mbak Ririn dan mas budi, dengan baca buku juga bisa membuat mata kita cepat ngantuk, untuk obat tidur sebaiknya dihindari.

Balas

betul sekali Smartan Dad dan mbak Ririn, Insomnia merupakan masalah besar untuk manusia untuk jangka panjang.

Balas

Kayak perangko dong mas..langsung nempel :)

Balas

terimakasih mas Arif, memang sebaiknya kita mengurangi rokok untuk kesehatan kita juga tentunya.

Balas

ada bagusnya juga nempel langsung tidur, jadi bisa terhindar dari insomnia mas, asal jangan terlalu banyak tidur malah kurang bagus juga untuk kesehatan.

Balas

kalau susah memang harus menggunakan alarm mas daripada nanti telat bangun atau kesiangan malah lebih repot yah hehe...

Balas

silahkan dicoba tipsnya di atas mas, mudah-mudahan berhasil :)

Balas

tapi kalau sudah waktunya tidur sebaiknya tidak ditunda-tunda mbak nanti bisa menjadi kebiasaan tidur larut.

Balas

Tp kalau siank udh tdur mlamnya ssah tdur mas. ,hehehe

Balas

Kadang yang bikin Tika susah tidur adalah kalau abis konsumsi obat sakit kepala :)

Balas

mungkin karena kurang terbiasa mas jadi malamnya menjadi agak susah tidur.

Balas

biasanya memang obat sakit kepala ada juga yang tidak bikin ngantuk mbak.

Balas

tapi kalau baca untuk tujuan belajar sekolah, kalau bisa ya jangan sampai ngantuk ya mas, biar paham sama pelajaran nya hehehe :D

Balas

kalau tidur kita teratur dan tepat waktu, pasti tubuh kita akan segar ya mas untuk menjalani aktivitas sehari-hari :)

Balas

Wah terimakasih tips nya mas anton.. Alhamdulillah kalau masalah tidur saya tidak ada masalah mas. Meskipun cara hidup saya masih belum sehat. Namun kalau masalah tidur tidak ada gangguan mas hehehehe

Balas

wah, boleh ni buat dicoba . . . soalnya saya susah banget buat tidur udah 2 minggu ... banyak begadang

Balas

Dapat info dan tips kesehatan mengatasi susah tidur nih dari
Mas Anthonie makasih yah Mas salam sukses..:)

Balas

Saya paling susah kalau mau tidur Mas apalagi kalau
Sudah on blog dan blogwalking. kali aja setelah dapt
Tips ini akan saya perhatikan pola tidur yang baik
Untuk menjaga kesehatan terima kasih Mas Anthonie

Balas

Hehe..bener mas
Soale pernah lagi istri sy nginep di rumah adiknya..sy lupa pasang alarm...
Kontan kesiangan masuk kerja.. :)

Balas

membiasakan diri tidur teratur merupakan langkah yang paling efektif ya mas untuk menghindari susah tidur. Tentunya diimbagi dengan usaha yang memadai agar kita bisa tidur tepat waktu :)
luar biasa mas tips nya. izin untuk praktek ya :)

Balas

Kurang tidurpun juga ndak baik ya mas :)

Balas

bener si mas.. tp susah ni udah kebiasan bergadang :(

Balas

saya kalau sudah ngegeletak di atas bantal langsung tidur,cuma masalahnya waktu ( tidak menentu ) kalau lg online bisa sampai malam,tapi kalau malas OL ya bisa tidur sore-sore,

Balas

berarti mas nady tidak pernah mimpi yah hahaha

Balas

bener banget mbak Ririn,tapi sayangnya saya belum bisa tepat waktu untuk hal yang satu ini hehe

Balas

makasih nih info nya sob. bermanfaat banget buat saya yang akhir-akhir ini lagi susah tidur :D
salam kenal

Balas

Iya ya Sob, harus mulai telaten nih jaga kesehatan.
Terimakasih atas sarannya Sob

Balas

saya termasuk orang yang susah banget klo mau tidur mas

Balas

apa mungkin mengalami insomnia mas, silahkan dicoba tips di atas.

Balas

sama-sama mas, semoga bermanfaat :)

Balas

salam kenal juga mas, silahkan dicoba tipsnya di atas, mudah-mudahan bisa mengatasi masalah susah tidurnya.

Balas

wah berarti kang Dede termasuk orang yang gampang tidur yah kang, bagus juga terhindar dari insomnia hehe

Balas

betul mbak Ririn dan kang Dede. lebih bagus memang kalau bisa tidur teratur dan tidak terlalu larut malam.

Balas

wah bagus donk mas Nady kalau tidak ada gangguan dalam masalah tidur :)

Balas

boleh dicoba tipsnya mas, mudah-mudahan bisa mengatasi masalah susah tidurnya.

Balas

sama-sama mas Karysta, semoga bermanfaat :)

Balas

iya betul sekali mbak Ririn, silahkan kalau mau dipraktekkin, semoga bermanfaat :)

Balas

yah mungkin belajarnya jangan terlalu malam mbak biar nggak ngantuk hehe...

Balas

betul mas Budi kurang tidur malah tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Balas

iya mas, silahkan kalau mau dicoba tipsnya, semoga bisa membantu :)

Balas

kalau bisa jangan dibiasakan terlalu sering begadang mas, karena kurang baik untuk kesehatan.

Balas

kalau belum terbiasa sebaiknya memang harus pake alarm mas biar nggak kesiangan lagi :)

Balas

kalau aku malah kalau sudah tidur susah bangunnya hehe....

Balas

Semoga kita selalu diberi kesehatn fidini hadal akhiroh...:) aamiin...:)

Balas

saya biasa itung domba Mas kalau susah tidur heheheh :D

Balas

kalau saya sih tinggal atur waktu saja buat tidur, karena terkadang harus lembur untuk selesaikan peerjaan. jadi pandai2 aja heheh..

Balas

Maaf terlambat mas....
saya juga salah satu yang susah untuk tidur sebenarnya muah ngantuk tapi susah banget untuk terlena

Balas

Saya termasuk orang yang susah tidur minimal pukul 02.00 baru bisa tidur tuh

Balas

Sama tuh Mas Bud, klu ndak dibangunin pakai alarm bakaln pules tidurnya hehehe

Balas

sampai saat ini saya termasuk orang yang paling susah mengatasi masalah tidur mas, mungkin karna faktor situasi dan kondisi juga yang membuat saya selalu tidur larut malam...

Balas

ini bermanfaat banget, saya sering susah tidur bahkan sampai jam 12 an

Balas

kira2 ada tips'a ga ya mas biar ga kebiasaan bergadang gini :D

Balas

susah tidur merupakan kebiasaaan yang cukup menhantui bagi setiap orang ya mas. Sebisa mungkin kita hindari begadang karena nggak bagus buat kesehatan kita :)

Balas

sangat bermanfaat nih mas artikel nya buat saya...aplgi saya akhir akhir ini sulit tidur.makasih yah mas...

Balas

iya mas, semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk mas Nehand dalam mengatasi masalah sulit tidur.

Balas

iya mbak terlalu sering begadang akan merusak tubuh, jadi sebaiknya dihindari.

Balas

silahkan dicoba tipsnya mas, semoga bermanfaat :)

Balas

harus jaga kesehatan mas, lebih baik begadangnya dikurangi hehe...

Balas

bagus mbak kalau bisa mengatur waktu tidurnya, agar kesehatannya tetap terjaga.

Balas

coba mendengarkan musik yang lembut sebelum tidur mbak semoga bisa membantu.

Balas

wah itu sudah termasuk terlalu larut malam mas, harus dikurangi begadangnya supaya tidak merusak tubuh hehe...

Balas

harus ada niat dan disiplin waktu mas, pasti bisa :)

Balas

Karena sudah terbiasa, saya susah tidur kalau belum malam, biasanya saya tidur setelah jam 12 malam. Tapi kalau memang sudah jam segitu, mudah saja saya tidur dan tidak bangun-bangun lagi sampe pagi. Kalau seperti ini tidur saya sehat gak ya mas ..?

Balas

tergantung juga mas, kalau bisa tidur sekitar 8 jam setiap hari masih cukup bagus, asal jangan kurang dari 8 jam.

Balas

Saya juga susah tidur...:(

Balas

coba tips di atas mas :)

Balas

mas saya terbiasa tidur jam 6 pagi ketika ayam2 berteriak, tetapi saya jam 9 harus ngampus saya bangun . saya menunggu jam 9 itu terkadang tidur dulu kadang tidak . nah setelah pulang ngampus sekitar jam 11/12 siang an saya langsung tidur sape puas . terkadang bangun jam 7 malam . menurut mas gimana ? minta penilaiannya mas .

Balas

wah sepertinya mas sering tidur tidak teratur yah, sebaiknya dirubah waktu tidurnya karena jika terlalu lama melakukan pola tidur seperti ini lama kelamaan akan mengganggu kesehatan.

Balas

Banyak Susah tidur hal ini berkaitan dengan pola sehat kehidupan seseorang yang tidak sehat…
Terima Kasih

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger