Friday, June 28, 2013

Manfaat buah pisang untuk kesehatan

Manfaat buah pisang untuk kesehatan
Buah pisang
Manfaat buah pisang - Selain rasanya yang manis dan enak buah pisang merupakan sumber energi instan sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan energi dalam kegiatannya, seperti olahragawan dan pekerja keras, selain itu pisang ternyata juga sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak nutrisi serta termasuk makanan yang mudah dicerna dan tentunya sangat digemari oleh siapa saja.

Ada bermacam-macam jenis pisang namun secara umum semua jenis pisang sangat baik untuk dikonsumsi misal pisang ambon, pisang raja, pisang mas jadi biasakanlah untuk mengkonsumsi pisang setiap hari.

Manfaat buah pisang sangat luar biasa, inilah beberapa kandungan dari buah pisang :
  • Karbohidrat, sebagai sumber energi
  • Kalsium, melancarkan sistem syaraf, fungsi otot dan otak, serta membantu pemeliharaan gigi dan tulang.
  • Kalium, sangat berperan dalam kesehatan jantung, tekanan darah, menjaga keseimbangan air di dalam tubuh dan membantu mengirimkan oksigen ke otak.
  • Vitamin: C, B6, A, D, K, folat, tiamin, riboflavin, niasin, dll.
  • Mineral: zat besi, fosfor, magnesium, seng, mangan, tembaga, selenium serta fluorida.
Kandungan kalori dalam pisang:
Untuk setiap 100 gr buah pisang terkandung kira-kira 90 kalori, dan sangat cocok untuk membantu program diet anda karena kandungan lemak didalam pisang cukup kecil sehingga baik juga dikonsumsi saat menjalankan program diet, namun untuk mereka yang ingin gemuk pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi,  dengan mengkonsumsi 3-5 pisang per hari serta  dibantu dengan minum susu atau yoghurt.

Beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan:
  • Sebagai sumber tenaga, dengan mengkonsumsi buah pisang akan memberikan tenaga saat malakukan kegiatan sehari-hari.
  • Sumber vitamin dan serat, kandungan karbohidrat dalam pisang dua kali kandungan dalam buah apel serta lima kali lipat vitamin A dibandingkan dengan apel, juga mengandung potasium, vitamin B6, C dll.
  • Membantu mengatasi masalah BAB, dengan rutin mengkonsumsi buah pisang maka dapat  membantu melancarkan BAB.
  • Asupan oksigen ke otak menjadi lancar, pisang kaya akan potasium yang berfungsi meperlancar sirkulasi oksigen ke otak. 
  • Mencegah terjadinya gangguan di pembuluh darah di kepala, dengan mengkonsumsi banyak buah pisang maka dapat mencegah terjadinya gannguan pembuluh darah di kepala seperti stroke ataupun darah tinggi.
  • Mencegah sakit maag, pisang mengandung zat yang dapat menangkal zat asam di dalam lambung sehingga cocok untuk yang sakit maag .
  • Mengatasi nyeri haid, masalah seperti nyeri di perut atau keram pada saat datang bulan bagi wanita dapat dikurangi dengan makan buah pisang.
  • Membuat mood lebih baik, makan pisang ternyata dapat meningkatkan mood sehingga suasana hati menjadi lebih baik dan stabil.
  • Membantu dalam program diet
  • Menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A
  • Menjaga kesehatan ginjal.
  • Menjaga kesehatan kulit menjadi lebih sehat dan segar.
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Manfaat kulit buah pisang:
Kulit pisang ternyata sangat bermanfaat juga buat kesehatan terutama untuk masalah gannguan di kulit, gunakan kulit buah pisang bagian dalam lalu oleskan atau gosok-gosokkan dengan lembut kebagian kulit yang bermasalah secara rutin, beberapa masalah kulit seperti:
  • Jerawat
  • Psoriaris
  • Gatal dan iritasi
  • Mempercantik kulit
  • Kutil
  • Luka
  • Gatal karena gigitan nyamuk

42 comments

pisang selain gak mahal2 amat, kasiatnya banyak ya sob

saya paling gak suka buah pisang :(

mantap mantap, bertambah lagi ni pengetahuan tentang kesehatan, ternyata buah pisang banyak manfaatnya buat kesehatan tubuh, pokonya terimakasih banyak mas.

Betul sob, murah meriah namanya :)

Waduh kasian yah mas Frans gak suka pisang, coba mas bagus kok buat kesehatan :)

Iya mas makasih, jadi banyak-banyak makan pisang yah mas Alex biar sehat hehe...

aiza suka makan buah pisang..

oh ya mas mau nambahin, buah pisang juga mempermudah orang yang kalo minum obat gak bisa pake air tapi harus nelen buah pisang gitu deh, orang tua biasanya gitu *hehehe

Bagus tuh Aiza, banyak manfaatnya dari makan pisang :)

Iya betul juga mas, saya juga banyak nemuin orang yang minum obat pake pisang, berarti pisang serba guna juga yah :)

Betul mas, selain buah pisang itu multi manfaat, pisang mudah didapat di mana2, mudah ditanam dan harganya pun masih relatip terjangkau. Terima kasih sudah berbagi pisangnya eehh..., maksudnya cerita tentang manfaat buah pisangnya mas hehe.

untuk gambaran manfaatnya...ini semua berlaku buat semua jenis pisang ya mas..

karena sy pernah baca juga..kalo ndak salah..ada penderita satu penyakit yg ndak boleh mkn pisang tertentu...
trims ya mas
btw..nomor kemejanya brapa mas :)

kaya iklan batu baterai yah :)

Betul mas saya setuju, sama-sama juga... untung nggak salah ambil yah hehe...

Wah makasih mas nggak usah repot-repot... mending mentahnya aja deh hehe...

betul banget mas abdibro, amat aja gak mahal2 pisang tapi banyak manfaatnya juga loh

sukanya kripik pisang ya mas frans *hihihi

salut ma buah pisang, buah ini siapa aja bisa makan, harga terjangkau, mau kalangan apa aja, suka makan pisang, pisang merupakan buah yang merakyat, bisa berbaur ma siapa aja, idup pisang. Pisang juga buah yang wajib di meja makan.

Iya sob pisang merupakan makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan selain itu harganya juga ekonomis hehe... Makasih kunjungannya sob :)

Setuju...setuju.... hehe...

Kolak pisang lebih enak lho mas...

Dari rasanya pisang memang enak dan saya suka sekali makan buah pisang, terima kasih Mas Eka share artikelnya..

Sama-sama mas Boku, pisang memang hampir semua orang suka selain itu manfaatnya buat kesehatan juga sangat baik, makasih mas buat kunjungannya :)

sheva suka bngeet sama buah pisang,, mkch info'y

wah banyak juga yah :D hehe baru tau ane

Bagus tuh mbak Sheva... banyak manfaatnya, makasih yah udah mampir :)

Banyak apanya mas hehe... Makasih kunjungannya :)

Memang benar apa yang dijelaskan pada artikel diatas, bahwa buah pisang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita. Oleh karena itu saya selalu mengkonsumsi buah yang satu ini setelah selesai makan.

Tapi kalau kulit pisang malah saya nggak tahu kalau ternyata banyak juga manfaatnya. Hehehe Thanks mas atas sharing nya :)

sama-sama mbak, saya juga selalu sedia pisang untuk cuci mulut setelah makan, enak banget hehe...

terimakasih sob semoga bermanfaat :)

Wahh Ternyata Manfatt dari Buah Pisang Banyak Juga yah gan salah satunya Buat Ngatasi masalah Kulit Khususnya Jerawat hehe Saya Baru Tahu makaii dahhh Infonyaa Sungguh Sangatt Bermanfatt :)

makasih sob semoga bermanfaat :)

makasih sob semoga bermanfaat :)

tumbuhan pisang dari Akar sampai Daun bisa di manfaatkan. begitu juga buahnya ternyata banyak sekali manfaat di dalamnya .

Iya pisang memang banyak manfaatnya, jadi jangan lupa makan pisangnya sob :)

wah ternayta buah pisang sangat bermanfaat buat kesehatan. makasih bantyak tipsnya gan..

sama-sama gan semoga bermanfaat :)

saya juga belajar membuat artikel tentang kesehatan. harus banyak belajar dari blog nya mas Anthon.. :D

saya juga masih belajar mas hehe...

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya ------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
----------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)