logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat alpukat - Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya buah alpukat, selain enak rasanya juga dapat dibuat bermacam jenis makanan dan minuman seperti kue, es krim, sop buah, jus alpukat dan banyak lainnya, dan tidak hanya itu alpukat juga ternyata sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan juga kecantikan karena mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Alpukat merupakan makanan sehat yang mengandung Vitamin A, B, C, E, K, zat besi, phosporus, copper, kalium dan magnesium yang tentunya sangat diperlukan oleh tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari bermacam penyakit.
Manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan
Alpukat

Beberapa manfaat pohon alpukat dari batang, kulit, daun, buah sampai bijinya:
  • Biji alpukat juga dapat digunakan untuk pewarna dalam industri pakaian dan mengobati kencing manis dan sakit gigi.
  • Batang pohon alpukat bisa juga digunakan untuk bahan bakar.
  • Kulit pohonnya bisa digunakan untuk pewarna untuk bahan kulit. 
  • Daunnya bisa digunakan untuk kencing batu, sakit kepala, darah tinggi, nyeri lambung, menstruasi tidak teratur, pembengkakan saluran nafas dan nyeri syaraf.
  • Dagingnya tentunya sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan wajah:
  • Sebagai antioksidan, alpukat mengandung asam oleat yang berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.
  • Menyehatkan jantung, alpukat mengandung asam folat dan juga vitamin B6 yang berfungsi mengatur peningkatan resiko seseorang terkena penyakit jantung, serta kandungan glutathione, vitamin E dan juga lemak tak jenuh tunggal berperan menjaga kesehatan jantung.
  • Menurunkan tekanan darah, kandungan kalium dan potasium dalam alpukat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Mencegah stroke, kandungan asam folat dalam alpukat sangat baik untuk menghindari kita dari serangan stroke.
  • Mencegah kanker, lewat penelitian yang dilakukan kandungan dalam alpukat serta asam oleat sangat efektif untuk mencegah kanker payudara dan kanker prostat.
  • Mengatasi diabetes, kandungan lemak baik di dalam alpukat dapat meningkatkan kadar insulin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh serta alpukat juga kaya akan kalium yang berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan juga trigliserida.
  • Menurunkan kolesterol, kandungan beta sitosterol dalam alpukat sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, sehingga menurunkan resiko terkena penyakit darah tinggi, kanker, stroke dan jantung.
  • Mencegah anemia, kandungan zat besi dan tembaga dalam alpukat yang membantu proses regenerasi sel darah merah sehingga dapat mencegah penyakit anemia.
  • Menyusutkan lemak diperut, kandungan lemak nabati dalam alpukat sangat baik untuk kesehatan, dan juga senyawa fitonutrien membantu untuk membuang lemak di perut namun hindari menggunakan gula tambahan serta susu kental karena akan membuat tubuh menjadi gemuk. 
Menyehatkan rambut:
Selain manfaat buah alpukat di atas untuk kesehatan, alpukat juga bisa digunakan untuk menyehatkan rambut agar tampil indah dan berkilau, karena kandungan vitamin E yang tinggi dalam alpukat sangat efektif untuk membuat rambut menjadi sehat dan berkilau, caranya adalah sebagai berikut:

         1. Siapkan bahan-bahan ini:
                - 1 buah alpukat matang lalu lembutkan
                - 1 butir telur
                - 2 sendok makan yoghurt
                - 1 sendok teh minyak jojoba
                - Setengah sendok teh minyak rosemary
        2. Campurkan semua bahan sampai merata
        3. Lalu pakai bahan campuran tadi pada rambut anda secara merata
        4. Pijit dengan rembut secara perlahan
        5. Biarkan selama 2o menit
        6. Setelah itu keramas dengan shampoo
        7. Bilas sampai bersih

Mengatasi kulit kering pada wajah:
Kandungan buah alpukat kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan seperti vitamin A, Vitamin E, riboflavin, niasin, potasium yang sangat efektif untuk kesehatan kulit terutama wajah.
Untuk mengatasi kulit kering bisa menggunakan masker alpukat, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan sebuah alpukat namun pilih yang belum terlalu matang
  2. Belah menjadi 2 bagian lalu lembutkan
  3. Campurkan susu sapi murni secukupnya
  4. Gunakan sebagai masker
  5. Lalu bilas dengan air hangat
Itulah sekilas mengenai manfaat alpukat baik untuk kesehatan maupun kecantikan, dengan banyaknya manfaat buah alpukat tidak ada salahnya kita membiasakan mengkonsumsi buah alpukat ini agar tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari bermacam penyakit, semoga bermanfaat.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

73 comments

terimakasih mas informasinya :) menjadi tau setelah membaca artikel ini, (hermanbagus)

Balas

Ternyata bisa dipakai buat masker dan shampo..? untuk masker sih udah tau, cuma yg buat rambut boleh di coba mas.... :)

Balas

saya baru tahu kalau biji alpukat ternyata bisa untuk pewarna dalam industri pakaian,,,,

banyak sekali manfaatnya,,,,
makasih dah berbagi

Balas

Ternyata kandungan vitamin yg terdapat pada buah alpukat banyak juga ya! thanks udah share infonya sob...

Balas

ini dia buah yg paling saya suka sob, selain enak rasanya dan ternyata banyak manfaatnya :)

Balas

pak dokter, alpukat bisa buat ngilangin jerawat gak nih? hehe ^_^

Balas

ternyata banyak juga manfaat dan kandungan vitamin dalam buah alpukat... saya mau coba nanam pohon alpukat kalau begitu

Balas

alpukat memang temasuk kesukaan saya, rasa yang enak hehehe apalagi bisa mengurangi kolesterol

Balas

baru tau saya kalo buah alpokat banyak manfaatnya.. tapi sayang, pohon alpokat punya tetangga udah di tebang :(

Balas

mendingan nanem sendiri mas biar puas makannya hehe...

Balas

iya sob selain enak juga bagus buat kesehatan kita :)

Balas

silahken mang nanti kalau udah berbuah saya dikirimin yah hehe...

Balas

betul sob enak dan kaya manfaat :)

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

sama-sama mbak Maya :)

Balas

iya silahkan dicoba mbak Yanti, biar rambutnya tambah berkilau hehe...

Balas

makasih semoga bermanfaat :)

Balas

bisa juga sob untuk menghilangkan jerawat, alpukat yang sudah dilembutkan digunakan seperti masker dengan dicampur madu, semoga bermanfaat :)

Balas

mau namem ndiri tp berbuahnya brpa,lama ya?

Balas

met mlm mas wah kebetulan aq suka JUSt mas

Balas

manfaat alpukat banyak sekali, bisa pencegah penyakit diabetes.

Balas

Tanaman buah alpukat butuh waktu sampai 10 tahun untuk mengeluarkan buahnya dan pada saat berbuah satu pohon bisa menghasilkan buah alpukat sebanyak 100 hingga 500 buah.

Balas

JUSt itu apa mas hehe...

Balas

ya itu salah satunya mas, banyak juga yang lainnya hehe...

Balas

Waktu kecil saya suka buah alpukat. Terima kasih bang infonya.

Balas

berarti sekarang udah nggak suka buah alpukat lagi yah bang hehe... sama-sama bang :)

Balas

hehehe ,,,,, lama juga 10th,,,,
tp zaman sekarang dah banyak tanaman apa namanya? istilah cangkok mencangkok itu ,,, katanya cepat berbuah

Balas

sip deh ... tunggu sekitar 3 - 5 tahun baru bisa berbuah ehheeh.... lebih praktis beli ke pasar saja ya mas ehheeh

Balas

saya sering makan buah alpukat ini. Tapi tidak saya makan langsung tapi untuk just dicampur es. ternyata banyak juga ya kandungan vitaminnya dan tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kalau bermanfaat untuk kecantikan, malah saya baru tahu mas hehehe Thanks informasinya ya :)

Balas

Mungkin salah satu alasannya..harganya saat ini di pasaran mahal..seperti itu ya mas

Kmrn is3 sy saat membeli harganya masih di kisaran 40 rubuan per kilo... :)

Balas

Selain di jus atau pun di makan di campur susu plus nangka mateng...yg udah pasti rasanya lezat bin seger...

Khasiat sama manfaatnya byk bgt ya mas...
Bruntung nih yg udah sering ngosumsinya :)

Balas

Mav mas anthonie baru mampir..koneksinta lagi kurang bersahabat ini..dari kemarenan :)

Balas

padahal alpokat paling enak tu kalo metik punya tetangga mas :D
heuheuheu

Balas

hati2 lho mbak kalo mau di oles2in rambut, ntar kalo kena bagian lainnya bisa di gigit semut..
heuheu

Balas

berarti semutnya cowok yah hehe...

Balas

iya mang lebih gampang beli dipasar aja hehe...

Balas

mahal juga yah sampai 40ribuan per kilo, pantesan mas Andes senengnya punya tetangga hehe...

Balas

Kayaknya Pak Budi pakai smartpret ya? hehehe Berarti sama pak bahwa kemarin koneksi internet saya juga kacau balau dari siang sampai malam. Alhasil tidak bisa berselancar di dunia maya :D

Balas

mungkin begitu kali hehe...

Balas

bua alpukat salah satu juga buah kesukaan saya mas, tapi saya makannya saya tambahkan sedikit gula

Balas

sama-sama mbak, kalau untuk kecantikan sangat cocok untuk kulit kering mbak biar terlihat segar dan fresh :)

Balas

iya mas Bud, bagus tuh kalau sering makan banyak buah-buahan bikin sehat tentunya :)

Balas

gak apa-apa mas dan mbak yang penting sekarang udah normal lagi kan :)

Balas

enak tuh mas Rizky, saya juga suka pake gula :)

Balas

soalnya mungkin saya sudah tersugesti sama orang tua, katanya kalau makan buat alpukat kudu pakai gula, jadi yah terbawa sampai sekarang kalau makan buah alpukat tanpa gula, jadi gimana gt, terasa anyep alias g ada rasanya mas

Balas

iya mas kalau nggak ada masalah dengan kegemukan atau diabetes nggak ada masalah kalau pake gula, bahkan rasa alpukat akan semakin enak dan menggoda hehe...

Balas

malam minggu numpang nongkrong mas
sekalian minta just alpukat :-D

Balas

Mbak Eka @ owh..mbak eka pke smartfren ya.. :)
Sy pke axis mbak... mungkin kuato nya udah nipis jd kembang kempis... Deh aksi ngenet sy hehe

Mas Anthonie @ sepanjang tower nya blm rubuh...
Asyik2 aja deh mas..hehe :)

Balas

Alpukat probolinggo yg paling sy suka mas
Selain lembut dagingnya seperti mentega...texturnya ndak berserat dan rasanya legit..walaupun ndak di campur gula..

Buat luluran juga di jamin..bakal licin..
Sanking licinnya..nyamuk atau lalat..nemplok bisa kepeleset...

Cobaiin deh :)

Balas

wah boleh dicoba tuh mas Budi, promosi nih ceritanya hehe...

Balas

siap mbak nanti saya kirim jus alpukatnya :)

Balas

mantap mas genjot lagi hehe...

Balas

iya kalau gratis seneng dia hehe...

Balas

iya betul. cowokan hmpir seperti semut heheh

Balas

iya nempel kalau ada yang manis hehe....

Balas

di tempat saya susah banget mendapatkan alpukat

Balas

wah mbak maya sukanya nongkrong nich :D
Hayo lagi lihat-lihat siapa hayi ^^

Balas

Waktu yang paling tepat untuk minum jus alpukat kapan ya mas?
:D

Balas

pasti liat-liat yang kinclong-kinclong yah mbak hehe...

Balas

coba cari di supermarket atau pasar tradisonal mungkin ada sob :)

Balas

kapan aja bisa mas, alpukat kan bagus untuk kesehatan :)

Balas

nah kalau ini saya sering minum sob, jus hahahah

mantap sob

Balas

iya mas Albar selain enak juga banyak manfaatnya buat kesehatan...

Balas

Wahh Ternyata Banyak Juga yah gan Manfatt nya Tapi" dari pada Dibuat Masker Mending Dibuat Juss Biarr Segerrrr Heheehe
Nice Info dah gan Infonya sangat Bermanfatt :)

Balas

tergantung kebutuhan sob, tapi buat jus juga bagus tuh...

Balas

Salam Mas @Sehatalami99
Kembali lagi ahk Di Artikel yang selalu
Membawa berkah kesehatan, dan kali
Ini di artikel tentang buah Alpukat, selain
Enak di makan ternyata juga banyak manfaatnya
Kali aja kulit wajah saya bisa halus, jadi nambah
Keren yah Mas,, hhhh biar gak kalah keren sama
Mas-Andes.. hhh wah ada orang nya gak nih...?
Gak Mas? becanda kok..? salam sukses yah Mas.?

Balas

Kaya nya Mas Andes biasa, metik punya
Tetangga nya kali hhkhkhk, hayooo ketahuan
Entar di laporin ke Bapak penghulu deckkkh..
Salam humoris saja yah Mas dan Akang
Blogging semua, salam sejahtera...

Balas

Makasih mas, karena itu banyak mengkonsumsi buah-buahan mas biar selalu sehat :)

Balas

buah alpukat memang sudah lama di kenal sebagai buah yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Balas

betul sob buah alpukat sangat menyehatkan :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger