logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan

Manfaat susu kedelai - Kedelai merupakan makanan yang paling lengkap akan kandungan gizinya, karena kedelai mengandung protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang baik dan tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kedelai mengandung protein yang lebih baik dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya karena kedelai mengandung semua asam amino esensial yang baik untuk tubuh, dan kelebihan lainnya adalah dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit seperti diabetes, jantung, penggumpalan darah dan juga pengerasan pembuluh darah, serta menurunkan kadar kolesterol dan masih banyak yang lainnya.

Biasanya kedelai diolah menjadi makanan lain seperti tahu atau tempe, dan tentunya kita sudah terbiasa dengan kedua makanan tersebut sebagai pelengkap lauk pauk atau dibuat masakan lainnya, namun tidak hanya itu kedelai juga dapat diolah menjadi minuman susu kedelai yang sangat baik untuk kesehatan, dan tahukah anda ternyata manfaat susu kedelai lebih baik dibandingkan dengan susu sapi, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba beralih dari susu sapi ke susu kedelai.
Manfaat susu kedelai bagi kesehatan
Susu kedelai

Kelebihan susu kedelai dibandingkan dengan susu sapi:
  • Non kolesterol
  • Cocok dikonsumsi oleh anak maupun dewasa
  • Tidak mengandung lemak jenuh
  • Mengandung serat
  • Mengandung protein tinggi
  • Mengandung saponin
  • Mengandung isoflavon
  • Mengandung lechitin
  • Mengandung phytoestrogen alami
Beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan:
  • Menurunkan kolesterol, kandungan asam lemak tak jenuh dalam kedelai bermanfaat menghambat pengangkutan kolesterol dalam darah dan dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  • Mencegah osteoporosis, kandungan fitoestrogen dalam kedelai bermanfaat untuk mempercepat penyerapan kalsium di dalam tubuh sehingga berdampak tulang menjadi lebih kuat sehingga mengurangi resiko terkena osteoporosis.
  • Membantu menurunkan berat badan, kandungan gula dalam susu kedelai lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi, serta asam lemak dalam susu kedelai dapat bermanfaat untuk menghambat penyerapan lemak di usus karena itu susu kedelai sangat cocok dikonsumsi untuk mereka yang sedang diet.
  • Mencegah kanker prostat, kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai sangat bermanfaat untuk menghambat produksi testosterone sehingga mengurangi resiko terkena penyakit kanker prostat pada pria.
  • Mengatasi gejala menopause, susu kedelai mengandung isoflavon yang bermanfaat untuk mengatur hormon estrogen sehingga wanita yang memasuki masa menopause akan lebih sehat.
  • Menyehatkan jantung, kandungan lemak jenuh yang sangat sedikit dalam susu kedelai sangat baik untuk kesehatan jantung anda.
  • Minuman vegetarian, susu kedelai merupakan pilihan yang tepat untuk para vegetarian karena dalam susu kedelai mengandung sumber vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan juga lemak.
  • Minuman untuk penderita autisme, untuk penderita autisme dapat mengganti susu sapi dengan susu kedelai karena susu kedelai tidak mengandung glutein dan kasein yang dapat mengakibatkan gangguan fungsi otak.
  • Mencegah penuaan dini, susu kedelai sangat baik untuk mengatasi penuaan dini seperti keriput dan wajah menjadi kusam karena susu kedelai mengandung anti oksidan yang dapat menangkal penuaan dini sehingga orang yang rutin mengkonsumsi susu kedelai akan terlihat lebih awet muda.
  • Anti kanker, susu kedelai merupakan sumber mineral, selenium, isoflvon, asam amino triptopan serta vitamin E yang berfungsi sebagai anti oksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas pemicu penyakit kanker.
  • Mencegah migraine, dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur penyakit sakit kepala sebelah atau migraine yang disebabkan oleh defisiensi zat gizi dapat dicegah karena susu kedelai merupakan sumber vitamin, mineral dan asam amino.
Cara membuat susu kedelai sendiri:
  1. Siapkan kedelai lalu cuci dengan air bersih
  2. Kemudian rebus selama 15 menit setelah itu rendam dengan air selama 12 jam.
  3. Lalu cuci kembali sambil diremas-remas sampai kulitnya mengelupas.
  4. Setelah bersih lalu blender dengan menambahkan air.
  5. Tambahkan air panas secukupnya lalu aduk sampai merata.
  6. Kemudian disaring sampai menghasilkan sari kacang hijau.
  7. Tambahkan gula, perasa dan NaPO4 kemudian disaring kembali.
  8. Panaskan sambil diaduk tapi usahakan untuk tidak sampai mendidih.
  9. Kemudian tuang susu kedelai ke dalam botol dan rendam dalam air mendidih selama 15 menit.
  10. Kemudian botol ditutup sampai rapat dan rendam kembali dalam air mendidih selama 15 menit.
  11. Terakhir angkat botol lalu dinginkan pada suhu ruang.
  12. Susu kedelai sudah siap untuk dikonsumsi.
  13. Selamat mencoba!
Itulah artikel mengenai manfaat susu kedelai bagi kesehatan yang sangat baik dikonsumsi secara rutin agar tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Manfaat susu kedelai bagi kesehatan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Manfaat susu kedelai bagi kesehatan sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

187 comments

wah bisa menurunkan berat bedan, cocok nih buat yang lagi diet. ^_^

Balas

Susu kedelai memang sangat enak untuk dikonsumsi. Selain rasanya yang segar, juga ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan. Dulu sering minum susu kedelai ini, tapi sekarang sudah jarang karena penjualnya sudah tidak ada.

Terimakasih banyak mas atas sharing nya. :)

Balas

saya pernah minum sekali kok rasanya agak2 aneh gitu ya mas.. hehehe belom terbiasa mungkin ya

Balas

mungkin yang jualan alih profesi ganti susu kuda mungkin mbak :)

Balas

Mungkin bisa jadi ganti profesi. Tapi kalau susu kuda, saya malah belum pernah dengar wkwkwk :D

Balas

Mas Kolom kayaknya lagi punya program diet nich :D

Balas

Semoga nggak aneh banget, tapi cukup aneh saja :D

Balas

baru tahu mas kalau bisa ngatasi migraine,,,,
harus sering konsumsi mnum susu kedelai ni,,,,

mak saya selalu buat sendiri mas,,,
alhamdulillah karena kedelainya juga tanam sendiri,,,,

Balas

yang kedelai kuning mas,,,

yg kedelai hijau tu g tnam,,, enaknya direbus aja bisa langsung dmakan

Balas

terimakasih atas infonya gant... susu kedelai yang kaya manfaat

Balas

sy biasanya kedelai edamame,itu loh kedelai yg diexport di jepang. rasanya mantap dan ndk emeg

Balas

ternyata banyak sekali manfaat untuk kesehatan yang ane tau kedelai bahan untuk membuat tempe aja hehhehe, kalau gitu musti banyak2 berkunjung ke blognya mas eka nih, biar ilmunya nambah terussssssss

Balas

halaman yang sangat laur biasa dan sangat menarik untuk dikunjungi karena memberikan informasi dan manfaat bagi sipembacanya!!!

Balas

Kayaknya serem mbak kalau kuda liar. Nanti kalau yang minum jadi liar gimana donk hehehe :D

Balas

cocok buat yang lagi diet sob, silahkan dicoba :)

Balas

wah bisa gawat kalau begitu hehe...

Balas

kalau udah terbisa nanti juga nggak aneh lagi hehe...

Balas

bagus juga tuh mbak Maya :)

Balas

iya gan silahkan dicoba :)

Balas

belum pernah nyoba malah saya hehe...

Balas

makasih mas, bisa aja nih mas Alex hehe...

Balas

Makasih sob semoga bermanfaat :)

Balas

disamping itu susu kedelai juga lebih baik dari pada susu sapi :)

Balas

iya sob, silahkan dicoba :)

Balas

wah mantab nih, hidup sehat memang perlu, salah satunya minum susu kedelai. yhank postingannya gan...ijin copas di blogku ya :)

Balas

susu nabati alami, saya belum pernah mencicipi nya mas, susu biasa aja saya tidak begitu suka, makanya saya agak oon gitu mas...gak pinter sih.

Balas

susu kedelai memang enak..mak nyusss :)

Balas

bukan cuma saya yg suka susu kedelai sob, burung nuri saya dirumah gk mau minum kalau gk ada susu kedelai :D

Balas

Wah ini baru mantep sekali sobat, susu kedelai ternyata sangat banyak manfaatnya, bahkan banyak juga kelebihannya jika dibandingkan susu sapi
terima kasih sudah berbagi sobat

Balas

Susu kedelai memang enak dan kaya manfaat. Sayang harga kedelai lagi meroket ya!

Balas

Cocok nih buat ortu saya juga mencegah osteoporosis.. nice info mass

Balas

Wah luar biasa ternyata manfaat susu kedelai ya,makasih atas infonya...

Balas

banyak juga ya manfaatnya :D

Balas

susu biasa maksudnya susu sapi yah mas Agus hehe...

Balas

maaf sob usahakan untuk tidak mengcopy secara langsung dan harus menyertakan link sumbernya juga, terimakasih.

Balas

udah enak, maknyus bermanfaat lagi hehe...

Balas

wah burung nurinya tahu kesehatan juga yah ternyata hehe...

Balas

iya mas PP karena itu silahkan dicoba mas hehe...

Balas

iya mbak yang kasian para pembuat tempe karena harga kedelai melambung yah...

Balas

betul mas Yanuar, buat anak muda juga sangat bagus kok...

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

iya sob kedelai kaya manfaat dan juga enak kalau dibuat susu...

Balas

itu dy sob, masa burung saja mau sehat sedangkan kita tidak :) tentunya mau donk :D

Balas

sudah enak menyehatkan pula, sayangnya harga kacang kedelai nie sekarang lagi melambung tinggi...

Balas

banyak manfaatnya dari susu kedelai ya mas... tapi sekarang susah cari kedelainya , mahal maksudnya... harus nanam kedelai dulu sepertinya....

Balas

kalau saya ndak ikutan diet ah... udah kurus begini hehehe

Balas

wah comennya bejibun sob

saya biasanya hanya minum soya. susu kedelai entah apa itu hahahaha

Balas

Saya sering minum susu kedelai.
apakah juga ada efek negatifnya ya??

Balas

banyak sekali manfaat dari susu kedelai, bagi yg punya alergi dengan susu sapi kebutuhan proteinnya bisa digantikan dengan susu kedelai :)

Balas

Mungkin kalo yg ingin lebih terjamin kemurniannya..dg cara bikin sendiri ya mas :)

Kalo yg mau praktis..ya harus beli..hehe :)

Balas

Pengaruh monoter ya mbak Lin....hehe :)

Balas

susu sapi, susu instan itu lho mas, mending susu tajin aja deh

Balas

makin cihuyy dong punya tenaga kuda :D

Balas

berarti kalo sudah tidak aneh mungkin karena sudah terbiasa ya mas :D

Balas

ntar belanjanya nunggu kalo roketnya udah ngejop aja mbak :D

Balas

baguslah kalau begitu hehe...

Balas

iya kalau mahal ditunda dulu minum susunya hehe...

Balas

iya sayang sekali yah mas, padahal kedelai banyak yang pake...

Balas

boleh juga tuh mang idenya, biar nggak perlu beli lagi yah mang...

Balas

iya mas Albar susu kedelai sama soya milk juga sama hehe...

Balas

yah mungkin jangan terlalu berlebihan sob, asal rutin lumayan juga hasilnya...

Balas

betul sekali sob, memang susu kedelai merupakan alternatif lain bagi yang tidak cocok dengan susu sapi...

Balas

betul mas tinggal pilih mau yang gimana aja hehe...

Balas

yah nggak apa-apa kok meskipun badannya kurus, kan tetep menyehatkan :)

Balas

entar susah ngendaliinnya mas hehe...

Balas

betul mas jadi dibiasakan untuk tidak aneh...

Balas

yang penting yang putih-putih gitu yah mas hehe...

Balas

Udah jinak kok kudanya..sekarang..kan udah mimi cucu... :)

Balas

Minumnya pas habis emot permen barangkali mas...apa emut yg lain..coba di inget2 lagi deh...wkwk :D

Balas

Biasanya abang yg jual suka lewat kan di depan rumah... :)

Balas

Edamamme bogor gede2 dan manis loh..sekilo cuma 14 ribu... :)

Balas

Ndak cuma ilmu kok mas ....rezekinya pun Insya Allah nambah...amin.. :)

Balas

Di tengah tengah ada pulau Jawa... :)

Balas

Cari lapak di sekolah..buat dagang susu...prospek ndak ya :)

Balas

Okey sobat saya akan coba buat sendiri, sekalian praktek untuk merasakan nikmatnya dan manfaat kandungan gizinya,sepertinya mantap ini sob.
terima kasih

Balas

susu kedelai ini minuman favorit saya mas tiap pagi sebelum berangkat kerja

Balas

Kedelai lagi mahal karena dollar lagi naik.. :P

Balas

Waaaahh!! Cocok utk diet ya! Saya juga mau :p

Balas

ngahaha.. apa salah minum susu mungkin yah mas tapi susu apa coba :D

Balas

anehh.. biasanya abis mimi cucu malah makin liar, tapi ini kok malah jinak :)

Balas

iya mas.. biasanya yang putih lebih enak ketimbang yang hitam :)

Balas

pasti efeknya senyum terus yah bang :D

Balas

ada testernya gak mas ? boleh lah saya di cicipi dikit aja gak usah banyak banyak..hehehe

Balas

ternyata susu kedelai memiliki banyak manfaat , nice share ya

Balas

kalau begitu ngga cocok sama saya, saya pengen gemuk, haha

Balas

Senyum susu Mas Andes, pastinya manis :D

Balas

diseling-seling minum susu sapi bisa juga kok mas hehe...

Balas

kalau itu beda soalnya mas hehe...

Balas

perasaan semua susu sama rasanya mas hehe...

Balas

ditempat saya nggak lewat-lewat mas...

Balas

wah mas Budi bisa ngerti harga pasar yah, apa jualan juga di pasar mas hehe...

Balas

Amiin mas mudah-mudahan hehe...

Balas

apa hubungannya yah hehe...

Balas

wah udah pengalaman nih mas Andes hehe...

Balas

kalau nggak dicoba nggak bisa tahu mas hehe...

Balas

wah boleh juga mas PP dikirimin kalau udah jadi hehe...

Balas

wah bagus tuh mas Rizky, pasti kerjanya jadi semangat yah hehe...

Balas

hati-hati mas entar semutnya pada dateng loh....

Balas

iya mas Yudi sementara ditunda dulu susu kedelainya hehe...

Balas

emangnya minyak wangi mas Agus hehe...

Balas

iya mbak Vina silahkan dicoba hehe...

Balas

Harga kedelai sekarang Mahal mas,

mau beli Tahu 5 biji masih nawar. :D

Balas

kebetulan rumah saya deket to yang setiap pagi nyedia in susu kedelai, sebungkus susu kedelai seharga 1000 rupiah pas buat penambah semangat kerja, katanya yang bagus yang agak kental yah mas, soalnya yang kental bisa kuat nahan lapar, intinya yang kental maregki kalau istilah jawanya, cocok banget bagi yang menjalankan puasa.

Balas

jangan selang seling mas, nanti belang lho

Balas

yang hitam bikin lengket mas, campurannya banyak

Balas

hehehe...kayak sales minyak wangi ya mas ?hehehe

Balas

Mas Anthonie..keliat paling paham nih hehe.. :)

Balas

@ mas Andes: bukan air cucian beras kan mas..minumnya :)

@ mas Anthonie : rasanya variant tau mas..dari rasa strawberi..sampe rasa soto sama kari ayam juga ada..hehe :)

Balas

Mungkin izin cuti..buat posting dulu kali mas :)

Balas

Sempat sidak barengan Jokowi..kemarin mas hehe :)

Balas

Yg komen bingung..yg baca ikut binggung..
Yg penting bisa ketawa... Hehe :)

Balas

susu kedelai tawar rasanya kayak tahu

Balas

Sule...Sule...Sule...Susu Kedele....Susu Kedele...enak Lho.... :D

Balas

waduuuh, bnyak bnget ea?
gk nyangka bnyak bnget manfaatnya...
^_^

Balas

aq setuju sob kalu manfaat dari susu kedelai

Balas

ayo yang lagi diet, pada minum susu keledai, biar cepet kurus :D

Balas

Iya tuh, mas anthoni sepertinya sudah paham banget. benar-benar master kesehatan nich :D

Balas

Yang penting jangan sampai minum susu keledai aja mas wkwkwkwk :D

Balas

susu kedelai mbak masa susu keledai hahaha...

Balas

jangan gitu ah jadi GR nih hohoho...

Balas

nah betul apa yang mbak Wahyu bilang hehe...

Balas

haha... masuk akal juga mas :)

Balas

oh yang bagian catet-catet yah mas hehe...

Balas

ketawa itu menyehatkan hahaha....

Balas

kalau yang putih masih asli biasanya yah hehe...

Balas

wah enak yah rumahnya deket sama yang jual susu kedelai hehe...

Balas

iya mas Agus, pengalaman masa lalu yah hehe...

Balas

iya sekarang harga kedelai memang lagi tinggi, ditunggu aja mas hehe...

Balas

sama-sama mas, makasih kunjungannya :)

Balas

kalau mau manis tambahin gula aja mas hehe...

Balas

Hhaha susu kedelai main OVJ :)

Balas

kaget yah mas hehe...

Balas

sip deh kalu setuju hehe...

Balas

yang datang calon lurah nih mas :) haha

Balas

haha mas agus biasa nyipok yan hitam2 tuh.. sekarang ngaku kan rasanya lengket :D

Balas

ohh lupa pake dot mungkin mas hahaha..

Balas

btw GR sama susu masih enak mana yah..

Balas

enakan susu mas, soalnya bikin sehat hehe...

Balas

nggak usah mas langsung aja lebih enak hehe...

Balas

ketawa sambil lari pagi maksudnya mas Andes yah...

Balas

justru yang hitam kan beda mas, nggak ada duanya...

Balas

pasti lagi blusukan yah mas...

Balas

Wah. Banyak manfaatnya ya ternyata. Tapi susu keledai, eh kedelai yang banyak dipasarkan sudah membahayakan. Banyak dicampur dengan bahan-bahan berhantu.

Balas

wkwkwkwkwkw ,,,,,,,
susu keledai kyak apa mas?


pagi" enaknya sarapan susu kedelai hangat
mari"

Balas

Apa pun mimi nya...yg penting cucu deh..haha :)

Balas

Ngomongin pake apa? Sy lebih suka yang manual aja :)

Balas

Sama bagian ncip ncip barang mas hebatkan..hehe :)

Balas

Sepertinya Mbak Maya penasaran sama susu keledai ya wkwkwk :D

Balas

mungkin enak juga tuh susu keledainya hehe...

Balas

cucu kedelai mantap mas hehe...

Balas

iya mas langsung berasa rasa susunya....

Balas

wah boleh juga yah mas...

Balas

iya mas, karena itu untuk amannya bisa bikin sendiri...

Balas

tipsnya bermanfaat, btw banyak artikel bermanfaat di blog ini.. ane bookmark dl gan.

Balas

Yang jelas susu kedelai memang sangat bagus jika dibandingkan susu sapi, tapi masalahnya harga kedelai sekarang sudah mahal jadi terpaksa utk bikin tempe sama tahu dulu mas, bahkan gara gara kedelai mahal bilai rupiah ikut anjlok.

Balas

yah itu kendalanya sekarang memang harga kedelai lagi tinggi, apa ditunggu dulu biar stabil :)

Balas

ok sob semoga bermanfaat :)

Balas

Saya tiap hari hampir minum susu ini, rasa manis alami. dan memang baik untuk yang lagi diet.

Balas

Salam Mas.. Artikel yang sangat menarik
Kebetulan saya belum pernah susu kedelai
Tapi menurut keterangan diatas, ternyata
Susu kedelai, banyak manfaatnya yah Mas?
Terima kasih atas info dan berbagi nya Mas
Salam suskses dan sejahtera

Balas

Waduh mbak sayangnya harga kedelai lagi naik banget nih :D

Balas

betul mas karena tidak membuat gemuk, perlu dicoba :)

Balas

Betul mas minum susu kedelai sangat baik untuk kesehatan karena banyak manfaatnya:)

Balas

Iya sayang sekali yah padahal kedelai banyak yang suka dan juga bermanfaat :)

Balas

iya sob, susu kedelai kaya manfaat, silahkan dicoba :)

Balas

Susu kedelai sering kali saya minum, tapi khasiatnya kurang tau untuk apa?
Artikel di atas membuat saya lebih banyak tau manfaat dari susu kedelai.
Sangat bagus.
:)

Balas

Makasih sob semoga bermanfaat :)

Balas

saya sukses sudah resep ini.... makasih ya atas manfaatnya

Balas

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Balas

kalo ane sudah tidak ragu lagi dengan jenis kancang yang satu ini sudah banyak orang yang membuhktikan khasiat kacang kedelai buat kesehatan.... tapi terima kasih untuk infonya gan sangat berguna bagi orang yg belum tau khasiat dari kacang kedelai....

Balas

iya gan kacang kedelai memang sangat bagus untuk kesehatan, makasih kunjungannya :)

Balas

thanks artikel manfaat susu kedelai bagi kesehatannya,...

Balas

Saya pernah diet menggunakan susu kedelai ini salah satu menu yang saya konsumsi, ternyata emang mujarab tapi di dampingi olahraga juga.... dan makasih untuk manfaat yang lain ...

Balas

iya dibarengi dengan olahraga hasilnya akan lebih baik mbak :)

Balas

manfaat susu kedelai memang sangat banyak seklai untuk kesehatan, selain rendah lemak susu kedelai juga kaya akan nutrisi penting, nice info

Balas

memang selain enak dan segar saat di nikmati susu kedelai juga menyehatkan badan, harus lebih sering mengonsumsi susu kedelai karena dari bahan alami jadi tidak menimbulkan efek samping, makasih menarik sekali artikelnya

Balas

Makasih buat kunjungannya semoga bermanfaat :)

Balas

Makasih mas, semoga bermanfaat :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger