Tips dan informasi seputar masalah kesehatan

Gejala asam urat dan penyebabnya

by Anthonie Eka , at 11:04 PM , have 140 comments
Gejala asam urat dan penyebabnya
Asam urat
Gejala penyakit asam urat terjadi karena menumpuknya zat purin di dalam tubuh secara berlebihan dan zat purin ini selanjutnya diolah oleh tubuh sehingga menghasilkan asam urat, namun karena produksi asam urat dalam tubuh terlalu berlebihan maka berakibat gangguan pada ginjal yaitu ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat secara baik sehingga asam urat yang berbentuk kristal akan menumpuk di bagian persendian, dan berakibat terjadinya rasa nyeri di bagian sendi, bengkak dan juga meradang.

Zat purin itu sendiri berasal dari bahan makanan yang kita konsumsi seperti makanan yang berasal dari tubuh mahluk hidup, buah-buahan dan sayuran, kesimpulannya asam urat yaitu penyakit yang ditimbulkan karena sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang setiap hari kita konsumsi, dan secara umum penyakit asam urat ini terjadi pada usia lanjut karena menumpuknya zat purin berlebihan di dalam tubuh, serta biasanya orang yang menderita penyakit asam urat juga mengalami penyakit lainnya seperti, diabetes, penyakit ginjal atau hipertensi, jika penyakit asam urat dibiarkan berlarut-larut akan mengakibatkan terjadinya penyakit batu ginjal dan berlajut menjadi gagal ginjal.

Kadar asam urat normal pada wanita adalah berkisar antara 2,6 sampai 6 mg/dl sedangkan untuk pria kadar asam urat normal berkisar antara 3,5 sampai 7 mg/dl, untuk mengetahui berapa kadar asam urat anda bisa periksakan di klinik atau laboratorium.

Beberapa gejala asam urat yang biasa dialami oleh penderita penyakit asam urat:
  1. Pada waktu pagi yaitu pada saat bangun tidur dan pada waktu malam hari biasanya persendian terasa nyeri.
  2. Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi berulang kali.
  3. Tanda yang ditimbulkan seperti rasa nyeri di persendian, linu, ngilu, kesemutan, membengkak dan meradang berwarna kemerahan.
  4. Nyeri di persendian biasanya terjadi di bagian seperti jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, siku, tumit dan dengkul.
  5. Untuk kasus yang lebih parah persendian akan mengalami sakit saat mengalami pergerakan.
  6. Untuk penderita seperti gejala diatas sebaiknya memeriksakan di laboratorium untuk hasil yang lebih akurat.
Makanan penyebab asam urat dan pantangan bagi penderita asam urat:
  • Makanan jeroan: hati, otak, babat, ginjal, limpa, usus,dan paru.
  • Daging: daging sapi, daging kuda dan daging kambing.
  • Ekstrak daging: dendeng dan abon.
  • Seafood: kepiting, cumi-cumi, kerang, sotong, remis, ikan sarden, ikan teri, tiram, udang.
  • Bebek: kalkun dan angsa.
  • Makanan kaleng: sarden, kornet sapi dll.
  • Buah-buahan: nanas dan durian.
  • Sayuran: bayam, buncis, kembang kol, jamur kuping, daun pepaya, daun singkong, kangkung dan asparagus.
  • Kacang-kacangan: kacang tanah, tauge, kacang hijau, melinjo, emping, kacang kedelai termasuk kedelai olahan seperti tempe,susu kedelai, oncom dan tauco.
  • Makanan gorengan, makanan yang dimasak dengan mentega atau margarin, makanan bersantan.
  • Makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi.
  • Keju, kaldu, kuah daging yang kental, es krim, air kelapa dan telur.
Beberapa cara mengobati asam urat yaitu:
  • Hindarilah makanan yang dapat memicu terbentuknya asam urat seperti makanan jeroan, makanan laut, makanan kaleng, telur, kuah daging kental dan kaldu.
  • Hindari buah-buahan seperti: nanas, alpukat, durian dan air kelapa.
  • Hindari makanan seperti melinjo, emping, bayam, kangkung, asparagus, buncis, daun singkong, daun jambu mete dan kembang kol.
  • Hindari kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai beserta kedelai olahan seperti tempe susu kedelai, tauco, oncom dan tauge.
  • Makanlah buah-buahan dan sayuran seperti belimbing wuluh, buah naga, jahe, sawi putih, sawi hijau, tomat dan serai yang bermanfaat untuk mengobati asam urat.
  • Untuk orang yang gemuk dianjurkan untuk menurunkan berat badan karena biasanya asam urat cepat naik sedangkan pengeluarannya kurang.
  • Banyak minum air putih karena dapat membantu mengeluarkan zat purin di dalam tubuh.
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol.
Tips bagi penderita asam urat:
  • Banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, strawberry, pepaya.
  • Buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu mengobati asam urat seperti buah naga, belimbing wuluh, sawi putih, sawi hijau, tomat, jahe dll.
  • Makanlah makanan yang banyak mengandung potasium seperti pisang, yughurt dan kentang.
  • Banyaklah mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti, singkong, ubi dan nasi.
  • Mengurangi mengkonsumsi permen, gula, sirup, arum manis, gulali.
  • Untuk orang gemuk sebaiknya menurunkan berat badan
  • Hindari minum obat aspirin
  • Hindari bekerja terlalu keras
  • Olahraga secara cukup.
  • Minum air putih 8 gelas sehari.

Terima kasih telah membaca Artikel Gejala asam urat dan penyebabnya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Gejala asam urat dan penyebabnya sebagai sumbernya.
Anthonie Eka
Gejala asam urat dan penyebabnya - written by Anthonie Eka , published at 11:04 PM, categorized as Penyakit , Tips Kesehatan . And have 140 comments






140 comments Add a comment
Faceblog Evolutions
katanya sih kalo yang udah pernah ngalami pas waktu lagi kambuh gitu kakinya direndam pake air garam yang hangat gitu bener ya gan
Karrysta
Kebetulan saya lagi ngersakan sedikit asam urat nih Mas Anthonie?
Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini sembuh dengan sendirinya
Mas Andes bisa bantu saya gak Yah...?
Anthonie Eka
Harus jaga makanannya mas Karysta, biar nggak tambah parah :)
Reply Delete
Indah P
banyak saudara2 saya yg terkena asam urat mas, mungkin pola makannya salah dan kurang berolah raga. artikel ini sangat membantu dan ijin save lagi yah?
terima kasih
Reply Delete
Herlan Lesmana
Sumpah gan ..semua artikel di blog ini bermanfaat sekali , saya jadi punya ide untuk membuat ebook kumpulan artikel kesehatan sumbernya dari blog ini ..tentunya dengan ijin pemilik blog ini ,saya akan menghargai sekali apapun jawaban agan ...makasih
Reply Delete
Ardiansyah J. Prawira
Waahhh.. mantaabhh Sobat.. ini informasi kreatif yang bermanfaat... sukses selalu dan terus berkreasi.. salam Karyawan Cupu
Reply Delete
ByPhotoworks
Artikel yg bagus dan bermanfaat sob, sy akan sebarkan sama tetangga2 sy yg menderita asam urat, semoga dapat membantu. Thanks tlh berbagi kawan.
Reply Delete
Fairus Roy
haduh harus hindari maka jeroan nih, kalau makanan laut seperti ikan masa beresiko Gan
Reply Delete
6 Situs Pemendek Link Terpopuler
waduh kalau kena bahaya juga yah...banyak pantangannya... XD
Reply Delete
Mizz Aiza
banyak juga makanan yang perlu dihindari bagi pesakit ini ya..
Reply Delete
teknik ketenagalistrikan
terimakasih sobat infonya
oh iya saya kalau dirumah dijogja suka sekali makan emping melinjo apakah bisa ber efek buruk terhadap penyebab asam urat
dan orang tua saya kalau dirumah sering memasak masakan daun melinjo jika dikonsumsi terus-menerus apakah juga ada efek buruknya sobat
hehe maaf banyak banget tanyanya
Reply Delete
Anthonie Eka
@Faceblog Evolutions: Merendam dengan air garam hangat memang membuat peredaran darah menjadi lancar, tapi untuk asam urat mungkin menghasilkan efek penyembuhan sementara saja.
@Indah P: Iya mbak Indah silahkan... makasih udah berkunjung lagi :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@Herlan Lesmana: Boleh saja sob silahkan...tapi harap mencantumkan link saya ya...
@Ardiansyah J. Prawira: Wah makasih banyak sob... sukses selalu juga buat sobat :)
@ByPhotoworks: Makasih sob silahkan semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Alya Zahra
emang ngeri juga gan kalo kena yang beginian...
Reply Delete
Anthonie Eka
@Tips SEO: Makanan yang saya sebutkan di atas tidak usah pantang sama sekali tapi mengkonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan, kecuali yang beresiko tinggi lebih baik menghindari.
@Fairus Roy: Jeroan kalau bisa dihindari gan... ikan laut boleh saja gan sehat kok... asal jangan berlebihan.
Reply Delete
Anthonie Eka
@6 Situs Pemendek Link Terpopuler: Iya sob jangan sampai kita mengalami... karena banyak pantangannya...
@Mizz Aiza: Betul sob karena itu biasakan hidup sehat supaya terhindar dari penyakit :)
@teknik ketenagalistrikan: Wah bahaya tuh sob kalau bisa dikurangi, mungkin sekarang belum terasa efeknya tapi biasanya kalau udah tua akan beresiko terkena asam urat...
Reply Delete
Anthonie Eka
@Alya Zahra: Untuk penderita asam urat yang udah parah akan lebih ngeri juga liatnya... coba lihat di google sob...
Reply Delete
apt
katanya minum jeruk nipis bisa menurunkan asam urat?
Reply Delete
teknik ketenagalistrikan
wah terimakasih gan infonya
tetapi orang tua jika diibilangin palah bilang jika gag mau makan ya gag usah makan jangan nglarang-nglarang gt gan hehe
Reply Delete
Anthonie Eka
@apt: Vitamin C di dalam jeruk nipis mengandung antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, dan flavonoid dalam jeruk nipis bermanfaat untuk detoksifikasi sehingga membuat jeruk nipis bermanfaat sebagai obat asam urat.
@teknik ketenagalistrikan: Mungkin karena belum tahu efeknya gan, kalau udah tahu pasti dengan sendirinya menghindari...
Reply Delete
teknik ketenagalistrikan
terimakasih gan semoga kedua orang tua saya sadar apa resikonya nanti aminn
Reply Delete
Anthonie Eka
@teknik ketenagalistrikan: Yah mudah-mudahan gan...
Reply Delete
Anak Mas
Wah, mantap nih infonya, semoga bisa membantu orang yg membutuhkan
btw, termasuk saya juga hehehehe
Reply Delete
Gunawan Putra Petir
iya gan aminn
terimakasih gan atas infonya ya gan
semoga sukses selalu dan sehat selalu
Reply Delete
Dede Thea
kebetulan nih keluagaku ada yang terkena asam urat,terimakasih bro untuk infonya,,,
Reply Delete
Mang Yono
terimakasih infonya tentang asam urat... kebetulan tetangga ada yang ngalamin penyakit ini sob ... izin print ya
Reply Delete
budi os 19
Pencegahan di rasa lebih utama dan efektif...ketimbang harus mengobati ya mas anthonie...

Trima ksh ya untk info pentingnya :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@Anak Mas: Makasih sob... semoga bermanfaat :)
@Gunawan Putra Petir: Terimakasih gan sama-sama... sukses selalu juga :)
@Dede Thea: Sama-sama kang Dede... semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@Mang Yono: Silahkan mang Yono... semoga bermanfaat :)
@budi os 19: Betul banget mas Budi... kesehatan itu mahal harganya hehe...
Reply Delete
M. Alex Joenaedi
untung ane lom pernah ngerasain daging kuda wkwkkwkwk,, thank gan udah berbagi info luar biasa ini, salam sehat selalu
Reply Delete
nurcahyaku10
Terima kasih gan informasinya yang bagus
Reply Delete
Anthonie Eka
@M. Alex Joenaedi: Saya juga belum pernah mas hehe...
@nurcahyaku10: Sama-sama gan... makasih kunjungannya :)
@Edy Samsul: Wah harus hati-hati tuh sob, agak dikurangin makanan yang membuat asam urat tinggi...
Reply Delete
Anak Mas
Ada literatur tentang apa itu asam urat sebenarnya gak ya Mas Admin...?
Kalau ada, bisa disharekan juga ya...
Reply Delete
lina@womens perspectives
Bapak saya dulu suka kambuh asam uratnya kalau kurang minum air putih.
Reply Delete
budi os 19
Mampir lagi sambil baca artikel sehat di sini
met malam mas :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@Belajar Komputer: Makasih kawan... semoga bermanfaat :)
@Anak Mas: Asam urat terjadi karena menumpuknya zat purin di dalam tubuh secara berlebihan dan zat purin ini selanjutnya diolah oleh tubuh sehingga menghasilkan asam urat...
Reply Delete
Anthonie Eka
@lina@womens perspectives: Hati-hati sob... perlu dijaga juga makannya bapak :)
@budi os 19: Makasih mas budi sudah berkunjung... salam :)
Reply Delete
Eka
WAH, TERNYATA SAYURAN JUGA BISA MENYADI SALAH SATU PENYEBAB ASAM URAT YA KANG ... JDI HARUS DIATUR NIH MAKANANNYA... AKU KIRA CUMA JEROAN ATAU DAGING AJA PENYEBAB ASAM URAT ITU, MAKASIH KANG ... :)
Reply Delete
Indah P
selamat siang mas...kembali membaca artikel yg sangat menarik
Reply Delete
Marnes Clicker
Nice for share sobat...
semoga bermanfaat buat kita semua...
oya ane dah follow blog sobat di tunggu follbacknya ya!
Reply Delete
Anthonie Eka
@Eka: Iya sob harus bisa mengatur mana yang baik mana yang tidak... makasih kunjungannya :)
@penyuluh perikanan: Iya sob makasih semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@Indah P: Hallo mbak Indah... makasih kunjungannya :)
@Marnes Clicker: Makasih sob atas kunjungannya, ok saya follow back :)
Reply Delete
Penyuluh Perikanan
Tipsnya sangat berguna sekali sobat, saya yakin kalau tips ini dijalani kita bisa terhindar dari penyakit asam urat
terima kasih sudah berbagi
Reply Delete
Anthonie Eka
@Penyuluh Perikanan: Betul sobat... sama-sama, makasih atas kunjungannya :)
Reply Delete
lpsp
makasih sob infonya .. nambah ilmu lagi nih
Reply Delete
Anthonie Eka
@lpsp: Sama-sama sobat... makasih udah mampir :)
Reply Delete
Boku no Blog
Selamat siang sobat, terima kasih artikelnya, ijin save karena banyak dari teman, saudara saya yang terkena asam urat.
Reply Delete
M. Alex Joenaedi
berkunjung lagi mas, sambil baca2 artikl kesehatan disini
Reply Delete
vina devina
hmm makasih ya mas info nya, aku juga punya blog untuk referensi penyakit asam urat
Reply Delete
Anthonie Eka
@Boku no Blog: Silahkan sob... makasih kunjungannya :)
@M. Alex Joenaedi: Makasih mas... sukses selalu ya
@vina devina: Sama-sama sob... senang bisa hadir disini...
Reply Delete
Achmed Islamic Hernawan
wah, bnyak bnget larangan makanannya. Pantesan orang yg kena asam urat kyakx tersiksa bnget, gk bisa makan yg dia suka.
hehehe
Reply Delete
Anthonie Eka
@Achmed Islamic Hernawan: Betul sob... karena itu harus jaga pola makan biar selalu sehat :)
Reply Delete
budi os 19
pengen selalu hidup sehat...kalo sering berkunjung disini :)
met sore mas Anthonie :)
Reply Delete
Em Albar
wah saya kena ngak ya, kayaknya da sebagian nih gejalanya
Reply Delete
Anthonie Eka
@budi os 19: Makasih mas Budi... sukses selalu ya :)
@Em Albar: Wah perlu hati-hati sob hehe...
@Nicole: Thanks my friend for visiting my blog :)
Reply Delete
Ann
I wish you a nice day and a nice holiday :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@Ann: Thank you my friend for visiting my blog :)
@Blogaul: Makasih banyak sob... sama-sama :)
Reply Delete
vina devina
makasih buat infonya, ijin share
Reply Delete
Anthonie Eka
@vina devina: Sama-sama sob... semoga bermanfaat :)
Reply Delete
azka
informasinya yang sangat bermanfaat . . .terima kasih banyak sobb!!!
Reply Delete
Anthonie Eka
@azka: Sama-sama sob... makasih atas kunjungannya :)
Reply Delete
Dwi Ahmad
Kalau orang yang sudah tua sakitnya kaya gini mulu :D
Reply Delete
Anthonie Eka
@Dwi Ahmad: Iya sob karena itu jangan lupa jaga pola makan dan pola hidup sejak sekarang, jadi saat usia lanjut akan terbebas dari penyakit ini... makasih kunjungannya sob :)
Reply Delete
Anonymous
perfect.....Bro!!
Reply Delete
Anthonie Eka
@Anonymous: Makasih mas bro... :)
Reply Delete
ovic
This comment has been removed by a blog administrator.
Delete
Anthonie Eka
@ovic: Makasih kunjungannya kawan :)
Reply Delete
Anthonie Eka
@Belajar Komputer: Silahkan sob makasih... semoga bermanfaat :)
Reply Delete
ovic
This comment has been removed by a blog administrator.
Anthonie Eka
Sama-sama sobat... makasih kunjungannya :)
Delete
Ristia Risma
Makasi infonya
Banyak bgt yak pantangan makanan nya
:)
Anthonie Eka
iya karena itu harus jaga kesehatan mbak Ristia :)
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
Owh jadi penyakit asam urat itu disebabkan karena adanya ganggunan pada ginjal. Sehingga dapat menimbulkan bengkak-bengkak pada persendian. Hmmm sepertinya ngeri juga ya mas kalau punya penyakit asam urat. :)

Tapi kita tidak perlu khawatir, karena artikel diatas ternyata ada penjelasan lebih lanjut tentang penyebabnya dan cara mengobati gejala asam urat. Ini bisa menjadi tips yang sangat berguna sekali kepada para pembaca yang sedang mengalami gangguan asam urat.

Thanks mas atas informasinya :)
Anthonie Eka
terimakasih mbak Wahyu semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan :)
Reply Delete
Obat Herbal Untuk Penyakit Anemia
terimaksih banyak gan atas infonya sangat bermanfaat,dan sayapu sudah nyimpen liknya agan di blog saya,di tunggu kunjungan baliknya.....!
Anthonie Eka
terimakasih sob kunjungannya semoga bermanfaat, saya pasti datang mampir...
Reply Delete
Ahmad Hidayat
Saya Baru tahu kalau asam urat itu jika dibiarkan akan berdampak pada ginjal, saya juga penggemar makan kacang-kacangan. mka dari itu haru di jaga pola makannya. terima kasih atas infonya. sering-sering kunjungi lapak kami yaa.. salam sehat :)
Anthonie Eka
Iya mas Ahmad yang penting kita harus selalu jaga pola makan agar tubuh kita selalu sehat, semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Amri Natu
Apa asam urat jga dpt menimpa org yg msh brumur msh muda?
Anthonie Eka
Kalau untuk anak muda biasanya jarang yang terkena asam urat, namun orang yang udah semakin tua biasanya banyak yang terkena penyakit ini karena menumpuknya zat purin di dalam tubuh akibat makanan.
Reply Delete
ZGAS-PC
Ikuttt Nyimakk ajee gann ^_^
Infonya Sanggatt Bermanfatt dahhh :)
Tapi Serem Juga yahh Klo Misalnya Sampe Terkena Penyakit Asam Uratt Ngerii dehh Ngebayanginnya :D
Anthonie Eka
karena itu harus selalu jaga pola makan dan selektif memilih makanan yang baik untuk dimakan.
Reply Delete
jufri ismail
This comment has been removed by a blog administrator.
Anthonie Eka
sama-sama sob, nanti saya datang berkunjung :)
jufri ismail
Makasih gan di tunggu kunjungannya :)
Anthonie Eka
makasih gan, saya berkunjung lagi...
Delete
kerikils
artikelnya sangat bermanfaat gan :)
Anthonie Eka
Makasih gan semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Saud Karrysta
Admin nya Nice plus Keren, agresip cakep lagi apa lagi artikelnya
Wow Mas Anthonie gitu lho..? salam sukses yah Kang Mas..?
Anthonie Eka
Ah mas Karysta bisa aja, sukses juga mas :)
Reply Delete
Karrysta
O, ya maaf gak sempet ngucapin Sealamat Idul Adha buat sobat semua
Dan Mas Admin khusus nya,. salam sukses yah..?
Anthonie Eka
Selamat Idul Adha juga mas Karysta, makasih kunjungannya :)
Reply Delete
Obat Herbal Untuk Penyakit Stroke
penyakit stroke bila tidak di tangani dengan baik bisa menjadi penyakit yang berbahaya loh... artikelnya bagus gan... untuk adminnya smoga makin sukses aja..
Anthonie Eka
Betul gan stoke merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai, makasih banyak gan sukses juga buat agan :)
Reply Delete
obat penyakit asam urat
penyakit asam urat jika tidak di tangani secara serius bisa berbahaya nah karena itu sebisa mungkki kita mencegah penyakit ini sebelum menjadi penyakit yang serius.. terima kasih infonya gan semoga makin sukses aja...
Anthonie Eka
sama-sama sob makasih kunjungannya dan sukses selalu :)
Reply Delete
Hafiz Fauzi
makasih gan infonya!!
Anthonie Eka
Sama-sama gan semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Edy Sugiarto
Sip..trimakasih infonya mas smoga bermanfaat bagi saya dan teman2 yg lg mmbaca artikel ini..amin...ijin save ya..
Anthonie Eka
Makasih sob, silahkan semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Agus Purwanto
Ane jg lg ngerasain nih gan, kadang jempol kaki ksemutan,dengkul kanan klo lg nekuk pas mo dlurusin sakit.apa ini trmasuk asam urat.,? Thx infonya gan
Anthonie Eka
Mungkin juga mas Agus, tapi untuk lebih pastinya sebaiknya perisakan ke dokter supaya bisa ditangani masalahnya sedini mungkin.
Reply Delete
Mukhamad Sholikudin
Harus hati hati ya mas, padahal saya suka banget melinjo
Anthonie Eka
harus dijaga mas jangan sampai terlalu banyak dan terlalu sering.
Reply Delete
Agus Supriyono
kayannya saya ni mulai kena asam urat, info yang bermanfaat mas bro
Anthonie Eka
wah harus dijaga mas, jangan sampai tambah parah sakitnya, semoga artikel diatas bisa membantu :)
Reply Delete
oomguru
ternyata separah ini asam urat.. kirain cuma pegel2 doank gitu..
Anthonie Eka
iya mas harus hati-hati jangan sampai asam uratnya bertambah parah, harus jaga juga pola makannya.
Reply Delete
Holla Back Texas
makasih infonya mas,sayajadi lebih tahu tentang asamurat ini
Anthonie Eka
sama-sama mas, mudah-mudahan bermanfaat :)
Reply Delete
sabun penghilang bau badan
kalau sakit buah pantat bisa di akibatkan asam urat bukan
Anthonie Eka
biasanya asam urat menyerang bagian persendian sob :)
Reply Delete
BeranAz
Terus terang denagn membaca artikel dari mas saya jadi tau trims ya mas apa kabarnya nih?
Anthonie Eka
Terimakasih mas BeranAz, khabar baik mas :)
Reply Delete
Berita Terbaru
serem juga ya sob kalau terkena penyakit asam urat. Makasih sobat sudah berbagi tips yang berguna untuk ane praktekkan
Anthonie Eka
sama-sama sob semoga bisa bermanfaat :)
Reply Delete
Mirna
sering-seringlah memakan buah-buahan yang segar
Anthonie Eka
betul mbak, buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.
Reply Delete
Abu Zaini
Wah ngeri juga y, semoga kita dapat terhindar dan terima kasih postingannya...
Anthonie Eka
iya mas, semoga kita bisa terhindar dari penyakit ini.
Reply Delete
Cara Membuat Facebook
ngeri banget ya mas kalau terkena asam urat, berpotensi bisa lumpuh ya alias nggak bisa jalan. Semoga aja kita semua bisa terhindar dari penyakit yang satu ini, amin :)
thanks mas anthonie sudah berbagi informasi yang bermanfaat untuk kita semua ;)
Anthonie Eka
iya mbak, karena itu kita harus menjaga makanan yang kita makan dan menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari asam urat.
Reply Delete
Basri Abdullah
Hmmm penyakit asam urat banyak juga pantangannya ya, sama halnya dengan penyakit hipertensi, tidak boleh makan enak :)
Anthonie Eka
iya mas karena itu sebaiknya berhati-hati agar tidak terkena asam urat.
Reply Delete
Abu Zaini
Obatnya mudah dicari gak y??? Salam dari Pulau DOllar
Anthonie Eka
bisa dengan bahan alami mas yang penting selalu menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat.
Reply Delete
Tonitoon Dtubs
min asam urat ibu saya itu tinggi "14" solusinya di harus bagaimana min ?
makasih :)
Anthonie Eka
coba lakukan tips yang sudah dijelaskan di atas mas Tonitoon semoga bisa bermanfaat.
Reply Delete
PUTRA ANTON
terimakasih bro infonya sangat bermanfaat, lanjutkan terus
Anthonie Eka
makasih mas makasih kunjungannya :)
Reply Delete
Klinik Mukti
terima kasih banyak mas Eka atas artikelnya senang bisa berkunjung dan sukses selalu !!!
Anthonie Eka
Sama-sama sob semoga bermanfaat, makasih sudah berkunjung disini :)
Reply Delete
jualbubukkulitmanggis
Mohon izin berbagi ilmu (copy paste)
Anthonie Eka
lebih baik tidak copas mas.
Reply Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Rahasia hidup sehat by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger