Sunday, August 25, 2013

Manfaat buah semangka untuk kesehatan

Manfaat buah semangka untuk kesehatan
Manfaat buah semangka - Buah semangka atau dalam bahasa Inggrisnya adalah watermelon merupakan buah yang manis dan mengandung banyak air, sangat cocok dikonsumsi pada saat udara panas sehingga tubuh menjadi segar, namun tidak hanya itu ternyata buah semangka sangat baik juga untuk kesehatan tubuh, dan mengatasi berbagai penyakit diantaranya adalah jantung, hipertensi, stroke, ginjal, diabetes kanker dan banyak lainnya.

Semangka ada yang berwarna merah ada juga yang berwarna kuning, namun menurut penelitian semangka merah ternyata jauh lebih bagus dari semangka kuning, warna merah dalam semangka menandakan tingginya kadar lycopene, bahkan secangkir jus semangka merah mengandung lebih banyak antioksidan dibanding dengan jus tomat.

Kandungan lycopene yang tinggi dalam semangka sangat bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit berat seperti jantung maupun kanker selain itu kandungan vitamin A dan C dalam semangka yang cukup tinggi serta kandungan vitamin B6, tiamin, potasium serta nutrisi lainnya sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda.

Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh:
  • Mengatasi hipertensi, kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam semangka berfungsi sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, serta karotenoid di dalam semangka sangat baik untuk mencegah pengerasan dinding arteri.
  • Mengatasi sariawan, beberapa kandungan vitamin dan air dalam semangka membantu mengatasi sariawan yang disebabkan bakteri penyebab sariawan yang berkembang biak di dalam mulut.
  • Mengatasi gangguan ginjal, kandungan Kalium dalam semangka bermanfaat untuk membersihkan ginjal, mengurangi pembentukan batu ginjal dan mengurangi kerusakan ginjal.
  • Menyehatkan jantung, Karotenoid pada buah semangka sangat baik untuk meningkatkan fungsi kerja jantung, serta vitamin C, potasium dan karotenoid dapat mengurangi kolesterol dan menyehatkan jantung.
  • Sebagai antioksidan, kandungan lycopen yang tinggi dari semangka berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang memicu timbulnya penyakit kanker.
  • Mengatasi diabetes, semangka meskipun manis tetapi mengandung kadar gula yang rendah dan selain itu semangka mampu merangsang produksi insulin yang penting untuk penderita diabetes.
  • Pelengkap diet, banyaknya kandungan air dan serat serta kombinasi kadar gula terbatas sangat cocok untuk membantu program diet.
  • Menyehatkan mata, semangka mengandung vitamin A, vitamin C, beta karoten, zeaxanthin dan lutein yang berfungsi untuk melindungi mata dari gangguan penyakit mata seperti glaukoma, mengeringnya mata dan banyak lainnya.
  • Meningkatkan kesuburan pria, kandungan lycopene dalam semangka sangat bermanfaat juga untuk membantu peningkatan jumlah sperma pada pria.
  • Menstabilkan mental dan fisik lansia, kandungan lycopene dalam semangka juga sangat baik untuk para lansia karena dapat membantu mempertahankan kekuatan mental dan fisiknya.
  • Membantu penyembuhan luka, kandungan citrulline dalam semangka dapat membantu proses penyembuhan luka, biasanya citrulline terdapat pada bagian putih semangka dan biasanya kita jarang memakan bagian putihnya tersebut. 
Manfaat buah semangka untuk ibu hamil:
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan janin baik sistem imun, penglihatan maupun otak janin.
  • Mengurangi resiko terjadinya kram otot pada ibu hamil.
  • Mengurangi rasa mual yang biasa dialami pada saat ibu hamil.
  • Mengurangi rasa panas di perut ibu yang sedang hamil.
  • Membantu asupan cairan dalam tubuh ibu hamil.
Itulah beberapa manfaat dari buah semangka yang luar biasa, karena itu biasakanlah untuk hidup sehat dan banyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang bagus untuk kesehatan anda, semoga artikel mengenai manfaat buah semangka untuk kesehatan ini bisa bermanfaat untuk sobat semua.

157 comments

Sudah enak, seger, menyehatkan lagi. Adem Mas ...

kebanyakan makan semangka jadi beser mas,,,,
hehehehehe,,,,

kalau sedang hamil panas ya mas?
pantesan orang " tua d kampung saya,,, bilang g boleh makan durian,, bisa jadi makin panas ya?

ternyata bisa mengatasi diabetes,,padahal semangka manis

Ternyata banyak sekali manfaat semangka, bisa untuk diabetes juga. tapi apa benar kalo makan semangka trus dilanjut dengan makan yang pedes bahaya? apalagi langsung dilanjut sama minum es, bisa berbahaya untuk usus? makasih infonya.

Ternyata Buah semangka memang banyak sekali manfaatnya, selain rasanya yang enak dan banyak disukai manfaatnya juga banyak, apalagi pada situasi dan kondisi cuaca sekarang yg panas memang sangat cocok sekali. Saya juga termasuk org yg rutin makan semangka mas
terima kasih banyak sudah berbagi

rasanya juga manis.. apalagi kalo di masukin kulkas pasti makin anyesss...

ya logikanya mungkin seperti itu, soalnya berlebihan juga kalo abis makan semangka di lanjut makan yang pedes ditambah lagi minum es krim

dan yang terpenting walopun banyak manfaat dalam buah semangka namun kalo makan kebnyakan bisa diare juga kan mas :) kalo sekali makan 2 buah gitu yang gede2 *haha

Hadir, Sob...nice shared, thanks infonya!

Lho..ini bicara soal semangka apa durian, wkkkkkkk...

Idhem sobat Penyuluh Perikanan ahh, mo coba rutin konsumsi semangka,he he..

wah harus sering-sering konsumsi semangka nih. ^_^

met sore bos. trmksih banyak mas banyak ilmu dan trik yang kami dapat di sini trmksih banyak mas infonya

bener banget mas bos. minimal satu hari lima kilo heheh

apa lgi di campur ES dan SUSU maknyiiiiiiiiiiiiiiis heheheh

ternyata banyak sekali ya manfaat dari buah semangka. selain bermanfaat untuk kesehatan dan bisa mencegah berbagai penyakit, juga bisa bermanfaat untuk ibu-ibu hamil. terimakasih banyak mas atas informasinya :)

seger deh bikin ngiler hehe...

semangka bagus juga untuk penderita diabetes mbak Maya...
Semangka aja deh Kang Sun hehe...

betul kata mas Andes habis dingin terus panas terus dingin lagi jadi mengganggu kinerja usus mas :)

silahkan dicoba mas, kalau bisa rutin malah lebih baik :)

yang terlalu berlebihan tentunya tidak bagus mas hehe...

sama-sama mas, makasih kunjungannya :)

wah bisa mencret kalau itu mah hehe...

sama-sama mas semoga bermanfaat :)

betul sekali mbak Wahyu, dengan rutin mengkonsumsi buah semangka akan membuat tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari bermacam penyakit dan tentunya bagus juga untuk para ibu hamil :)

itu mah bukan mencret lagi mas, tapi malah keluar semangka gelondongan :)

buah berkulit hijau berbody mulus ini memang cocok buat kesehatan dan rasanya juga enak pastinya :)

Trnyta semangka tdk pengaruh pada org yg mempunyai penyakit deabetes toh.....padhl manis. Jd aman dikonsumsi

selain seger, poin yang aku suka *Pelengkap diet* aku paling takut gendut...
udah jelek masa gendut.... :(

Apalagi di makan nya di ruangan AC pasti tambah nyesss :)

bisa kedinginan kalau tambah AC mah hehe...

haha... bisa aja nih mas Andes :

Kandungan arginin dalam semangka dapat membantu mengobati diabetes dan lapisan putih yang biasa kita buang juga dapat membantu mengatasi diabetes, jadi aman untuk dikonsumsi.

haha... bisa aja nih mbak Yanti :)

Luar biasa manfaatx bnyk bangat, mulai dr obat dlm hingga obat luar..., thx infox *smile

wow, banyak juga manfaatnya bukan hanya untuk kesegaran semata

Memang banya mnfaat semangka, tapi kalo terlalu banyak makan bisa Mules mas :D
hehe

lycopene-nya penting untuk pria.. :D

Semangka buahnya murah terjangkau tapi banyak manfaatnya. Follow succed, please foll me back. Blogwalking and have a nice day!

siip mas, kebetulan sekarang ditempatku lagi musim berbuah..

mas andes hoby juga rupanya dengan semangka yah..hehe

Asal jgn makan semangkanya di kebon sirih aja ya
Glek..(keselek bijinya) :)

Kalo sy di suruh milih di antara semangka dan duren..

Sy pilih yg masih mentahnya aja deh
timbul persoalan...siapa jg yg mau ngasih ke sy...
Plak..tepok nyamuk :D

Kalo kinerja mulut ok ok aja kayaknya.. :)

Di taro kulkas lagi..biar steril..
Ups..

Bermanfaat jg buat para pria macho..kayak sy
Bukan bgitu mas Ant.. :)

Ternyata buah yg selama ini kita anggap biasa2 aja...
Punya byk khasiat dan kaya akan manfaat ya mas..

Mudah dan terjangkau harganya lagi buat kita dapat ..pas buat ukuran kantong kita2 :)

Sempet kmrn cari buah semangka di pasar kosong..yg ada malah beli baby black watermelon..

Mungkin khasiat dan manfaatnya sama dg semangka biasa ya mas..

Ternyata banyak banget ya manfaat dari buah semangka buat kesehatan tubuh kita...
thanks sob udah share infonya!

ternyata semangka jg membantu kesuburan sob? kalau gitu saya nanti mau beli semangka yg banyak :D

Informasinya sangat bermanfaat.. trimakasih telah berbagi

wah
ternyata banyak manfaat dari buah semangka toh

Semangka ohh semangka...
Wajahmu merah merekah...
Maknyuzz banget deh!!! :)

saya lebih memilih kebunnya mas

benar mas bud .. mulutku juga semakin oke hehe

makan pedas dulu, mnum es trus semangka ,,
gmana mas?

mas andes pengalaman pribadi ya?

wah selain segar, ternyata semangka juga bermanfaat nih buat kesehatan kita.. wah nggak salah nih ibu saya selalu beli semangka dan di simpan di lemari es.. ternyata bermanfaat.. hehehehehe

Barusan makan Semangka,eh berkunjung kesini ada artikel Semangka ,jadi pas donk,,,berarti sehat nih badan dengan mengkomsumsi Semangka
Makasih infonya kang Bro,,,,

tapi semangkanya jangan dikantongin dong Mas,,,,

buahnya kayaa Mas Budi mbak Maya huahaha

berarti saya punya saingan lagi dong ( gendutnya ) hihihi

wah mas budi rupanya belum tahu tuh kepanjangan dari Macho heuheu

Apalagi ini sedang panas Mas musimnya, cucok makan buah semangka..:)

Awas beser lho nanti kang dede..:)

makasih mas buat infonya :)

yang mulus lebih enak dong :) hehehe

semangka bakar pasti rasanya gurih :)

boleh juga idenya nih mas hehe...

betul juga meskipun udah ada pilihan tapi siapa yang mau ngasih mas hehe...

biasanya kalau buah-buahan seperti semangka dimakannya pas terakhir buat cuci mulut hehe :)

wah boleh nih mas PP semangkanya dikirimin satu hehe...

tapi siapa yang mau makan kalau yang itu mah hehe...

mantan cop*t yah kang hahaha...

kalau kang Dede gendutnya kebanyakan nyicip-nyicip yah hehe...

sama-sama sob, semoga bermanfaat :)

iya mas Beni semangka juga banyak manfaatnya :)

yah jangan banyak-banyak mas makannya tapi rutin :)

iya buat pria juga bisa supaya lebih sip hehe...

makasih kunjungannya, saya sudah follow back juga :)

semangkanya dilipet dulu biar bisa masuk kantong mas hehe...

sama-sama mas Nandar semoga bermanfaat :)

betul mas Boku, selain bikin segar juga banyak manfaatnya mas :)

gak apa-apa mas Buku toiletnya deket tinggal nyebrang doank hehe...

iya mas Nady ibunya tahu kalau semangka sangat bagus buat kesehatan jadi sering beli buat anak-anaknya yah :)

mantap nih puisinya mas Riio :)

iya sob silahkan dicoba semangkanya :)

sama-sama semoga bermanfaat :)

hehe... silahkan dicoba sob :)

sama-sama mas, semoga bermanfaat :)

selama ini makan2 buah aja, nggak tau apa manfaatnya...

mf pak sy mampir lg.., sambil nyari2 yg baru *smile

dan pastinya adem di perut ya mas :D

iya kebanyakan begitu, tahunya buah-buahan menyehatkan tapi kalau tahu lebih spesifik kan lebih bagus :)

tinggal semangka mas adanya yang lain sudah habis hehe...

iya mas WS adem dan menyehatkan tentunya :)

nyari postingan baru.., masa sh nyari mbk MaYa KayLa *smile

sip deh kalo begitu hehe...

kunjungan lagi nih mas anthoni... masih di post manfaat semangka nih.. barusan saya makan lagi mas.. abis dari lemari es.. mak nyuss bgt deh hahahahaha

waaahh dibalik rasanya yang enak dan mengandung bnyak air,
ternyata banyak manfaatnya juga yah buat tubuh kita :D
aku juga suka bngt mas,
apalgy klo yang ga ad bijinya . hoho

Untuk Maya kayLa entar aku kirim semangkanya, tapi beritahu alamatnya yah biar mudah ngantarnya....hehe

benar apa kata nbak maya kalau mas andes banyak pengalannya.

benar mas anton, memang saya setuju kalau Kang dede pakai topi jadi kelihatan macho...

Baru tahu kalau ada semangka yg gak ada bijinya, wah kayak apa yah...nungkin yg warnanya merah kali yah
apa begitu mas Anton??

semangka salah satu buah favorit saya mas, saya sukanya konsumsi buat semangga jd sering buang air kecil

semangka tanpa biji ada yang berwarna merah, itu karena kemajuan ilmu pengetahuan, ada perbedaan dalam membudidayakan semangka tanpa biji ini, bahkan sekarang ada semangka yang bentuknya kotak kubus, unik juga yah mas...

wah enak donk, jangan lupa saya disisain yah mas Nady hehe...

terimakasih atas informasinya mas :)

Prasmanan ala semangka gimana nie ? ntar bisa-bisa wajah semangka semua nie. haha

Bis makan siang...mampir kemari nyari semangka mas :)

Kok buru2 mas..ndak nungguin mas anthonie belah semangka :)

lagi diskusi tentang macho ya? hehehe ^^
hati-hati kalau ada cowok macho. uang saku harus dijaga dengan baik baik ^^

ternyata buah semangka dapat meningkatkan kesuburan pria... mantab dah, perlu dicoba

Benar itu apa kata Wagyu eka Prasetiyasrini buat kang dede yg macho,...hati^...hehe

Benar sekali mas anton, saya sekarang lagi tanam semangka yang bentuknya kotak, kalau biasa org yg bulat tapi yg ini lain..)

la ga di belah2 loh sob hehee

buah kesukaan bapak saya nih om

Nanya mas bro, Bagaimana Kalium dalam semangka bermanfaat untuk membersihkan ginjal?

wah baru tau thanks infonya gan nice info :D

banyak sekali manfaatnya, saya makan semangka sebagai cuci mulut sehabis makan sate :D

hi, hope you can visit me back

Kalium membantu ginjal untuk membuang limbah atau sisa-sisa racun melalui proses ekskresi :)

bisa aja nih mas Hendrik hehe....

lha saya nggak dapet nih mas PP hehe...

pengalaman sama yang mulus mas hehe...

waspadalah... waspadalah hehe...

wah bagus tuh mas PP, ajarin saya yah caranya hehe...

ayo silahkan kalau mau cicip-cicip semangkanya hehe...

semangka satu lima ribu mas, mau berapa? hehe...

iye gan mangkanya dicobe hehe...

wah mang Yono semangat banget nih kalau tau yang satu ini hehe...

loh emang mas Yanuar nggak suka semangka yah?

sama-sama mas Angga, semoga bermanfaat :)

wah enak banget tuh sob, saya juga mau donk hehehe...

thanks my friend for visiting my blog, don't worry i'll visit you back :)

dah bisa kok mas sekarang mungkin bentrok pas lagi update blog saya mas

ok, saya cek udah bisa, makasih mas dan sukses selalu :)

wah maksh infonya.
sangat bermanfaat.
.
kunbal >>http://lensaglobe.blogspot.com

sama-sama sob semoga bermanfaat, saya pasti datang berkunjung :)

Wah..? ternyata buah semangka,, selain enak di makan
Ternyata ada manfaat nya juga untuk kesehatan yah Mas?
Terima kasih atas info dan dan artikel nya Mas..? salam sukses

Wahhh Ternyata Banyak Juga yahh Manfattnya tapi Ini mah Hanya saran Dari saya Jangan Sampe Makan Semangka Pake Gula Karena Bisa Menyebankan Perut Kita Terserang Penyakit BETMEN Hehe

Nice Info dah gan Infonya sangatt Bermnftt

semangka udah manis kayaknya nggak perlu deh dikasih gula lagi, makasih sarannya sob :)

sama-sama sob, semoga bermanfaat :)

Iyaa Sihh hehe Tapi kand Suka ada Saja Orang Yang makan Semangka Pake Gula Khususnya Di Tukang rujak :D

wah agan ini memang great dah dalam masalah kesehatan. infonya bagus-bagus dan bermanfaat lagi salut dah.. smoga sukses gan...

makasih mas Jufri, saya juga masih banyak kekurangannya kok mas :)

hheemm semangka oke juga.. hehehe makasih bang artikelnya menambah pengetahuan.

sama-sama semoga bermanfaat :)

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya ------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
----------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)