logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Bahaya abu vulkanik bagi kesehatan

Bahaya abu vulkanik bagi kesehatan - Bencana alam seperti meletusnya gunung berapi merupakan peristiwa yang tidak bisa kita tolak, banyak kerugian yang bisa terjadi bahkan tidak sedikit yang meninggal karena adanya bencana alam ini.

Beberapa waktu ini banyak terjadi bencana meletusnya gunung berapi seperti gunung Sinabung dan gunung Kelud yang baru saja terjadi, namun yang perlu diwaspadai adalah bahaya dari abu vulkanik untuk kesehatan tubuh kita.

Hujan debu vulkanik sangat berbahaya bagi tubuh kita apalagi jika sampai terhirup akan mengakibatkan terjadinya gangguan pernafasan selain itu abu vulkanik akan berbahaya untuk kesehatan mata dan kulit anda, karena debu vulkanik mengandung zat-zat yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kita.

Bahaya abu vulkanik bagi kesehatanBeberapa efek buruk yang perlu anda waspadai saat mengalami hujan debu vulkanik:

1. Terganggunya kesehatan pernafasan
Orang yang memiliki gangguan masalah pernafasan seperti sakit paru-paru, asma ataupun bronchitis akan lebih berbahaya jika sampai abu vulkanik terhirup, karena dapat menyebabkan penyakit yang dideritanya menjadi lebih parah, oleh karena itu penderita gangguan pernafasan sebaiknya berada di tempat yang tidak terkena abu vulkanik.

Faktor-faktor seperti durasi hujan vulkanik, konsentrasi abu vulkanik di udara serta kandungan aerosol dan juga gas yang tercampur dengan abu vulkanik mempengaruhi resiko seseorang mengalami gangguan pernafasan, jika faktor-fakter tersebut semakin banyak maka akan semakin berbahaya bagi kesehatan pernafasan anda, sebaiknya anda menggunakan masker saat keluar untuk mengurangi efek buruk dari bahaya abu vulkanik.

Gejala yang bisa dirasakan saat seseorang mengalami masalah gangguan pernafasan akibat abu vulkanik:
  • Saat bernafas menjadi agak sulit dan merasa tidak nyaman
  • Pada saluran pernafasan mengalami iritasi dan menimbulkan keluarnya ingus.
  • Gangguan pada pernafasan seperti batuk-batuk, sesak nafas, nafas tersengal-sengal, nafas menjadi berbunyi serta sakit pada bagian dada.
  • Mengalami iritasi di bagian tenggorokan sehingga menimbulkan radang pada tenggorokan serta mengalami batuk kering.

2. Terjadinya iritasi pada mata
Abu vulkanik selain bisa masuk ke saluran pernafasan juga bisa masuk ke mata anda dan jika itu terjadi akan sangat berbahaya untuk mata anda karena abu vulkanik beda dengan abu biasa, abu vulkanik mempunyai sudut kristal yang runcing sehingga memungkinkan permukaan mata anda akan mudah tergores.

Jika sampai abu vulkanik masuk ke mata dapat mengakibatkan iritasi pada mata anda oleh karena itu sebaiknya hindari anda mengucek mata saat abu vulkanik masuk ke mata anda karena dapat memperparah iritasi yang terjadi pada mata anda selain itu dapat menyebabkan abrasi serta goresan pada kornea, sebaiknya anda menggunakan obat tetes mata atau sejenisnya untuk membersihkan mata anda dari debu vulkanik.

Untuk anda yang menggunakan lensa kontak akan sangat beresiko mengalami iritasi pada mata, karena itu sebaiknya anda tidak menggunakan lensa kontak tapi menggunakan kaca mata untuk melindungi mata anda dari abu vulkanik.

Beberapa gejala yang bisa terjadi karena abu vulkanik masuk ke mata anda:
  • Mata mengalami iritasi
  • Mata anda akan terus menerus mengeluarkan air serta mengeluarkan kotoran (belekan) 
  • Mata akan merasa sakit dan tidak nyaman
  • Terjadinya abrasi pada bagian kornea dan mengalami goresan pada mata
  • Bola mata mengalami peradangan mengakibatkan terjadinya mata merah dan rasa terbakar serta penglihatan menurun.

3. Terjadinya iritasi pada kulit
Untuk anda yang mempunyai kulit sensitif sebaiknya anda menghindari kulit anda bersentuhan dengan abu vulkanik karena akan menimbulkan reaksi alergi atau disebut juga dermatitis, jika abu vulkanik terlanjur mengenai kulit anda sebaiknya anda bersihkan kulit anda dengan air bersih dan sabun.

Meskipun iritasi pada kulit tidak selalu dialami oleh semua orang namun jika abu vulkanik telah bercampur dengan zat berbahaya sebaiknya anda berhati-hati, karena bisa saja zat yang berbahaya tersebut dapat mengiritasi kulit anda.

Beberapa gejala yang terjadi karena abu vulkanik pada kulit
  • Terjadinya ruam kemerahan pada kulit
  • Timbulnya bintik-bintik merah pada kulit
  • Kulit mengalami gatal-gatal

Beberapa tips untuk mencegah efek buruk dari debu vulkanik:
  • Gunakan masker atau kain basah untuk menutup hidung anda
  • Gunakan kaca mata untuk menghindari mata anda dari abu vulkanik
  • Sebaiknya anda tidak menggunakan lensa kontak untuk sementara 
  • Gunakan obat tetes mata atau sejenisnya untuk membersihkan mata anda
  • Gunakan baju lengan panjang atau celana panjang agar kulit anda tidak bersentuhan langsung dengan abu vulkanik
  • Untuk membersihkan abu vulkanik sebaiknya disemprot dulu dengan air agar debu vulkanik tidak berterbangan.
  • Gunakan lap basah untuk membersihkan barang-barang yang terkena debu
  • Cucilah kulit anda yang terkena abu vulkanik menggunakan air dan sabun
  • Saat mencuci kain atau pakaian yang sudah terkena abu vulkanik sebaiknya dibersihkan dulu sebelum dicampur dengan pakaian lainnya.
Itulah artikel mengenai "Bahaya abu vulkanik bagi kesehatan" yang perlu anda waspadai supaya kita bisa terhindar dari efek buruk dari debu vulkanik yang bisa mengganggu kesehatan kita terutama bagian pernafasan, mata dan juga kulit.
Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Bahaya abu vulkanik bagi kesehatan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Bahaya abu vulkanik bagi kesehatan sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

86 comments

Pertamax..
iya mas, kemarin di rumahku juga kena, bikin sesak juga :(

Balas

Abu vulkanik selain dapat mengganggu pernafasan juga dapat terjadinya iritasi pada kulit ya mas..

Balas

Wah penduduk sekitar gunung kelud harus berhati hati dan harus selalu menggunakan masker nih mas untuk menghindari dan menjaga kesehatan dari debu abu vulkanik ya mas.?

Balas

harus serba tertutup nih kalau keluar rumah.

Balas

meletusnua Gunung Sinabung dan Gunung Kelud memang sangat memicu keluarnya Abu Vulkanik. Semoga saja dengan Peristiwa ini bisa menjadi pengalaman bagi kita semua ya Mas...

Balas

Ternyata sangat berbahaya yah Mas Anthonie abu vulkanik
Gunung kelud itu, semoga masyarakat yang ada di sekitar
Kejadian tersebut baik-baik saja yah Mas?

Balas

The volcano ashes can cause problems to respiratory system.

Balas

wah bahaya juga ya mas abu vulkanik itu. Untung aja saya selalu pakai masker kalau keluar rumah. Kebetulan daerah saya juga terkena abu vulkanik nih hmmm :)

Balas

Ngeri juga ya yah mas bahaya yang ditimbulkanya, kalau dilihat dari artikel di atas tadi,tapi Alhamdulillah ditempat saya tinggal sekarang ( Pasuruan Jawa Timur ) setiap hari hujan deras jadi abu vulkaniknya sudah hilang,hanya hari pertama saja yang saya juga kemana-mana selalu menggunakan masker,,,,,,

Balas

kemarin dimedia bahkan diberitakan banyak anak sma yg pingsan gara2 tdak memakai masker..bener2 mengganggu pernafasan. Sip informasinya mas

Balas

Ikut perihatin sama mereka yg terkena musibah ini...
Dan akibat dari abunya..memang harus di waspadai akibat buruknya buat kesehatan ya mas.. :)

Balas

Kalo kurang....stoknya bisa lapiran sama mas anthonie mbakRin :)

Balas

Benar sekali mas, jangankan abu vulkanik, debu jalanan aja sangat mengganggu sekali mas untuk kesehatan pernafasan kita, semoga bencana di jawa dapat segera berakhir ya mas.
AMI............................N

Balas

abu fulkanik gunug itu sangat berbahaya banget mas sasaran utama paru paru salam kanal kunbal nya

Balas

Semoga gak ada letusan susulan ya, Bang. Kasian saudara kita, dan mudahan warga yang kena abu vulkanik baca postingan ini, agar efek buruk abu vulkanik dapat ditekan...

Balas

Alhamdulilah udah gak hujan debu di rumahku

Balas

Selamat pagi Mas Anthonie, mampir lagi untuk lebih memahami
Bahaya nya Abu Vulkanik bagi kesehatan, saudara saya di Jawa Tengah
Juga tak Luput dari serangan Abu Vulkanik gunung Kelud itu Lho Mas? :(

Balas

That's right Mr. Spartan dust mountain kelud
very harmful to health, especially with
breathing is also in the eye

Balas

Alhamdulilah di tempat saya gak ada abu vulkanik
Kalau Mas Pur mau ambil saja di Malang, bawa ke Jakarta hhh :D

Balas

ikut perihatin kpd mereka yang terkena bencana

Balas

harus slalu sedia masker klo keluar jika begitu,,,

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

harus pakai masker dan kaca mata di mana-mana nih

Balas

Yups mas, pernafasan yang paling riskan dengan debu vulkanik..tragedi G.kelud mengingatkan meletusnya g.Merapi yg dampaknya hampir sama

Balas

bener sekali mas harus waspada dengan kondisi yang masih banyak abu ini

Balas

di daerah lain abu nya cukup tebal, apalagi yang di daerah kediri ya mas, pasti tebel banget tuh abu vulkaniknya. Sangat berbahaya tentunya bagi kesehatan apabila tidak memakai masker saat keluar rumah :)

Balas

wah asyik juga nih kalau ada yang bagi-bagi masker gratis ya mas hehe :D

Balas

iya mbak lebih baik kita antisipasi dengan menggunakan masker daripada nanti mengalami gangguan pernafasan kan malah tambah repot.

Balas

iya mas, karena itu kita harus selalu menggunakan masker untuk mengatasi abu vulkanik ini biar nggak sakit.

Balas

makasih kunjungannya sob, maaf silahkan berkomentar lagi dengan tidak menyertakan url :)

Balas

iya mas, abu vulkanik sangat berbahaya untuk kesehatan sebaiknya harus waspada.

Balas

iya mas semoga tidak ada letusan susulan lagi, sebaiknya selalu menggunakan masker untuk menghindari bahaya abu vulkanik ini.

Balas

iya mas yang paling sering terjadi adalah gangguan pernafasan, jadi harus berhati-hati.

Balas

iya mas abu vulkanik jauh lebih berbahaya mas jadi harus berhati-hati.

Balas

iya mas kita semua ikut prihatin, dan memang kita harus selalu berhati-hati dengan adanya abu vulkanik ini.

Balas

wah kasian juga yah sampai terjadi pertiwa itu, semoga bisa segera diatasi.

Balas

syukurlah kalau hujan bisa turun kang, karena dengan adanya hujan akan lebih baik tidak terlalu menggangu kesehatan.

Balas

that's right Smartan Dad and mas Karysta, so you should always use a mask to avoid volcanic ash.

Balas

yang penting kita selalu waspada dan berjaga-jaga mas dalam menghadapi abu vulkanik ini.

Balas

iya mas dengan menggunakan masker merupakan salah satu cara yang dianjurkan untuk mengatasi masalah abu vulkanik ini.

Balas

betul mas, dan juga bisa mengiritasi mata, jadi harus berhati-hati.

Balas

semoga cepat berakhir musibah ini yah mbak, kasian juga yang dekat dengan lokasi gunung kelud harus mengungsi.

Balas

kita harus waspada ya mas.. didaerah sy kmaren jg smpet kna abu vulkanik

Balas

kalo di daerah saya dampaknya cuma mendung aja awannya 2 hari gk ada panas blas yg masuk. bersyukur deh..

Balas

bahaya banget ya gan bagi kesehatan.. tapi untungnya juga ada yang bilang baik buat tanah hingga jadi subur ya gan :)

Balas

Untuk abu vulcanic ini secara nyata belum pernah juga saya mengalaminya mas...untung saja meskipun kota saya kemarin pun kena walaupun jauh tapi ikut juga dan ternyata berbahaya apalagi kalau ini terkena anak kecil ya mas

Balas

sepertinya masker satu-satunya solusi yang terbaik, salam kenal

Balas

Semoga yang terkena bencana tabah menghadapinya, sangat bahaya banget abu vulkanik ya Mas.

Balas

melihat abu yang menempel di pgoto itu saja sudah mengerikan apalagi kalau samapi masuk ke pernapasan, sudah pasti fatal yaa mas
:)

Balas

kalo nomerr dua namanya apa ya? hahaha

kmarin cuman dua hari hujan abu didaerah saya padahal dari gunung kelud sangat jauh.

Balas

kemarin pas ada hujan abu vulkanik saya nggak boleh keluar sama ibu saya mas. Harus stay tune di rumah agar tidak terserang penyakit dari hujan abu ini. Memang sangat berbahaya ya mas apabila mengenai mata dan kulit kita. Selain itu bisa mengganggu pernafasan :)

Balas

iya juga ya mas, lebih baik mencegah sebelum terkena penakit daripada nanti malah menyesal garagara main ujan-ujanan abu vulknaik :)

Balas

saya kasihan sekali melihat warga sekitar gunung kelud yg menghirup abu itu ya mas, semoga segera bersih abunya dan gak ada wabah penyakit susulan, amin ;)

Balas

Kolom wong londo...
ㅎㅂㅈ샤

Balas

Gak perlu pake helm kan :)

Balas

Iya sama di buku pelajaran sekolah
Juga bilang gitu

Balas

Semoga kesehatan selalu di limpahkan pada saudara kita baik yang sedang di timpa bencana ataupun yang tidak ya mas

Balas

Saya sampe malas keluar, disamping harus bersih2 juga takut kena dampak dari abu vulkanik walaupun kalau keluar sudah pake masker ..

Balas

kena abu vulkaniknya saja sangat berbahaya ya mas, apalagi kalau kena wedus gembel nya hmmmm jadi nggak kebayang deh :)

Balas

ternyata abu sangat berbahaya untuk kesehatan, dulu mas sewaktu galunggung meletus, pohon kelapa saja tidak bisa berbuah selama 5 thn, kunjungan perdana

Balas

iya mas karena abu vulkanik mengandung zat-zat yang berbahaya seperti belerang dan zat-zat lainnya.

Balas

semuanya sangat berbahaya mbak sebaiknya selalu berhati-hati :)

Balas

membersihkannya sebaiknya disiram dulu dengan air mas agar abunya tidak menggangu kesehatan terutama pernafasan.

Balas

iya mbak kasihan sekali dengan adanya letusan gunung kelud ini, semoga bencana ini cepat berakhir yah mbak.

Balas

iya mbak memang untuk mengurangi resiko sebaiknya tidak keluar rumah karena abu vulkanik sangat tidak baik untuk kesehatan.

Balas

betul mas sangat berbahaya kalau sampai masuk pernafasan sebaiknya selalu menggunakan masker.

Balas

betul mas, sangat berbahaya abu vulkanik ini untuk kesehatan.

Balas

iya mas masker sangat penting untuk mengatasi abu vulkanik agar tidak masuk pernafasan.

Balas

iya mbak indah abu vulkanik sangat berbahaya baik untuk anak-anak maupun dewasa, jadi sebaiknya selalu berhati-hati.

Balas

iya mas memang beberapa waktu kemudian tanah akan menjadi sangat subur tapi banyak juga kerugian yang ditimbulkan akibat dari letusan gunung kelud ini yah mas :)

Balas

bersyukur sekali mas tidak terkena abu vulkanik.

Balas

iya mas sebaiknya selalu berhati-hati.

Balas

wah masa sih ada yang hujan-hujanan abu vulkanik hehe...

Balas

kalau di kampung saya dapmpaknya pasir mas, buka abu kayak tahun 90an dulu, justru abunya malah di daerah jawa tengah

Balas

wah kalau pasir pasti lebih berat, mudah-mudahan tidak terjadi lagi yah mas.

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

makasih kunjungannya mbak, silahkan berkomentar lagi dengan tidak menyertakan url, makasih :)

Balas

iya mas kalau pasir kan masanya lebih berat jadi nyebarnya g sejauh abu, Alhamdulillah cuma pasir tipis saja mas, biar kata tipis kalau di kumpulin kelihatan banyak juga, Semoga saa tak terulang lagi

Balas

iya mas semoga tak terjadi lagi :)

Balas

hanya doa yang ku berikan moga normal kembali

Balas

sore ini daerah cangkringan katanya hujan abu lagi.

Balas

Efeknya sangat berbahaya, saya sangat prihatin dengan saudara saudara kita yang wilayah tempat tinggalnya dicemari abu vulkanik, mudah mudahan kesehatan mereka tetap terjaga dan semoga saja tempat saya aman dari abu vulkanik, Amin.

Balas

gunung sinabung gi muntah - muntah lagi min....

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger