Thursday, July 25, 2013

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan
Bawang putih
Manfaat bawang putih - Setiap orang tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya bawang putih apalagi yang sering berkecimpung di dunia masak-memasak karena bawang putih merupakan bumbu pelengkap untuk sebagian besar masakan.

Bawang putih merupakan rempah yang memiliki aroma khas yang sangat tajam sehingga dapat membuat efek bau mulut dan bau badan, namun dibalik aromanya yang sangat tajam ternyata bawang putih mempunyai khasiat atau manfaat yang sungguh luar biasa diantaranya untuk obat penjaga stamina dan menurunkan kadar kolesterol yang dikenal sejak jaman dahulu kala.

Beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan:
  • Pencegah kanker, bawang putih mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker.
  • Mengatasi penuaan dini, antioksidan dalam bawang putih berperan untuk mengantisipasi racun dalam tubuh yang memicu terjadinya penuaan dini.
  • Sebagai sistem kekebalan tubuh, antioksidan dalam bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri selain itu kandungan vitamin B6, vitamin C, mineral selenium dan mangan juga berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Mengatasi Flu, bawang putih berperan sebagai ekspektoran dan dekongestan yang berfungsi untuk mengatasi flu.
  • Anti peradangan, dengan mengunyah bawang putih dapat mengatasi peradangan di tenggorokan seperti sakit tenggorokan .
  • Melancarkan peredaran darah, mengunyah bawang putih juga dapat melancarkan peredaran darah serta melancarkan penyumbatan pada pembuluh darah.
  • Meringankan efek racun arsenic, jika anda keracunan arsenic atau merkuri anda dapat mengunyah bawang putih untuk pertolongan pertama setelah itu bawa ke rumah sakit utuk penanganan selanjutnya.
  • Mengatasi gangguan infeksi pencernaan, jika anda mengalami infeksi pencernaan bawang putih dapat digunakan dengan mencampurkannya ke dalam salad karena bawang putih merupakan anti bakteri.
  • Antimikroba, kandungan anti mikroba terhadap jamur, bakteri, virus dan parasit dalam bawang putih sangat membantu untuk mengobati penyakit seperti bronkhitis, asma, sakit gigi, radang, gigitan serangga serta infeksi lainnya.
  • Mengatasi kanker usus, sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih juga bisa menurunkan kanker usus selain itu dapat juga mencegah resiko terkena kanker lambung dan prostat.
  • Mengontrol gula darah, bawang putih juga dapat digunakan untuk mereka yang mengalami diabetes karena dapat berfungsi mengontrol kadar gula dalam darah.
  • Mengontrol berat badan, zat Allicin dalam kandungan bawang putih sangat bermanfaat untuk mengontrol dan mencegah kenaikan berat badan sehingga cocok untuk mereka yang sedang menjalankan diet.
  • Pereda nyeri untuk penderita Arthritis, rasa nyeri di lutut atau tulang dapat diatasi dengan mengompres menggunakan bawang putih yang sudah dihancurkan ke bagian yang sakit.
  • Menurunkan tekanan darah, untuk mereka yang menderita penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi, dengan makan bawang putih dapat berfungsi menurunkan tekanan darah.
  • Mencegah Arteriosclerosis, dengan sering makan bawang putih akan mengurangi resiko terkena serangan stroke dan jantung.
  • Mengatasi impotensi, bawang putih sangat baik untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga dapat mengatasi gangguan impotensi.
Karena aroma bawang putih yang sangat tajam, apalagi jika anda mengkonsumsinya dengan mengunyah langsung, sebaiknya setelah anda mengunyah segera bersihkan mulut anda dengan menggosok gigi dan berkumur dengan cairan untuk berkumur, agar mulut anda tidak berbau saat berhadapan dengan orang lain.

Atau jika anda tidak suka mengunyah langsung anda bisa beli di toko obat atau apotik suplemen bawang putih dalam kapsul yang praktis untuk diminum.

Tips untuk menghilangkan bau bawang yang menempel pada tangan:
  • Ambil satu sendok garam lalu taruh di telapak tangan anda.
  • Kemudian tuang juga sedikit air.
  • Setelah itu gosok-gosokkan kedua telapak tangan.
  • Kemudian bilas sampai bersih.
Semoga artikel mengenai Manfaat bawang putih di atas dapat bermanfaat untuk kesehatan, selamat mencoba .

61 comments

selamat berbuka puasa sobat. wahtrnyata bawang putih banyk jga y sobat manfaatnya trmksih sobat infonya

wah banyak juga ya khasiatnya...kalau WS dulu suka makan bawang putih ini direndam dulu beberapa jam dalam cuka apel, katanya sih untuk jaga stamina, tapi sekarang sudah tidak pernah lagi.
sepertinya perlu digalakkan kembali ni keniasaan waktu dulu itu

Haha...kalo sy pas makan ketoprak...sering minta bawang putihnya agak di lebihin mas :)

pantes aja yah harga dipermahal ? banyak manfaat nya juga sh... makan yg mentah lebih bagus katanya, cuma pedes :(

sama-sama mas... semoga bermanfaat :)

betul mas WS boleh dicoba lagi biar sehat hehe...

wah bisa bangkrut yang jualnya mas kalau mas Budi yang beli hehe...

iya mbak yang mentah justru lebih bagus kalau dimakan meskipun pedes hehe... :)

Ternyata dibalik baunya yang bikin bau mulut, bawang punya banyak manfaat ya

thanks sob, infonya bagus

sama-sama sob semoga bermanfaat :)

Wah, banyak sekali manfaatnya.Terutama mengatasi impotensi #Apaansih.hehehe

Salam blogwalking ceria

iya sob itu salah satunya hehe... semoga bermanfaat :)

i hate onion, aromanya gak enak

istri ane kalo gk pake bawang putih pas masak wah rasanya hambarr

mengatai penuaan dini? diolesin gitu gak gan bawangnya ? :D

Ternyata bawang putih banyak manfaat dan khasiatnya ya sob, postingan yang sangat erguna sobat, ijin copas dulu yah
terima kasih sudah berbagi

Perlu dicoba dulu kayaknya, soalnya bawang putih ini banyak manfaatnya buat kesehatan, dan kalau saya lihat sangat lengkap. Terima kasih sudah berbagi sobat

ternyata bawang putih banyak hasiatnya mamang penasaran pada poin ke dua .. Mengatasi penuaan dini caranya bagai mana ya? hehehe



Bawang putih baik hati tidak seperti bawang merah yang jahat * dongeng bawang merah - bawang putih hehee*

kata nya juga b isa buat mengilangkan bau badan bener gak sih?

yuk monggo di cuba bang,,hehe

Tuhkan bener banyak manfaatnya, ini beneran bermanfaat loh. Saya suka bawang putih :D

Memang sih bikin bau tak sedap baik mulut maupun badan, tapi khasiatnya lumayan juga sob :)

iya mas silahkan dicoba semoga bermanfaat :)

iya sob, kalau masak nggak pake bawang putih kurang afdol rasanya....

nggak sob, tapi dikonsumsi bisa dimakan mentah juga kok...

silahkan sob semoga bermanfaat :)

sama-sama mas PP, semoga bisa bermanfaat yah :)

dikonsumsi aja mang, bisa dimakan mentah...

saya rasa kalau menghilangkan bau badan dengan bawang putih nggak bisa sob, sebaliknya kalau terlalu banyak makan bawang putih justru akan menyebabkan bau badan...

bagus sob, bawang putih memang bermanfaat asal jangan terlalu banyak :)

TERNYATA BAWANG PUTIH BANYAK MANFAARNYA.
HARUS PERBANYAK KONSUMSI BAWANG PUTIH NI...

kalo di masak apa khasiatnya hilang mas?
Saya tunggu jawaban sama kunjungan baliknya mas ? hehehe

saya setiap masak memakai bawang putih,berarti masakan saya jadi obat juga selain mengenyangkan perut,,,,ayooo belilah masakan saya,,,,heuheuheu

saya kalau masak mie instan suka ditambahkan bawang putih yang utuh,rasanya enak mas,,,

Saya paling suka Om makan Sarimi dicampur dengan irisan bawang putih 3 sampai 4 siung, maknyus.. :D

wah berarti sudah mantap nih masakan kang dede, gak perlu dikunyah ya kang???, langsung disruput saja..)

aku juga begitu mas, berarti selera kita sama yah..hehe

memang lebih praktisnya kalau dengan supermi mas, bisa diiris tambah cabe rawit, selain enak juga pedas.

lebih enak lagi tambah cabe rawit kang dede..)

iya mas PP ide yang bagus tuh, saya jadi pengen nyoba masak supermi dikasih bawang putih hehe...

iya mas PP, kalau yang doyan pedes boleh tambah cabe rawit kalau yang nggak doyan pedes bawang putih udah pedes juga :)

betul mas dikunyah mentah-mentah lebih bagus cuman agak pedes :)

betul sob kalau dimasak khasiatnya bisa berkurang, lebih baik dimakan mentah kalau untuk kesehatan :)

masakannya kang Dede selain enak juga menyehatkan, jadi jangan ragu-ragu lagi kalau ada yang mau beli hehe...

wah jadi bikin ngiler yah mas, jadi laper saya hehe...

Kita harus bangga hidup di Indonesia yg kaya dengan rempah" yg bisa dibuat obat"an herbal juga...artikelnya bagus" Mas.. (y)

Banyak juga ya pak manfaat dari bawang putih untuk kesehatan. Ini bisa dijadikan solusi yang tepat bagi kita semua untuk mengobati penyakit secara alami :)

makasih sob semoga bermanfaat :)

iya mbak selain mudah didapat juga banyak manfaatnya :)

banyak manfaatnya ya ternyata, nice info nih

makasih sob semoga bermanfaat :)

Tapi kalau terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih, katanya bikin bau nggak sedap mas. Gimana tuh? hehehehe :D

iya juga mbak, yah mungkin jangan terlalu banyak tapi rutin gitu atau bisa mengkonsumsi kapsul bawang putih sebagai solusi :)

Owh begitu ya. Alternatifnya bisa juga dengan mengkonsumsi kapsul. Terimakasih banyak master atas pencerahannya :)

haha belum masterlah karena bukan dokter hehe...

Waaaah ternyata banyak sekali yah manfaat bawang, selain bumbu masak bawang putih juga kaya akan manfaat untuk pengobatan segala macam penyakit. Saya penderita darahtinggi hipertensi, sudah berbagai macam obat saya minum, termasuk konsul kedokter, namun penyakit saya tidak kunjung sembuh, yang belum saya coba yaitu dengan pengobatan bawang putih. Disini di jelaskan cara pengobatan darahtinggi yaitu dengan cara. 1 siung bawang putih + 1 buah pisang + 5gram jamur hioko yang telah di rendam sama oilebut lalu di kukus hinga matang semua bahan diblender dengan air secukupnya tambahkan 2 sendok makan madu aduk rata kemudian minum Nah yang saya tanyakan 1)disini jarang sekali jamur hioko apa bila 1siung bawang putih + 1buah pisang + 2 sendok makan madu saja, bisa menyembuhkan hipertensi? 2) Apa jenis pisangnya boleh dengan jenis pisang apa saja? 3)Dan aturan minumya berapa kali sehari

Maaf Mbak Lina Lin saya rasa saya tidak pernah menuliskan resep pengobatan yang mbak Lina sebutkan di atas seperti 1 siung bawang putih + 1 buah pisang + 5gram jamur hioko, makasih semoga cepat sembuh sakit hipertensinya :)

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya ------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
----------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)