logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Penyebab dan gejala batu ginjal

Batu ginjal adalah batu yang terbentuk di sekitar saluran kemih dan ginjal yang akan menimbulkan rasa nyeri bahkan bisa menyebabkan pendarahan, infeksi dan penyumbatan saluran kemih, gejala awal biasanya ditandai dengan adanya sakit sekitar pinggang.

Banyak hal yang dapat mempengaruhi terjadinya sakit pinggang misalnya stres, kebiasaan makan atau minum yang tidak sehat, gaya hidup, aktifitas sehari-hari, duduk terlalu lama, mengangkat beban yang berat, dan masih banyak faktor lainnya.

Penyakit sakit pinggang kadangkala kita alami tanpa kita tahu penyebabnya namun kita jangan pernah menganggap enteng keadaan ini karena bisa saja penyakit pinggang yang kita alami adalah merupakan penyakit yang serius seperti batu ginjal.

Penyebab dan gejala batu ginjalBeberapa gejala yang timbul saat seseorang mengalami batu ginjal diantaranya:

  • Timbulnya rasa nyeri disekitar bawah tulang punggung agak kesamping dan rasa sakit akan terasa ke bawah perut lalu ke lipat paha dan daerah kemaluan.
  • Rasa sakit bisa saja terjadi secara tiba-tiba dan jika keadaan sangat berat rasa sakit akan sangat luar biasa bahkan bisa sampai berguling-guling untuk menahan rasa sakit tersebut.
  • Biasanya saat buang air kecil juga rasa nyeri akan timbul dan intensitas buang air kecil akan menjadi lebih sering dari biasanya.
  • Urin akan beraroma lebih bau dari biasanya serta warna urin akan menjadi berubah warna seperti berwarna merah muda, coklat atau merah.
  • Biasanya rasa nyeri tersebut akan disertai dengan timbulnya rasa mual.
  • Jika saat mengalami batu ginjal disertai dengan terjadinya infeksi maka tubuh akan menjadi demam dan menggigil.

Beberapa penyebab terjadinya batu ginjal adalah :

  • Banyaknya jumlah kalsium dari berbagai makanan yang kita makan lalu terserap dan masuk dalam ginjal dan saluran kemih membentuk batu kalsium.
  • Meningkatnya kadar asam urat di dalam urin pada penderita asam urat sehingga meningkatkan resiko terbentuknya endapan asam urat sehingga membentuk batu asam urat.  
  • Kurang minum air putih dapat membuat urin menjadi pekat sehingga lama-kelamaan kadar garam dalam urin akan membentuk kristal atau batu dalam saluran kemih. 
  • Asupan kalsium yang berlebihan dalam tubuh sehingga seiring berjalannya waktu akan membentuk batu ginjal.
  • Sering menahan kencing selain bisa membuat infeksi saluran kemih juga jika sering dilakukan untuk jangka waktu panjang dapat memicu timbulnya batu ginjal. 

Beberapa tips untuk mengatasi terjadinya batu ginjal diantaranya:

  • Sering-seringlah minum air putih, dengan rutin mengkonsumsi air putih setiap hari sebanyak 8 gelas akan mengurangi resiko terjadinya batu ginjal selain itu dengan banyak minum air putih batu ginjal yang berada di saluran kemih dan ginjal akan terkikis sehingga memperlancar dalam proses pembuangan air kemih.
  • Mengurangi kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda, bagi anda yang senang mengkonsumsi minuman bersoda sebaiknya berhati-hati karena minuman yang mengandung soda tinggi akan meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal.
  • Sebaiknya membatasi kebiasaan mengkonsumsi daging, kandungan protein hewani yang terdapat dalam daging ternyata dapat meningkatkan terjadinya pembentukan batu ginjal.
  • Mengurangi mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan garam serta kalsium akan sangat berpengaruh dalam menurunkan resiko terkena batu ginjal.
  • Usahakan untuk tidak terlalu sering menahan kencing dengan alasan apapun.

Itulah artikel mengenai gejala dan penyebab batu ginjal dalam tubuh yang perlu diwaspadai karena kadangkala batu ginjal yang masih kecil tidak begitu terasa gejalanya sehingga seringkali tidak dianggap serius namun jika sudah sangat parah akan merasakan sakit yang luar biasa, karena itu jika merasakan gejala yang disebutkan di atas sebaiknya perisakan ke dokter secepatnya dan banyaklah minum air putih, kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan garam dan hindari duduk terlalu lama serta biasakan untuk selalu melakukan gaya hidup sehat.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Gejala dan penyebab katarak


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Penyebab dan gejala batu ginjal . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Penyebab dan gejala batu ginjal sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

31 comments

sebenarnya untuk mencegah terjadinya batu ginjal sangat sederhana ya mas, dengan mengkonsumsi air putih tiap hari :)

Balas

serem juga ya mas batu ginjal ini, kita sebaiknya selalu jaga kesehatan tubuh agar aman dan terhindar dari penyakit ya mas ;)
soalnya obat nya juga mahal juga :)

Balas

betul kang Ucup dengan banyak minum air putih maka kita akan dihindarkan dari gejala batu ginjal, karena itu harus banyak minum air putih kang :)

Balas

betul mbak Ririn kalau sudah sakit selain menghabiskan banyak biaya juga bikin repot dan menderita jadi memang harus selalu menjaga kesehatan.

Balas

hmm tetap air putih adalah sumber kesehatan yang alami ya mas... ternyata mengkonsumsi air piutih yang cukup bisa mencegah berbagai macam penyakit termasuk batu ginjal ini ya mas...?

Balas

satu profesi menuntut dan memaksa seseorang selalu duduk
mungkin dg byk minum bisa mengimbanginya ya mas :)

Balas

saya sering mendengar pendapat orang kalau penyebab batu ginjal adalah karena terlalu lama duduk, apa benar begitu mas ?

Balas

kalau saya sih
harus minum air putih yang banyak tiap hari,,,,

Balas

Ternyata untuk pencegahannya dengan meminum air putih yang banyak agar kita tercegah dari penyakit batu ginjal ya Mas ? trims infonya.

Salam

Balas

betul kang Indra itu salah satu cara yang murah meriah namun sangat baik untuk mencegah terjadinya batu ginjal.

Balas

betul mas Rezky saya setuju sekali :)

Balas

bisa saja mas jika terlalu lama duduk dapat menyebabkan urin menjadi pekat dan lama kelamaan kandungan dalam urin akan mengendap dan membentuk endapan batu ginjal, untuk berjaga-jaga sebaiknya menghindari duduk terlalu lama.

Balas

iya mas Budi banyak minum akan membuat kita terhindar dari gangguan batu ginjal.

Balas

iya mas Nady dengan banyak minum air putih akan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita dan terhindar dari gangguan batu ginjal.

Balas

sip mas terima ksh buat infonya :)

Balas

Penyebabnya sangat sepele padahal ya, tapi bisa membuat fatal...

Balas

ohh itu toh penyebab batu ginjal
makasih info nya mas :)

Balas

Banyak juga ya mas penyebabnya. Dan tipsnya juga banyak ternyata. Terima kasih mas atas info dan tips mengenai penyebab dan gejala batu ginjal.

Balas

Air putih selalu mujarab yah, Mas. keluarga saya ada yang sampai dioperasi. beliau sering nahan kalau kebelet (maaf) kencing.

Balas

betul mas banyak minum air putih sangat baik untuk kesehatan, kalau kebelet kencing sebaiknya memang jangan ditunda-tunda karena dapat mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan.

Balas

iya mas Abdur silahkan disimak semoga bermanfaat :)

Balas

iya mas sama-sama :)

Balas

betul mas Heri sepele tapi sangat fatal akibatnya.

Balas

sama-sama mas :)

Balas

Serem juga ya mas penyakitnya, memang air putih tuh ya 1 zat yang memiliki 1000 manfaat :)

Balas

iya mas Nandar dengan banyak minum air putih tubuh jadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan.

Balas

betul mas air putih sangat hebat dan mujarab hehe...

Balas

saya suka penyajian tentang penyebab batu ginjal ini, kang. lengkap dengan gejala dan penyebab dan cara mengatasinya...ijin bookmark in ya

Balas

silahkan kang cilembu semoga bisa bermanfaat :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger