logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Berjalan kaki, stroke dan jantung pergi

Berjalan kaki, stroke dan jantung pergi - Berjalan kaki pasti sudah menjadi kebiasaan setiap manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari, namun karena dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini maka banyak dari kita malas untuk melakukan kegiatan berjalan jauh.

Dengan adanya kendaraan seperti sepeda motor atau mobil membuat aktifitas bergerak kita menjadi berkurang, contoh untuk membeli sesuatu ke warung dekat rumah saja kita lebih senang naik sepeda motor dengan alasan lebih cepat dan tidak cape.

Namun menurut penelitian berjalan kaki rutin setiap hari ternyata mempunyai efek yang luar biasa bagi kesehatan kita, seperti penelitian yang dilakukan oleh Leicester University membuktikan bahwa berjalan 4.000 langkah setiap harinya sangat baik untuk menurunkan resiko sebanyak 16 sampai 20 persen terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit stroke dan juga jantung.

Berjalan kaki, stroke dan jantung pergi
Berjalan kaki
Berjalan kaki 4.000 langkah sehari sama dengan berjalan kaki selama 40 menit sehari, dan ini cukup mudah untuk dilakukan bagi setiap kita dan efeknya membuat tubuh kita menjadi bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Jika anda termasuk orang yang super sibuk, 2.000 langkah atau sekitar 20 menit sehari berjalan kaki rutin selama setahun sudah membuat tubuh kita bugar dan semakin lama kita berjalan akan semakin baik juga untuk tubuh kita.

Pernahkah kita membayangkan orang-orang jaman dahulu yang menempuh perjalanan jauh dengan berjalan kaki, dan mereka jarang mengalami sakit penyakit seperti jaman sekarang ini, jadi biasakanlah untuk sering-sering berjalan kaki di sela-sela aktivitas anda.

Seperti yang dilansir oleh Daily Mail, seorang peneliti dari Diabetes Research membenarkan bahwa berjalan 4.000 langkah sehari secara rutin dapat menurunkan kolesterol dan juga menjaga kesehatan jantung bahkan dengan melakukan olahraga ini efeknya lebih besar dari pada mengkonsumsi obat statin yaitu kelas obat yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol.

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati kesehatan 9306 orang dewasa di sejumlah 40 negara dengan masalah toleransi IGT atau gula yang dapat menyebabkan penyakit seperti jantung dan diabetes, dilakukan selama satu tahun menggunakan alat pedometer untuk menghitung langkah dan aktivitas berjalan mereka.

Dan hasil penelitian membuktikan bahwa orang yang suka berjalan jauh lebih dari 2.000 langkah setiap harinya atau sekitar 20 menit berjalan memiliki resiko yang lebih rendah terhadap penyakit jantung dan stroke, serta menurunkan resiko terkena penyakit yang disebabkan oleh karena faktor seperti gaya hidup , kebiasaan merokok serta kelebihan berat badan.

Untuk membiasakan diri berjalan setiap hari tentunya tidak sulit asalkan mempunyai kemauan dan disiplin dalam melakukan kegiatan berjalan ini.

Beberapa tips untuk bisa melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari:
  • Biasakan untuk berjalan saat hendak menuju suatu tempat yang masih dalam satu kompleks di lingkungan rumah anda, misalnya jika hendak pergi ke warung dekat rumah atau tempat lainnya.
  • Disiplinlah untuk melakukan kegiatan berjalan ini, ingat akan dampaknya yang luarbiasa yang bisa didapat dari berjalan kaki.
  • Ajak keluarga atau teman untuk berjalan kaki bersama agar suasana menjadi lebih menyenangkan.
  • Lakukan dipagi hari atau sore hari agar tidak menggangu aktifitas rutin anda misalnya bekerja atau sekolah. 
  • Jika ada hari libur misalnya sabtu dan minggu gunakan 20 sampai 40 menit bersama keluarga atau teman untuk berolahraga atau berjalan kaki bersama.
  • Untuk anda yang senang shoping ke mall, manfaatkan kegiatan berjalan kaki anda sambil melihat-lihat isi mall ataupun shoping.
  • Jika anda mempunyai cukup uang belilah alat untuk olahraga berjalan di tempat agar bisa melakukan kegiatan berjalan kaki di rumah.
Semoga artikel mengenai "Berjalan kaki, stroke dan jantung pergi" ini bisa bermanfaat untuk kita semua, dan marilah kita biasakan untuk bergerak atau berjalan kaki setiap hari di sela-sela kesibukan anda setiap harinya.



Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Berjalan kaki, stroke dan jantung pergi . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Berjalan kaki, stroke dan jantung pergi sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

94 comments

Wah, ini penting mas Eka terutama buat yang berumur mendekati paruh baya. Membiasakan berjalan kaki sesuai pedoman di tas.Terima kasih sharenya, mas..

Balas

Kalau saya hampir tiap hari jalan kaki mas bisa sampai 30 mnt...semoga sakit jantungnya nggak bakal datang pada saya karena udah di buat kebal dengan latihan jalan kaki

Balas

jalan kaki, kedengarannya sepele tapi manfaatnya begitu besar ya mas. karena dapat membuat jantung sehat :)
saya juga mulai melatih anak saya. setiap pagi saya ajak menikmati udara segar di kampung sambil jalan kaki :)

Balas

thanks banget info nya mass . .
:D

Balas

betul sekali berjalan kaki adalah cara yang alami untuk menghilangkan penyakit yang datang dimasa tua seperti stoke dan jantuk apalagi diabetes ..

Balas

Ternyata ndak sulit dan ndak perlu keluar duit alias gratis ya mas..biar kita terhindar dari jenis penyakit menakutkan itu...

Cukup berjalan santai sambil cuci mata...hehe

Balas

Jangan omongin umur loh mas uda..
kuatir..ada yg komplen soalnya..hehe :)

Balas

Okey dech, Mas thanks atas info sehatnya....kebetulan juga ada mini mall yang jaraknya hanya beberapa ratus meter saja dari t4 saya, bisa dijadikan sebagai ajang jalan sehat nih, he he!

Balas

Nyimak Mas Anthonie artikel kesehatan mengatasi stroke dan jantung
Sangat bermanfaat buat sobat semua termasuk saya makasih Mas :)

Balas

Kalau saya yang masih Kanak-kanak Komplain boleh gak Mas Pur..? hh

Balas

Buruan dikit Mas..? Mumpung masih di buka Umum soale
Bentaran dikit Mau di tutup deh.. hhhh :D

Balas

tambahan mas anthonie, jika di pagi hari saya suka jalan kaki gak pakai sandal, kaki rasanya geli tapi bikin badan sehat alami karena seperti orang pijat refleksi, hehehe :D
makasih tipsnya :)

Balas

Artikelnya sangat penting untuk orang yang sangat membutuhkan, semoga kita terjauh dari penyakit di atas mas... amiiin

Balas

setelah mengetahui manfaatnya kini sepertinya saya harus lebih rajin berjalan kaki :)

Balas

iya mbak Indri bagus juga sekalian refleksi telapak kaki jadi selain badan sehat juga penyakit akan hilang :)

Balas

berjalan kaki tidak terbatas oleh usia mas, siapapun juga disarankan untuk banyak bergerak dan berjalan kaki, biar lebih sehat dan bugar :)

Balas

bagus mbak Indah, kalau sudah menjadi kebiasaan jalan kaki tentunya akan lebih mudah dan tidak menjadi beban lagi :)

Balas

wah bagus kang, memang kita harus membiasakan keluarga kita untuk banyak berjalan kaki supaya lebih sehat :)

Balas

betul mbak Friska, sebaiknya berjalan kaki kita lakukan setiap hari tanpa ada perasaan malas dan terpaksa supaya lebih sehat :)

Balas

Jalan dari kamar tidur ke sampe ke kamar mandi, terus balik lagi . Hehehe

Balas

iya mas Budi dan mas Karysta, untuk sehat tidak selalu mengeluarkan banyak uang, dengan berjalan kaki kita sudah belajar untuk hidup sehat :)

Balas

iya kang Sun boleh juga dilakukan setiap hari asal jangan tiap hari belanja aja yah hehe...

Balas

iya mas WS kita harus selalu membiasakan diri untuk banyak berjalan kaki supaya lebih sehat :)

Balas

kalau bisa lakukan sampai 2 ribu langkah minimal setiap harinya sob :)

Balas

sy mau nya lari.
Eh ada ju katanya jalan kali dalam gerakan cepat tanpa terburuburu akan panjang umur.

Balas

pantesan aja orang desa sebagian sehat, mungkin kerna mereka sering jalan kaki...hehehe

Balas

Kalau di hitung minimal 2000 langkah dalam sehari, Gimana ngitungnya ya mas. apa setiap langkah kita harus hitung.. kalau saya paling main skiping aja di rumah, jarang keluar. paling kalau mau ke kampus aja. itu pun naik kendaraan... yang terpenting, tubuh harus berkeringat kan mas.

Balas

waaah harus dibiasain nih :)

Balas

saya mau ralat judulnya mas anton.. hehehe lucu nih mas... "berjalan kaki, stroke dan jantung pergi" ya kalau setrokenya yang pergi sih alhamdulillah mas, tapi kalau jantung nya yang pergi apa nggak berbahaya ya mas.. xixixixi (kiding)

berjalan kaki di setiap pagi sudah saya anjurkan untuk ke dua orang tua saya mas anton, agar di masa tuanya beliau tidak sakit sakitan.. mungkin artikel mas anton ini bisa buat saya jadikan bukti ke pada beliau kalau ucapan saya untuk menyuruh beliau berjalan kaki tiap pagi itu memang benar adanya hehehe

Balas

melihat dampaknya jalan kaki itu sangat luarbiasa untuk kesehata,namun rasa malas itu yang susah untuk ditinggalkan,tapi saya akan berusaha untuk jalan kaki ke tempat kerja,ok mas Anthonie terimakaish unutk tipsnya,,,,,,

Balas

ayu kita biasakan yookkk....

Balas

walau agak susah saya juga akan berusaha untuk jalan kaki,berangkat kerja dan pulangnya,,,demikian kang WS hehe

Balas

Benar Mas, olahraga yang paling sederhana ya jalan kaki ini, saya dulu senang olahraga jalan kalau pagi sekarang udah gk pernah :D

Balas

wah kayaknya untuk di indonesia berjalan kaki masih langka deh. ahhaha

Balas

Kerja jangan naik mobil atau motor , mending jalan kaki yah mas :)

Balas

Widih, ternyata ada manfaatnya to!
Makasih mas buat saran nya ya

Balas

WADUH.. kalo jalan kaki nya 5kilometer ..
bisa copot nih kaki gan hehehe

Balas

Saya malah demen jalan kaki, naik gunung :D

Balas

yang penting banyak bergerak mas, pasti sehat :)

Balas

iya sob kebiasaan orang desa yang sering berjalan kaki membuat tubuh mereka lebih kuat dan sehat, dan tentunya jarang sakit :)

Balas

2 ribu langkah kira-kira berjalan 20 menit mas, jadi cukup berjalan kaki 20 menit setiap hari sudah bagus untuk kesehatan :)

Balas

iya mas Nady maksudnya sakit jantungnya yang pergi / sembuh hehe...
semoga orang tuanya mas Nady mau untuk banyak berjalan kaki yah :)

Balas

kalau jauh banget yah naik kendaraan aja kang entar malah telat kan bisa repot hehe...

Balas

cukup 20 - 40 menit berjalan kaki sudah cukup baik untuk kesehatan :)

Balas

sebaiknya jalan kaki dilakukan rutin setiap hari mas minimal 20 menit :)

Balas

ayo mas dibiasakan lagi berjalan kaki :)

Balas

saya termasuk orang desa yang jarang jalan kaki mas...wkwkwk

Balas

Lumayan ya 20 menit. Tapi biasanya kalo jalan di rumah aja tanpa di sadari bisa lebih segitu :)

Balas

kikikiiki
mas nady

Balas

wah saya paling suka jalan kaki
selain mengikuti program pemerintah hemat energi dan juga mengatasi kemacetan
salah satu yang paling penting, irit ongkos

Balas

berarti harus sering-sering jalan kaki ya mas kalau pengen sehat dan terhindar dari berbagai penyakit mengerikan seperti stroke dan jantung. Kalau saya sih agak jarang jalan kaki di pagi hari. Tapi kalau jalan di tempat kerja sih sering mas hehehe :D

Balas

jalan saja sudah banyak manfaatnya yah,bagaimana kalau lari tuh mas ,,,,,

Balas

biasa karena terbiasa betulllllll????

Balas

Tips sangat bermanfaat sekali. Terus terang saya malah jarang sekali melakukan jalan kaki. apalagi berolahraga ternyata hasil dari jalan kaki sangat luar biasa sekali untuk kesehatan ternyata. Terima kasih sob sudah berbagi ilmu'a. salam hangat and happy blogging.

Balas

Klo tiap hari sih pasti naik turun tangga di kampus meskipun ada lift juga :D

Balas

kalau kita sering bergerak bagus juga mas meskipun hanya di dalam rumah :)

Balas

wah bagus juga nih selain bikin sehat juga irit ongkos yah sob :)

Balas

yang penting banyak gerak mbak, tapi kalau bisa sih dibarengi dengan olah raga juga :)

Balas

jalan kaki merupakan olahraga yang ringan namun manfaatnya luar biasa untuk kesehatan :)

Balas

kalau sering naik turun tangga malah lebih bagus mas Nurul :)

Balas

cocok buat menghindari penyakit usia senja nih mas, mumpung masih muda perlu dilakukan secara rutin biar sehat sampe tua pastinya :)

Balas

genjot becak juga sehat lho mas :D bikin otot makin membentuk

Balas

mumpung masih mudah jadi harus lebih sering jalan :)

Balas

ternyata manfaatnya juga besar ya gan ...thanks gan.. saya tunggu kunbalnya

Balas

Follow suksess . follback ya gan ..thanks

Balas

Biasa nya saya malas jalan kaki mas... soal nya rumah saya jauh dari rumahrumah yang lain, maklumlah wong deso mas... hehe

Balas

anak muda juga bagus banget tuh jalan kaki tambah sehat kuat, apa lagi mendaki gunung itu anak muda semua suka banget ya mas :)

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

sepertinya harus dibiasakan ya mas apabila kita ingin hidup sehat dan terhindar dari penyakit jantung dan stroke ini. Jalan kaki dan jogging di pagi hari pasti bisa bikin tubuh sehat ya mas :)

Balas

hahaha mbak maya kena tuh mas anton... pasti kurang jalan nih hehehe

Balas

Harus di biasakan ini mas, supaya badan sehat.

Balas

betul mas, kita harus belajar untuk membiasakan diri berjalan kaki biar sehat.

Balas

iya mas Andes banyak berjalan kaki dan berolahraga bikin tubuh jadi sehat.

Balas

betul sob, selagi muda kita harus banyak berjalan kaki biar badan juga selalu sehat :)

Balas

follow back sukses gan, makasih dan salam kenal :)

Balas

biasanya orang desa malah senang berjalan kaki mas hehe...

Balas

selagi masih muda harus banyak bergerak dan olah raga supaya sehat, mendaki gunung juga bagus buat kesehatan mbak :)

Balas

sama-sama mas semoga bermanfaat :)

Balas

betul mbak Ririn, jalan kaki dan jogging di pagi hari bisa bikin tubuh sehat dan terhindar dari segala penyakit.

Balas

Jadi pengen jalan kaki terus nih ..biar krasa efeknya

Balas

Wah sarannya menarik mengingat manfaat berjalan kaki, kalau biasanya untuk ke warung dekat saja saya naik sepeda motor, tak usahakan besok jalan kaki deh mas ..

Balas

iya mas lebih baik dibiasakan selalu jalan kaki biar sehat :)

Balas

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat, saya suka jalan kaki, soalnya bisa melihat pemandangan sekitar dengan sempurna :)

Balas

silahkan dicoba mas :)

Balas

iya mas selain itu sangat baik untuk kesehatan karena banyak bergerak :)

Balas

artikelnya sangat bermanfaat, ,
bagus buat menambah pengetahuan :-)

Balas

Makasih mbak Deshika semoga bermanfaat :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger