logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Tips asah otak bagi yang pelupa

Tips asah otak bagi yang pelupa - Mungkin ada sebagian orang yang seringkali menjadi pelupa akan sesuatu hal dan jika terjadi terus menerus maka keadaan ini dapat menimbulkan masalah bagi orang tersebut, seringkali kita menganggap biasa keadaan ini sehingga kemampuan otak untuk berpikir dan mengingat menjadi menurun.

Beberapa contoh sederhana misalnya saat anda berkenalan dengan seseorang dan anda sudah tahu nama orang itu namun setelah beberapa waktu kemudian anda bisa lupa sama sekali nama orang tersebut atau jika anda janji dengan seseorang untuk bertemu untuk urusan yang penting pada hari tertentu namun karena mungkin kesibukan anda menjadi lupa akan hal tersebut, dan ini bisa saja terjadi dan bisa menjadi masalah jika terjadi berulang kali.

Hilangnya kemampuan untuk mengingat tersebut merupakan keadaan atau tanda-tanda dimana kemampuan otak sudah mulai melemah dan diperlukan cara untuk merangsang otak supaya bisa diaktifkan kembali agar kemampuan otak bisa meningkat dan jika anda termasuk seorang yang pelupa anda bisa melatih otak anda agar kemampuan otak anda bisa lebih meningkat lagi.

Tips asah otak bagi yang pelupaBeberapa tips untuk mengasah otak anda agar dapat meningkatkan kemampuan otak anda:
  • Game asah otak, sudah banyak permainan-permainan yang beredar baik sederhana sampai yang rumit, anda bisa melatihnya dari yang ringan dulu agar otak anda dapat meningkat setahap demi setahap, banyak permainan asah otak yang bisa anda pilih misalnya, teka-teki silang, puzzle, sudoku, kubik, catur dan masih banyak permainan yang dapat merangsang otak anda, namun kebanyakan dari kita merasa malas untuk berpikir sehingga membuat otak kita menjadi kurang aktif dan jika terlalu lama akan membuat otak kita menjadi lambat untuk berpikir dan mengingat.
  • Melakukan dance, sering melakukan aktifitas dance atau bergerak membuat otak kecil yaitu bagian otak yang berperan dalam hal berpikir menjadi aktif selain itu dengan bergerak aktif dapat membantu tubuh memproduksi protein untuk meningkatkan sel saraf dalam hal berkomunikasi menjadi lebih efektif, selain itu dengan melakukan dance akan meningkatkan interaksi sosial yang berperan dalam hal perbaikan fungsi sel saraf dan membantu jantung untuk mengalirkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel otak.
  • Bermain tenis meja atau pingpong, bermain tenis meja dibutuhkan koordinasi interaksi mata dan gerakan tangan serta fokus pada satu bola yang bergerak cepat, aktifitas ini dapat meningkatkan kemampuan koordinasi dan merangsang otak untuk melakukan hal-hal yang harus dilakukan sehingga otak dapat lebih cepat berpikir, menurut peneliti yang bernama Daniel Amen dengan melakukan olahraga tenis meja akan merangsang kemampuan koordinasi serta memperbaikinya yang membuat otak anda dapat lebih cepat dan tepat dalam mengambil sebuah keputusan.
  • Melakukan aksi kidal, bila anda tidak kidal cobalah melakukan hal-hal yang tidak terbiasa misalnya makan, menggosok gigi atau hal apapun yang biasa anda lakukan dengan tangan kanan mulailah melatih dengan menggunakan tangan kiri begitu juga jika anda kidal anda dapat mencoba kebalikannya, melakukan kegiatan yang tidak biasa dilakukan seperti ini sangat baik untuk otak anda sehingga otak anda belajar melakukan hal yang baru dan dapat mengaktifkan sebagian area otak yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir.
  • Juggling, merupakan permainan lempar dan tangkap bola dengan 1 atau 2 tangan secara bergantian, biasanya permainan juggling ini sering dimainkan oleh badut dalam acara sirkus, lewat studi yang pernah dilakukan dengan bermain juggling ternyata dapat membuat sebagian otak berkembang karena permainan ini dapat melatih fisik serta orientasi spasial dan juga pengenalan pola gerak dan ini sangat baik untuk mengaktifkan sebagian area otak, seorang pria dari Amerika yang bernama Joe Salter yang berumur 31 tahun berhasil menyelesaikan triathlon sambil melakukan juggling yang dilakukan hampir sekitar 2 jam, dapat dibayangkan dia berlari, naik sepeda dan berenang sambil melakukan juggling kebiasaannya ini membuat pikirannya lebih fresh dan lebih mudah mengingat sesuatu hal. 
  • Belanja, ini merupakan hobi yang biasa dilakukan oleh kaum wanita namun tidak ada salahnya untuk kaum pria membiasakan untuk melakukan kegiatan belanja misalnya belanja ke supermarket, biasakanlah untuk tidak membaca daftar yang mau dibeli, namun anda bisa simpan dulu dan bisa dikeluarkan jika dirasa sudah semua terbeli, ini dapat meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir dan mengingat-ingat selain itu dengan melakukan kegiatan belanja anda dapat melakukan aktifitas fisik dan berpikir, bertemu dengan banyak orang, berjalan dan melakukan kalkulasi perhitungan, setiap aktifitas berbelanja tersebut dapat mengaktifkan sebagian area otak.
  • Melakukan kegiatan sambil menutup mata, kegiatan ini bisa dibilang cukup unik karena membutuhkan konsentrasi dalam melakukannya, misalnya saat mandi anda bisa menyiapkan dulu sabun atau shampo di dekat anda sehingga anda dapat lebih mudah melakukan kegiatan mandi dengan mata tertutup, dan faktanya melakukan kegiatan-kegiatan dengan mata yang tertutup dapat melatih kemampuan untuk fokus mengingat dan kegiatan menutup mata ini dibuktikan oleh Ron White yaitu seorang pria yang sudah memenangkan kompetesi untuk mengingat di Amerika Serikat hingga dua kali.
Itulah artikel mengenai "Tips asah otak bagi yang pelupa" yang sangat penting bagi kita untuk melatih otak kita supaya sebagian area otak kita bisa diaktifkan agar kemampuan otak untuk mengingat dapat meningkat lagi, semoga bermanfaat.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Tips asah otak bagi yang pelupa . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Tips asah otak bagi yang pelupa sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

97 comments

Pertamax saya ambil.. Bener mas, kadang saya juga lupa. tapi lupa karena hafalan buka lupa naruh barang hehe

Balas

saya banget nih , makasai infonya nanti saya coba tipsnya :)

Balas

maen catur gan, ampuh banget;)

Balas

langkah2 diatas sepertinya sangat cocok sekali untuk saya lakukan, karena saya orangnya memang pelupa :D
hehe trima kasih mas, cocok nih :D

Balas

game ternyata bisa juga mengurangi daya ingat yang sering lupa yaa mas
:)

Balas

wah boleh juga tuh tipsnya, biar nggak cepet pikun juga sih ya. hehee

Balas

Wah..cocok untuk saya nih mas Ant...
tips yg udah di uraikan di atas....

Dan ternyata Nge-Dance bisa mengasah otak juga ya :)

Balas

Saya malah kadang lupa sama syair lagu mas :)

Balas

Nyobanya...setelah habis makan..
Baru tokcer mas :)

Balas

wah.. saya juga pelupa/pikun padahal masih muda...
makasih ya mas tips nya :D

Balas

kebetulan akhir-akhir ini saya sering lupa mas, mungkin karena terlalu banyak fikiran dan pusing sehingga sering bingung sendiri dan lupa. Bisa dicoba ini mas tips nya biar tidak mudah lupa ya dan kita bisa punya ingatan yang tajam :)

Balas

Waah unik ya Mas yang terakhir, mudah dilakukan tapi manfaatnya sangat luar biasa buat melatih kemampuan otak untuk mengingat

Balas

Wah dari semua tips di atas cuma tenis meja yang sering saya lakukan mas. Wah ternyata olah raga kesukaan saya bermanfaat untuk mengasah otak ya mas. Hehehe terimakasih tipsnya mas..

Balas

hehehehe,,, melakukan kegiatan sambil tutup mata,,,,
main petak umpet mas,,,,,, xixixixixi,,,,

makasih tipsnya mas,,,, harus mencoba satu per satu ni

Balas

iya mas, banyak gerak sehat buat tubuh juga buat otak kita :)

Balas

iya mas Nady, bagus kalau sering main tenis meja, bisa untuk meningkatkan kesehatan otak kita.

Balas

kalau petak umpet beda mbak, silahkan dicoba tipsnya semoga bermanfaat :)

Balas

apakah hal di atas berlaku untuk semua umur sob?

Balas

Belanja termasuk juga ya.. ada satu lagi yaitu menghindari googling :) Kalau makan permen karet termasuk gak mas..

Balas

Yang pikun cocok nih :)

Balas

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat, yang melakukan aksi kidal, biasanya saya menggosok gigi dengan tangan kiri dan kanan, kalo makan tetep harus tangan kanan

Balas

cebok kidal juga kan om? :D

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

yang saya bisa cuman maen game asah otak seperti tetris sama catur atau yang replace gambar
cara itu berguna bngt apa lagi buat para pelajar yang sering lupa seperti saya

Balas

Dari semua tipsnya, yang dilakukan hanya belanja, itupun hanya kadang2 dan biasanya saya lebih suka nunggu di luar .. hehehe

Balas

kalau belanja nanti lupa kalau nggak punya uamg mas..saya mau nerapin yang mencoba dengan kidal praktis....makasih ya mas
oya kenapa ya di dasbor saya munculnya sllu lambat ya mas apa blog saya lambat menerima ya

Balas

Wah saya termasuk orang pelupa gak yah Mas Anthonie? muga-muga gak deh
Tapi jika saya lupa tinggal datang aja dimari, yah Mas terima kasih atas artikelnya

Balas

Jadi kaya lagunya kuburan, mblebes eeehh kuburan ben hhhh
Mas Pur ini ada-ada aja. Orang tips asah otak di sama in lagu hhhh :)

Balas

Melakukan kegiatan kidal ma tutup mata kayaknya repot tuh Mas Eka :D

Balas

Terima kasih gan caranya sangat membantu yang pelupa

Balas

justru yang repot itu yang bermanfaat mas hehe...

Balas

sama-sama gan semoga bermanfaat :)

Balas

selamat hari minggu juga mas Uda, betul sekali mas dengan tips di atas bisa membantu meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat, semoga bermanfaat :)

Balas

iya mas kalau lupa datang aja kemari pasti nanti ingat lagi hehe...

Balas

silahkan dicoba mbak, semoga bisa bermanfaat :)
wah saya nggak tahu mbak kalau masalah itu, apa blog saya yang lambat yah :)

Balas

silahkan dicoba sob semoga bisa bermanfaat :)

Balas

iya sob dengan melakukan permainan game asah otak dapat meningkatkan kembali daya ingat otak.

Balas

iya mas WS boleh dicoba mudah-mudahan bisa bermanfaat :)

Balas

main catur bagus juga untuk mengasah otak mbak :)

Balas

silahkan dicoba mas, mudah-mudahan bermanfaat :)

Balas

wah harus dicoba mas tipsnya, supaya tidak bertambah parah lupanya hehe...

Balas

iya mbak Ririn, silahkan dicoba semoga bermanfaat :)

Balas

iya mas dengan menutup mata sambil melakukan aktivitas sangat baik juga untuk melatih otak kita.

Balas

ndak ngada ngada kok mas saud...kan cuma kadang aja...hohoho :D

Balas

kalau bisa ikut terlibat mas bagus juga untuk melatih daya ingat kita hehe...

Balas

iya mas Tommy permainan seperti itu baik juga untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat.

Balas

hal ini bisa menimpa untuk siapa aja ya mas Ant..
dalam artian ndak harus ngenal usia :)

Balas

iya mas Aldi dan mbak Dwi bagus juga kita melakukan kebiasaan yang diluar kebiasaan kita meskipun agak susah :)

Balas

kalau makan permen karet biasanya bisa meningkatkan konsentrasi mas :)

Balas

bisa juga tapi disesuaikan dengan kemampuan mas :)

Balas

memang kita seringkali lupa menghafal sesuatu, jadi bisa juga dicoba tips di atas mas :)

Balas

iya mas ini bisa untuk semua usia :)

Balas

sangat cocok bagi saya ini mas, coz saya orgnya pelupa banget, hehehe :D kalo tdr sambil menutup mata gak termasuk asah otak ya mas, hihihi :P
makasih tipsnya :)

Balas

Hemmm...kayaknya belanja bisa untuk coba dipraktekan nih,he he... thanks infonya Mas Anthonie!

Balas

ane termasuk orang yg pelupa jg mas.. sya baca2 dulu.. thanks info'a..

Balas

kalau saya mengerjaken soal matematika mas, biar tambah buyar.. wkwk

Balas

sangat bermanfaat. sy akan coba melakukan aksi kidal, keknya lebih menantang tuh. hehehe

Balas

Sangat bermanfaat, yang belanja ini bisa buat alasan bagi kaum hawa untuk selalu berbelanja..wah bisa repot bagi yang punya anak ce, atau bagi suami2,,hehe

Balas

diatur aja gimana baiknya mas hehe...

Balas

bagus juga mas, silahkan dicoba :)

Balas

ngitung-ngitung juga bagus mas biar encer otaknya hehe...

Balas

silahkan disimak mas, siapa tahu bisa bermanfaat :)

Balas

iya kang bisa dicoba kan bisa juga untuk menghilangkan stres hehe...

Balas

kalau tidurnya sambil gerak-gerak mungkin bisa mbak hehe...

Balas

Wah tumben mas anton telat update nih. Ketularan saya ya mas molor jadwal updatenya hehehe

Balas

game puzzle bagus tuh

Balas

saya juga nih sering lupa naruh barang, harus di terapkan tips di atas, makasih mas,

Balas

Saya sering lupa masak nasi
Padahal sayur dan lauk telah matang dan tersaji

:)

Balas

saya sudah hampir mendekati penyakit PELUPA ,untung ada yang mengingatkan nih,Terimakaish mas Anthoni untuk artikelnya...

Balas

kayanya usia juga bisa jadi penyebabnya yah mas,,,,

Balas

kalau lupa lupa ingat, saya malah jadi inget lagu nya kuburan band mas hehehe :D
biasanya kalau yang sering lupa itu orang yang sudah berumur ya mas. Jadi harus segera diatas kalau kena masalah lupa gini :)
tips diatas bisa dijadikan solusinya ya mas :)

Balas

Mungkin ini cocok buat yang masih muda ya Mas, klu udah usia lebih tua bakalan cepet lelah karena kinerja otak diporsir , ujung2nya ntar urut repleksi, apalagi klu disuruh main ping pong ( alias tenis meja ) hehehehe Smile

Balas

Saya juga jadi teringat Kang Dede hehehe

Balas

Semoga saja setelah pada baca ni artikel gak pada pelupa
lagi deh Mas Anthonie kan sudah ngasih tips nya, jadi ngerti deh

Balas

Hadir kembali Mas Anthonie saya di artikel yang bermanfaat
Untuk mengingatkan yang pelupa salam sukses. terima kasih

Balas

iya mas, karena itu selagi masih muda sering-sering melakukan tips di atas biar nggak pelupa hehe...

Balas

iya usia juga mempengaruhi seseorang menjadi mudah lupa, karena itu jaga pola hidup sehat selagi masih muda mbak :)

Balas

coba tips di atas mbak biar nggak sering lupa masak nasi hehe...

Balas

iya mas, soalnya sibuk banget jadi agak susah mau update hehe...

Balas

iya kang usia juga bisa mempengaruhi, tapi kalau waktu mudanya selalu menjalankan pola hidup sehat pasti usia tuanya tidak terlalu pelupa :)

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

salam kenal gan, blogger baru numpang komen hehe

Balas

harus sering-sering mengasah otak ya mas agar kita nggak suka lupa. Soalnya kalau sering lupa, bisa gawat juga ya :)

Balas

saya kadang suka lupa mas kalau menaruh sesuatu, misalkan kunci, padahal abis tak pakai saya tarus pas mau saya pakai lagi malah lupa naruh dimana hehehhe

Balas

itu tanda-tanda pelupa mas, harus dicoba cara di atas, semoga bermanfaat :)

Balas

iya kalau pas urusan yang sangat penting bisa bahaya mbak :)

Balas

makasih mas Nandar, maaf komennya saya hapus karena menyertakan url, silahkan berkomentar lagi...
saya sudah berkunjung balik mas, makasih :)

Balas

iya mas, semoga bisa bermanfaat tipsnya :)

Balas

saya seringnya lupa terhadap hal-hal yg saya anggap kurang penting, mas. seperti terhapus begitu saja. kalaupun kemudian teringat lagi, biasanya tidak sepenuhnya.

mungkin tips diatas bisa membantu saya

Balas

iya mas Budy, boleh dicoba tipsnya di atas semoga bisa bermanfaat :)

Balas

Bileh juga nih tipsnya. Kalo aku pribadi banyak baca buku di waktu senggang

Balas

iya sob, baca buku juga bagus untuk otak selain itu dapat menambah wawasan :)

Balas

benar harus banyak melakukan kegiatan bersifat ketangkasan

Balas

iya sob melakukan kegiatan yang bersfat ketangkasan memang bagus untuk otak.

Balas

semoga dengan beberapa tips itu saya tidak lagi menjadi orang peLupa & Lola (Loading Lama) saya akan sirna.
hehe.. ^_^ :-)
thank's tipsx. brmanfaat bngtz

Balas

iya mbak semoga bisa bermanfaat, makasih kunjungannya :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger