logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Apakah antioksidan itu?

Apakah antioksidan itu? Tentunya kita seringkali mendengar yang namanya antioksidan baik itu untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan kulit terutama wajah, dan para ahli kesehatan di seluruh dunia selalu menganjurkan untuk kita selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung kaya antioksidan di dalamnya.

Seperti yang dilansir dari Huffington Post dijelaskan bahwa antioksidan merupakan vitamin, mineral ataupun sejenis nutrisi yang sangat penting untuk tubuh karena mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi atau dengan kata lain antioksidan berfungsi untuk menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak disebabkan oleh adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh seperti contohnya asap rokok, senyawa kimia, polusi, stres serta pola makan kita yang tidak sehat.

Untuk lebih jelasnya kita umpamakan seperti buah apel yang sudah kita gigit lama-kelamaan karena pengaruh waktu dan udara di sekitarnya maka buah apel akan berubah menjadi berwarna kecoklatan begitu juga dengan tubuh kita saat terkena radikal bebas akan membuat sel-sel tubuh menjadi rusak oleh karena itu diperlukan antioksidan untuk menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak tersebut agar tidak menimbulkan terjadinya gangguan kesehatan ataupun penyakit.

Apakah antioksidan itu?Fungsi dari antioksidan

Menurut penelitian yang dilakukan antioksidan sangat baik dan diperlukan untuk kesehatan tubuh seperti untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker serta jantung, selain itu antioksidan yang berupa vitamin C dan E sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, dan masih banyak manfaat lain dari antioksidan ini baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan, tapi sebaiknya mengkonsumsi antioksidan secukupnya saja karena jika berlebihan juga akan kurang baik untuk kesehatan karena menurut penelitian yang dilakukan terlalu berlebihan mengkonsumsi antioksidan akan membuat terhambatnya kesempatan bagi seorang wanita mendapatkan kehamilan.

Beberapa makanan yang mengandung antioksidan diantaranya:

  • Makanan yang kaya vitamin c, seperti buah kiwi, paprika, buah berry, tomat, brokoli, labu, grapefruit, jeruk, pepaya, melon, kale dan kembang kol dll.
  • Makanan yang kaya vitamin e, seperti buah kiwi, brokoli, paprika merah, wortel, biji bunga matahari, kacang, lobak hijau, bayam dll.
  • Makanan yang mengandung beta-carotene dan carotenoid lain, seperti tomat, brokoli, bit, bayam, ketela pohon, apricot, asparagus, labu, kale, mangga, wortel, jagung, persik, anggur merah dll.
  • Makanan yang mengandung selenium, seperti ikan tuna, daging iga, daging ayam, kacang brazil serta berbagai macam produk dari gandum dll.
  • Makanan yang mengandung seng dan zinc, seperti kacang-kacangan, buncis, makanan laut, gandum, produk susu, sereal, daging unggas, daging merah serta tiram dll.
  • Teh hijau, kandungan polifenol dan katekin dalam teh hijau sangat efektif untuk menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Antioksidan memang baik untuk kesehatan tubuh dan memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan kita namun sebaiknya konsumsilah sewajarnya saja karena jika terlalu berlebihan akan menjadi tidak baik,  hindari menjadikan antioksidan sebagai sumber agar kita menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, banyak hal-hal lainnya yang perlu juga diperhatikan seperti pola makan yang sehat, pilihlah makanan-makanan yang sehat dan bergizi yaitu yang mengandung banyak vitamin, serat , rendah lemak, rendah kalori, selain itu banyak berolahraga, hindari stres dan banyaklah minum air putih setiap hari maka tubuh kita akan menjadi lebih sehat.

Itulah artikel mengenai antioksidan yang sangat penting untuk tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit serta gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh adanya radikal bebas dalam tubuh.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Cara mengusir nyamuk secara alami

Sumber: www.merdeka.com/sehat


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Apakah antioksidan itu? . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Apakah antioksidan itu? sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

30 comments

selamat Pagi Mas... saya baru tahu kalau ternyata Antioksdan dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker serta jantung, Maksaih atas pencerahannya Pagi ini mas...

Balas

Selamat pagi mas Anthonie,ternyata antioksidan yang berupa vitamin C dan E sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.ini penting nih mas hehe,,terimakaish untuk artikelnya,,,

Balas

ketela pohon juga mengandung antioksidan ya mas, pantesan ya orang dulu khususnya yang tinggal di pedesaan pada sehat-sehat karena sering mengkonsumsi ketela pohon

Balas

ternyata ndak cuma baik untuk kesehatan ya mas ... tapi bagus juga untuk menunjang para wanita bisa tetep selalau keliat cantik :)

Balas

Ternyata buah yang sering saya konsumsi seperti kiwi, paprika, buah berry, tomat, brokoli, labu, jeruk, pepaya, melon, kembang kol mengandung antioksidan ya mas, tapi kok kulit saya gak cantik - cantik ya hehehe

Balas

Klau saja kaum wanita mau kembali kepada alam dengan menggunakan cara alami seperti ini bisa cantik alami ya Mas ? :D

Salam

Balas

kmungkinan cara belinya pake acara tawar menawar kali mang.. hehe

Balas

betul kang Indra yang alami malah jauh lebih sehat untuk kesehatan tubuh kita, apalagi untuk para wanita yang ingin selalu terlihat cantik.

Balas

memang hasilnya nggak bisa langsung terlihat mang, tapi bagus untuk jangka panjang :)

Balas

betul mas Budi antioksidan memang sangat penting untuk kesehatan kita.

Balas

yang biasa tinggal di pedesaan memang biasanya lebih sehat dan jarang sakit karena selalu bersentuhan dengan yang serba alami kang hehe...

Balas

iya kang Dede, antioksidan memang bagus untuk kesehatan jadi jangan sampai mengabaikannya :)

Balas

betul mas antioksidan sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya penyakit seperti kanker dan penyakit lainnya :)

Balas

ternyata selama ini saya tidak begitu paham mas buah yang saya konsumsi ternyata mengandung antioksidan, ternyata antioksidan sendiri sangat penting untuk tubuh ya :D

Balas

selamat hari raya Idul Fitri ya mas, mhon maaf lahir dan batin :)

terima kasih mas sudah share tentang antioksidan ini, saya jadi semakin paham sekarang :)

Balas

nah tuh..Ubi Cilembu juga banyak mengandung betakarotin...untung saya tiap hari makan ubi..jadi antioksidanku banyak...semoga ya kak.

Balas

iya mas Rachmat kebanyakan buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan karena itu sangat baik mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari.

Balas

Sama-sama mas Jery, saya juga mengucapkan selamat Idul fitri, mohon maaf lahir dan batin mas :)

Balas

iya kang mumpung bisa makan ubi cilembu tiap hari lumayan kan bisa dapet antioksidan hehe...

Balas

Saya sekarang juga sedang mencoba menggemari Teh Hijau. Selama ini Teh yang saya minum banyak mengandung pemanis atau gula. Mungkin saya pada saatnya harus segera mengakhiri kebiasaan minum manis manis dengan beralih kepada teh Hijau. Terima kasih sudah memberikan peringatan buat saya

Balas

rupanya antioksidan xanthone dari kulit manggis nggak begitu familiar ya, meskipun kekuatannya lebih besar dari vitamin c dan e

Balas

Memang Xanthones dari kulit manggis sangat bagus untuk antioksidan, mungkin lain kali saya akan membuat artikel khusus untuk manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan, makasih masukannya mbak Elsa :)

Balas

Iya mas Asep sama-sama, silahkan beralih pada teh hijau dan semoga bisa bermanfaat :)

Balas

wahhh ternyata Antioksidan juga bisa menjadi tidak baik yah jika terlalu berlebihan :)
Minalaidzinwalfaidzin yaahh gan :) mohon maaf lahir dan batin udah lama nihh saya kagak main dimari hehe :)

Balas

betul mas kalau berlebihan malah tidak baik untuk kesehatan.
saya juga mohon maaf lahir dan batin mas :)

Balas

iyaaa gan :) owhh iyaa makasii yah atas artikelnya sangat bermanfaat ^_^

Balas

wah berarti tubuh kita sangat membutuhkan antioksidan ya mas.. agar selalu sehat kita perlu mengkonsumsi makanan atau sayuran yang mengandung antioksidan ya mas.. makasih mas infonya.. sangat bermanfaat nih.... :D

Balas

iya betul mas Nady antioksidan memang sangat penting untuk kesehatan kita.

Balas

sama-sama mas semoga bermanfaat :)

Balas

ACEPOKER99.com

Situs game online terbaik di indonesia.
Rasakan sensasi permainan 100% Player Vs Player dengan minimal Deposit / Withdraw sebesar Rp.25.000.

Bonus luar biasa yang kami hadirkan berupa :

* Bonus Referral 20%.

Ajak teman-teman anda bermain bersama anda di AcePoker99.com, potongan meja kemenangan teman
anda akan kami kali sebanyak 20% dan akan di bagikan secara otomatis tanpa di claim.

* Bonus Double Cashback

Kumpulkan Turnover mu sebanyak - banyak nya dalam 1 minggu, kami akan membagikan bonus turnover kepada
anda yang berhasil mengumpulkan minimal 1 juta Turnover, semakin banyak turnover yang kalian raih,semakin banyak juga bonus yang kalian dapatkan.

AcePoker99.com juga menyediakan 7 Games dalam 1 User ID:
- Poker Online
- Domino QQ
- Bandar Q
- Bandar Poker
- Capsa Susun
- Adu Q
- Sakong Online

Dibantu dengan 5 bank local aktif untuk mempermudah transaksi :

BCA, BNI (24JAM), BRI(24JAM),MANDIRI(24JAM), DANAMON (24JAM)

Ayo !! Buruan gabung bersama kami di Pokerace99 Agen Judi Poker Online Terpercaya di Indonesia
Dan rasakan sensasi bermain bersama kami !

Link untuk daftar >> http://www.acepoker99.net/Register.aspx?lang=id

BBM : D8986EBB
WECHAT : AcePkr
WHATSAPP : +85587698009

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger