logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Tips hidup sehat

Tips hidup sehat - Semakin hari semakin sulit kita lepas dari masalah sakit penyakit, terbukti dari meningkatnya pasien di rumah sakit, penyakit baru banyak bermunculan dan kita seringkali menyaksikan orang-orang yang kita kenal satu per satu meninggalkan kita karena terserang penyakit yang mematikan.

Namun tentunya kesehatan tidak dapat kita peroleh dengan mudah diperlukan pengorbanan dan perjuangan, seperti mengkonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga, disiplin dalam tidur, waktu makan yang teratur dan masih banyak hal-hal lainnya.

Beberapa tips hidup sehat yang perlu diperhatikan agar tubuh lebih sehat:

Menjaga kebersihan 
Kebersihan merupakan hal yang seringkali kita abaikan, namun justru penyakit bisa banyak timbul karena kita kurang menjaga kebersihan baik tubuh maupun lingkungan.

Contoh saat kita keluar rumah banyak bakteri, virus atau binatang-binatang kecil yang siap meyerang kita dan kalau kita tidak hati-hati serta tidak menjaga kebersiahan tubuh maka kemungkinan akan dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh kita.

Karena itu sebelum kita menyentuh makanan atau minuman sebaiknya kita selalu membiasakan mencuci tangan dengan sabun, supaya terhindar dari penyakit.

Tidur cukup dan berkualitas
Tidur merupakan hal yang juga sering kita anggap enteng padahal tidur adalah hal yang sangat penting, karena dengan tidur maka tubuh akan beristirahat dari aktifitas yang sangat melelahkan, selain itu dengan tidur tubuh menjadi lebih bugar dan segar keesokan harinya, tidur cukup sekitar 8 jam setiap hari dan hindari tidur terlalu larut karena akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Menurut penelitian ternyata tidur siang juga sangat baik untuk kesehatan selain membuat tubuh menjadi lebih bugar juga membuat usia seseorang menjadi panjang umur.

Makan makanan sehat dan bergizi
Makanan yang bergizi dan sehat merupakan hal yang penting bagi tubuh supaya kebutuhan mineral, protein dan zat gizi esensial bisa tercukupi dengan baik, karena jika kita makan hanya seadanya saja, bisa jadi tubuh kita menjadi lemah dan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Makanan yang alami seperti buah-buahan dan sayuran juga jangan sampai terlewatkan, dengan bervariasinya makanan sehat yang kita konsumsi akan baik juga bagi tubuh kita.

Tubuh memerlukan sekitar 40-an jenis zat gizi yang sebagian bersifat esensial yang tidak bisa disediakan oleh tubuh jadi diperlikan asupan makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi setiap harinya.

Pola makan teratur
Biasakan untuk selalu sarapan pagi, karena pada pagi hari tubuh memerlukan asupan makanan supaya saat beraktifitas sepanjang tubuh kita tetap kuat dan segar.

Makan yang terbaik adalah 3 kali sehari yaitu pada pagi hari, siang hari dan sore atau malam hari, sebaiknya waktu makan tetap sama setiap harinya karena jika waktu makan yang berubah-rubah atau kadang telat dapat mengakibatkan terjadinya sakit maag.

Menjaga berat badan ideal
Berat badan yang cenderung gemuk atau kurus tentunya kurang baik untuk kesehatan karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, dengan menjaga berat badan ideal akan juga membuat tubuh kita menjadi sehat.

Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak karena tentunya tidak baik untuk kesehatan kita, makan terlalu sedikit apalagi dengan makanan yang kurang bergizi juga membuat tubuh menjadi lemah dan gampang sakit.

Oleh karena itu sangat penting menjaga berat badan ideal selain tentunya untuk penampilan menjadi lebih percaya diri juga manfaatnya untuk tubuh menjadi lebih sehat.

Olahraga secara teratur
Olahraga merupakan hal yang sangat penting dilakukan supaya seluruh tubuh dapat bergerak dan mengeluarkan keringat, dengan begitu segala kotoran dan penyakit dapat disingkirkan.

Banyak macam olahraga yang bisa dilakukan dari yang ringan sampai yang cukup berat, semua bisa disesuaikan dengan kesukaan kita sehingga tidak membebani kita saat melakukannya, dan jika kita suka maka olahraga tentunya akan sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Olahraga seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang dan masih banyak olah raga lainnya yang bisa kita lakukan setiap hari disela-sela kesibukan kita, karena jika kita terlalu banyak diam maka segala penyakit akan bersarang di dalam tubuh kita.

Hindari merokok dan minuman beralkohol
Merokok dan minum minuman beralkohol sangat tidak baik bagi tubuh kita karena efek dari rokok dan alkohol yang merusak tubuh akan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Merokok sudah menjadi kebiasaan sebagian orang, bahkan anak-anak sekolah sudah banyak yang terbiasa dengan rokok, padahal rokok mengandung banyak racun yang tidak bersahabat dengan tubuh, sehingga menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, stroke, jantung dan masih banyak penyakit lainnya akibat dari merokok.

Hindari stres
Stres terjadi karena seseorang mengalami perasaan cemas, takut, merasa tidak aman, ledakan perasaan yang berlebihan, depresi dan berbagai tekanan lainnya yang membuat keseimbangan tubuh terganggu.

Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan bereaksi sehingga memicu terjadinya bermacam reaksi biokimia di dalam tubuh, seperti kadar adrenalin aliran darah meningkat, gula, kolesterol dan asam lemak tersalurkan ke dalam aliran darah, tekanan darah naik dan jantung berdegup kencang, saat glukosa mengalir ke otak sehingga kadar kolesterol menjadi meningkat berakibat munculnya barbagai masalah bagi tubuh.
Banyak akibat yang ditimbulkan dari stres diantaranya penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker dan masih banyak penyakit lainnya.

Itulah artikel mengenai "Tips hidup sehat" yang bisa kita praktekkan dalam kseseharian kita supaya kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, semoga bermanfaat :)



Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Tips hidup sehat . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Tips hidup sehat sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

113 comments

berkenaan dengan tips sehat saya masih bingung bang soalnya makan malam yang sehat itu 3 jam sebelum tidur dan tidur yang baik 8 jam itu gimana ngaturnya ?

Balas

kesehatan adalah harta dunia termahaal ya mas, krn itu nomor satu adalah menjaga kesehatan :)
makasih tipsnya mas Anthonie, sangat jelas dan lengkap :)

Balas

ijin numpang keduax dibawahnya mas sarofudin ya mas, hehehe :D

Balas

karena harga sebuah kesehatan itu mahal ....

Balas

Selamat pagi dan selamat beraktifitas Mas Anthonie...
Terimakasih udah berbagi tips hidup sehatnya, walaupun sampai saat ini saya belum bisa menerapkan pola hidup sehat tersebut, terutama masalah merokok yang hingga saat ini susah sekali untuk berhenti hehehe....

Balas

Saat kita sehat kadang kita selalu terbuai dengan apa yang kita buat ya mas dan kalau sudah sakit semua salah
makasih tipsnya

Balas

Saya sekarang malah lagi sakit mas :(
Nanti coba tips diatas ah :)

Balas

saya bersyukur karena saya adalah wanita yang sehat dan tidak mrokok apalagi mencoba obat-obatan dan saya juga sangat sering olahraga pagi kalau tidak sempat saya biasanya karena leding sering mati saya jadi olahraga nimba air dari sumur wkwkwk

Balas

Menghindari stres itu bagaimana ya mas?

Balas

Menghindari stres itu bagaimana ya mas?

Balas

Dari 7 tips di atas, menghindari rokok yang paling susah untuk menjaga agar tubuh tetap sehat mas eka...Selebihnya sudah bisa diusahain mas. Terima kasih panduan yang sangat berharga ini, mas Eka...

Balas

berolahraga termasuk hal yang sulit ku luangkan waktunya hehehe :)

Balas

Yang paling susah, pertama menghindari rokok, saya jadi ahli hisab sudah lama .. hehehe
kedua, tidur cukup, saya hobi begadang dan sulit tidur kalau belum malam ...
Gimana cara ngatasinya ya .. ?

Balas

Insomnia bisa berbahaya lho mbak, usahakan pola tidurnya diatur :)

Balas

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali, semua tipsnya sepertinya sudah saya lakukan dengan baik :)

Balas

sepertinya hidup saya belum sehat sob, belum bsia teratur kayak di atas

Balas

betul banget tuh mbak saya setuju hehe karena percuma ajee kalo kaya tapi penyakitan beuhhh pasti lama lama bkalan abis tuh uang buat berobt :D

Balas

waduh.. berarti hidup saya kurang sehat donk mas...

"Tidur cukup dan berkualitas"
Siang saya nggak pernah tidur mas, dam malam selalu tidur jam 3 malam dan bangun jam 6 pagi, jelas banget saya kurang tidur.. hehehe

"Olahraga secara teratur"
saya nggak pernah olahraga mas.. kadang malam cuma main tenis meja saja, siang nggak pernah olahraga.. hhmmmmm

"Hindari merokok dan minuman beralkohol"
kalau alkohol alhamdulillah saya nggak pernah minum mas.. tapi kalau rokok tidak bisa saya hindari mas.. akrena saya adalah perokok...

melihat penjelasan di atas, sudah kelihatan kalau hidup saya nggak sehat banget mas.. waduhh bahaya nih hehehehehe

Balas

Saya makan gak teratur suka 2 kali suka 4 kali begitupun olah raga juga jarang. paling olahraga di monitor saja mas (main PS bola). tapi untungnya saya bebas dari rokok apalagi alkohol.. makasih tipsnya mas.

Balas

wah kalau bisa dirubah mas, uasahakan rutin berolahraga dan makan dengan teratur, biar sehat dan tidak menjadi masalah untuk jangka panjang.

Balas

kalau mau sehat memang diperlukan perjuangan dan kedisiplinan serta niat dari diri sendiri mas, untuk jangka pendek memang belum terlihat dampaknya, jadi kalau bisa sebaiknya dirubah mas Nady biar sehat hehe...

Balas

bisa dirubah mas dari sekarang hehe...

Balas

wah bagus mas kalau sudah dilakukan semuanya :)

Balas

biasanya yang paling umum memang merokok dan tidur malam, tapi kalau diteruskan akan mengakibatkan penyakit untuk jangka waktu panjang mas, jadi sebaiknya berhati-hati mas :)

Balas

betul mbak apa yang dikatakan mas Aldi, mungkin bisa dicari penyebab tidak bisa tidurnya, bisa juga dikarenakan terlalu banyak pikiran.

Balas

olahraga bisa dilakukan kapan saja, yang ringan-ringan juga bisa dilakukan di rumah, misalnya senam atau jalan-jalan di luar itu juga sudah termasuk olahraga mbak :)

Balas

iya mas Uda, merokok memang susah untuk dihindari bagi yang sudah lama merokok atau perokok aktif, dan jika ingin berhenti diperlukan niat yang kuat dari diri sendiri dan biasanya banyak yang gagal juga saat mencobanya.

Balas

coba lihat di sini mas
http://sehatalami99.blogspot.com/2013/04/cara-menghilangkan-stres.html

semoga bermanfaat :)

Balas

Alhamdulillah mas ustadz mah gaya hidupnya sehat, jadi insya Allah kestabilan tubuh terjaga.

Makasih kutipannya. ^.^^

Balas

wah bagus banget mbak Friska, dan olahraganya juga unik nimba air dari sumur, sip mbak hehe...

Balas

harus jaga kesehatan mas biar tidak mudah sakit.
semoga lekas sembuh yah sakitnya :)

Balas

iya mbak Indah biasanya kita menyesal kalau kita sudah sakit :)

Balas

coba mas untuk mengurangi rokok karena banyak efek negatifnya bagi kesehatan.

Balas

betul sob sehat itu mahal, jadi sebaiknya melakukan pola hidup sehat agar tidak mudah sakit.

Balas

Betul mbak Indri dan mas Ainul yang penting adalah kesehatan kalau sudah sakit uang sebanyak apapun akan habis untuk supaya kembali sehat, karena itu usahakan untuk selalu hidup sehat :)

Balas

setiap orang mempunyai aktifitas yang berbeda-beda mas Sarofudin jadi semua diatur sendiri dan disesuaikan dengan aktifitasnya masing-masing, dan masalah waktu makan dan tidur tidak ada patokan harus jam berapa, fleksibel saja tapi yang penting harus teratur.

Balas

kalau saya belum bisa mengatur waktu tidur,terkadang sampai larut malam belum tidur,dan akibatnya besok pagi terasa pusing,belum dipusingkan oleh pekerjaan yang numpuk hadeuhhhhh tambah pusing lagi dech,,,,,,

Balas

kalu betumah sama atuh dengan saya mas Nady,heuheuheu

Balas

olahraga routin ini yang susah. Maklum kerjaan dan target ngeblog begitu menumpuk :)

Balas

yang paling sulit itu mengatur pola makan mas dan juga mengatur tidur agar teratur, soalnya kadang sering lembur buat tugas pekerjaan sehingga tidur sering kali kurang maksimal. Bisa dicoba tips nya ya mas supaya hidup bisa lebih sehat dan berkualitas serta terhindar dari berbagai penyakit :)

Balas

iya mbak Ririn boleh dicoba, memang diperlukan pengorbanan untuk bisa hidup sehat :)

Balas

mungkin bisa dicoba mas untuk meluangkan beberapa menit untuk olahraga, kan bagus juga untuk kesehatan terutama untuk jangka panjang :)

Balas

kalau bisa jangan tidur terlalu malam kang, kan sayang juga kalau sampai sakit, kerjaan bisa terganggu :)

Balas

wah bagus mas ustadz, kalau sudah biasa menjalankan gaya hidup sehat pasti jarang sakit yah mas :)

Balas

dicoba dlu ya gan..biar hdup ttp shat ..

Balas

Terima ksh mas buat tipsnya...apalagi sekarang musimnya lagi musim penghujan ya harus extra jaga kondisi :)

Balas

saya kadang kurang tidur sob, berarti kurang sehat yah..trims artikelnya, sangat bermanfaat...

Balas

Makanan vegetarian cukup bikin sehat juga

Balas

iyaa :( insomnia emang bahaya, sangat bahaya malah, tapi saya ga tau solusi untuk menghilangkannya :(

Balas

Saya mau sehat juga nih, tapi ada beberapa diatas yang saat ini sulit saya terapkan :)

Balas

Nah itu dia mas, saya kalau lapar suka tidak terasa. mungkin karena kurang mikirin ya..
oya mas, Request cara gemukin badan yang sehat dong.. Kebanyakan orang ngasih resepnya harus banyakin makanan Junk Food. Padahal tidak sehat kan..

Balas

memang diperlukan pengorbanan mas untuk meraihnya, karena sehat itu mahal :)

Balas

makanan vegetarian memang bikin tubuh lebih sehat mas, tapi agak susah juga kalau mau makan harus pilih yang tanpa daging :)

Balas

kalau mau sehat harus tidur cukup mas dan usahakan tidur tidak larut malam :)

Balas

iya mas Bud, kalau tubuh sehat pasti tidak mudah terserang penyakit.

Balas

silahkan dicoba sob :)

Balas

ok mas nanti saya coba carikan sumbernya dulu, kalau junk food sangat tidak baik untuk kesehatan mas, lebih baik dihindari :)

Balas

kalau insomnianya sudah sangat parah lebih baik periksakan ke dokter mbak, karena jika dibiarkan akan merusak kesehatan tubuh kita.

Balas

Harus mulai dicoba menerapkan tip diatas secara bertahap Teman, Makasih atas Tips nya ya

Balas

sama-sama mas Cahyo semoga bermanfaat :)

Balas

Sebenarnya gk susah melakukan semua itu. Yg susah itu konsisten u/ melakukannya

Balas

Kerjaan numpuk....duitnya kan juga setumpuk kang :)

Balas

Oh ya mas An..kalo utk berat badan timbangannya,ndak naik ndak turun..apa menandakan bagus apa,sebaliknya ya mas :)

Balas

sebenernya nggak susah2 amat mas tipsnya.. tapi susah banget nerapinnya :D hehehe

Balas

kalau berat badannya sudah ideal bagus tuh mas, tinggal dipertahankan saja, tapi kalau terlalu gemuk atau terlalu kurus itu yang kurang baik :)

Balas

jadi harus dicoba tips ini ya mas agar hidup kita bisa sehat dan berkualitas. Tidak hanya untuk masa sekarang aja, melainkan untuk masa tua nanti juga kalau bisa tetap sehat :)

Balas

iya kang memang susah untuk melakukannya, diperlukan perjuangan dan pengorbanan :)

Balas

iya betul itu mas andes. seratus deh buat mas andes. Tapi menurut saya sih lebih susah buat artikel ini mas hehehe :D

Balas

iya mas Andes, butuh pengorbanan untuk menjalankannya oleh karena itu sehat itu mahal :)

Balas

iya mbak kalau kita bisa menjalankan pola hidup sehat sama aja kita menabung untuk masa tua nanti.

Balas

kalau saya alhamdulillah blum prnah merokok mas

Balas

Tipsnya sangat bermanfaat buat kami Teman

Balas

hidup sehat memang menyenangkan ya mas...

Balas

Bener banget mas tanpa adanya niatan yang serius dan sungguh-sungguh susah banget untuk berhenti merokok, mungkin salah satu yang bisa sedikit mengurangi merokok dengan memperbanyak kesibukan...

Balas

iya bisa juga mas Marnes, dengan adanya kesibukan keinginan untuk merokok juga jadi terlupakan :)

Balas

bagus juga mas, mudah-mudahan selamanya tidak merokok yah mas :)

Balas

betul mas, selain itu hidup kita jadi lebih bersemangat :)

Balas

Dapat tips hidup sehat dari Mas Anthonie nih
terima kasih Mas ats tips nya ini sangat penting sekali
Buat di terapkan untuk hidup sehat sehari-hari yah Mas ? :)

Balas

Pola hidup sehat ini sangat penting sekali apalagi buat
anak-anak harus di tanamkan sedini mungkin yah Mas Anthonie

Balas

betul mas Karysta, biar tubuh kita selalu selalu sehat dan terhindar dari penyakit.

Balas

betul mas, kalau sejak kecil sudah dibiasakan menjalankan pola hidup sehat pasti nanti bertumbuh dewasa dengan tubuh yang sehat dan kuat :)

Balas

Sekarang udah sembuh mas hehe

Balas

Oke mas anton. Saya akan coba rubah pola hidup saya yang kurang sehat. Tapi nggak bisa sekaligus mas, harus pelan pelan.. Kalau langsung di rubah semuanya susah mas hehehe

Balas

makasih kang, tapi klo pake media hypnotherapy kira kira ampuh gak yaa???

Balas

iya mas.. amin..

kunjungan sore mas..hbis pulang sekolah

Balas

kesehatan tubuh kita itu lebih mahal dari pada uang

Balas

Orang yahudi bilang, kalau bapaknya merokok maka keturunannya akan idiot

Balas

agar selalu hidup dalam kondisi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, harus jaga kesehatan ya mas. Selain olah raga, makan yang bergizi, dan juga lain-lain. Tips hidup sehat yang dijelaskan diatas sangat sempurna dan bisa diterapkan oleh kita semua agar bisa hidup sehat dan berkualitas. Terimakasih mas anthonie atas tips nya ya :)

Balas

Tubuh yang sehat itu lebih penting

Balas

syukurlah kalau sudah sembuh, harus jaga kesehatan mas :)

Balas

bagus juga sih mbak, boleh dicoba kalau mau :)

Balas

iya mas Nady, pelan-pelan juga boleh yang penting ada niat hehe :)

Balas

iya mas kalau uang bisa dicari, tapi kalau kesehatan susah untuk bisa pulih kembali :)

Balas

ajaran yang keras yah mas, tapi memang merokok bisa mengakibatkan sakit penyakit dan sedikit banyak juga mempengaruhi kesehatan keturunannya :)

Balas

iya mbak Ririn, dengan cara yang disebutkan di atas mudah-mudahan kita bisa hidup sehat terhindar dari berbahai macam penyakit.

Balas

betul mas, karena kesehatan itu mahal tidak bisa digantikan dengan apapun juga.

Balas

Ya mas, sudah berusaha juga tapi baru bisa mengurangi itupun dikit-dikit. Mantan pacar juga selalu ributin kedua hal di atas .. hehehe

Balas

Setuju dengan kang Purnomo .. hehe

Balas

memang susah juga yah mas kalau sudah kebiasaan, tapi bagus juga kalau sudah ada niat meskipun pelan-pelan :)

Balas

kalau ngatur makan sih mungkin bisa dilakukan ya, tapi klo ngatur tidur itu yang susah, apalagi seorang blogger, yang mesti lembur kerja malam, habis klo siang sinyalnya lemot, jadi postingnya malam.
BTW, nice artikel, makasih banget

Balas

iya mas Rinoto, untuk para blogger memang masalahnya dalam hal waktu tidur yah, semoga bisa diatur agar tidak merugikan kesehatan :)

Balas

Hidup sehat berawal dari pola hidup kita dan tempat tinggal kita, jadi untuk menghindari dan mencegah penyakit biasakan pola hidup yang sehat dimulai dari makan teratur, istirahat teratur dan olahraga teratur, juga bersihkan tempat tinggal kita agar terhindar dari bakteri bakteri yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Balas

harus dibiasakan hidup sehat,jaga lingkungan dan pola makan agar tidak mudah sakit.

Balas

Terimakasih tipsnya mas, sangat bermanfaat,
hidup sehat memang sangat bagus tapi agak berat untuk melaksanakannya,

Balas

Betul sekali mas, makasih kunjungannya :)

Balas

Pola hidup sehat memang sangat penting :)

Balas

Asal ada kemauan pasti bisa mas, semoga bermanfaat :)

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger